Rahasia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik, Segera Dapat Panggilan

Setiap orang membutuhkan pekerjaan guna menghidupi diri dan keluarga. Bayangkan jika menjadi seorang pengangguran bagaimana harus menjalani hidup. Usaha paling awal dilakukan yakni membuat dan mengirimkan surat lamaran kerja. Penasaran bagaimana surat lamaran kerja yang ampuh? Simak cara membuat surat lamaran kerja berikut ini.

Tanpa surat lamaran kerja tentu sangat mustahil Anda akan diterima bekerja. Oleh karenanya harus dibuat dengan benar supaya perusahaan tertarik untuk memanggil ke tahapan wawancara. Dalam surat lamaran kerja tentunya mengandung unsur-unsur promosi diri. Mulai dari kelebihan, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan biodata lengkap.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

(foto: merdeka.com)

Pengirim surat sakti ini tentu harap-harap cemas apakah suratnya diterima atau ditempatkan pada gundukan kertas semata. Coba ikuti beberapa tips berikut ini agar potensi diterima semakin besar.

  1. Terlebih dahulu baca sebaik-baiknya persyaratan yang diperlukan pada lowongan pekerjaan tersebut. Sehingga ketika menulis isi surat pas dengan kriteria dan konteks yang diinginkan perusahaan.
  2. Menulis surat lamaran kerja menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  3. Mengaplikasikan kata-kata yang sopan, mudah dipahami, padat, jelas, dan menarik.
  4. Tujuan penulisan surat lamaran kerja harus jelas. Terutama pada nama yang dituju wajib memperhatikan ejaan nama, gelar, dan jabatan. Tuliskan pula alamat perusahaan yang benar dan tidak ada kesalahan penulisan.
  5. Baca kembali surat lamaran kerja setelah dibuat untuk memastikan apakah masih ada kesalahan pengetikan. Hindari penggunaan kata yang berulang-ulang dan kalimat bertele-tele.
  6. Surat lamaran kerja harus bersih dari kotoran, baik itu surat yang diketik maupun ditulis tangan. Jangan sampai surat lamaran telipat, bekas dihapus, tipe-ex, dan kotoran.
  7. Apabila surat lamaran kerja ditulis tangan, pastikan dapat terbaca. Hindari penggunaan tulisan tegak-sambung karena cenderung sulit dibaca. Jadi, berikan alas tangan dengan tisu saat menulis supaya kertas tidak kotor.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Rahasia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik, Segera Dapat Panggilan
(foto: relasio.com)

Sesungguhnya penulisan semua isi surat lamaran kerja sama saja. Ikuti cara menulis surat lamaran kerja berikut ini agar sukses mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dapat digunakan untuk mendaftar kerja secara online maupun mengirimkan lamaran kerja langsung.

1. Waktu dan Tempat Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal penulisa surat hendaknya penulisan surat pada hari pengiriman surat ataupun satu hari sebelum pengiriman.

2. Penulisan Tujuan Surat

Kepada Yth. nama orang di perusahaan serta gelar dan jabatan. Jangan sampai ada kesalahan penulisan pada nama perusahaan dan alamat tujuan.

3. Salam Hormat

Penulisan bagian ini sudah pasti menggunakan kata formal yakni ‘Dengan hormat’. Meskipun kalimatnya hanya dua kata tetapi sangat penting dan menunjukkan profesionalitas. Jangan sampai kelupaan menyertakan kata-kata tersebut.

4. Pembukaan Surat

Dalam suatu surat lamaran, wajib ada surat pembuka dengan mencantumkan di mana memperoleh informasi lowongan kerja yang sedang dibuka. Misalnya, menemukan informasi dari website cantumkan alamat website. Tuliskan juga posisi pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

5. Biodata Pribadi

Biodata pribadi harus benar dan tidak boleh ada kebohongan. Mulai dari penulisan nama lengkap sesuai tanda pengenal, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, alamat e-mail, nomor handphone atau telepon, pendidikan terakhir.

Penulisan pendidikan terakhir sebenarnya tidak wajib. Adapun pengecualian jika kualifikasi pendidikan lowongan kerja perusahaan sesuai. Cantumkan pendidikan terakhir yang tertinggi, misalnya S1 atau S2.

6. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Apabila sebelumnya pernah bekerja, maka cantumkan pengalaman kerja. Berbeda dengan pelamar freshgraduate tidak perlu menuliskan lamaran kerja. Namun, dapat digantikan dengan menulis kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

7. Penutup

Pada penutup dapat dituliskan  keinginan kuat agar perusahaan menerima atau minimal mengundang untuk wawancara. Ucapan juga kata-kata terimakasih karena perusahaan telah berkenan menerima dan membaca surat lamaran.

8. Lampiran

Setiap surat lamaran pekerjaan pasti melampirkan lampiran sesuai dengan permintaan perusahaan. Lampiran tersebut biasanya berupa fotocopy KTP, ijazah, curriculum vitae, sertifikat kompetensi yang relevan, dan pas foto terbaru.

9. Hormat saya

Bagian ini berupa kolom yang dibubuhi dengan tanda tangan. Namun, ada juga yang membubuhi dengan materai senilai 6000 rupiah sesuai dengan syarat surat lamaran kerja dari perusahaan terkait.

Baca juga : 12 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan Terbaru 2020

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Bandung, 06 Mei 2020

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Bank Mandiri

KC Bandung Asia Afrika Utara

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                       : Hanny Aulia, SE

Tempat dan tanggal lahir    : Balikpapan, 12 September 1995

Alamat                                     : Jln. Batu Mulya  RT/RW 042/08, Bandung

No. HP                                     : 0812-8832-1900

Alamat e-mail                        : hanny.aulia95@gmail.com

Bersama dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan agar diterima menjadi karyawan untuk menempati posisi Backoffice di PT Bank Mandiri KC Bandung Asia Afrika Utara. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya melampirkan :

  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto 4×6 (sebanyak 2 lembar)
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir S1
  • Fotocopy SKCK

Demikian agar dapat diperiksa adanya, besar harapan saya agar dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian dan penerimaan permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,

 

Hanny Aulia, SE

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan

Palembang, 10 Januari 2020

Hal             : Lamaran Pekerjaan

Lampiran  : 8 Lembar

 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu HRD

Bapak/Ibu HRD Bumi Sriwijaya Agung

Jl. Kapten A.Rivai No.211, Palembang

Sumatera Selatan – Indonesia

 

Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari situs Sriwijayaloker.com pada tanggal 09 Januari 2020. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja di   PT. Bumi Sriwijaya Agung sebagai Staff Administrasi.

Berikut ini biodata singkat diri saya :

Nama                                       : Arya Hanafi, SE

Tempat dan tanggal lahir    : Palembang, 08 Maret 1996

Pendidikan akhir                  : S1-Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya

Alamat                                    : Jln. Bonsai Raya No.120, Lorok Pakjo, Palembang

HP                                           : 0896-7721-040

Alamat e-mail                       : arya_hanafi96@gmail.com

Saya dapat membangun komunikasi dengan baik dan bekerjasama dalam sebuah tim. Saya juga dapat bekerja secara personal ketika dibutuhkan. Selain itu, berpenampilan menarik dengan kondisi kesehatan yang baik pula. Pengalaman kerja yang saya miliki khususnya dalam bidang administrasi perusahaan selama 1 tahun 3 bulan. Keahlian yang saya miliki antara lain, Pengoperasian Microsoft Office, Microsoft Access, Corel Draw, Pembukuan, dan mampu mengeting cepat dengan sepuluh jari.

Saya juga melampirkan beberapa hal berikut ini agar dapat menjadi bahan pertimbangan, antara lain:

  1. Pas Photo 4×6 Berwarna
  2. Photo Full Body 4R
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy Ijazah
  6. Fotocopy Transkrip Nilai
  7. Fotocopy Sertifikat Pendukung
  8. Fotocopy Sertifikat TOEFL

Demikian surat pemohonan lamaran kerja saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar diberikan kesempatan oleh Bapak/Ibu agar mengikuti tahapan selanjutnya. Baik itu dalam wawancara maupun  psikotes agar saya memberikan gambaran lebih rinci dari profil dan pengalaman saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Arya Hanafi, SE

 

Contoh lainnya :  surat lamaran berkerja di PT Sebagai karyawan

Membuat surat lamaran kerja memerlukan ketelitian terutama dalam penggunaan kata. Pahami pula dalam menerapkan cara membuat surat lamaran kerja harus melampirkan berkas-berkas yang diminta oleh perusahaan. Sesuaikan pula apakah perusahaan yang mempublikasikan lowongan kerja menginginkan pengiriman lamaran via pos atau langsung diantar. Semoga bermanfaat dan sukses.

Tinggalkan komentar