12 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan Terbaru 2020

Tempat kerja layaknya sebuah rumah kedua bagi seorang karyawan, namun ada kalanya seorang karyawan juga ingin hengkang dari tempat ia bekerja. Ada banyak alasan yang dapat membuat seorang karyawan ingin meninggalkan tempat ia bekerja, bisa jadi karena rekan kerja, masalah gaji, masalah keluarga, atau mungkin pula karena ketidaknyamanan dengan atasan.

Namun sebelum benar-benar keluar dari tempat ia bekerja, seorang karyawan membutuhkan surat pengunduran diri sebagai salah satu prosedurnya. Jika itu adalah pertama kalinya seorang karyawan membuat surat pengunduran diri pasti ia bingung harus mengisi konten surat dengan apa dan bagaimana struktur penulisan surat pengunduran diri yang baik dan benar. Oleh karena itu biasanya mereka mencari contoh surat pengunduran diri melalui internet.

surat pengunduran diri

Apakah anda merupakan salah satu karyawan tersebut? Jika iya, anda benar membaca artikel ini karena pada artikel ini ada banyak contoh surat pengunduran diri yang dapat anda jadikan referensi surat pengunduran diri anda. Namun sebelum kita lanjut ke contoh surat pengunduran diri, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menulis surat pengunduran diri.

  1. Gunakanlah kalimat yang baik dan sopan. Selanjutnya isi surat pengunduran diri juga harus jelas tanpa ada makna tersirat.
  2. Jelaskan alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan tersebut secara singkat, jangan terlalu bertele-tele.
  3. Seandainya alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan karena masalah hubungan, apalagi jika itu dengan atasan sebaiknya jangan anda tulis sebagai alasan pengunduran diri.
  4. Ucapkan terima kasih dan sedikit sanjungan kepada perusahaan tempat anda bekerja, lebih baiknya lagi sertakan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan rekan kerja anda.
  5. Cantumkan pula tanggal kapan anda akan meninggalkan perusahaan tersebut. Jangan anda langsung berhenti bekerja setelah anda menyerahkan surat pengunduran diri, perusahaan juga membutuhkan waktu untuk mencari pengganti anda.
  6. Jikalau anda masih memiliki pekerjaan yang belum anda selesaikan, anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu supaya perusahaan melihat anda sebagai seorang profesional.

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar Terbaru 2020

Baik sekarang kita lanjutkan ke contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang baik dan sopan. Singkatnya contoh surat pengunduran diri yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan karena menjadi ODP Covid 19
  • Contoh surat pengunduran diri karena mempunyai bayi
  • Contoh surat pengunduran diri bank BRI
  • Contoh surat pengunduran diri professional
  • Contoh surat pengunduran diri karena pindah tempat tinggal (rumah)
  • Contoh surat pengunduran diri guru sekolah swasta
  • Contoh surat pengunduran diri karena masalah keluarga
  • Contoh surat pengunduran diri satpam
  • Contoh surat pengunduran diri karena ingin berwirausaha
  • Contoh surat pengunduran diri karena menikah
  • Contoh surat pengunduran diri karena ingin pensiun
  • Contoh surat pengunduran diri karena ingin berpindah perusahaan

Silahkan anda gulir kebawah, untuk lebih lengkapnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Karena Menjadi ODP Covid-19

Pasuruan, 1 Maret 2020

Kepada Yth.
HRD PT. Laskar Petani
Jl. Curahbuntung No. 12 Pasuruan

Dengan hormat,

Saya Suparman, selaku Cleaning Service di PT. Laskar Petani Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dikarenakan saya diduga terpapar virus corona yang menyebabkan saya termasuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Saya mohon maaf karena saya langsung keluar dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin secara mendadak. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang memberikan saya kesempatan mendapatkan pengalaman kerja, Bapak Suhendro selaku atasan saya yang senantiasa membimbing saya, serta seluruh rekan kerja saya di perusahaan.

Demikian surat pengunduran diri ini, saya berharap PT. Laskar Petani dapat terus berkembang. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Suparman

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Mempunyai Bayi

Pasuruan, 19 Agustus 2019

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Sumber Ayu
Di tempat

Dengan hormat,

Saya Elsa Oktavia, melalui perantara surat ini bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai “Customer Service” PT. Sumber Ayu dikarenakan saya baru melahirkan bayi dan saya ingin fokus mengurusnya. Saya berniat meninggalkan perusahaan pada tanggal 27 Agustus 2019.

Saya menyampaikan banyak terima kasih atas semua hal yang telah perusahaan berikan kepada saya selama ini. Terima kasih telah mengizinkan saya menjadi salah satu karyawan PT. Sumber Ayu. Saya juga mohon maaf jika sewaktu saya ada di perusahaan telah melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Elsa Oktavia

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank BRI

Pasuruan, 30 Maret 2019

Yth. HRD PT. Bank Rakyat Indonesia
Cabang Nongkojajar
Jl. Pasar Wonosari, Nongkojajar

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Asrul Alharitsi
Tempat & Tanggal Lahir : Pandaan, 27 Mei 1990
No. Pegawai : H126
Jabatan : FrontLiner (Bahasa Mandarin)
Bergabung sejak : 2015

Bermaksud mengundurkan diri dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin melanjutkan studi bahasa saya ke tiongkok terhitung mulai 10 April 2019.

Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Ibu, serta segenap direksi dan semua rekan-rekan sesama kerja. Saya juga mohon maaf jika saya memiliki kesalahan yang saya lakukan tanpa saya sadari.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas perhatian dan waktu yang Ibu sisihkan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Asrul Alharitsi

Contoh Surat Pengunduran Diri Profesional

Pasuruan, 21 Januari 2019

Kepada Yth.
Manager PT. Harapan Rakyat
Jl. Tanah Abang No. 8
Pasuruan

Dengan hormat,

Sesuai dengan apa yang saya sepakati dengan perusahaan melalui Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan undang-undang Tenaga Kerja.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Malik Ibrahim
Jabatan : Kepala Marketing
No. Karyawan : K-M001
Bekerja Sejak : Tahun 2010

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut dikarenakan saya ingin berobat ke luar negeri atas penyakit saya yang terus membebani keseharian saya. Oleh karena itu saya berharap PT. Harapan Rakyat dapat memakhlumi kondisi serta memberikan hak-hak yang sesuai dengan apa yang ada dalam undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini, terima kasih saya sampaikan atas segala bentuk dukungan dan bantuan saat saya bekerja di PT. Harapan Rakyat. Atas waktu, perhatian serta kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Malik Ibrahim

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal (Rumah)

Pasuruan, 2 Agustus 2019

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Abadi
Jln. Kalibening No. 12 Purwosari-Pasuruan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bambang Subagi
Departemen : Pemasaran
Jabatan : Sales

Bersama surat ini, saya mengajukan pengunduran diri sebagai Sales PT. Sejahtera Abadi terhitung tanggal 10 Agustus 2019. Adapun alasan pengunduran diri yang saya lakukan adalah karena tempat tinggal baru saya sudah tidak memungkinkan saya bekerja di PT. Sejahtera Abadi.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan semua segenap rekan kerja di PT. Sejahtera Abadi. Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang saya pernah perbuat selama bekerja di PT. Sejahtera Abadi, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian Bapak ditempat, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Bambang Subagi

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Sekolah Swasta

Pasuruan, 22 September 2019

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMP Bhinneka Tunggal Ika
Jln. Unirversitas Yudharta, Purwosari
Pasuruan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Mubarok S. Kom
Jabatan : Guru TIK
NIPY : 1113287654

Secara resmi bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai guru TIK SMP Bhinneka Tunggal Ika terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2019 atau setelah hari pertama setelah liburan akhir semester.Sebenarnya saya tidak ingin meninggalkan jabatan saya sebagai guru TIK di SMP Bhinneka Tunggal Ika, namun ada faktor dari keluarga yang tidak memungkinkan saya untuk terus mengajar di SMP Bhinneka Tunggal Ika.

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengajar siswa serta belajar pengalaman baru dari berbagai rekan guru di SMP Bhinneka Tunggal Ika. Saya juga ingin meminta maaf apabila selama bersama di SMP Bhinneka Tunggal Ika ini banyak kesalahan yang pernah saya perbuat, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan semestinya. Atas pengertian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Mubarok S. Kom

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Masalah Keluarga

Pasuruan, 17 Januari 2019

Yth. Ahmad Ibrahim
Direktur CV. Nusantara Indah
Di Tempat

Perihal : Surat Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya Sholik Setiawan bermaksud mengundurkan diri sebagai karyawan CV. Nusantara Indah terhitung mulai tanggal 27 Januari 2019. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena saya harus merawat ibu saya yang saat ini kesehatannya kurang baik.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diberikan selama bekerja di CV. Nusantara Indah. Dan saya juga mohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bekerja di CV. Nusantara Indah.

Semoga Bapak dapat memakhlumi keputusan yang telah saya buat, saya berharap semoga CV. Nusantara Indah lebih maju kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini, atas perhatian dan waktu Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Sholik Setiawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Satpam

Pasuruan, 12 januari 2019

Kepada Yth.
HRD PT. Emas Surya
Jl. Anggrek Putih No. 19 Purwosari
Pasuruan

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,
Dengan surat ini saya selaku security di PT. Emas Surya berniat mengajukan permohonan pengunduran diri dikarenakan masalah cedera kaki yang saya alami saat terjadi perampokan di gudang perusahaan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Suherman
Jabatan : Security

Mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah mempekerjakan saya selama 5 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada perusahaan serta rekan-rekan semua apabila selama ini saya pernah melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Suherman

Contoh Surat Pengunduran Diri karena Ingin Berwirausaha

Malang, 11 April 2019

Kepada Yth.
Bapak Hendra Wahyudi
Di tempat

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Firman Maulana
Jabatan : Operator Produksi
No. Pegawai : MJ9278

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Aneka Roti, dikarenakan saya ingin berwirausaha. Saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Hendra Wahyudi yang selama ini telah membimbing saya dan terkadang memberikan bonus atas kinerja saya dalam perusahaan. Saya mohon maaf apabila selama kerja, saya melakukan banyak kesalahan, Semoga PT. Aneka Roti semakin berkembang kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Firman Maulana

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Malang, 19 Januari 2019

Kepada Yth.
Direktur PT. Sekar Sari
Di tempat

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Chabibatul Maulidiyah
Jabatan : Teller

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sekar Sari. Adapun alasan saya mengundurkan diri yakni karena saya baru menikah dan saya ingin mengikuti suami baru saya ke kota ia tinggal.

Terima kasih kepada PT. Sekar Sari atas semua yang diberikan kepada saya selama 3 tahun ini, saya juga mohon maaf jika sewaktu saya bekerja saya pernah berbuat kesalahan. Saya berharap PT. Sekar Sari akan terus berkembang dan semakin maju.

Demikian pengunduran diri dari saya. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Chabibatul Maulidiyah

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Pensiun

Pasuruan, 12 April 2019

Kepada Yth.
Makhrus Rama
Di tempat

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya :
Nama : Fahrul Azmi
Jabatan : Administrasi
No. Pegawai : JH7898

Memberitahukan niat saya untuk mengundurkan diri dari jabatan administrasi. Selama 7 tahun di perusahaan ini saya merasa sangat nyaman dan saya menganggap perusahaan ini sebagai rumah kedua saya, namun sekarang sudah waktunya saya mengundurkan diri dari perusahaan ini karena masa kontrak saya hampir selesai.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala sesuatu yang saya dapatkan dari perusahaan ini, saya juga memohon maaf atas segala perilaku saya yang apabila pernah menyinggung Bapak, serta seluruh rekan kerja sekalian.

Demikian surat pengunduran ini saya buat, atas perhatian, waktu serta kerja samanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Fahrul Azmi

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Berpindah Perusahaan

Malang, 22 Juli 2019

Yth. Direktur PT. Setia Kawan Nongkojajar
di tempat

Dengan hormat,

Saya Bai Xiao Chun selaku penerjemah PT. Setia Kawan Nongkojajar bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Setia Kawan dikarenakan saya ingin mencari pengalaman baru di tempat lain.

Selama ini, PT. Setia Kawan telah memberi saya banyak ilmu sekaligus pengalaman kerja yang berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas semua yang diberikan kepada saya oleh PT. Setia Kawan, saya juga berterima kasih kepada semua rekan-rekan kerja.

Saya berharap semoga PT. Setia Kawan akan semakin maju dan terus menghasilkan susu berkualitas untuk indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Bai Xiao Chun

Demikianlah contoh surat pengunduran diri yang dapat anda jadikan referensi untuk surat pengunduran diri anda. Sebelum mengakhiri artikel ini saya akan memberikan sedikit saran bagi anda yang ingin mengundurkan diri, setelah anda membuat contoh surat pengunduran diri maksud saya surat pengunduran diri, pilihlah waktu yang tepat untuk menyerahkan kepada atasan anda. Jangan sampai anda menyerahkan surat pengunduran diri disaat perusahaan anda sedang mengalami masalah atau saat atasan anda sedang tidak dalam mood yang baik. Sekian terima kasih dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *