Rincian Besar Gaji Pramugari Sriwijaya Air Per Bulannya Terbaru 2020

Di luaran sana, pasti banyak wanita yang menginginkan pekerjaan yang nyaman dengan gaji yang fantastis. Salah satu pekerjaan yang memberikan gaji tinggi untuk karyawan wanita adalah profesi pramugari. Selain gaji yang tinggi, pramugari juga selalu tampil cantik dan menawan. Itulah yang membuat profesi pramugari ini banyak diincar oleh kaum wanita.

Rincian Besar Gaji Pramugari Sriwijaya Air Per Bulannya Terbaru 2020

Sriwijaya Air adalah salah satu maskapai yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia penerbangan. Maka, tak heran jika gaji para karyawannya cukup besar untuk menjamin kesejahteraan mereka. Begitu pula dengan gaji pramugari Sriwijaya Air yang jumlahnya juga tinggi.

Gaji Pramugari Sriwijaya Air Update 2020

Dengan gaji yang cukup besar, profesi pramugari juga memiliki tanggung jawab yang besar pula untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang. Bahkan, para pramugari ini bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang melebihi nyawa mereka sendiri. Menjadi seorang pramugari bukan hanya belajar bagaimana bersikap menawan, tetapi juga belajar berkorban demi kenyamanan dan keselamatan para penumpang.

sriwijaya

Sriwijaya Air sendiri merupakan maskapai penerbangan yang cukup besar di Indonesia. Maskapai penerbangan yang satu ini telah melayani penerbangan dengan rute ke 3  destinasi untuk penerbangan domestik maupun mancanegara. Sedangkan jumlah penumpangnya bisa mencapai 800 ribu penumpang setiap bulannya. Maka, tak heran jika karyawan Sriwijaya Air diberi gaji dengan jumlah yang cukup fantastis. Mengenai kisaran gaji pramugari Sriwijaya Air, jumlahnya bisa mencapai 19,5 jutaan per bulan.

Gaji pramugari junior dan pramugari senior juga berbeda-beda jumlahnya, begitu pula dengan tunjangan yang mereka dapatkan. Gaji pramugari junior atau yang masih pemula saja mencapai 6 jutaan per bulan, belum termasuk uang saku penerbangan dan tunjangan lainnya. Sedangkan gaji pokok rata-rata pramugari Sriwijaya Air menurut situs pencari kerja yaitu sebesar 12 juta per bulannya. Jumlah gaji dan uang saku maupun tunjangan yang didapatkan juga tergantung dari lamanya bekerja, banyaknya jam terbang dan jenis rute penerbangan itu sendiri.

Untuk uang saku penerbangan saja bisa mencapai 500 ribu untuk satu kali penerbangan. Setiap maskapai penerbangan juga memiliki daftar upah dan uang saku penerbangan yang berbeda-beda. Ada yang memberikan uang saku penerbangan 40 ribu atau 50 ribu per jam. Apabila seorang pramugari Sriwijaya Air melakukan penerbangan sebanyak 4 kali dalam seminggu, artinya uang sakunya saja bisa mencapai 8 jutaan per bulan. Tunjangan lainnya yang didapatkan seorang pramugari antara lain uang makan, uang terbang, insentif dan lain sebagainya.

Keuntungan Menjadi Pramugari Sriwijaya Air

sriwijaya

Menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan Sriwijaya Air pasti memiliki banyak keuntungan. Berikut ini beberapa poin keuntungan bekerja dan berprofesi sebagai pramugari, antara lain:

  • Menjadi wanita yang menawan dengan penampilan yang menarik, karena seorang pramugari harus mampu berpenampilan menarik dengan makeup cantik dan pakaian yang rapi
  • Memiliki kesempatan untuk keliling Indonesia, bahkan keliling dunia mengunjungi tempat baru, hotel mewah dan menikmati berbagai pelayanan dan fasilitas hotel
  • Memiliki banyak teman dan kesempatan untuk bergaul bersama banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda
  • Memperluas pengetahuan dan pengalaman Anda karena sering bepergian ke tempat baru dan bertemu dengan banyak orang
  • Menjadi orang yang bisa diandalkan karena sebagai pramugari Anda dituntut untuk bisa melakukan banyak hal, termasuk melakukan tindakan penyelamatan bila ada kondisi emergency
  • Mendapatkan tiket gratis untuk anggota keluarga inti sehingga bisa mengajak keluarga untuk bepergian secara gratis
  • Memiliki gaji yang cukup besar dengan tunjangan dan fasilitas yang melimpah

Cara Menjadi Pramugari Sriwijaya Air

Menjadi seorang pramugari tidaklah mudah, Anda harus memiliki keterampilan khusus untuk bisa bekerja sebagai pramugari profesional. Selain bertugas melayani semua kebutuhan penumpang, seorang pramugari juga memiliki tanggung jawab atas keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan berlangsung. Belum lagi, Anda juga dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan bersikap ramah tamah kepada para penumpang.

sriwijaya

Untuk menjadi seorang pramugari, Anda bisa mencari informasi atau melakukan pendaftaran langsung dari website resmi masing-masing maskapai penerbangan. Setelah itu, bisa diikuti petunjuk yang diberikan mengenai dokumen apa saja yang harus dipersiapkan dan lain sebagainya. Namun, jika ingin belajar lebih banyak tentang dunia pramugari, Anda bisa daftar dulu ke sekolah pramugari yang saat ini sudah banyak tersedia. Dengan sekolah pramugari, biasanya Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk diterima karena lebih banyak tahu tentang pengetahuan dan skill kepramugarian.

Berikut ini beberapa persyaratan secara umum yang harus dipenuhi jika Anda berminat menjadi seorang pramugari, antara lain:

  • Wanita, WNI (Warga Negara Indonesia) usia minimal 18 tahun dan belum menikah
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat, lebih diutamakan lulusan D3 ke atas
  • Tinggi minimal 158 cm dengan berat badan ideal serta berpenampilan menarik
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik secara tertulis maupun lisan
  • Bebas dari tindakan hukum, dibuktikan dengan SKCK
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato, buta warna ataupun berkacamata

Selain itu, terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon pramugari, antara lain:

1. Seleksi Penampilan

Untuk tahapan seleksi yang pertama adalah seleksi penampilan oleh setiap calon pramugari. Pada tahap ini, calon pramugari akan diseleksi berdasarkan berat badan, tinggi badan, cara berpakaian, cara berjalan dan juga gaya berkomunikasi.

2. Tes Psikologi dan Bahasa Inggris

Selanjutnya, pada tahapan kedua akan dilakukan tes psikologi dan kemampuan bahasa Inggris. Biasanya, tes ini akan dilakukan secara tertulis dan juga wawancara singkat untuk mengetahui kepribadian calon pramugari dan juga kemampuan bahasa Inggris mereka.

3. Wawancara Kompetensi

Tahapan selanjutnya yaitu wawancara kompetensi, dimana proses wawancara ini akan lebih lama daripada wawancara di tahap sebelumnya. Di sini Anda juga akan ditanya tentang pengetahuan seputar pramugari. Agra lebih siap menjawab pertanyaan di tahap wawancara ini, sebaiknya Anda mencari banyak informasi melalui internet.

4. Tes Kesehatan

Untuk tes kesehatan memang pasti dilakukan oleh setiap calon karyawan di perusahaan besar, apalagi untuk maskapai penerbangan. Tes kesehatan yang dilakukan antara lain tes kesehatan jantung atau ECG, pernapasan, mata, pendengaran, tulang dan kesehatan fisik lainnya.

5. Tes Pantuhir atau Pemantauan Akhir

Untuk tes yang terakhir, Anda akan dinilai oleh jajaran direksi dari perusahaan maskapai penerbangan yang Anda lamar. Persiapkan diri Anda dengan matang agar setiap pertanyaan yang dilontarkan bisa dijawab dengan sigap dan memuaskan para direksi. Dengan begitu, Anda akan lebih diperhitungkan untuk diterima sebagai pramugari di maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

Jika Anda diterima sebagai calon pramugari, biasanya akan ada training atau pelatihan seperti sekolah singkat selama 4 bulan. Dalam waktu yang relatif singkat tersebut, Anda akan diajarkan beberapa materi seperti keterampilan berkomunikasi, pengetahuan tentang makanan, penanganan medis, keamanan dan keselamatan. Selain itu, masih banyak materi lainnya yang harus dikuasai oleh seorang pramugari sebelum akhirnya ditugaskan pada penerbangan pertamanya.

Beberapa materi lainnya juga khusus membahas tentang bagaimana seorang pramugari harus bersikap seperti table manner, kelas kecantikan dan lain sebagainya. Materi ini juga perlu dilatih untuk menunjang penampilan dan sikap pramugari agar selalu tampil menarik dan menawan.

Tinggalkan komentar