Rincian Besar Gaji Pramugari Maskapai Air Asia Per Bulan Tahun 2020

Salah satu maskapai yang cukup diperhitungkan di industri aviasi Indonesia saat ini adalah maskapai Air Asia. Maskapai ini sendiri berasal dari Negeri Jiran Malaysia yang telah melakukan ekspansi ke berbagai negara di Asia, salah satunya Indonesia. Tahukah Anda berapa besaran gaji pramugari maskapai Air Asia saat ini?

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai gaji pramugari maskapai Air Asia ada baiknya kita mengetahui dulu mengapa Air Asia bisa menjadi salah satu maskapai yang cukup diperhitungkan di Indonesia.

air asia

Air Asia, Now Everyone Can Fly

Berbicara tentang Air Asia artinya berbicara tentang sebuah perusahaan yang pernah berada di ujung kebangkrutan namun mampu survive dan akhirnya kembali berjaya. Pada awalnya Air Asia dimiliki oleh salah satu BUMN pemerintah Malaysia namun karena perusahaan ini memiliki beban berat akhirnya dibeli oleh Tony Fernandes dengan harga hanya 1 ringgit Malaysia.

Di bawah kepemimpinan Tony Fernandes Air Asia mendapatkan tempat di hati masyarakat Malaysia terlebih mereka mengusung slogan “sekarang semua orang bisa terbang” lantaran biaya tiket yang dipatok Air Asia amat sangat terjangkau.

Di tahun 2005 Air Asia melebarkan sayap usahanya ke Indonesia dengan nama resmi Air Asia Indonesia. Per Desember 2019 Air Asia Indonesia tercatat memiliki 31 armada dengan rincian 28 unit telah beroperasi resmi dan 3 unit masih dalam tahap pemesanan.

Berapa Gaji Pramugari Maskapai Air Asia?

Keberadaan awak kabin seperti pilot dan utamanya pramugari memiliki peran yang sangat vital bagi Air Asia. Pasalnya dengan harga tiket yang terbilang murah Air Asia tetap bisa memberikan pelayanan yang memuaskan. Lantas apakah karena harga tiketnya murah kemudian gaji pramugarinya juga rendah?

gaji pramugari air asia
berapa besaran gaji pramugari Air Asia?

Tentu tidak! Air Asia berani memberi standar gaji yang cukup tinggi bagi para pramugari mereka. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak wanita yang berminat menjadi pramugari maskapai Air Asia.

Gaji pokok pramugari Air Asia berada pada kisaran 3 juta rupiah per bulan. Nominal ini berlaku untuk pramugari muda atau junior. Semakin senior seorang pramugari maka bisa dipastikan gaji pokoknya pun akan meningkat. Gaji pokok pramugari Air Asia ini juga adalah nominal bersih yang masuk ke kantong mereka, no potongan-potongan club!

Selain dari gaji pokok pramugari Air Asia juga mendapatkan pemasukan dalam bentuk berbagai tunjangan. Salah satunya adalah tunjangan setiap penerbangan yang dilakukan atau lebih populer disebut Flight Allowence and Travel Allowence (FATA). Sederhananya FATA merupakan tunjangan perjalanan yang diberikan Air Asia kepada para pramugarinya.

Besarannya mulai dari 35 ribu rupiah per jam. Artinya apabila seorang pramugari bekerja di udara selama 6 jam per hari maka ia telah mendapatkan tunjangan sebesar 210 ribu rupiah dalam sehari itu. Nominal tersebut berlaku untuk pramugari junior. Dengan demikian pramugari Air Asia yang levelnya sudah senior dipastikan mendapatkan nominal yang lebih besar lagi.

Baca juga:

Selain tunjangan FATA, Air Asia juga memberikan tunjangan lain kepada pramugari mereka seperti tunjangan landing, RON (Remain Over Night), tunjangan makan, hingga tunjangan kerajinan.

Tunjangan landing diberikan berdasarkan jumlah sektor (frekuensi landing) dalam sehari. Pramugari Air Asia akan mendapatkan tunjangan landing sebesar 70 ribu rupiah per sektornya. Hitungan satu sektor adalah satu rute penerbangan.

Misalnya seorang pramugari junior Air Asia terbang dari Jakarta ke Denpasar dengan durasi 2 jam perjalanan. Maka pramugari tersebut akan mendapatkan tunjangan terbang untuk 2 jam dan tunjangan landing untuk 1 sektor. Jika dikalkulasikan maka tunjangan FATA yang diperoleh untuk rute Jakarta-Denpasar tersebut adalah 70 ribu (2 jam) + 70 ribu (1 sektor) = 140 ribu rupiah. Adapun RON akan diberikan apabila pramugari harus bermalam di tempat landing.

Menurut berbagai sumber besaran gaji pramugari Air Asia per bulannya berada pada angka 8 hingga 15 juta rupiah. Semuanya bergantung pada senior atau juniornya pramugari yang bersangkutan, jumlah jam terbang, hingga rute penerbangan atau jumlah sektor yang ditempuh. Semakin banyak jam terbang semakin besar pula cuan yang bisa dihasilkan.

Fasilitas dan Keuntungan Menjadi Pramugari Air Asia

Kami percaya bahwa daya tarik utama profesi pramugari tidak hanya pada besaran gaji bulanan yang cukup menggiurkan. Tetapi juga berbagai fasilitas dan benefit tambahan yang hanya bisa didapatkan apabila seorang wanita bekerja sebagai pramugari, tak terkecuali menjadi pramugari maskapi Air Asia.

Air Asia memberikan beberapa fasilitas cuma-cuma kepada para pramugarinya. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kinerja para awak kabin agar bisa terus memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang maskapai Air Asia.

Beberapa fasilitas dan keuntungan menjadi pramugari Air Asia adalah sebagai berikut:

  1. Tiket gratis. Air Asia tak ingin ketinggalan dengan maskapai lain yang telah lebih dahulu memberikan fasilitas seperti ini. Fasilitas ini tentunya berlaku untuk rute-rute yang dilayani oleh Air Asia.
  2. Diskon 90%. Fasilitas ini tak hanya dimiliki oleh pramugari saja tapi juga keluarga inti dari pramugari tersebut.
  3. Menginap gratis di hotel berbintang apabila rute yang ditempuh mengharuskan awak kabin menginap.
  4. Gym gratis di kantor Air Asia.
  5. Fisioterapi gratis di kantor Air Asia.

Dan sederet fasilitas serta keuntungan lain yang hanya bisa didapatkan oleh pramugari Air Asia. Lalu, apabila ingin menjadi pramugari Air Asia apa saja persyaratan yang harus dipenuhi?

Ingin Jadi Pramugari Maskapai Air Asia? Penuhi Dulu Persyaratan Ini!

Menjadi pramugari dan mendapatkan sederet fasilitas di atas tentu tidak mudah. Anda harus masuk dulu ke sekolah pramugari karena hal ini akan sangat membantu Anda mewujudkan impian Anda itu.

Selain itu, Anda juga wajib memenuhi beberapa persyaratan umum yang telah ditetapkan oleh Air Asia dalam menerima pramugari baru. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Wanita berusia 18 – 28 tahun
  2. Sehat jasmani rohani
  3. Tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan proporsional
  4. Pendidikan minimal SMA/sederajat
  5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik mencakup speaking, writing, listening, dan reading.
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  7. Berpenampilan menarik

Pastikan diri Anda telah memenuhi semua persyaratan umum di atas. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi terbaru terkait penerimaan pramugari baru maskapai Air Asia. Semoga beruntung, ya!

Tinggalkan komentar