Berapa Besar Gaji Pramugari Citilink Terbaru 2020? Ini Jawabannya!

Pramugari adalah sebutan untuk staf angkutan udara yang bertugas selama di perjalanan. Istilah pramugari memang lebih terkenal sebagai staff angkutan udara, padahal sebenarnya berlaku universal baik itu staf angkutan darat, laut maupun udara. Menjadi pramugari Citilink adalah impian banyak orang, namun cukup sulit untuk mendapatkannya karena persaingan tes yang begitu ketat.

gaji pramugari citilink terbaru

Tugas pramugari bukan hanya memberi arahan kepada penumpang dan bersikap ramah tamah, tetapi banyak tanggung jawab dan kewajiban lainnya. Namun, mereka juga dituntut untuk tetap berpenampilan menarik demi kenyamanan para penumpang. Jadi, untuk menjadi seorang pramugari dibutuhkan profesionalisme yang tinggi pula. Semua itu pun terbayar dengan tingginya gaji dan tunjangan yang didapatkan oleh pramugari Citilink.

Berapa Gaji Pramugari Citilink per Bulannya?

Berbicara mengenai gaji, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji karyawan penerbangan pasti tinggi alias besar. Namun, hal itu juga dibarengi dengan tanggung dan kewajiban yang besar pula karena harus siap sedia melakukan pelayanan terhadap penumpang selama di perjalanan. Selain itu, pramugari juga harus mengatur dan memastikan semua hal seputar penerbangan sudah terkendali dari lepas landas hingga tiba di tempat tujuan. Pramugari bekerja sama dengan pilot dan co-pilot melakukan pekerjaan mereka dalam bidang pelayanan penumpang selama di perjalanan.

gaji pramugari citilink

Lalu sebenarnya berapa sih gaji seorang pramugari Citilink? Menurut sebagian orang, pramugari-pramugari cantik ini sudah mendapatkan gaji sebesar 8 jutaan bahkan sejak masa training. Jika lolos dan menjadi karyawan tetap, maka gajinya bisa mencapai 14 jutaan per bulannya. Jenis dan rute perjalanan juga mempengaruhi besar kecilnya gaji dan bonus yang diterima oleh pramugari Citilink.

Selain itu, jumlah gaji dan tunjangan serta bonus yang diperoleh juga dipengaruhi oleh jam terbang mereka atau seberapa lama mereka melakukan pelayanan transportasi udara. Bahkan, ada juga yang menyebutkan bahwa pramugari Citilink bisa mendapatkan gaji hingga 30 jutaan termasuk tunjangan dan bonus lainnya. Tunjangan ini disebut FATA (Flight Allowance and Travel Allowance) yang terdiri dari uang terbang, uang landing, uang RON, tunjangan jabatan dan tunjangan kerajinan.

Berikut ini beberapa tunjangan dan bonus yang akan diterima oleh pramugari, antara lain:

Uang Terbang

Uniknya, tunjangan uang terbang ini dihitung per jam, itulah mengapa jam terbang dan rute perjalanan sangat mempengaruhi jumlah total gaji yang mereka dapatkan setiap bulannya.

Uang Makan dan Uang Landing

Selain itu, juga ada uang makan dan uang landing yang juga bervariasi dan berbeda-beda satu sama lain. Besar uang makan dan uang landing ini dipengaruhi oleh lokasi dan lamanya durasi landing setelah akhirnya melakukan penerbangan kembali.

Uang RON (Remain Over Night)

Uang RON alias Remain Over Night berupa tunjangan yang diberikan beserta bonus menginap di hotel berkelas. Seperti yang Kita ketahui bahwa perjalanan yang dilakukan pilot dan pramugari biasanya bukan langsung pulang pergi, tetapi harus bermalam atau singgah dulu.

Uang Kerajinan

Uang kerajinan diberikan kepada pramugari yang memiliki reputasi cukup bagus dalam bekerja, tidak melakukan kesalahan ataupun cuti sakit/lainnya. Jadi, terdapat persaingan di antara para pramugari untuk tetap menjaga kualitas kerja mereka.

Dibalik gaji yang besar, bekerja sebagai pramugari juga memiliki risiko yang cukup besar karena mereka harus mengutamakan keselamatan penumpang daripada dirinya sendiri. Jika ada penumpang yang sakit atau ada situasi emergency, pramugari juga harus sigap bertindak meredakan situasi.

Bagaimana Cara Menjadi Pramugari Citilink?

gaji pramugari citilink

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang nyaman dan gaji yang besar sudah pasti membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Hal ini tentu saja juga berlaku untuk para calon pramugari Citilink yang harus berjuang menjadi yang terbaik di antara para pesaing lainnya. Belum lagi tahapan seleksi yang harus diikuti juga cukup banyak dan tidak mudah dilalui.

Citilink itu sendiri merupakan anak perusahaan Garuda yang telah memisahkan diri dan berdiri sendiri sebagai maskapai penerbangan. PT. Citilink Indonesia merupakan maskapai yang perkembangannya sangat cepat sejak tahun 2011. Hal ini karena Citilink lebih condong kepada penerbangan ekonomis yang mengutamakan ketersediaan penerbangan dengan harga yang terjangkau. Namun, tetap mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang mereka.

Nah, berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon Flight Attendant Zero Hour, yaitu calon pramugari yang belum punya pengalaman, antara lain:

  • Wanita yang berpenampilan rapi dan menarik dengan usia min 18-25 tahun
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat dan belum menikah
  • Postur tubuh proporsional dengan tinggi badan minimal 158cm
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan mudah dipahami
  • Mampu berbahasa asing secara lisan dan tulisan (Inggris, Mandarin, Korea, Jepang)
  • Mampu bekerja cepat dan tepat baik personal maupun di dalam tim
  • Dinyatakan sehat jasmani dan rohani serta tidak punya riwayat penyakit
  • Tidak buta warna dan tidak menggunakan kaca mata atau lensa kontak
  • Tidak memakai atau bekas pakai tindik, tato maupun narkoba
  • Memiliki pengetahuan tentang bidang pramugari

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan berkas atau dokumen lamaran seperti di bawah ini, antara lain:

  • Pas foto berwarna ukuran 4×6 dan seluruh badan ukuran postcard
  • Fotokopi KTP, KK dan Ijazah Terakhir
  • Melampirkan surat keterangan dokter mata
  • Melampirkan sertifikat bahasa asing

Sebelum melakukan walk in interview, Anda perlu mengisi kelengkapan data terlebih dahulu di website resmi Citilink. Kemudian para calon pramugari akan mengikuti serangkaian tahapan tes yang cukup panjang. Berikut ini beberapa rangkaian tes yang perlu diikuti, antara lain:

1. Pengukuran Tinggi dan Berat Badan

Tahapan tes yang satu ini memang terdengar mudah dan sederhana karena hanya melakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Namun, pada kenyataannya banyak sekali calon pramugari yang gugur pada tahap ini karena pihak Citilink sangat ketat dalam menilai proporsional calon pramugari.

2. Tes Performance

Untuk tahapan selanjutnya, Anda akan diminta untuk menunjukkan penampilan Anda. Hal-hal akan dinilai antara lain cara berjalan, postur tubuh, kesehatan kulit dan lain sebagainya. Selain itu, akan ada pertanyaan atau interview singkat tentang latar belakang dan kepribadian Anda.

3. Tes Psikotes dan Bahasa Inggris

Tes psikotes yang diberikan untuk calon pramugari cukup berbeda dari tes melamar pekerjaan di perusahaan lain pada umumnya. Untuk calon pramugari, tes yang diberikan berupa tes koran atau tes kraepelin dengan waktu yang cepat, bukan melakukan perhitungan yang rumit ataupun kompleks. Setelah itu, dilanjutkan dengan tes bahasa Inggris seputar pengetahuan kepramugarian.

4. Background Check dan Interview 

Di tengah-tengah tahapan tes pramugari, Anda akan diminta untuk menyerahkan berkas fotokopi maupun asli untuk dilakukan pengecekan latar belakang. Selanjutnya, akan dilakukan interview pramugari dan interview user tentang kepribadian calon pramugari. Selain itu, serangkaian interview juga dilakukan untuk menilai pengetahuan Anda tentang Citilink.

5. Medical Check Up

Yang terakhir melakukan tes kesehatan atau yang disebut dengan medex (Medical Examination). Beberapa hal yang akan dites atau dicek antara lain tes kesehatan jantung, paru-paru, pernapasan, gigi, urine, pendengaran dan tes buta warna.

Sebenarnya, jika ingin menjadi pramugari Anda juga bisa memulai lebih awal dengan mendaftar ke sekolah pramugari. Dengan begitu, kemampuan dan skill kepramugarian bisa lebih dulu Anda pelajari. Beberapa materi yang akan diajarkan seperti simulasi interview, simulasi keadaan darurat,  make up, modelling dan lain sebagainya. Lulus dari sekolah pramugari akan membuat Anda lebih mudah menggapai cita-cita menjadi seorang pramugari profesional.

Tinggalkan komentar