Besaran Gaji Pramugari Singapore Airlines 2021 per Bulan

Gaji Pramugari Singapore Airlines – Singapore Airlines atau SIA adalah salah satu maskapai penerbangan yang mendapat penghargaan Skytrax sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia pada 2004, 2007, 2008, dan 2018. Lantaran, para karyawan SIA Group selalu fokus bekerja setiap hari, memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi para penumpangnya.

Tentunya, pramugari menjadi profesi penting yang bisa membuat perjalanan penumpang semakin menyenangkan. Dari banyaknya layanan terbaik yang pramugari berikan, berapa sih gaji pramugari Singapore Airlines itu?

Gaji Pramugari Singapore Airlines

Gaji pramugari Singapore Airlines per bulannya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Pertama, gaji pokok. Pramugari mendapat gaji pokok sesuai dengan kontrak kerja, yaitu bisa mendapat sekitar SGD 1,300.
  • Kedua, jam terbang. Pramugari mendapat penghasilan tambahan dihitung dari jam terbang atau saat on duty.
  • Ketiga, uang makan. Pramugari mendapat penghasilan tambahan berupa uang makan, yang mana ini tergantung tujuan destinasi dan durasi tinggal, seberapa lama tinggal di destinasi tersebut.

Jika diakumulasikan, gaji pramugari Singapore Airlines per bulannya bisa mencapai SGD  4,000 hingga 5,000. Nominal ini jika dirupiahkan bisa setara Rp 30.000.000-an lebih. Apalagi jika bekerja di musim liburan, maka akumulasi gaji pramugari Singapore Airlines akan semakin banyak.

Baca Gaji Pramugari Maskapai Lainnya :

Benefit Lain yang Didapat Pramugari Singapore Airlines

pramugari singapore airlines

Disamping gaji pramugari Singapore Airlines di atas, pramugari SIA juga mendapat benefit lain, di antaranya:

  • Travel benefit, adalah diskon khusus tiket pesawat yang diberikan kepada pramugari. Sehingga pramugari bisa menggunakan maskapai Singapore Airlines, Silk Air, dan Scoot Airlines selama berkali-kali. Selain itu, bagi pramugari yang sudah menikah maupun belum tetap mendapat tiket gratis untuk pasangan atau orang tua setiap satu tahun sekali.
  • Medical and dental benefit, adalah semacam asuransi kesehatan yang berguna ketika pramugari sakit.
  • Transport and Laundry Allowance, adalah uang tambahan yang diberikan maskapai kepada pramugarinya untuk biaya transportasi dan biaya laundry seragam.
  • Diskon, adalah potongan pembelian yang didapat pramugari seandainya membeli sesuatu di toko, restoran, atau bahkan booking hotel yang telah bekerja sama dengan SIA Group.
  • Memiliki kontrak kerja 5 tahun yang bisa diperpanjang. Walau kontrak kerja masing-masing maskapai berbeda, tetapi kontrak kerja yang diberikan Singapore Airlines cukup lama dan ini bisa diperpanjang maksimum dua hingga empat kali.
  • Mendapat fasilitas dan perlengkapan mewah. Para awak kabin termasuk pramugari mendapat fasilitas mewah seperti tempat tidur yang nyaman dan perlengkapan untuk memanjakan diri.

Profil Singapore Airlines

Singapore Airlines yaitu maskapai penerbangan nasional Singapura yang bermula dari Malayan Airways Ltd. Pada saat penerbangan perdananya pada 1 Mei 1947, maskapai ini melayani kota Ipoh, Kuala Lumpur dan Penang Malaysia.

Baru pada saat setelah Perang Dunia II dan pada 1955, maskapai ini mulai berkembang. Namun, pada 16 September 1963, Federasi Malaysia terbentuk dan ini yang mengubah maskapai menjadi Malaysian Airways.

Pada 1965 ada pemisahan Singapura dari Federasi dan pada 1966 Malaysian Airways mengubah nama maskapainya menjadi MSA (Malaysia-Singapore Airlines).

Operasi MSA pernah terhenti pada 1972, itu lantaran terjadi perselisihan pendapat oleh kedua belah pihak. Singapura memilih jalur internasional, sementara Malaysia memilih penerbangan domestik.

Akhirnya, pada 1970, SIA mulai mengalami perkembangan yang pesat. Di antaranya ditandai dengan hadirnya Boeing 747. Selain itu, mulai memperluas jaringan rute ke Amerika, Eropa, dan Kanada pada 1980-an.

Perkembangan ini semakin hari semakin bagus. Sehingga tidak heran jika SIA mendapat banyak penghargaan sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia pada 2004, 2007, 2008, dan 2018 dari Skytrax.

Skytrax sendiri yaitu organisasi pemberi peringkat mutu objektif untuk maskapai dan bandara yang dinilai sebagai tolok ukur global, memiliki dedikasi dan mutu pengalaman pelanggan terbaik di bidang transportasi udara internasional.

Tipe Armada Singapore Airlines

singapore airlines

  1. Airbus A380-800. Airbus A380-800 yaitu maskapai pertama yang menerbangkan pesawat komersial terbesar di dunia. Maskapai ini dirancang dengan menetapkan standar kenyamanan penumpang modern, kursi yang lebih luas, ruang kepala yang lebih baik, dan penyimpanan yang lebih pribadi.
  2. Airbus A350-900. Airbus A350-900 yaitu maskapai yang dirancang lebih tenang, lebih baik, dan lebih hemat bahan bakar.
  3. Boeing 777-300ER. Boeing 777-300ER yaitu maskapai yang dirancang senyaman dan seaman mungkin untuk perjalan sejauh apapun itu.
  4. Boeing 787-10. Boeing 787-10 yaitu maskapai pertama yang berhasil menerbangkan Boeing 787-10 Dreamliner. Tipe ini dirancang secara lebih sempurna dalam segala hal, serta menawarkan pengalaman pelanggan agar lebih nayaman dan tenang saat di dalam kabin.
  5. Armada SilkAir. Armada SilkAir menjadi salah satu armada pesawat termuda di Asia Pasifik, yakni berumur rata-rata 5 tahun 9 bulan (per 1 Oktober 2019).

Layanan Terbaru Singapore Airlines

Selain fasilitas yang ditawarkan di dalam kabin lengkap, nyaman, mewah, penumpang juga mendapat pengalaman santap yang luar biasa selama penerbangan. Pasalnya ini ada pada program terbarunya yaitu untuk melengkapi program Book the Cook pada 2015.

Program ini meluncurkan fasilitas khusus bagi penumpang kelas premium. Penumpang First Class, Suites, dan Business Class sudah bisa pre order hidangan utama dan memilih dari 68 menu sejak tiga minggu atau 24 jam sebelum penerbangan.

Dari programnya tersebut, maskapai ini menjadi yang pertama di dunia dalam hal layanan pemesanan khusus. Pun kedepannya, SIA akan memperluas layanan ke kelas Premium Economy.

Selain itu, juga menjadi pesawat A380 pertama di dunia yang terdapat fitur GX, guna menunjang sistem konektivitas mobile di dalam pesawat.

Itulah pembahasan tentang gaji pramugari Singapore Airlines dan benefit lain yang didapat. Tertarik menjadi pramugari agar bisa keliling luar negeri gratis dan dibayar?

Tinggalkan komentar