Besaran Gaji Pilot Singapore Airlines per Bulan

Pilot adalah salah satu profesi impian bagi sebagian besar orang. Pasalnya, profesi tersebut memiliki gaji yang cukup menjanjikan hingga tunjangan yang beragam. Selain itu, banyak maskapai penerbangan baik di Indonesia maupun mancanegara yang dapat menjadi pilihan karir bagi Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai karir dan gaji pilot Singapore Airlines.

Jika dilihat, karir pilot memang cukup cemerlang. Namun, dengan gaji dan tunjangan yang tinggi tersebut, tentu sepadan dengan risiko dan tanggung jawab pekerjaan yang diemban. Karena seorang pilot harus mampu menguasai kondisi cuaca dan mesin pesawat yang digunakan dalam setiap kali terbang. Bukan hal yang mudah, bukan?

Setelah lulus dari sekolah penerbangan, seorang pilot junior pun sudah mendapatkan gaji yang tinggi dari maskapai penerbangan tempatnya bekerja. Bagaimana dengan pilot senior? Lantas, berapa pula gaji pilot Singapore Airlines yang menjadi salah satu penerbangan terbaik dan terdekat dari Indonesia? Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini hingga tuntas ya.

Gaji Pilot Singapore Airlines

Awal memulai karir menjadi pilot tentu tidaklah mudah, masih banyak hal yang membutuhkan penyesuaian dan pembelajaran. Begitu pun dengan gaji setiap bulannya tidak terlalu tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang semakin bertambah, maka gaji setiap bulan pun akan meningkat sesuai dengan kinerja dan kebijakan perusahaan masing-masing.

Secara umum, orang yang bekerja sebagai pilot di Singapura rata-rata mendapatkan gaji sekitar 14.200 SGD setara dengan Rp 149.821.082 per bulan. Gaji tersebut berkisar dari 7.550 SGD atau Rp 79.658.392 hingga 21.600 SGD atau Rp 227.896.858 per bulan. Namun biasanya, gaji yang diterima oleh pilot junior sekitar 5000 SGD setara dengan Rp 52.753.902. Sedangkan untuk pilot senior, gaji yang diterima sekitar 9000 SGD setara dengan Rp 94.957.024.

Gaji pilot Singapore Airlines sendiri sangat bervariasi. Beberapa hal yang berpengaruh terhadap tingkat gaji pilot Singapore Airlines yaitu pengalaman, keterampilan, jenis kelamin dan lokasi penempatan. Berikut ini adalah beberapa rincian gaji yang diterima oleh pilot Singapore Airlines berdasarkan beberapa kriteria tersebut.

Baca Juga: Gaji Pramugari Singapore Airlines

Gaji Pilot berdasarkan Pengalaman

Pengalaman adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan gaji seseorang. Semakin banyak atau tinggi pengalaman seseorang, maka gajinya pun akan semakin besar. Beberapa pembagian gaji pilot Singapore Airlines berdasarkan pengalaman yang dimiliki, yaitu:

  • Pilot dengan pengalaman < (kurang dari) 2 tahun memperoleh pendapatan sekitar 8.670 SGD atau Rp 91.475.266 per bulan.
  • Pengalaman antara 2 – 5 tahun, akan memperoleh penghasilan sekitar 10.600 SGD atau Rp 111.838.273 per bulan.
  • Pengalaman antara 5 – 10 tahun akan mendapatkan penghasilan sekitar 15.100 SGD atau Rp 159.316.785 per bulan.
  • Kemudian, pengalaman antara 10 – 15 tahun, akan memperoleh pendapatan sebesar 17.600 SGD atau Rp 185.693.736 per bulan.
  • Sedangkan pengalaman antara 15 – 20 tahun, penghasilan yang diperoleh berkisar 19.400 SGD atau Rp 204.685.141 per bulan.
  • Terakhir, pengalaman professional yaitu > (lebih dari) 25 tahun, akan memperoleh pendapatan sebesar 20.500 SGD atau Rp 216.291.000 per bulan.

Gaji Pilot berdasarkan Pendidikan

Faktor lain yang menjadi penentu gaji pilot Singapore Airlines adalah pendidikan. Meskipun dengan pengalaman yang sama, gaji pilot dapat berbeda bila tingkat pendidikannya berbeda. Oleh karena itu, semakin tinggi pendidikan, biasanya gaji yang akan didapat juga semakin tinggi. Berikut selengkapnya:

  • Tingkat pendidikan Diploma, rata-rata mendapatkan gaji sekitar 10.600 SGD atau Rp 111.838.273 per bulan.
  • Tingkat pendidikan Sarjana, mendapatkan penghasilan rata-rata sebesar 13.700 SGD atau Rp 144.545.692 per bulan.
  • Dan untuk tingkat pendidikan Master, memperoleh gaji sebesar 19.700 SGD atau Rp 207.850.375 per bulan.

Gaji Pilot berdasarkan Jenis Kelamin

Pada kenyataannya, selain pengalaman dan tingkat Pendidikan, ternyata jenis kelamin juga mempengaruhi tingkat gaji. Pilot pria di Singapura rata-rata mendapatkan penghasilan 6% lebih tinggi daripada rekan kerja wanita mereka.

  • Pilot pria mendapatkan penghasilan sekitar 14.600 SGD atau Rp 154.041.395 per bulan.
  • Pilot wanita memperoleh penghasilan sekitar 13.800 SGD atau Rp 145.600.770 per bulan.

Nah, itu dia gaji pilot Singapore Airlines berdasarkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Selain gaji pokok, seorang pilot juga akan mendapatkan tunjangan maupun bonus-bonus tertentu. Beberapa jenis bonus yang dipertimbangkan yaitu:

  • Bonus berbasis kinerja individu, yaitu bonus yang diberikan berdasarkan kinerja dari masing-masing individu. Semakin baik kinerja Anda, maka bonus yang Anda terima juga akan semakin banyak.
  • Bonus kinerja perusahaan, yaitu bonus yang diberikan apabila perusahaan sedang menerima keuntungan atau terdapat kelebihan pendapatan. Bonus tersebut diberikan kepada seluruh karyawan disesuaikan dengan peran masing-masing dalam organisasi perusahaan.
  • Bonus berbasis sasaran, yaitu bonus yang diterima setelah seseorang menyelesaikan tugas atau proyek tertentu.
  • Bonus liburan atau akhir tahun, yaitu bonus yang diberikan sebagai apresiasi atau reward untuk karyawan.

Akademi Singapore Airlines

Akademi Singapore Airlines berfokus pada pengembangan sumber daya manusia yang unggul sekaligus investasi dalam pelatihan untuk mencapai standar kelas dunia. Untuk memberdayakan karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan penuh sesuai peran masing-masing, akademi ini memanfaatkan keahliannya dalam pelayanan, operasional, inovasi, dan pengembangan digital.

Setiap program yang tersedia disesuaikan dengan perkembangan zaman. Baik virtual maupun tatap muka, setiap program memanfaatkan metode instruksional yang telah terbukti dan wawasan berharga yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Pengalaman pembelajarannya pun praktis, namun tetap dapat menginspirasi Anda.

Akademi ini menyediakan tiga fasilitas unggulan, yaitu program keunggulan layanan yang berfokus pada teknik memberikan pelayanan yang menyenangkan pelanggan sepanjang perjalanan mereka baik di darat maupun udara. Kemudian, inovasi dan program digital yang mendukung pengembangan produk dan layanan di masa depan.

Serta, rangkaian keunggulan operasional yang berfokus pada pengembangan keterampilan dasar yang penting untuk situasi kritis atau kompleks, seperti pengambilan keputusan, kerja tim lintas departemen, dan akurasi dalam komunikasi.

Demikian beberapa informasi seputar gaji pilot Singapore Airlines. Pada dasarnya, setiap pekerjaan memiliki risiko dan reward masing-masing. Pendapatan yang dihasilkan tentu akan sepadan dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan referensi baru bagi Anda.