Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat 2024, Sangat Menjanjikan!

Jika anda perhatikan saat berada di pesawat akan ada orang yang memberi arahan parkir itulah profesi marshaller atau tukang parkir pesawat. Seorang tukang parkir pesawat termasuk dalam staff penerbangan yang memiliki standar gaji yang cukup tinggi.

Sebab, menjadi tukang parkir pesawat tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya orang yang lolos seleksi profesi lah yang bisa menjadi tukang parkir pesawat profesional.

Jika Anda tertarik menjadi tukang parkir pesawat, sebaiknya Anda membaca ulasan artikel ini terlebih dahulu.

Mengenal Profesi Tukang Parkir Pesawat

Profesi Tukang Parkir Pesawat

Dalam dunia penerbangan, ada salah satu profesi yang cukup menantang untuk Anda geluti. Ya, itu adalah marshaller pesawat atau dalam bahasa umum Anda mengenal dengan nama juru atau tukang parkir pesawat.

Kehadiran tukang parkir pesawat sangat penting, ia adalah pemberi komando ketika pesawat akan parkir atau mendekat ke garbarata.

Marshaller akan memberikan arahan yang jelas, tepat, dan tanpa kesalahan kepada pilot agar bisa memarkirkan pesawatnya dengan baik, tanpa senggolan antar sayap pesawat.

Sehingga, seorang marshaller harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam memberikan arahan. Ini diperlukan agar kegiatan operasional bandara bisa berjalan dengan lancar.

Apalagi yang diparkir bukan kendaraan kecil seperti motor atau mobil, melainkan pesawat. Dari gambaran singkat ini, kira-kira berapa ya gaji tukang parkir pesawat?

Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Tunjangannya

Untuk gaji tukang parkir pesawat atau marshaller di Indonesia disesuaikan dengan tiga hal. Pertama, dari besaran UMR di masing-masing daerah.

Baca juga:  Gaji Pramugari Super Air Jet 2024 Berserta Tunjangannya

Kedua, dari maskapai tempat marshaller bekerja. Ketiga, dari pengalaman bekerja. Gaji tukang parkir pesawat mengikuti standar gaji staff penerbangan maskapai masing – masing.

Secara umum, rata-rata gaji tukang parkir pesawat tahun 2024 untuk maskapai Indonesia sebesar Rp5.00.000 hingga Rp8.000.000 per bulan. Sedangkan untuk gaji marshaller pesawat di maskapai luar negeri sekitar US$21 – 25 atau sekitar Rp325.000 – Rp400.000 per jam .

Nominal tersebut hanya gaji pokok, belum termasuk dengan tunjangan yang diberikan maskapai, seperti tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, dan tunjangan operasional.

Gaji ini juga bisa meningkat seiring dengan kinerja dan masa kerja mejadi tukang parkir pesawat atau marshaller.

Berbeda dengan gaji tukang parkir pesawat di Indonesia, besaran gaji marshaller di luar negeri tentu bisa lebih tinggi. Dilansir dari ZipRecruiter, rata-rata gaji marshaller disana mencapai Rp 56.000.000 per bulan atau Rp 12.900.000 per minggu atau Rp 323.338 per jam.

Untuk gaji tertinggi marshaller di seluruh AS, itu bisa mencapai Rp 1.357.775 dan terendah mencapai Rp 296.777.000. Namun, sebagian gaji marshaller pesawat saat ini berkisar Rp 430.326.650 hingga Rp 808.717.325 per tahun.

Sementara, gaji tukang parkir pesawat di atas rata-rata di AS adalah Fremont, San Jose, dan San Fransisco. San Jose mengalahkan rata-rata nasional sebesar Rp 95.265.417 dan San Fransisco mengalahkan rata-rata nasional sebesar Rp 142.156.183. Sangat bervariasi, bukan?

Jam Kerja & Tugas Tukang Parkir Pesawat

Tukang Parkir Pesawat

Untuk mendapatkan gaji tukang parkir pesawat yang terbilang cukup tinggi ini, seorang marshaller dituntut agar bisa menguasai sejumlah kecakapan. Marshaller akan bekerja sama dengan pilot untuk mengarahkan pesawat ke lokasi parkir yang telah ditentukan.

Seorang marshaller memiliki tanggung jawab atas keselamatan penumpang saat pendaratan pesawat. Ia harus menguasai setiap gerakan tubuh yang melambangkan instruksi tertentu. Selain itu, ia harus memiliki kemampuan baik untuk berkomunikasi secara verbal dan non verbal.

Baca juga:  Gaji Blogger per Bulan dari Berbagai Sumber Penghasilan

Tidak peduli apakah cuaca mendukung atau tidak, selama masih ada jadwal penerbangan, seorang marshaller akan tetap bekerja. Paling tidak ia akan bekerja selama 13 jam per hari.

Marshaller akan bekerja sesuai dengan SOP dan keselamatan kerja, seperti menggunakan penutup kuping, jaket neon, tongkat LED, dan sepatu dengan ujung besi.

Fakta menarik dari tukang parkir pesawat, bahwa dengan total jam kerja sebanyak 13 jam per hari, seorang marshaller hanya bisa memarkirkan maksimal 5 pesawat per hari.

Sistem kerjanya adalah shift dengan waktu istirahat. Biasanya, jam kerja tukang parkir pesawat dimulai pukul 06.00 – 19.00 dan 18.00 – 07.00.

Baca juga: Gaji Pilot Singapore Airlines

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Setelah mengetahui gaji tukang parkir pesawat beserta tugas dan tanggung jawabnya, apakah Anda tertarik untuk menjadi tukang parkir pesawat? Jika iya, Anda harus mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi tukang parkir pesawat.

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, ada juga beberapa maskapai yang mematok usia maksimal 24 tahun
  • Minimal lulusan SMA/ sederajat
  • Tinggi minimal 160 cm (marshaller perempuan) dan tinggi minimal 165 cm (marshaller laki-laki)
  • Tidak buta warna
  • Memiliki berat badan yang ideal
  • Berorientasi pada pelayanan
  • Memiliki kepribadian yang baik.

Selain itu, Anda juga harus mendapat pendidikan dan pelatihan resmi sebagai aircraft marshaller, seperti pelatihan untuk memahami dunia aviasi dan cara membaca sinyal. Jika lolos seleksi, peluang Anda untuk menjadi marshaller akan lebih besar.

Di Indonesia, sudah banyak maskapai maupun lembaga lain yang menyediakan sekolah terkait. Adapun estimasi biaya pendidikannya kurang lebih sebesar Rp 13.200.000.

Biaya ini sudah termasuk tempat tinggal. Jadi, Anda yang tertarik tinggal mengikuti pendidikan dan pelatihannya sampai selesai untuk bisa mendapatkan sertifikat profesi marshaller.

Baca juga:  Gaji Web Designer di Indonesia untuk Freelance & Profesional

Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Setelah Anda mengenal dan mengetahui syarat menjadi marshaller, maka sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara menjadi marshaller. Berikut tahapan yang bisa Anda ikuti:

  1. Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang diajukan
  2. Anda harus paham penuh mengenai semua aturan dan prosedur menjadi seorang marshaller
  3. Mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dan membuktikan bahwa Anda bisa menjadi marshaller profesional
  4. Boleh memilih maskapai mana yang Anda tuju. Namun, jangan terlalu lama memilih jika tidak ingin membuang waktu dan disertai dengan peningkatan keahlian
  5. Mencari dan mengikuti pelatihan tenaga kerja di bidang terkait. Anda bisa pilih lembaga mana yang memberikan kurikulum program pendidikan yang disusun secara cermat dan profesional, lengkap dengan berbagai macam kompetensi tambahan agar kesempatan diterima lebih besar.

Nah, itulah gaji tukang parkir pesawat di Indonesia maupun luar negeri yang perlu Anda tahu. Meski gajinya bervariasi dan cukup tinggi, tapi jam kerjanya juga cukup lama ya. Selama Anda cakap menjalankannya, tentu ini bukan suatu hambatan besar bagi Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar