Gaji Kurir Ninja Xpress 2022, Tugas, dan Syarat Menjadi Kurir

Peluang kerja sebagai kurir di era perkembangan e-commerce kini semakin tinggi, terlebih saat pandemi yang mengharuskan mengurangi kontak sosial. Peran kurir sebagai layanan pesan antar pun menjadi favorit, termasuk menjadi kurir Ninja Xpress. 

Nah, muncul pertanyaan bagi para pelamar. Mulai dari besaran gaji kurir Ninja Xpress, tugas-tugasnya, hingga syarat mendaftar menjadi kurir. Semakin menarik, lowongan sebagai kurir Ninja Express pun terbuka dengan kriteria yang tidak memberatkan. 

Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar peran kurir Ninja Xpress! 

Gaji Kurir Ninja Xpress 2022

gaji kurir ninja express

Sebelum mengetahui lebih detail tentang gaji kurir Ninja Xpress, perlu Anda ketahui bahwa perusahaan membedakan besaran insentif sesuai jenis kurir. Di Ninja Express, terdapat full time kurir yang merupakan pekerja tetap dan kurir freelance

Baik bekerja secara full day atau kurir paruh waktu, penghasilan keduanya sama-sama akan diakumulasikan setiap bulan. Berbeda dengan informasi yang jamak beredar, insentif kurir Ninja Xpress tidak cair mingguan.

Secara umum, total penghasilan masing-masing kurir bisa mencapai Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000-an per bulannya. Besaran angka tersebut merupakan gaji pokok untuk kurir penuh waktu. Adapun nominalnya dapat berubah sesuai UMK/UMR dimana agen tersebut berada. 

Adapun waktu kerja kurir Ninja Xpress full time telah ditentukan. Sebagaimana namanya, Anda wajib bertugas selama 6 hari kerja dan berhak mendapatkan satu hari libur. Jadwal libur pun berbeda setiap kurir sesuai waktu shift kerja.

Baca juga:  Gaji Kurir Shopee Express 2022 dan Skema Bonus

Khusus untuk freelancer, gaji kurir Ninja Xpress paruh waktu bisa saja di bawah Rp 2.000.000. Karena sifatnya pekerja lepas, para kurir bebas menentukan waktu kerja setiap harinya. Jika ingin bekerja, kurir freelance mendapat upah Rp 2.000 atau Rp 3.000 per paketnya. 

Melansir SPN News, Jakarta (27/3/2020), bahwa per 1 April 2020, upah kurir freelance di Ninja Xpress turun dari Rp 3.000 menjadi Rp 2.000 per paketnya. Namun jangan khawatir, semakin aktif kurir bekerja maka semakin bertambah pula pendapatan per bulannya.

Keuntungan dan Tunjangan Selain Gaji Kurir Ninja Xpress

gaji kurir Ninja Express

Tidak hanya gaji pokok, perusahaan pun memberikan tunjangan kinerja bagi kurir Ninja Xpressyang memenuhi pencapaian tertentu. Adapun tunjangan yang bisa kurir dapatkan merupakan bonus pengiriman paket sebesar Rp5000. 

Jangan khawatir, perusahaan menambahkan uang bensin dan biaya presensi harian sebesar Rp40.000. Nominal tersebut merupakan total dari uang bensin sebanyak Rp25.000 dan biaya presensi harian Rp15.000. 

Apabila dijumlahkan, pendapatan kurir full time di Ninja Xpress berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000 perbulannya. Adapun untuk kurir freelance dapat menyesuaikan waktu kerja masing-masing. 

Gaji kurir ekspedisi lainnya:

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir Ninja Xpress

Tugas utama kurir Ninja Xpress yakni mengirimkan pesanan pelanggan secara tepat waktu. Kurir juga harus memastikan barang tersampaikan dalam kondisi maksimal.  Selain itu, terdapat tanggung jawab lain yang juga bagian dari tugas Ninja Van atau sebutan bagi kurir Ninja Xpress:

  1. Mengambil barang (layanan pick-up) dari penjual dan mengantarkannya ke gudang untuk disortir lalu dikirim oleh tim ekspedisi
  2. Memastikan paket dalam kondisi aman (segel utuh, kemasan tidak terbuka) saat customer menerima pesanan
  3. Membuat catatan berupa laporan harian pengiriman paket untuk diserahkan pada petugas terkait.
Baca juga:  Berapa Gaji TKI di Jepang? Pahami Hal Ini Sebelum Bekerja di Jepang!

Meski terdengar sederhana, nyatanya tugas kurir Ninja Xpress memerlukan ketelitian dan tanggung jawab besar. Sebagai komitmen pekerjaan, perusahaan akan menagih denda apabila terdapat pelanggaran dari tugas yang telah ditetapkan.

Tugas dan peraturan di atas bersifat mengikat bagi seluruh kurir Ninja Xpress. Tidak hanya untuk pekerja full time, tetapi juga berlaku bagi freelance kurir di Ninja Xpress. 

Sistem Kerja Kurir Ninja Xpress

gaji kurir Ninja Express

Apabila Anda tertarik mendaftarkan diri sebagai kurir penuh waktu Ninja Xpress, maka Anda wajib bekerja 6 hari dalam seminggu. Lama kerja berkisar antara 6-8 jam, tergantung jumlah paket serta manajemen waktu kurir sendiri. Kurir akan bekerja sesuai pada pembagian shift yang telah lebih dulu ditentukan pun mendapatkan besaran gaji kurir Ninja Xpress pasti.  

Sedangkan untuk kurir lepas atau freelance, Anda tidak terikat oleh minimal hari bekerja. Kurir freelance bebas menentukan hari kerja sesuai keinginan. Inilah yang membuat gaji kurir Ninja Xpress berbeda sesuai pilihan jam kerja.

Meski demikian, seluruh jenis kurir Ninja Xpress memiliki tanggung jawab yang sama. Adapun rutinitas kerja kurir Ninja Xpress yakni:

  • Memulai pekerjaan dengan melakukan presensi kehadiran
  • Mengikuti briefing jika ada 
  • Mendapatkan dokumen untuk laporan pengiriman harian
  • Menyusun dan mengelompokkan paket sesuai tujuan dengan rapi
  • Mengirimkan pesanan sesuai alamat 
  • Menjemput paket dari layanan pick-up oleh pembeli
  • Membuat laporan pengiriman harian yang nantinya akan dimasukkan dalam database Ninja Xpress

Syarat Mendaftar Menjadi Kurir Ninja Xpress

Sudah mantap bergabung di perusahaan setelah mengetahui gaji kurir Ninja Xpress? Jika iya, ada beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi. Berikut syarat-syaratnya secara umum.

  • Laki-laki disiplin, pekerja keras dan tepat waktu berusia maksimal 30 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani dengan pendidikan terakhir tingkat SMA/SMK sederajat
  • Mempunyai sepeda motor standar pabrik (tidak dimodifikasi) dengan surat-surat lengkap
  • Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C aktif
  • Mempunyai smartphone, minimal android RAM 2 GB dan mampu mengoperasikan aplikasi yang diperlukan (maps, WhatsApp, atau lainnya)
  • Menguasai rute jalan dan daerah operasional dengan baik.
Baca juga:  √ Gaji Kurir MrSpeedy dan Syarat Menjadi Kurir

Dokumen dan Cara Mendaftar Kurir Ninja Xpress

Jika telah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat melengkapi dokumen sebagai persiapan pendaftaran. Adapun dokumen yang dimaksud meliputi surat lamaran kerja, CV terbaru, salinan (fotocopy) ijazah terbaru, salinan (fotocopy) SIM C, dan  salinan (fotocopy) STNK kendaraan yang nantinya Anda gunakan. 

Pendaftaran kurir Ninja Xpressdapat Anda lakukan secara offline dengan mengumpulkan berkas di kantor cabang terdekat. Anda juga dapat mengirimkan berkas ke kantor pusat Ninja Xpress.

Apabila ingin lebih ringkas, Anda dapat mendaftar menjadi kurir Ninja Xpressmelalui laman resmi Ninja Xpress Indonesia. Lakukan registrasi dan lengkapi dokumen secara digital, lalu ikuti proses rekrutmen selanjutnya.

Semakin tertarik bergabung setelah mengetahui detail tugas, syarat, hingga gaji kurir Ninja Xpress? Persiapkan syarat dan dokumen yang diperlukan. Untuk informasi lowongan pekerjaan, Anda dapat memantau laman resmi Ninja XpressIndonesia ataupun melalui sosial media. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar