Gaji Kurir Ninja Express, Tugas, dan Syarat Menjadi Kurir

Peluang kerja menjadi kurir di era perkembangan e-commerce ini lumayan tinggi, termasuk kurir Ninja Express. Apalagi pada masa pendemi Covid-19, perusahaan yang diluncurkan oleh Ninja Van pada 2014 ini telah menggandeng mitra UMKM melalui program AKSILERASI. Nah, muncul pertanyaan bagi para calon kurir, mulai dari gaji kurir Ninja Express, tugas-tugasnya, hingga syarat mendaftar menjadi kurir.

Untuk itu, selesaikan bacaan artikel ini, ya! Karena  kami akan memberikan informasi mengenai tiga pertanyaan tersebut, yang mana menjadi bekal jika suatu saat nanti ada lowongan kerja menjadi kurir di perusahaan ini.

Gaji Kurir Ninja Express

gaji kurir ninja express

Sebelum masuk ke pembahasan gaji kurir Ninja Express, Anda harus tahu bahwa kurir di sini ada yang berkerja secara full day dan ada yang bekerja secara freelance. Baik bekerja secara full day atau bekerja secara freelance, penghasilan keduanya sama-sama akan diakumulasikan setiap bulan, bukan setiap minggu atau dua minggu sekali seperti berita yang pernah berseliweran di mesin pencarian Google.

Secara umum, total penghasilan masing-masing kurir bisa mencapai Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000-an per bulannya. Penghasilan ini masih lumayan tinggi dan tidak jauh berbeda dengan gaji kurir di banyak jasa pengiriman lainnya di Indonesia. Yaitu, memiliki gaji pokok dengan nominal perolehan sesuai UMK/UMR dimana agen tersebut berada. Jadi, gajinya tidak bisa disamaratakan, ya!

Khusus untuk freelancer, bisa memperoleh penghasilan di bawah Rp 2.000.000. Karena sifatnya pekerja lepas, jadi para kurir bebas untuk bekerja atau tidak setiap harinya. Jika ingin bekerja, kurir freelance mendapat upah Rp 2.000 atau Rp 3.000 per paketnya. Dari SPN News, Jakarta (27/3/2020), bahwa per 1 April 2020, upah kurir freelance di Ninja Express turun dari Rp 3.000 menjadi Rp 2.000 per paketnya.

Baca Juga : 

 

Tugas Menjadi Kurir Ninja Express

Secara umum semua kurir memiliki tugas dan amanat yang sama. Yaitu, mengirim barang/ paket kepada alamat tertuju secara tepat waktu dan dalam kondisi bagus (tidak terjadi kerusakan). Tugas dan amanat kurir tekesan sederhana, tetapi memiliki tanggung jawab besar dalam pelaksanaannya. Bedanya, jika menjadi kurir di perusahaan Ninja Van, Anda bisa dikenai denda jika terjadi kerusakan saat mengirim.

Syarat Mendaftar Menjadi Kurir Ninja Express

Yakin ingin menjadi kurir di perusahaan yang diluncurkan oleh Ninja Van? Jika iya, ada beberapa persayaratan yang harus Anda penuhi. Berikut syarat-syaratnya secara umum.

  1. Memiliki Kendaraan Pribadi

Kendaraan yang sering digunakan adalah motor. Jadi pastikan Anda memiliki motor jika ingin mendaftar menjadi kurir di sini. Tidak lucu kan, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi tetapi mendaftar menjadi kurir?

 

  1. Memiliki Surat Ijin Mengemudi

Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah senjata kedua untuk menghalau tilangan ketika proses pengiriman pake terjadi. Dengan memiliki SIM, aturan berkendara di jalan raya tetap terpenuhi dan perjalanan semakin aman. Pun tidak perlu mencari jalan lain yang lebih jauh ketika tilangan terjadi.

 

  1. Memiliki HP

Karena perusahaan ini memang bergerak di dunia digital, HP menjadi kebutuhan primer dalam menjalani profesi menjadi kurir. Fungsinya adalah sebagai penghubung antara Anda (kurir) dengan penerima paket.

 

  1. Paham Rute Perjalanan

Seorang kurir harus paham, lihai akan wilayah yang menjadi tujuan pengiriman paket. Jika memang belum paham, minimal dengan memiliki HP yang tertera pada poin 3 bisa menjadi solusinya. Anda bisa menggunakan peta elektronik untuk menemukan alamat tujuan pengiriman.

Coba Anda pantau informasi-informasi yang ada di internet. Mulai dari web resminya di sini atau media lain yang membuka lowongan pekerjaan menjadi kurir, ya!

Semoga informasi yang kami berikan ini terkait gaji kurir Ninja Express, tugasnya, hingga syarat mendaftar menjadi kurir bisa membantu Anda ya. Semangat terus untuk menemukan informasi lainnya. Perkara bekerja secara full day atau freelance, terserah itu pilihan Anda. Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda. Yang penting harus bisa bekerja semaksimal mungkin.

Tinggalkan komentar