Sistem Gaji Kurir J&T Express 2024 Beserta Tunjangannya

Sekitar 5 tahun yang lalu, PT Global Jet Express (J&T), sebuah layanan jasa pengiriman barang dan ekspedisi, memulai operasinya di Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2015.

Meskipun merupakan pemain baru dan memiliki banyak pesaing, J&T berhasil bertahan dan bersaing dengan layanan ekspedisi yang telah ada sebelumnya, seperti JNE, TIKI, Kantor Pos, dan lain-lain.

Sejak tahun 2015, J&T telah berhasil merekrut 10.000 kurir, dan jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2023, perusahaan ini telah merambah ke 5 negara. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dedikasi dan kontribusi yang diberikan oleh para kurir.

Kira-kira berapa gaji kurir J&T Express per bulan dan bagaimana sistem insentifnya? Kemudian syarat apa saja yang perlu disiapkan untuk mendaftar menjadi kurir J&T Express.

Perbedaan Kurir Ekspedisi dan Sprinter

Sebelum kita membahas gaji kurir j&t, kamu harus tau perbedaan kurir ekspedisi dan kurir sprinter. Berikut perbedaanya:

  • Krurir ekspedisi adalah kurir yang mengantarkan paket dalam jumlah yang besar biasanya menggunakan truk dengan rute antar kota atau provinsi.
  • Kurir sprinter adalah kurir yang mengantarkan paket langsung ke alamat penerima. Kurir sprinter hanya perlu berada di gudang drop point untuk mensortir dan mengirim paket sesuai daerah domisilinya saja.

Kedua posisi kurir ini memliki tugas yang secara umum sama. Tugas pokok kurir J&T adalah sebagai berikut:

  1. Menjemput, mendata, dan mengirimkan paket dari pengirim ke penerima
  2. Bertanggung jawab penuh terhadap paket yang dibawa
  3. Penanganan keluhan dari customer saat paket rusak atau hilang
  4. Menjawab pertanyaan dari pengirim dan penerima paket
  5. Memastikan paket tiba tepat waktu dan dalam keadaan yang baik.
Baca juga:  Segini Gaji Perawat Home Care 2024, Diatas UMR

Berikut ini, kita akan membahas satu per satu informasi mengenai besaran gaji kurir J&T dan sistem komisinya.

Gaji Kurir J&T Express 2024

gaji kurir j&t

Untuk besaran gaji pokok kurir J&T Express setiap bulannya berkisar Rp 2.000.000- Rp 2.400.000 per bulan tergantung pada UMR daerah masing-masing.

Jika ditambah bonus dan tunjangan seorang kurir j&t bisa memperoleh gaji sebesar Rp 3.500.000 per bulan. Tunjangan ditentukan dari seberapa banyak paket yang berhasil dikirimkan oleh kurir.

Di samping mendapat gaji pokok, kurir juga mendapat komisi gaji kurir j&t per paket. Biasanya komisi yang didapat sebesar Rp1.000 per paket yang berhasil diantar kepada alamat penerima.

Semakin banyak paket yang berhasil diantar per harinya, semakin banyak pula komisi yang didapat sebagai tambahan akumulasi gaji bulanan. Berikut rinciannya:

Rate delivery = tingkat keberhasilan pengiriman paket ke tangan penerima.

  • Jika rate delivery diatas 98%, kurir akan menerima komisi Rp1.200 per paket.
  • Jika rate delivery antara 95 sampai 98%, kurir akan menerima komisi Rp1.000 per paket.
  • Jika rate delivery dibawah 95%, kurir akan menerima komisi Rp500 per paket.

Rumus menghitung Rate Delivery = total paket yang berhasil dikirim / total paket yang dibawa * 100%.

Contoh: Kurir A membawa 100 paket, jika kurir A ingin memperoleh komisi Rp1.200 maka kurir A harus berhasil mengirimkan paket sebanyak 99 pada hari itu.

Kemudian itu semua akan dijumlah dan dihitung pada saat pemberian gaji kurir J&T. Jika selama sebulan rate delivery masih di atas 98% maka kurir yang bersangkutan berhak memperoleh komisi atau insentif tambahan sebesar Rp1.200 x jumlah paket yang berhasil dikirimkan.

Sama dengan kurir ekspedisi lain, J&T juga memberikan tunjangan uang bensin. Uang bensin akan diberikan setiap bulan sebesar Rp200.000. Nominal uang bensin bervariasi tergantung daerah kurir masing – masing.

Baca juga:  Cara Menjadi Agen J&T 2023 : Syarat, Biaya, & Keuntungan

Baca juga: Gaji Kurir Anteraja dan Gaji Kurir JNE

Kurir Freelance J&T

J&T juga membuka kesempatan bagi kurir freelance yang ingin bekerja secara fleksibel tanpa terikat kontrak seperti kurir reguler lainnya. Salah satu perbedaan adalah durasi kerja yang singkat, yaitu 2 hingga 3 bulan untuk kurir freelance.

Program kurir freelance J&T ditunjukan untuk pelamar berjenis kelamin laki-laki dan siap ditempatkan di berbagai daerah sesuai dengan lowongan kurir freelance yang tersedia. Syarat utama adalah memiliki SIM C yang aktif dan sepeda motor pribadi.

Kurir Freelance J&T memiliki tugas yang serupa dengan kurir tetap, namun perbedaannya hanya terletak pada waktu kerja yang lebih fleksibel.

Baca juga: Gaji Kurir Shopee Express dan Gaji Kurir Deliveree

Syarat Menjadi Kurir J&T

syarat kurir j&t express

Setelah mengetahui gaji kurir J&T Express, apakah Anda berminat untuk melamar di perusahaan ekspedisi ini? Jika berminat, ada satu hal yang Anda perhatikan terlebih dahulu syarat yang dibutuhkan untuk melamar kerja jadi kurir.

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftarkan diri menjadi kurir di J&T Express.

Syarat Umum:

  • Berusia antara 18-35 tahun
  • Minimal pendidikan adalah SMA/SMK/sederajat
  • Memiliki motor
  • Memiliki HP dengan minimal RAM 4GB
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak memiliki tato di tubuhnya
  • Jujur, pekerja keras, dan memiliki kepribadian baik
  • Menguasai rute atau jalanan alternatif dan tercepat dimana kurir/sprinter akan mengirim atau mengambil barang dari konsumen
  • Bersedia ditempatkan sesuai kebijakan kantor.

Syarat Dokumen:

  • KTP
  • Memiliki SIM C aktif
  • Memiliki STNK aktif
  • Memiliki SKCK aktif
  • Mengirim lamaran dan berkas pendukungnya seperti CV, fotokopi ijazah.

Baca juga: Cara Menjadi Agen J&T

Cara Daftar Kurir J&T

Daftar Melalui Halaman Karir

Untuk cara mendaftar, pantengin terlebih dahulu web careernya J&T Express https://www.jet.co.id/about/career.

Baca juga:  Gaji Karyawan Pelindo 2024 Untuk Posisi Magang hingga Dirut

Disitu biasanya akan diinformasikan lowongan pekerjaan apa saja yang masih buka, tugas dan tanggung jawab utama dari posisi tersebut seperti apa, serta cara mendaftarnya bagaimana. Nah, Anda harus memahami semua ini.

Misalnya, ketika Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan menjadi kurir di J&T. Segera lengkapi semua syarat-syaratnya, sekaligus buat surat lamaran pekerjaan dan CV terbaru Anda.

Kemudian, kirimkan semua berkas lamarannya ke alamat email yang tertera di website karir J&T. Dengan cara mencantumkan format berikut di bagian subject email “kota_posisi yang Anda lamar_nama Anda”.

Contoh subject email: “Surabaya Timur_Courier_Faiz Zaki”.

Daftar Lewat Kantor Cabang Terdekat

Atau kalian bisa langsung mengunjunngi kantor cabang terdekat J&T di kota anda.

gaji kurir j&t

Setelah mengetahui informasi ini, khususnya gaji kurir J&T Express apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri di posisi kurir? Jika iya, segera saja lengkapi syarat-syaratnya dan daftarkan diri Anda secara online.

Melalui inovasi dan bagusnya tingkat survive J&T, kemungkinan besar akan sustain dalam jangka waktu lama. Pun dengan cara J&T bekerja sama dengan e-commerce besar di Indonesia, dipastikan posisi ini juga akan semakin terbuka menyerap banyak kurir kedepannya.

Bagikan: