Gaji Kurir J&T Express 2022: Bonus dan Fasilitas Lainnya

Sekitar 5 tahun lalu, salah satu layanan jasa pengiriman barang & ekspedisi yang bernama PT Global Jet Express (J&T) mulai beroperasi di Indonesia. Ya, tepatnya pada 20 Agustus 2015. Walau terbilang baru dan memiliki banyak pesaing, J&T tetap bisa survive layaknya layanan ekspedisi terdahulu. Seperti JNE, Kantor Pos, dan lainnya.

Hal ini terbukti dari perkembangan usahanya yang masih tergolong muda. Sejak 2015, J&T sudah memiliki 10.000 kurir. Yang mana jumlah kurir ini selalu bertambah setiap tahunnya. Bahkan, di 2022 perusahaan ini sudah merambah ke 5 negara. Yang tentunya tidak lepas dari peran serta dedikasi kurir tersebut.

Kira-kira berapa gaji kurir J&T Express setiap bulannya? Apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendaftarkan diri di perusahaan ini? Dan bagaimana cara mendaftarnya?

Perbedaan Kurir Ekspedisi dan Sprinter

Sebelum kita membahas gaji kurir j&t, kamu harus tau perbedaan kurir ekspedisi dan kurir sprinter. Berikut perbedaanya:

Kurir Ekspedisi

Krurir ekspedisi adalah kurir yang mengantarkan paket dalam jumlah yang besar biasanya menggunakan truk dengan rute antar kota atau provinsi.

Kurir Sprinter

Sedangkan kurir sprinter adalah kurir yang mengantarkan paket langsung ke alamat penerima. Kurir sprinter hanya perlu berada di gudang drop point untuk memilah dan mengirim paket sesuai domisilinya saja.

Kedua posisi kurir ini memliki tugas yang secara umum sama. Tugas pokok kurir J&T adalah sebagai berikut:

  • Menjemput, mendata dan mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
  • Bertanggung jawab penuh terhadap paket yang dibawa.
  • Memastikan paket tiba tepat waktu dan dalam keadaan yang baik.
Baca juga:  Gaji Pegawai Alfamart 2022 Beserta Syarat dan Cara Mendaftar

Untuk informasi besaran gaji kurir dan info lain-lainnya, akan kita bahas satu per satu berikut ini.

Gaji Kurir J&T Express

gaji kurir j&t express

Untuk besaran gaji kurir J&T Express setiap bulannya berkisar Rp 2.000.000- Rp 2.400.000 per bulan. Jika ditambah tunjangan seorang kurir j&t bisa memperoleh gaji Rp 3.000.000 per bulan. Tunjangan ditentukan dari seberapa banyak paket yang berhasil dikirimkan oleh kurir.

Untuk skema perhitungan bonus perhatikan dibawah ini:

Bonus untuk kinerja pengiriman

Di samping mendapat gaji pokok, kurir juga mendapat komisi. Biasanya komisi yang didapat adalah Rp 1.000/paket yang berhasil diantar kepada penerima. Semakin banyak paket yang berhasil diantar, semakin banyak pula komisi yang didapat sebagai tambahan akumulasi gaji bulanan. Berikut rinciannya:

Rate delivery = tingkat keberhasilan pengiriman paket ke tangan penerima.

  • Jika rate delivery diatas 98%, kurir akan menerima komisi Rp1.200 per paket.
  • Jika rate delivery antara 95 sampai 98%, kurir akan menerima komisi Rp1.000 per paket.
  • Jika rate delivery dibawah 95%, kurir akan menerima komisi Rp500 per paket.

Rumus menghitung Rate Delivery = Total paket yang berhasil dikirim / Total paket yang dibawa

Contoh: Kurir A membawa 100 paket, jika kurir A ingin memperoleh komisi 1200 maka kurir A harus berhasil mengirimkan paket sebanyak 99 pada hari itu.

Kemudian itu semua akan dijumlah dan dihitung pada saat pemberian gaji. Jika selama sebulan rate delivery masih di atas 98% maka kurir yang bersangkutan berhak memperoleh komisi atau insentif tambahan sebesar 1.200 x jumlah paket yang berhasil dikirimkan.

Uang Bensin untuk Kurir

Sama dengan kurir ekspedisi lain, J&T juga memberikan uang bensin. Uang bensin yang diterima setiap bulan sebesar Rp200.000. Nominal uang bensin bervariasi tergantung daerah kurir masing – masing.

Baca juga:  Gaji Crew Store Alfamart 2022 : Tugas, Tunjangan, dan Jam Kerja

Gaji kurir ekspedisi lain:

Syarat Menjadi Kurir J&T

syarat kurir j&t express

Setelah mengetahui gaji kurir J&T Express, apakah Anda berminat untuk melamar di perusahaan ekspedisi ini? Jika berminat, ada satu hal yang Anda perhatikan terlebih dahulu terkait inovasi dari J&T Express.

J&T hadir dengan inovasi terbarunya, yakni memanfaatkan teknologi sebagai basis layanan unggulannya. Dimana, akan ada istilah-istilah tersendiri dalam sistemnya. Misalnya saja istilah ‘sprinter’.

Dalam salah satu sumber (tonjoostudio.com), istilah sprinter dalam sistem J&T sama saja dengan kurir. Ya, pekerjaan keduanya memang mirip. Yakni, keliling ke toko-toko atau rumah-rumah sambil membawa paket. Tetapi keduanya memiliki tugas spesifik yang berbeda.

Sprinter bertugas untuk mengambil paket (pick up) dari pengirim. Jadi bukan pengirim yang mengirimkan langsung barang kirimannya ke Drop Point J&T. Kemudian, barang yang berhasil dibawa sprinter ke Drop Point akan discan dan dijemput mobil untuk dibawa ke gateway guna penyortiran.

Sementara, kurir bertugas untuk mengantarkan paket yang diambil dari Drop Point ke alamat penerima yang sudah tertera. Sederhananya, sprinter bertugas mengambil paket barang dari pengirim. Sementara kurir bertugas mengantarkan paket barang kepada penerima.

Balik ke pembahasan syarat. Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftarkan diri menjadi kurir di J&T Express.

  1. Berusia antara 18-35 tahun.
  2. Minimal pendidikan adalah SMA/SMK/sederajat.
  3. Memiliki motor.
  4. Memiliki SIM C aktif.
  5. Memiliki STNK aktif.
  6. Memiliki NPWP aktif.
  7. Memiliki SKCK aktif.
  8. Memiliki HP.
  9. Sehat jasmani dan rohani.
  10. Tidak memiliki tato di tubuhnya.
  11. Bebas dari narkoba.
  12. Jujur, pekerja keras, dan memiliki kepribadian baik.
  13. Menguasai rute atau jalanan alternatif dan tercepat dimana kurir/sprinter akan mengirim atau mengambil barang dari konsumen.
  14. Bersedia ditempatkan sesuai kebijakan kantor.
  15. Mengirim lamaran dan berkas pendukungnya seperti CV, fotokopi ijazah.
Baca juga:  Gaji Ruangguru 2022: Freelance, Sales, dan Karyawan Tetap

Cara Daftar Kurir J&T

Untuk cara mendaftar, pantengin terlebih dahulu web careernya J&T Express https://www.jet.co.id/about/career. Disitu biasanya akan diinformasikan lowongan pekerjaan apa saja yang masih buka, tugas dan tanggung jawab utama dari posisi tersebut seperti apa, serta cara mendaftarnya bagaimana. Nah, Anda harus memahami semua ini.

Misalnya, ketika Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan menjadi kurir di J&T. Segera lengkapi semua syarat-syaratnya, sekaligus buat surat lamaran pekerjaan dan CV terbaru Anda.

Kemudian, kirimkan semua berkas lamarannya ke alamat email yang tertera di website karir J&T. Dengan cara mencantumkan format berikut di bagian subject email “kota_posisi yang Anda lamar_nama Anda”.

Contohnya : “Surabaya Timur_Courier_Faiz Zaki”.

Atau kalian bisa langsung mengunjunngi kantor cabang terdekat J&T di kota anda.

Setelah mengetahui informasi ini, khususnya gaji kurir J&T Express apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri di posisi kurir? Jika iya, segera saja lengkapi syarat-syaratnya dan daftarkan diri Anda secara online.

Melalui inovasi dan bagusnya tingkat survive J&T, kemungkinan besar akan sustain dalam jangka waktu lama. Pun dengan cara J&T bekerja sama dengan e-commerce besar di Indonesia, dipastikan posisi ini juga akan semakin terbuka menyerap banyak kurir kedepannya.

Bagikan: