Daftar Gaji Pegawai Telkom Indonesia Terbaru 2020, Tergantung Posisinya!

Semakin berkembangnya teknologi dan jaringan, perusahaan BUMN PT. Telkom Indonesia kini cukup populer dan banyak diminati oleh para jobseeker. Hal ini terlihat dari banyaknya pelamar yang mendaftar sebagai pegawai telkom, bahkan di tahun 2020 perusahan berencana merekrut seribu karyawan. Sebenarnya berapa sih gaji pegawai telkom dan apa saja tugas-tugasnya?

gaji pegawai telkom

Telkom adalah perusahaan BUMN, sehingga bisa dipastikan gaji yang diberikan lebih baik daripada perusahaan swasta. Untuk posisi atau jabatan yang cukup tinggi seperti direktur bisa mendapatkan gaji triple digit. Namun biasanya, gaji pegawai BUMN secara umum disesuaikan dengan UMR masing-masing kota/kabupaten. Hal ini berlaku untuk karyawan operasional seperti administrasi, teknisi dan lain sebagainya.

Gaji Pegawai Telkom Posisi Manager

gaji pegawai telkom

Jika Anda berminat untuk bekerja menjadi pegawai telkom, harus tahu dulu posisi apa saja yang bisa Anda lamar dan apa saja tugas serta tanggung jawabnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menjalani proses pendaftaran mulai dari tes hingga wawancara. Nah, berikut ini terdapat daftar gaji pegawai telkom dan juga tugas serta tanggung jawabnya untuk posisi managerial, antara lain:

General Manager, digaji 19,5 juta per bulan

Sebagai general manager, tugas yang harus dilakukan atau tanggung jawabnya adalah menjamin semua target kinerja dan mengimplementasikan kebijakan manajemen operasi dan pemeliharaan sistem jaringan. Hal itu meliputi evaluasi, mengukur, memodifikasi dan memastikan efektivitas prosedur customer handling dapat tercapai. Tak hanya itu, general manager juga bertanggung jawab dalam mengembangkan kriteria pekerjaan outsourcing existing diimbangi dengan kapabilitas internal dan eksternal sesuai perubahan lingkungan bisnis.

Managerial, digaji 17,7 juta per bulan

Tugas managerial yaitu melakukan monitoring dan perencanaan terhadap kelancaran operasional beserta anggaran biaya operasional, kemudian melakukan pelaporan atau reporting pelaksanaan project. Selain itu, posisi managerial juga bertugas melakukan evaluasi dan analisa kinerja agar bisa merekomendasikan atau memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan eksekusi operasional.

Secretary, digaji 6 juta per bulan

Tugas utama seorang sekretaris adalah membantu atasan mereka yaitu manager untuk menyelesaikan semua tugas yang perlu dilakukan. Sekretaris harus mampu menyusun perencanaan kegiatan manager termasuk rapat, kunjungan, pertemuan atau janji temu dan lain sebagainya.

Berapa Sih Kisaran Gaji Untuk Lulusan S1 di Indonesia Terbaru 2020? Ini Jawabannya!

Gaji Pegawai Telkom Posisi Officer

gaji pegawai telkom

Selanjutnya, di bawah posisi manager ada supervisor seperti area sales yang membawahi promotor/sales lapangan dan juga para pegawai officer lainnya. Berikut ini daftar gaji pegawai telkom dan tanggung jawabnya untuk posisi officer, antara lain:

Area Sales, digaji 4 juta per bulan

Area sales memiliki tugas utama yaitu bertanggung jawab atas kegiatan promosi produk telkom yang dilakukan para promotor kepada pelanggan baik secara langsung maupun melalui media lainnya seperti media sosial, iklan dan lain sebagainya. Area sales juga bertanggung jawab melakukan perencanaan, evaluasi dan pengarahan kepada bawahan mereka yang bertugas di lapangan. Semua kegiatan dan grafik data penjualan atau promosi yang dilakukan juga harus dicatat dan dilaporkan.

Technical Support, digaji 3,1 juta per bulan

Tugas utamanya antara lain mengkompulir semua kebutuhan operasional dan penanggulangan gangguan, merencanakan dan mengendalikan jalur anggaran untuk operasional dan melakukan validasi dari mitra untuk penagihan.

Helpdesk, digaji 2,8 juta per bulan

Tugas utama seorang helpdesk adalah mengatur jadwal kedatangan teknisi ke rumah pelanggan untuk melakukan pengecekan maupun perbaikan jaringan atau perangkat pelanggan. Biasanya, kedatangan teknisi ini atas permintaan pelanggan yang datang langsung ke plasa telkom atau menginformasikan melalui call canter telkom 147. Helpdesk itu sendiri tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, dengan kata lain hanya sebagai jembatan antara call center dengan teknisi.

Front Liner, digaji 2,5 juta per bulan

Untuk front liner PT. Telkom disebut dengan nama CSR (Customer Service Relation), tugasnya sama seperti front liner pada umumnya yaitu melayani pelanggan, dalam hal ini berkantor di plasa telkom di pusat maupun yang tersebar di seluruh kota/kabupaten di Indonesia. tugas utama seorang CSR adalah melakukan pelayanan terhadap pelanggan yang datang layaknya customer service dan melakukan pencatatan dan penginputan data. Tanggung jawab CSR meliputi informasi seputar produk hingga complain handling.

Call Center, digaji 2,5 juta per bulan

Tugas utama seorang call center adalah melayani pelanggan melalui telepon meliputi informasi produk, registrasi pemasangan, penambahan atau pengurangan produk dan keluhan atau komplain yang dirasakan oleh pelanggan. Seorang call center harus mampu menghandel komplain pelanggan dengan sebaik mungkin dan mencatat semua keluhan serta meneruskan ke bagian teknisi agar bisa dilakukan perbaikan di lapangan jika ditemukan kerusakan teknis.

Billing Staff, digaji 2,5 juta per bulan

Petugas billing juga disebut dengan CA atau Collecting Agent, tugasnya adalah melakukan pencatatan biaya keuangan atau memonitoring terhadap produk telkom yang digunakan di rumah pelanggan. perhitungan biaya itu sendiri dihitung berdasarkan waktu dan data pemakaian.

Assistant Researcher, digaji 2,5 juta per bulan

Seorang assistant researcher bertugas untuk melakukan penelitian dengan mencari data berupa survey terhadap kepuasan pelanggan untuk mengetahui bagaimana efektivitas produk telkom yang digunakan oleh pelanggan. Data tersebut dibutuhkan untuk pengembangan produk dan perbaikan sistem yang dirasa perlu untuk dilakukan.

Marketing Executive, digaji 2,5 juta per bulan

Marketing executive adalah mereka yang bekerja sebagai promotor, namun sudah senior dan memiliki pengalaman yang baik dalam bidang sales promotor. Nah, tugas utamanya adalah untuk memenuhi target penjualan produk dan juga membantu para promotor junior dalam menyelesaikan penawaran produk kepada para pelanggan.

Gaji Pegawai PT KAI Dilihat Dari Posisi Jabatan dan Tugasnya [Update 2020]

Gaji Pegawai Telkom Posisi Lapangan

gaji pegawai telkom

Selain itu, pegawai telkom juga da yang bekerja di lapangan dan bertugas untuk memastikan semua operasional bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini rincian gaji pegawai telkom dan tugasnya posisi lapangan, antara lain:

Security, digaji 2 juta per bulan

Tugas dari seorang security adalah menjaga keamanan lingkungan tempat kerjanya dengan melakukan semua kegiatan penertiban. Security itu sendiri biasanya ada di luar gedung di pos mereka masing-masing dan ada pula yang di dalam gedung untuk ruangan tertentu yang membutuhkan pengamanan.

Maintenance, digaji 1,5 juta per bulan

Sesuai namanya, tugas seorang maintenance adalah melakukan pengecekan dan penanganan perbaikan atas terjadinya gangguan di lapangan. Hal itu termasuk penarikan kabel ke rumah-rumah pelanggan saat melakukan pemasangan baru, instalasi dan setting modem serta memastikan tidak ada kesalahan untuk menanggulangi kemungkinan jaringan atau perangkat rusak. Para pekerja maintenance juga bermacam-macam seperti setter, POJ (Petugas Operasional Jaringan) dan lain sebagainya.

Technical Supervisor, digaji 1,5 juta per bulan

Menjadi seorang technical supervisor di PT. Telkom Indonesia harus mampu melakukan kegiatan instalasi, pemeliharaan dan perbaikan kerusakan perangkat. Hal itu juga termasuk rencana penanggulangan dan pencegahan gangguan jaringan atau perangkat serta administrasi BA.

Cleaning Service Staff, digaji 1 juta per bulan

Tugas cleaning service adalah melakukan semua kegiatan kebersihan untuk memastikan lingkungan kerja yang nyaman dan sehat bagi karyawan. Hal itu termasuk membersihkan ruangan, halaman, taman, toilet dan lain sebagainya.

Sales, digaji 0,9 juta per bulan

Sales merupakan seorang promotor yang bertanggung jawab dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk telkom. Seorang sales biasanya bekerja dengan target tertentu setiap bulannya sehingga harus gencar melakukan promosi untuk mendapatkan pelanggan sesuai target. Jika bisa mendapatkan lebih dari target yang ditentukan, biasanya akan ada bonus atau insentif yang diberikan oleh pihak perusahaan atau supervisor mereka.

Itulah beberapa daftar gaji pegawai telkom serta tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai karyawan. Baik karyawan dengan gaji rendah maupun tinggi memiliki tugas masing-masing yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk menjaga atau menjalin kerja sama antar divisi. Dengan begitu, akan tercipta pelayanan dan kinerja operasional yang bagus untuk memuaskan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *