Gaji Pegawai PT KAI Dilihat Dari Posisi Jabatan dan Tugasnya [Update 2020]

Satu lagi perusahaan besar yang cukup banyak dituju oleh para pelamar kerja, khususnya fresh graduate. Gaji pegawai PT KAI memang cukup menggiurkan sehingga banyak jobseeker yang melamar kerja di sana. Selain itu, para pegawai juga mendapatkan berbagai macam tunjangan seperti tunjangan rumah, transportasi, risiko, rekreasi dan lain sebagainya.

Gaji Pegawai PT KAI

Berbicara mengenal gaji pegawai PT KAI, jumlah atau besaran gajinya berbeda-beda tergantung jabatan atau posisi yang dipegang. Berdasarkan posisi atau jabatan tersebut juga ada tugas dan tanggung jawab masing-masing yang harus dipenuhi oleh para pegawai.

Secara umum, jabatan yang ada di PT KAI di bagi menjadi dua macam yaitu yang bekerja di kantor seperti manager dan yang bekerja di lapangan seperti kondektur ataupun customer service dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lengkapnya tentang gaji pegawai PT KAI dan tugas mereka masing-masing akan diuraikan di bawah ini.

Gaji Pegawai PT KAI dan Tugasnya Update 2020

Dari berbagai macam jenis jabatan yang ada di PT Kereta Api Indonesia, di bawah ini akan dijelaskan beberapa daftar jabatan dan gaji yang diterima. Selain itu, akan dijelaskan pula tanggung jawab setiap jabatan terhadap tugas masing-masing yang harus dilakukan. Posisi jabatan tertinggi yaitu direksi yang membawahi seorang Executive Vice President, jabatan yang satu ini memimpin beberapa divisi regional yang terbagi di berbagai wilayah kerja.

Nah, di setiap divisi regional tersebut terdapat berbagai macam jenis pekerjaan operasional. Hal itu termasuk jabatan manager, manager keuangan, masinis, kondektur, customer service, call center hingga front liner, teknisi dan petugas lapangan lainnya.

pt kai

Executive Vice President Digaji 42.500.000 per Bulan

Executive Vice President adalah pimpinan dari semua area atau wilayah kerja PT KAI. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab dalam pelayanan, keselamatan, kenyamanan dan ketepatan waktu sesuai jadwal perjalanan kereta api. Hal itu termasuk kesiapan dan kehandalan saranan serta prasarana kereta api kaitannya dengan optimalisasi sumber daya perusahaan, target pendapatan dan efisiensi biaya operasional.

Masinis Digaji 13.000.000 per Bulan

Tugas seorang masinis yaitu mengoperasikan kereta api dan langsiran selama perjalanan, atau dengan kata lain memimpin jalannya kereta api itu sendiri. masinis memiliki asisten yang bertugas untuk membantunya dalam menjalankan dan mengoperasikan kereta api. Tanggung jawab seroang masinis adalah mempercepat, memperlambat atau menghentikan jalannya gerbong kereta api sesuai peraturan keselamatan dan sinyal yang diberikan.

Kondektur Digaji 6.500.000 per Bulan

Karyawan yang bekerja sebagai kondektur yaitu mereka yang bertanggung jawab terhadap tugas operasi dan keselamatan, namun tidak melibatkan operasi yang sebenarnya. Sedangkan rincian tugas dan tanggung jawab dari seorang kondektur bisa dilihat dalam daftar berikut ini, antara lain:

  • Memastikan semua perjalanan kereta api berjalan lancar sesuai dengan jadwal dan semua penumpang dinaikturunkan dengan benar sesuai tujuan stasiun, sesuai dengan aturan keselamatan
  • Mengatur operasi pergerakan kereta termasuk membantu menyambung maupun melepas rangkaian kereta api, langsiran kereta, perbaikan, pemeriksaan tiket, serta membuka dan menutup pintu kereta
  • Membuat laporan maklumat perjalanan kereta api

Manager Digaji 4.000.000 per Bulan

Tugas manager SDM dan Umum adalah memimpin setiap wilayah kerja masing-masing dengan dibantu oleh dua junior manager, satu senior supervisor dan empat KKPW (Kepala Kantor Pelayanan Warta). Secara rinci berikut ini daftar tugas dan tanggung jawab seorang manager SDM dan Umum, antara lain:

  • Menyusun program pengelolaan SDM, biaya pegawai di daerah operasi, administrasi kerumahtanggaan, penataan arsip atau dokumen perusahaan, tata usaha dan pelayanan operasional di stasiun kereta api wilayah masing-masing
  • Mengelola sarana telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan informasi pelanggan
  • Mengendalikan pelaksanaan dan mengevaluasi semua kegiatan tersebut sesuai dengan kebijakan perusahan serta melakukan peningkatan kualitas kinerja secara berkelanjutan

Finance Manager Digaji 4.000.000 per Bulan

Seorang Finance Manager atau Manager Keuangan memiliki tugas untuk merumuskan rencana anggaran, melaksanakan, mengendalikan dan melaporkannya kepada Manager. Hal itu termasuk pelaksanaan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan, pengesahan pembayaran non-gaji pegawai, pembayaran pihak ketiga, perpajakan, penagihan utang/piutang penumpang di wilayah kerja masing-masing. Selain itu, juga melakukan pemantauan, evaluasi dan peningkatan kualitas kinerja sesuai kebijakan dari kantor pusat.

Daftar Gaji Pegawai Telkom Indonesia Terbaru 2020, Tergantung Posisinya!

Customer Service Digaji 4.000.000 per Bulan

Tugas utama dari seorang customer service di PT KAI adalah memberikan pelayanan kepada para pelanggan yaitu calon penumpang dan penumpang kereta api terkait dengan informasi maupun komplain atau keluhan yang disampaikan dan diselesaikan secara langsung di stasiun. Selain itu, juga bertugas memberikan layanan informasi kepada pelanggan dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan peraturan atau SOP dari perusahaan, termasuk berbicara dengan sopan, ramah, murah senyum, informatif dan komunikatif.

Marketing Staff Digaji 4.000.000 per Bulan

Tugas seorang marketing staff di PT KAI antara lain menginput data harian di wilayah kerja masing-masing, merekap data pendapatan per bulan, serta menghitung dan merinci dna yang diperlukan untuk kegiatan operasional marketing anda sales. Kegiatan marketing dan sales tersebut dilakukan untuk menawarkan produk dan fasilitas dari PT. Kereta Api Indonesia kepada para pelanggan yaitu calon penumpang maupun penumpang kereta api itu sendiri.

Call Center Agent Digaji 4.000.000 per Bulan

Call center di PT KAI berfungsi sebagai jembatan antara pelanggan dengan perusahaan yang bertugas memberikan informasi dengan cepat dan tepat. Pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan biasanya seputar jadwal perjalanan kereta api, keluhan atau komplain, serta saran dan kritik yang disampaikan oleh pelanggan kaitannya dengan fasilitas dan pelayanan kereta api. Selain bekerja dengan menerima telepon dari pelanggan, call center juga bertugas mengoperasikan layanan melalui media sosial seperti twitter, Facebook, Instagram maupun email.

Front Liner Digaji 2.500.000 per Bulan

Petugas front liner merupakan yang bertugas di garda terdepan dan berhubungan langsung dengan penumpang. Tugas dan tanggung jawab seorang front liner terbagi menjadi tiga macam, antara lain:

  • Petugas Announcer yang bertugas menyampaikan informasi, pengumuman atau himbauan seputar perjalanan kereta api saat para penumpang berada di area peron di setiap stasiun kereta api
  • Petugas Passenger Service bertugas sebagai customer care atau yang bertugas melayani penumpang seperti laporan keluhan serta bertanggung jawab untuk memastikan semua fasilitas kereta api berfungsi dengan baik
  • Petugas Loket memiliki tugas dalam melancarkan proses transaksi penjualan tiket kepada penumpang secara langsung maupun menggunakan vending machine yang tersedia di setiap stasiun kereta api

Nah, itulah rincian gaji pegawai PT KAI dan tanggung jawabnya masing-masing. Gaji yang diberikan kepada pegawai atau karyawan PT KAI juga sudah disesuaikan dengan beban tugas di posisi atau jabatan masing-masing. Semakin besar gaji dan tunjangan yang diperoleh, maka semakin besar pula tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2020 Terbaru Beserta Posisi [Update 2020]

Untuk menjadi karyawan atau pegawai PT KAI, maka harus memenuhi persyaratan sesuai jabatan yang akan dilamar seperti syarat umur, pendidikan terakhir, skill dan kemampuan lainnya yang dibutuhkan. Jika Anda tertarik untuk menjadi karyawan, silahkan mencari informasi lebih banyak dari situs resmi PT. Kereta Api Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *