Berapa Gaji Pegawai Pertamina D3 Tahun 2020? Cek Selengkapnya!

By | Maret 24, 2020

Mencari pekerjaan memang cukup sulit akhir-akhir ini, apalagi saat ini sudah banyak sekali lulusan sarjana di Indonesia yang membuat persaingan menjadi semakin ketat. Hal itu juga dirasakan oleh para pelamar karyawan pertamina untuk lulusan D3 yang kalah saing dengan mereka yang berpendidikan D4 atau S1.

Gaji Pegawai Pertamina D3

Namun tidak perlu khawatir karena pekerjaan proyek Pertamina dilaksanakan dari hulu hingga hilir mulai dari eksplorasi gas bumi sampai pengolahan, pemasaran dan distribusi produknya. Tak heran jika hampir semua kalangan pendidikan bisa mendapatkan kesempatan untuk melamar pekerjaan di Pertamina.

Baca juga: Penasaran Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1 Berapa? Gede Banget!

Gaji Pegawai Pertamina D3 Beserta Tugasnya

Berbicara mengenai gaji pegawai BUMN, Pertamina memang termasuk ke dalam golongan atas yang berani memberikan gaji besar untuk karyawannya. Tak hanya itu, pendapatan yang diperoleh juga ditambah dengan berbagai macam tunjangan dan fasilitas yang diberikan dan bisa dinikmati oleh pegawai pertamina.

Pertamina itu sendiri merupakan salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mengerjakan proyek migas dari hulu hingga hilir. Dengan besarnya cakupan proyek yang dikerjakan oleh Pertamina, aset dan pendapatan perusahaan pun semakin bertambah. Itulah mengapa para pegawai atau karyawan Pertamina bisa dibilang cukup sejahtera dari segi pendapatan atau gajinya yang besar.

Namun, untuk pegawai pertamina dari lulusan D3 bisa mendapatkan posisi jabatan apa saja dan berapa gajinya? Nah, berikut ini beberapa jabatan atau posisi yang bisa dilamar oleh lulusan D3 dengan besaran gaji yang diperoleh dan tugas utamanya, antara lain:

  • Assistant Controller mendapatkan gaji 8 juta / bulan. Tugas utamanya adalah membantu semua aktivitas manager controller dalam pekerjaan administrasi dan keuangan. Beberapa hal yang menjadi bidang controller antara lain faktur atau tagihan, perencanaan anggaran, arus kas atau transaksi keuangan, memberi solusi manajemen risiko, informasi kolega bisnis dan lain sebagainya.
  • Supervisor mendapatkan gaji 8 juta / bulan. Tugas utamanya adalah mengawasi, mengarahkan dan mengevaluasi bawahannya dan juga sebagai jembatan antara manager dengan para karyawan, supervisor harus mau turun ke lapangan untuk mengecek dan memastikan para karyawan bekerja dengan baik sesuai perencanaan dari manager.
  • Junior Supervisor mendapatkan gaji 6 juta / bulan. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab terhadap suatu sub proyek perusahaan dan wajib melaporkan setiap hal kepada supervisor serta meminta persetujuan untuk melakukan hal penting lainnya. Hal itu juga meliputi kegiatan memimpin proyek, mengawasi, koordinasi, memastikan prosedur sesuai standar operasional perusahaan.
  • Secretary mendapatkan gaji 6 – 8,25 juta / bulan. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab terhadap jadwal pertemuan, catatan administratif, komunikasi dan representatif perusahaan. Hal itu meliputi membuat perencanaan serta koordinasi jadwal meeting, mengoperasikan peralatan administrasi melayani pengunjung, menerima dan membalas email/surat dan lain sebagainya.
  • Operator mendapatkan gaji 4,2 / bulan. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab dalam mengoperasikan suatu alat beserta aspek pendukung lainnya. Aspek tersebut antara lain pemeriksaan alat, perawatan, kebersihan, penyesuaian penggunaan alat dengan standar prosedur perusahaan, pelaporan masalah, pengadaan perbaikan dan lain-lain.
  • IT Staff mendapatkan gaji 4 juta / bulan. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab terhadap pekerjaan instalasi, evaluasi dan peningkatan perangkat kerja. Hal itu antara lain memastikan perangkat bekerja dengan baik, menggunakan perangkat sesuai prosedur, memastikan keamanan dan perawatan perangkat serta pengecekan jaringan.
  • Intern/Magang mendapatkan gaji 1,5 – 4 juta / bulan. Tugas utamanya adalah memperluas serta menerapkan ilmu, melakukan komunikasi serta interaksi dengan perusahaan, datang tepat waktu dan mengerjakan tugas sesuai deadline yang diberikan, juga selalu aktif di tempat kerja.
  • Teknisi/Helper/Pengawas mendapatkan gaji 1,5 – 3,15 juta / bulan. Tugas utamanya adalah membantu pekerjaan proyek agar cepat selesai sesuai dengan jadwal perencanaan proyek dan juga mengawasi jika bekerja sebagai pengawas, serta harus disesuaikan dengan rencana proyek dan meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi.

Nah, itulah besaran gaji dari beberapa jabatan yang bisa dilamar oleh lulusan D3 beserta rincian pekerjaan atau tugas dan tanggung jawabnya. Melihat kesempatan ini, Anda bisa terus mencoba melamar pekerjaan sebagai pegawai Pertamina meskipun hanya lulusan D3 karena posisi/jabatannya juga banyak yang tersedia.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Tes Pertamina, BUMN Bergengsi di Indonesia

Lowongan pekerjaan Pegawai Pertamina D3

gaji pegawai pertamina d3

Untuk bisa menentukan posisi mana yang akan dilamar, di bawah ini akan dijelaskan gambaran umum dari beberapa lowongan pekerjaan dan persyaratan yang perlu dipenuhi.

1. Material Control Supervisor

Posisi atau jabatan yang satu ini akan bekerja sebagai supervisor di bagian material control atau kontrol material/bahan. Posisi ini bisa dilamar oleh lulusan D3 hingga S1 semua jurusan dengan IPK minimal 2,75. Baik pria maupun wanita bisa mendaftar di posisi ini dan diharapkan memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Pelamar juga diutamakan berpengalaman di bidang konstruksi atau mining.

2. Material Control Helper

Masih satu bidang dengan posisi Material Control Supervisor, namun bedanya helper ini bekerja di bawah arahan supervisor. Posisi ini bisa dilamar oleh lulusan SMA/SMK, D3 hingga S1 semua jurusan. Pelamar juga harus sehat jasmani dan rohani serta juga diperbolehkan dari gender pria maupun wanita.

3. IT Staff

Posisi ini boleh dilamar minimal lulusan D3 hingga S1 dari semua jurusan, asalkan IPK nya minimal 2,75, mampu berbahasa inggris dan bisa konfigurasi jaringan.  Karena bidang pekerjaannya IT, maka harus mampu instalasi hardware maupun software dan punya pengetahuan di bidang komputer/IT

4. BPA (Bimbingan Praktisi Ahli)

Posisi ini merupakan program khusus yang diadakan oleh Pertamina untuk membantu para fresh graduate mengembangkan dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan selama kuliah. Program sejenis magang atau internship ini boleh diikuti oleh lulusan D3 dari jurusan Teknik Elektronika, Teknik Listrik dan Teknik Mesin. Namun, program ini hanya dikhususkan untuk kaum pria dan harus memiliki IPK minimal 2,75. Selain itu, peserta juga harus menyelesaikan TOEFL dengan score minimal 450 (PBT) / 45 (IBT) / 5,5  (IELTS) / 500 (TOEIC)

Baca juga: Cek Gaji Pegawai SPBU Terbaru 2020 Seluruh Daerah, Lumayan!

5. Secretary to Vice President

Posisi secretary juga bisa dilamar oleh lulusan D3 hingga S1 untuk kaum wanita dan lebih diutamakan dari jurusan sekretaris. Sebagai sekretaris, calon pelamar dituntut untuk bisa mengoperasikan perangkat komputer dan berbahasa inggris dengan baik. Kemampuan atau skill utama yang dibutuhkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan job desk seorang sekretaris meliputi kearsipan, administrasi dan pelayanan profesional. Biasanya, posisi ini juga memiliki syarat pengalaman sekian tahun.

Sedangkan untuk syarat berkas atau dokumennya secara keseluruhan hampir sama seperti berkas lamaran pada umumnya. Berikut ini berkas-berkas yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • Surat lamaran sesuai bidang yang dipilih (lampirkan email dan nomor handphone)
  • CV atau Curriculum Vitae
  • Fotokopi KTP, KK, Ijazah/Transkrip Nilai/SKHU, SKCK, Kartu Kuning
  • Pas foto berwarna (biasanya ukuran 4×6 cm)

Setelah itu, Anda bisa langsung mengirimkan berkas lamaran tersebut ke alamat yang disarankan. Anda juga bisa melakukan proses pendaftaran atau lamaran secara online dengan mengunjungi situs resmi Pertamina dan cari informasi tentang lowongan pekerjaan di menu karier. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pihak Pertamina menelepon untuk dilanjutkan ke tahap tes dan wawancara. Semoga berhasil menjadi keluarga pegawai Pertamina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *