Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2020 Terbaru Beserta Posisi [Update 2020]

Pertamina merupakan BUMN yang fokus pada pengelolaan, pengolahan dan distribusi bahan bakar minyak dan gas di Indonesia. Namun, BUMN satu ini memiliki berbagai anak usaha termasuk Pertamina Retail melalui SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang menjual bahan bakar secara eceran kepada masyarakat.

Peran SPBU ini semakin besar karena hampir seluruh lapisan masyarakat membutuhkan BBM baik untuk transportasi, usaha, bisnis dan lainnya. Karenanya jumlah SPBU selalu bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini tentu membuka berbagai lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di masyarakat.

Gaji Karyawan SPBU Pertamina

SPBU saat ini tidak hanya menjual BBM tapi juga gas baik itu bright gas, tabung gas besar atau tabung gas melon yang diperuntukkan untum masyarakat miskin. Selain itu SPBU ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti isi angin, tambal ban, musholla, mini market, beli oli, bengkel, doorsmeer dll. Oleh karena itu, jumlah pegawai SPBU yang dibutuhkan semakin banyak dari waktu ke waktu.

Selain SPBU Pertamina, terdapat berbagai SPBU lain seperti Caltex, Shell, Petronas dll. Perusahaan ini menjadi pesaing utama Pertamina sehingga menuntut BUMN ini bekerja dengan baik dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan merekrut karyawan terbaik yang bisa diperoleh. Karenanya, perusahaan ini banyak membuka lowongan dengan gaji karyawan SPBU Pertamina terbaik untuk mengisi berbagai posisi disetiap SPBU yang ada.

Berapa Sih Kisaran Gaji Untuk Lulusan S1 di Indonesia Terbaru 2020? Ini Jawabannya!

Daftar Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2020 Terkini

Pertamina retail biasanya membuka lowongan disetiap tahun, sehingga siapa saja bisa mencoba peruntungan untuk memperoleh pekerjaan tersebut. Lowongan ini bisa diperoleh melalui websitenya langsung atau melalui SPBU terdekat (jika membutuhkan lowongan operator dan lainnya). Sebelum memilih posisi yang diinginkan, akan lebih baik jika anda mengetahui posisi apa saja yang tersedia beserta kisaran gaji yang bisa diperoleh, yaitu:

  • Manager: 22,5 jt rupiah/ bulan. Tugas seorang manager adalah menetapkan keputusan internal pada SPBU, melakukan proses pengadaan, pengawasan dan evaluasi. Selain itu seorang manager juga melaksanakan manajemen personal kepada karyawan dan mewakili SPBU dihadapan Pertamina. Gaji karyawan SPBU Pertamina untuk posisi sangat tinggi karena perannya sangat penting untuk masa depan SPBU.
  • Assistant Manager: 10 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah membantu manager dalam melakukan aktifitasnya di SPBU seperti membantu membuat peraturan, melakukan pengawasan dan lain-lain. Assistant manager juga bisa menggantikan manager jika berhalangan hadir ketika ada pertemuan di Pertamina.
  • Supervisor: 8,6 jt rupiah/ bulan. Tugasnya mencakup mengawasi berapa banyak penjualan dan persediaan BBM yang ada, memperhatikan kualitas dan kuantitas BBM agar sesuai standar yang ada. Selain itu, posisi ini juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan kegiatan operasional berjalan dengan baik di SPBU.
  • Koordinator: 8 jt rupiah/ bulan. Tugas seorang koordinator cukup banyak karena fungsinya menjadi pengawas pada berbagai divisi. Karena itu tugas seorang koordinator mencakup melakukan pengawasan pada operasi penjualan BBM, penyediaan alat serta fasilitas serta mengkoordinir shift kerja karyawan.
  • Senior Staff: 6 jt rupiah/ bulan. Tugas seorang senior staff bergantung pada pembagian divisi yang dilakukan. Namun, tugasnya secara umum adalah melakukan pencatatan, pengawasan kinerja operasional, melaksanakan kerja divisinya dengan baik serta melaporkan setiap kegiatan kepada atasan.
  • Senior Losses and Control Staff: 6 jt rupiah/ bulan. Posisi ini merupakan bagian dari HRD yang mengatur dan memperhitungkan masa bakti setiap karyawan. Karena itu posisi ini bertugas melakukan perhitungan masa bakti karyawan, mempersiapkan waktu perekrutan dengan baik serta bekerjasama dengan HRD dalam menentukan karyawan yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria tertentu.
  • Technical Staff: 6 jt rupiah/ bulan. Tugas utama dari staf teknis adalah melakukan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan pada berbagai alat yang ada di SPBU. Posisi ini harus sedia setiap saat karena kerusakan dapat terjadi sewaktu-waktu dan perbaikan harus dilakukan secepat mungkin.
  • Legal Officer: 6 jt rupiah/ bulan. Tugas dari legal officer adalah mengurus berbagai keperluan hukum yang dibutuhkan di SPBU. Karenanya seorang legal bisa bekerja membuat badan usaha serta membela SPBU ketika terjadi pertikaian di meja hijau.
  • Staff: 4,5 jt rupiah/ bulan. Tugas staff bergantung pada divisi kerja masing-masing. Namun, posisi ini secara umum melakukan tugas administrasi, memeriksa laporan keuangan, melakukan transaksi, pengawasan dan evaluasi kinerja dan lainnya. Staff juga bekerja sesuai dengan permintaan manajemen khususnya pada keadaan tertentu seperti studi kelayakan bisnis atau melakukan analisa pasar.
  • Accounting: 4,2 jt rupiah/ bulan. Tugas akunting adalah mencatat transaksi yang dilakukan setiap harinya, menghitung uang masuk dari hasil penjualan, membuat invoice untuk pembelian dan penjualan serta memastikan aktifitas transaksi berjalan dengan baik. Akunting juga bekerja ekstra terutama pada musim audit, karena setiap laporan keuangan dan bukti transaksi biasanya diketahui oleh akuntan keuangan SPBU.
  • Treasury Staff: 4 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah mengelola modal kerja baik itu SDM dan sumberdaya lainnya dengan baik. Selain itu posisi ini juga bekerja dengan mengelola kas dan investasi yang dilakukan SPBU agar menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
  • Junior Staff/ Account Staff: 4 jt rupiah/ bulan. Tugas utama posisi ini adalah melaksanakan kegiatan divisi dengan baik sesuai dengan peraturan. Namun, untuk account staff harus melakukan pencatatan keuangan, input data transaksi dan memastikan setiap transaksi yang berlangsung setiap harinya berjalan dengan baik dan bisa di “trace” dengan baik ketika dibutuhkan.
  • Administration Staff: 4 jt rupiah/ bulan. Tugasnya berkaitan dengan segala administrasi dalam SPBU. Adapun tugasnya mencakup melakukan kegiatan surat-menyurat, arsip, dokumentasi, penyediaan pelayanan administrasi kantor serta membuat rencana dan evaluasi kerja secara berkala.
  • Business Staff: 4 jt rupiah/ bulan. Tugas posisi ini adalah melakukan perencanaan bisnis baik untuk jangka pendek dan panjang. Selain itu, posisi ini juga melaksanakan setiap kegiatan bisnis yang direncanakan agar dapat mencapai target yang diinginkan.
  • Information Technology App Development: 4 jt rupiah/ bulan. Tugas utama posisi ini adalah membuat aplikasi yang diperuntukkan untuk pembeli agar dapat membeli BBM dengan mudah dan memperoleh harga yang lebih murah. Selain itu, posisi ini juga harus melakukan pengembangan aplikasi agar memiliki serangkaian informasi penting terkait Pertamina, BBM dan informasi penting lainnya.
  • Operational Administration: 2,5 jt rupiah/ bulan. Tugas pokok posisi ini adalah melakukan kegiatan administrasi untuk kegiatan operasional SPBU termasuk karyawan operator, intern dan pramuniaga. Operational administration dilakukan agar mempermudah kinerja admin dan administration staff sehingga kegiatan administrasi dan surat menyurat menjadi lebih ringan.
  • Admin: 2,5 jt rupiah/ bulan. Tugas seorang admin adalah melakukan kegiatan surat-menyurat, menyapa dan menanggapi permintaan dan keluhan pembeli serta klien, mengelola buka harian, input data perusahaan. Selain itu admin juga bertugas membuat agenda kantor serta melakukan pemesanan alat tulis kantor. Gaji karyawan SPBU Pertamina untuk posisi cukup lumayan mengingat pekerjaannya yang sederhana namun intensitasnya sangat tinggi.
  • Sales Attendant: 2,4 jt rupiah/ bulan. Tugasnya adalah melayani para pembeli yang datang serta memberikan rekomendasi produk Pertamina kepada pembeli tersebut. Karena itu seorang sales attendant diharapkan memiliki skill berbicara yang baik serta hapal dan paham setiap produk yang ditawarkan sehingga pembeli puas akan pelayanan dan produk yang direkomendasikan.
  • Operator: 2,3 jt rupiah/ bulan. Sebagai pihak yang bertemu langsung dengan pembeli maka tugasnya berupa melayani pembeli ketika mengisi BBM dengan baik, sopan dan ramah. Selain itu posisi ini juga harus menjaga kebersihan alat dan lingkungan. Kemudian melakukan perawatan setiap harinya diseluruh fasilitas SPBU.
  • Intern: 1,9 jt rupiah/ bulan. Posisi ini khusus diperuntukkan untuk pegawai magang, karena program ini dijadikan sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa. Tugasnya cukup beragam bergantung pada penempatan divisi namun tugas intern secara umum adalah membantu tugas operasional dan administrasi agar setiap kegiatan yang ada di SPBU dapat berjalan dengan baik.
  • Pramuniaga: 1,5 jt rupiah/ bulan. Posisi ini biasanya diisi oleh pegawasi yang masih dalam proses pelatihan sebelum menjadi operator. Tugasnya kurang lebih sama dengan operator yaitu melayani pembeli ketika mengisi BBM dan menjaga kebersihan lingkungan SPBU dan peralatan yang ada.
  • Human Resource Development Intern: 1,5 jt rupiah/ bulan. Sama dengan posisi intern, posisi ini diisi khusus untuk karyawan magang. Namun, perbedaannya posisi ini khusus ditempatkan pada divisi HRD yang bertugas membantu karyawan lainnya untuk menyusun program pelatihan, membuat rangkaian rekrutmen dan lainnya.

Gaji karyawan SPBU Pertamina di atas berupa gaji pokok semata dan belum digabung dengan tunjangan-tunjangan lainnya. Contoh dana tunjangan ini adalah kinerja, lembur, dan lainnya. Selain itu, besaran gaji pramuniaga dan operator berbeda-beda bergantung UMR daerah masing-masing. Jadi, anda jangan heran jika menemukan gaji yang lebih besar atau lebih kecil untuk masing-masing posisi di kota atau daerah yang berbeda.

Persyaratan Melamar Menjadi Karyawan SPBU Pertamina

Setelah mengetahui besaran gaji karyawan SPBU Pertamina tersebut tentunya anda semakin tertarik melamar pekerjaan anak usaha BUMN ini. Namun, dibutuhkan kualifikasi yang berbeda untuk beberapa posisi dan lulusan pendidikan yang dimiliki. Karena itu anda harus memperhatikan hal ini sebelum melamar pekerjaan.

Persyaratan Karyawan Khusus Lulusan SMA/SMK

  1. Surat lamaran pekerjaan
  2. Fotokopi ijazah SMA (IPA) dan SMK khusus untuk jurusan teknik mesin, kimia, elektro, sipil, instrumen dan teknik listrik
  3. Pas Foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  4. Fotokopi SKHUN dengan nilai rata-rata minimal 6, KTP.
  5. Daftar riwayat hidup
  6. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit dan SKCK dari kepolisian, dan
  7. Siap ditempatkan diberbagai SPBU diwilayah kerja operasi perusahaan

Persyaratan Karyawan SPBU Pertamina Secara Umum

  1. Surat lamaran pekerjaan
  2. Fotokopi ijazah D3/ S1/ S2 dan transkipnya dengan jurusan tertentu seperti manajemen, teknik mesin, teknik elektro, dll
  3. Fotokopi KTP, SKCK, Surat kesehatan dan TOEFL
  4. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan
  5. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah operasi perusahaan Pertamina

Namun, jika anda melakukan pendaftaran secara online maka berkas persyaratan yang diperlukan dapat discan atau foto agar dapat di upload diwebsite pendaftaran. Anda juga harus memperhatikan posisi yang dibutuhkan agar sesuai dengan jurusan dan keahlian masing-masing agar proses pendaftarannya menjadi lebih mudah.

Daftar Gaji Pegawai Telkom Indonesia Terbaru 2020, Tergantung Posisinya!

Nah, setelah mengetahui daftar gaji karyawan SPBU Pertamina beserta tugas-tugasnya anda dapat mempersiapkan diri untuk memilih posisi yang diinginkan. Semoga anda bisa memperoleh pekerjaan terbaik sesuai dengan kemampuan masing-masing di perusahaan energi terbaik di Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *