Gaji Karyawan SPBU Pertamina, Operator Hingga Manager

Peran SPBU ini semakin besar karena hampir seluruh lapisan masyarakat membutuhkan BBM baik untuk transportasi, usaha, bisnis dan lainnya.

Karenanya jumlah SPBU selalu bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini tentu membuka berbagai lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di masyarakat.

Pertamina merupakan BUMN yang fokus pada pengelolaan, pengolahan dan distribusi bahan bakar minyak dan gas di Indonesia.

Namun, BUMN satu ini memiliki berbagai anak usaha termasuk Pertamina Retail melalui SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang menjual bahan bakar secara eceran kepada masyarakat.

Jika anda tertarik untuk bekerja sebagai karyawan SPBU maka, cek gaji karyawan SPBU Pertamina. Perusahaan ini banyak membuka lowongan dengan gaji karyawan SPBU Pertamina terbaik untuk mengisi berbagai posisi di setiap SPBU yang ada.

Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Pertamina retail biasanya membuka lowongan di setiap tahun, sehingga siapa saja bisa mencoba peruntungan untuk memperoleh pekerjaan tersebut.

Lowongan ini bisa diperoleh melalui websitenya langsung atau melalui SPBU terdekat (jika membutuhkan lowongan operator dan lainnya).

Sebelum memilih posisi yang diinginkan, akan lebih baik jika anda mengetahui posisi apa saja yang tersedia beserta kisaran gaji karyawan SPBU 2024 yang bisa diperoleh, yaitu:

Gaji Operator SPBU Pertamina

Sebagai pihak yang bertemu langsung dengan pembeli maka tugasnya berupa melayani pembeli ketika mengisi BBM dengan baik, sopan dan ramah.

Selain itu posisi ini juga harus menjaga kebersihan alat dan lingkungan. Kemudian melakukan perawatan setiap harinya di seluruh fasilitas SPBU.

Gaji operator SPBU berkisar antara Rp1.800.000 – Rp2.200.000 per bulan tergantung daerah dan UMK masing – masing. Untuk karyawan magang operator SPBU memperoleh dibawah Rp1.800.000 per bulan.

Baca juga:  Gaji Karyawan PT Solid Gold Berjangka 2024 Semua Posisi

Gaji Pegawai SPBU selain Operator

Posisi dan gaji pegawai SPBU diluar operator dibedakan menjadi 2 yaitu pegawai kantor dan lapangan.

Karyawan di Kantor:

  1. Manager: Rp28.000.000 – Menetapkan keputusan internal, pengawasan, evaluasi, manajemen personal, dan mewakili SPBU di Pertamina. Tak heran, manager merupakan posisi dengan gaji pegawai Pertamina lulusan S1 tertinggi.
  2. Assistant Manager: Rp12.000.000 – Membantu manager, membuat peraturan, pengawasan, dan bisa menggantikan manager.
  3. Supervisor: Rp9.000.000 – Mengawasi penjualan dan persediaan BBM, memastikan kualitas dan kuantitas sesuai standar, dan memastikan operasional berjalan baik.
  4. Koordinator: Rp8.000.000 – Melakukan pengawasan operasi penjualan BBM, penyediaan alat, fasilitas, dan mengkoordinir shift kerja karyawan.
  5. Senior Staff: Rp7.000.000 – Melakukan pencatatan, pengawasan kinerja operasional, melaksanakan tugas divisinya, dan melaporkan kegiatan kepada atasan.
  6. Senior Losses and Control Staff: Rp7.000.000 – Mengatur masa bakti karyawan, mempersiapkan waktu rekrutmen, dan menentukan kriteria karyawan.
  7. Technical Staff: Rp7.000.000 – Melakukan pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan alat di SPBU.
  8. Legal Officer: Rp7.000.000 – Mengurus keperluan hukum di SPBU, seperti pembentukan badan usaha dan penyelesaian perselisihan.
  9. Staff: Rp5.000.000 – Melakukan tugas administrasi, memeriksa laporan keuangan, transaksi, pengawasan, dan analisis.
  10. Accounting: Rp5.500.000 – Mencatat transaksi harian, menghitung uang masuk dari penjualan, membuat invoice, dan memastikan transaksi berjalan baik.
  11. Treasury Staff: Rp5.000.000 – Mengelola modal kerja, kas, dan investasi SPBU.
  12. Information Technology App Development: Rp6.000.000 – Mengembangkan aplikasi pembelian BBM dan informasi Pertamina.
  13. Junior Staff/Account Staff: Rp4.500.000 – Melaksanakan tugas divisi, mencatat transaksi, dan memastikan transaksi berjalan lancar.
  14. Administration Staff: Rp4.500.000 – Melakukan administrasi, surat-menyurat, arsip, dan rencana kerja.
  15. Business Staff: Rp4.500.000 – Merencanakan bisnis jangka pendek dan panjang, dan melaksanakan kegiatan bisnis.
  16. Admin: Rp3.500.000 – Menangani surat-menyurat, keluhan pembeli, pengelolaan buku harian, dan input data.
  17. Human Resource Development Intern: Rp2.000.000 – Membantu menyusun program pelatihan, rekrutmen, dan tugas HRD lainnya.
Baca juga:  Gaji Digital Marketing 2023 di Beberapa Perusahaan

Karyawan di Lapangan:

  1. Sales Attendant: Rp3.000.000 – Melayani pembeli, memberikan rekomendasi produk Pertamina, dan menjaga kebersihan SPBU.
  2. Intern: Rp2.000.000 – Membantu tugas operasional dan administrasi SPBU.
  3. Pramuniaga: Rp2.000.000 – Melayani pembeli, menjaga kebersihan lingkungan, dan peralatan SPBU.

Selain itu, besaran gaji pramuniaga dan operator berbeda-beda bergantung UMR daerah masing-masing. Jadi, anda jangan heran jika menemukan gaji yang lebih besar atau lebih kecil untuk masing-masing posisi di kota atau daerah yang berbeda.

Baca Juga: Gaji Pegawai Kontrak Pertamina

Syarat Melamar Kerja di SPBU Pertamina

Setelah mengetahui besaran gaji karyawan SPBU Pertamina tersebut tentunya anda semakin tertarik melamar pekerjaan anak usaha BUMN ini.

Namun, dibutuhkan kualifikasi yang berbeda untuk beberapa posisi dan lulusan pendidikan yang dimiliki. Karena itu anda harus memperhatikan hal ini sebelum melamar pekerjaan.

Persyaratan Karyawan Khusus Lulusan SMA/SMK

  1. Surat lamaran kerja
  2. Fotokopi ijazah SMA (IPA) dan SMK khusus untuk jurusan teknik mesin, kimia, elektro, sipil, instrumen dan teknik listrik
  3. Pas Foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  4. Fotokopi SKHUN dengan nilai rata-rata minimal 6, KTP.
  5. Daftar riwayat hidup
  6. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit dan SKCK dari kepolisian, dan
  7. Siap ditempatkan di berbagai SPBU di wilayah kerja operasi perusahaan.

Persyaratan Karyawan SPBU Pertamina Secara Umum

  1. Surat lamaran pekerjaan
  2. Fotokopi ijazah D3/ S1/ S2 dan transkipnya dengan jurusan tertentu seperti manajemen, teknik mesin, teknik elektro, dll
  3. Fotokopi KTP, SKCK, Surat kesehatan dan TOEFL
  4. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan
  5. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah operasi perusahaan Pertamina.

Namun, jika anda melakukan pendaftaran secara online maka berkas persyaratan yang diperlukan dapat discan atau foto agar dapat di upload diwebsite pendaftaran.

Baca juga:  Gaji Karyawan Krakatau Steel 2024 untuk Semua Lulusan

Berdasarkan pengalaman tes Pertamina, Anda juga harus memperhatikan posisi yang dibutuhkan agar sesuai dengan jurusan dan keahlian masing-masing agar proses pendaftarannya menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Gaji Pegawai Telkom Indonesia

Nah, setelah mengetahui daftar gaji karyawan SPBU Pertamina beserta tugas-tugasnya anda dapat mempersiapkan diri untuk memilih posisi yang diinginkan. Semoga anda bisa memperoleh pekerjaan terbaik sesuai dengan kemampuan masing-masing di perusahaan energi terbaik di Indonesia ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar