Penasaran Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1 Berapa? Gede Banget!

Pertamina adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini juga cukup populer di kalangan pencari kerja dan menjadi cita-cita banyak orang untuk bisa jadi pegawai PT. Pertamina. Salah satu alasannya adalah karena gaji dan tunjangan yang diperoleh cukup besar.

Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1

Tak hanya pencari kerja dari kalangan fresh graduate, banyak pencari kerja yang sudah berpengalaman pun mengincar posisi terbaik di Pertamina. Selain gaji yang besar, tunjangan dan fasilitas kerja yang diberikan juga cukup banyak dan lengkap. Beberapa di antaranya yaitu rumah dinas, mobil dinas, tunjangan pensiun dan kesehatan, hingga tunjangan untuk melanjutkan studi.

Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1 Update 2020

Tak heran jika banyak orang yang mendambakan jabatan dan bekerja sebagai karyawan Pertamina. Lulusan S1 yang diterima kerja di Pertamina saja bisa mendapatkan gaji pokok sekitar 7 jutaan setiap bulannya. Itu belum termasuk tunjangan dan fasilitas lainnya yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawai mereka. Nilai gaji tersebut juga terus bertambah mengikuti masa kerja dan kinerja pegawai itu sendiri.

Tak sedikit pula karyawan PT. Pertamina yang mendapat bonus atau insentif karena kinerja mereka yang semakin baik atau selalu stabil tidak pernah ada masalah. Perkiraan gaji pegawai Pertamina lulusan S1 di PT. Pertamina EP, THP (gross) yang didapatkan setiap bulannya yaitu 19 jutaan setelah dipotong pajak. Sedangkan pegawai Pertamina (Persero) biasanya lebih kecil yaitu sekitar 11 hingga 13 jutaan.

Gaji tersebut juga tergantung dari jenis posisi/jabatan, berada di direktorat mana dan bekerja di Pertamina (Persero) atau anak perusahaannya. Umumnya yang mendapatkan gaji paling tinggi yaitu mereka yang bekerja di bawah direktorat hulu. Hal ini karena core business Pertamina itu sendiri beradai di direktorat tersebut. Kemudian di bawahnya terdapat anak dan cucu perusahaan seperti PT. Pertamina EP, PT. Pertamina Hulu Energi dan PT. Pertamina Internasional EP.

Selain besar gaji yang diterima cukup tinggi, bekerja sebagai karyawan Pertamina saja rasanya sudah sangat membanggakan. Pertamina itu sendiri merupakan perusahaan BUMN yang cukup populer dan memiliki pengaruh cukup besar untuk kemajuan bangsa Indonesia. Jadi, bisa diterima sebagai pegawai Pertamina saja pasti rasanya sudah sangat senang dan membanggakan. Orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga dan kerabat pun pasti juga bangga jika Anda bisa bekerja di Pertamina.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa jumlah gaji yang besar tersebut juga memiliki konsekuensi. Pegawai Pertamina banyak yang ditempatkan di daerah terpencil dengan intensitas waktu kerja yang tak kenal waktu, terutama yang bekerja di bidang perminyakan.

Jurusan S1 yang Dibutuhkan Pertamina

Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1

Bagi fresh graduate atau lulusan S1 yang baru menyelesaikan kuliahnya, ada banyak sekali posisi atau jabatan yang bisa diincar. Sedangkan jurusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan Pertamina antara lain:

  • Jurusan Teknik
  • Jurusan Administrasi Perkantoran
  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Management
  • Jurusan Desain
  • Jurusan Hukum
  • Jurusan Sistem Informasi
  • Jurusan Statistika
  • Jurusan Marketing Communication
  • Jurusan Psikologi

Setelah dinyatakan diterima sebagai calon pegawai Pertamina, biasanya Anda akan melalui beberapa tahan training sebelum memulai kerja. Lamanya masa training atau persiapan sebelum ke dunia kerja tersebut sekitar 12 bulan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan keahlian di bidangnya masing-masing.

Berbicara mengenai gaji dan posisi kerja, lulusan S1 biasanya lebih diprioritaskan untuk kerja kantoran atau di bagian pengawasan. Berbeda dengan lulusan SMA/SMK yang lebih banyak ditempatkan sebagai pekerja lapangan. Selain itu, nilai gajinya juga lebih kecil daripada lulusan S1.

Daftar Gaji Pegawai Pertamina Semua Posisi 2020

Gaji Pegawai Pertamina Lulusan S1

Sudah menjadi rahasia publik bahwa pegawai Pertamina pasti sudah terjamin hidupnya, karena gaji yang mereka terima cukup besar. Penghasilan yang didapatkan termasuk gaji pokok, tunjangan dan berbagai macam fasilitas serba bonus insentif yang bisa 2 hingga 3 kali lipat. Sebagai gambaran, berikut ini daftar gaji atau penghasilan yang diterima oleh pegawai Pertamina sesuai dengan jabatannya, antara lain:

1. Gaji Pegawai Posisi Tinggi PT Pertamina

Jabatan dengan gaji paling tinggi di perusahaan pertamina dipegang oleh General Manager, kemudian dilanjutkan oleh Drilling Supervisor dan Arsitek. Selanjutnya di bawahnya terdapat Direktur, Senior Business Analyst, Building, Eksekutif, Team Leader, Assistant Manager, HRD Section Head, Planning Manager, HR SDM dan Human Resources Specialist. Posisi atau jabatan tersebut bisa mendapatkan gaji pokok paling rendah  22,5 hingga yang paling tinggi 75 jutaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa rincian gaji untuk jabatan tinggi, antara lain:

  • General Manager mendapatkan gaji Rp. 75.000.000 / bulan
  • Drilling Supervisor & Arsitek mendapatkan gaji Rp. 55.000.000 / bulan
  • Direktur mendapatkan gaji Rp. 47.000.000 / bulan
  • Senior Business Analyst & Building mendapatkan gaji Rp. 32.500.000 / bulan
  • Eksekutif mendapatkan gaji Rp. 30.800.000 / bulan
  • Team Leader mendapatkan gaji Rp. 28.500.000 / bulan
  • Assistant Manager mendapatkan gaji Rp. 23.000.000 / bulan
  • HRD Section Head, Planning Manager, HR SDM & Human Resources Specialist mendapatkan gaji Rp. 22.500.000 / bulan

2. Gaji Pegawai Posisi Rendah PT Pertamina

Sedangkan untuk posisi atau jabatannya di bawahnya yang digaji sekitar 5 jutaan ke bawah antara lain bagian Teknologi Informasi, Admin, Operator maupun Staff Administrasi. Selanjutnya ada posisi Accounting beserta staff nya, Developer, bagian teknis, IT Support dan Intern. Untuk Internship, Resepsionis, Teknisi atau Keamanan mendapatkan gaji lebih rendah lagi. Hingga jabatan paling rendah seperti Driver, Mekanik, Cleaning Service dan Office Boy.

Meski begitu, jabatan paling rendah ini pun masih mendapatkan gaji yang layak dan cukup besar dibandingkan dengan perusahaan atau di tempat kerja lain. Nah, untuk kisaran gajinya akan dijelaskan pada daftar berikut ini, antara lain:

  • Teknologi Informasi mendapatkan gaji Rp. 5.600.000 / bulan
  • Admin, Operator, Staff Administrasi, Accounting, Staff Accounting, Developer, Bagian Teknis, IT Support & Intern mendapatkan gaji Rp. 4 jutaan / bulan
  • Internship, Resepsionis, Teknisi & Keamanan mendapatkan gaji Rp. 3.000.000 / bulan
  • Driver, Mekanik & Cleaning Service mendapatkan gaji Rp. 2.500.000 / bulan
  • Bagian Pengawas, Office Boy & Magang mendapatkan gaji Rp. 1.500.000 / bulan

3. Fasilitas dan Tunjangan Pegawai Pertamina

Daftar informasi gaji pegawai Pertamina di atas belum termasuk dengan tunjangan dan fasilitas yang didapatkan. Nah, berikut ini beberapa hal yang juga akan diterima oleh pegawai Pertamina, antara lain:

  • Rumah dan mobil dinas
  • Tunjangan kesehatan, uang makan, THR (Tunjangan Hari Raya)
  • Pesangon atau uang pensiunan
  • Pesangon untuk melanjutkan studi

Dan masih banyak lagi penghasilan tambahan yang bisa didapatkan oleh pegawai Pertamina seperti bonus atau insentif. Dengan jumlah gaji yang cukup besar, tak heran jika banyak sekali pencari kerja yang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk menjadi pegawai Pertamina.

Tinggalkan komentar