Daftar Lowongan Kerja Australia Gratis 2024

Mencari informasi tentang lowongan kerja di Australia gratis dapat Anda lakukan dengan cara memanfaatkan program dukungan liburan kerja atau Working Holiday Maker dan mencari pekerjaan secara online melalui berbagai situs.

Program dukungan liburan kerja menyediakan peluang kerja untuk para wisatawan dari berbagai negara yang berusia 18 hingga 30 tahun untuk bekerja sambil liburan di Australia selama 1 tahun, sehingga pekerjaan yang didapat sifatnya hanya sementara.   

Kemudian, mari kita bahas bagaimana Anda dapat menemukan lowongan kerja Australia gratis, jenis pekerjaan apa saja yang mudah ditemukan di Australia, serta tips untuk mendapatkan pekerjaan di Australia.

Jenis Pekerjaan yang Mudah Didapat di Australia

Di Australia, terdapat beragam jenis pekerjaan yang dapat ditemukan, mulai dari pekerjaan yang mudah didapat hingga pekerjaan dengan gaji yang tinggi, sesuai dengan kualifikasi, pengalaman, dan minat Anda.  

Barista, bartender, pelayan, perkebunan dan kelasi atau kerja di kapal ikan merupakan jenis pekerjaan yang paling mudah didapat di Australia.

Sedangkan pekerjaan yang gajinya bisa dibilang tinggi di Australia contohnya adalah data scientist, dokter, manajer, dan berbagai pekerjaan di bidang teknologi.

Pekerjaan di bidang teknologi, seperti web designer, software engineer, system engineer, cyber security engineer, ahli multimedia, dan analis pemrograman juga banyak dicari di Australia.

Situs Lowongan Kerja Australia Gratis

Lowongan Kerja Australia Gratis

Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan di berbagai bidang di Australia melalui situs pencari kerja. Berikut adalah daftar situs yang dapat membantu Anda menemukan lowongan kerja di Australia yang bisa diakses secara gratis.

  1. Seek : Seek.com.au adalah salah satu pencarian kerja terbesar di Australia. Mereka menyediakan beragam peluang pekerjaan dari berbagai industri, yang dapat dicari berdasarkan kategori, lokasi dan tingkat pekerjaan.  
  2. Indeed Australia : Indeed merupakan platform global yang mengelompokkan daftar pekerjaan dari berbagai sumber. Pengguna dapat mencari pekerjaan berdasarkan kata kunci, lokasi dan jenis pekerjaan yang diinginkan.
  3. Job Search Australia : Jobsearch.com.au adalah situs web yang dibuat untuk mencari pekerjaan di Australia. Situs ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.
  4. Jobactive : Jobactive.gov.au adalah layanan pemerintah Australia yang dirancang untuk menghubungkan pencari kerja dengan pemberi kerja. 
  5. Gumtree Australia : Sebuah situs iklan baris populer yang juga memiliki banyak iklan lowongan kerja, terutama untuk jenis pekerjaan part time dan kontrak.
  6. Jora Australia : Jora adalah mesin pencari pekerjaan global yang mengumpulkan lowongan kerja Australia gratis dari berbagai sumber di Australia.
  7. Grad Connection : Situs ini menawarkan peluang magang dan graduate program di berbagai perusahaan besar di Australia, khusus dirancang untuk mahasiswa dan fresh graduate.
  8. Tafe Jobs : Situs yang fokus pada peluang karir di Technical and Further Education (TAFE) institutions di Australia. Jenis lowongan pekerjaan yang ditampilkan adalah untuk posisi mengajar, administrasi, dan yang berhubungan dengan sistem TAFE.
  9. APS Jobs : Situs resmi untuk Australian Public Service (APS) yang menampilkan lowongan kerja di berbagai agensi pemerintahan Australia.
  10. Grabjobs : Sebuah platform rekrutmen yang menawarkan beragam jenis lowongan kerja Australia gratis, termasuk pekerjaan paruh paktu.   
  11. Adzuna : Adzuna mengumpulkan ribuan lowongan kerja Australia gratis dari berbagai sumber untuk memudahkan pencarian kerja dalam satu platform. Menariknya, Adzuna memiliki fitur analisis pasar kerja dan tren gaji.
  12. Career One : Selain membantu mencari pekerjaan di seluruh Australia, Career One juga menyediakan fitur tips karir dan alat bantu menulis resume.
  13. Careerjet Australia : Situs ini menyediakan banyak akses lowongan kerja Australia gratis dari berbagai jenis industri di Australia.
  14. Skilled Occupation List (SOL) : SOL berisi daftar pekerjaan yang sedang dibutuhkan sekaligus sudah diakui oleh pemerintah Australia sebagai pekerjaan yang banyak diminati, serta membutuhkan keterampilan dan kualifikasi tertentu.
  15. Jooble : Sebuah halaman pencarian pekerjaan yang telah banyak membantu penggunanya untuk mencari kerja di seluruh dunia, termasuk di Australia.
  16. LinkedIn : LinkedIn bukan hanya jaringan media sosial profesional, tetapi juga tempat yang cocok untuk mencari pekerjaan di Australia. Banyak perusahaan yang memposting lowongan kerja mereka di platform ini.
  17. Backpacker Jobs : Sebuah platform yang menawarkan jenis pekerjaan paruh waktu atau sementara yang cocok untuk backpacker termasuk wisatawan yang bekerja selama mereka berada di Australia.
  18. Jobs NSW : Jobs NSW merupakan laman resmi pemerintah New South Wales, Australia, yang memberikan informasi tentang peluang kerja di sektor publik dari berbagai departemen dan agensi pemerintah di wilayah NSW.
  19. Careers.Vic : Careers.vic adalah web resmi pemerintah Victoria, Australia, yang menampilkan daftar lowongan pekerjaan di berbagai organisasi pemerintah wilayah Victoria.
  20. Kedutan Besar Australia Jakarta : Kedutaan Besar Australia mengiklankan lowongan pekerjaan melalui situs resmi indonesia.embassy.gov.au dan akun LinkeIn mereka.
Baca juga:  Gaji Perawat Lansia di Australia 2024, Sangat Menjanjikan!

Setiap situs menyediakan layanan yang berbeda. Informasi dan rekomendasi lowongan kerja Australia gratis yang terdapat dalam situs-situs tersebut dapat Anda gunakan untuk mulai mencari kerja di Australia.

Selain itu, Anda bisa menggunakan agen kerja ke Australia sistem potong gaji untuk membantu mempermudah proses menjadi pekerja di Australia.

Syarat dan Peraturan Bekerja di Australia

Berikut ini adalah persyaratan kerja di Australia yang harus dipatuhi ketika bekerja di Australia:

  1. Ketika bekerja di Australia, Anda harus menggunakan visa kerja yang sesuai. Jenis visa kerja yang digunakan di Australia adalah Temporary Work visa dan Permanent Work visa. Masing-masing visa memiliki persyaratan yang berbeda
  2. Anda perlu mengetahui jenis visa yang dibutuhkan untuk jenis pekerjaan yang Anda lamar, sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah Australia
  3. Bagi pelajar atau mahasiswa internasional, terdapat batasan jam kerja selama masa studi.
  4. Proses permohonan visa dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, jadi Anda harus menyesuaikan dengan jadwal kerja
  5. Anda perlu memiliki sertifikat profesional yang diakui dan pelatihan yang mendukung pekerjaan yang Anda lamar jika ingin mendapat nilai tambah.
  6. Standar jam kerja di Australia rata-rata 38 jam per minggu untuk pekerjaan penuh waktu, jika lembur akan diberi upah tambahan
  7. Pekerja di Australia berhak atas sejumlah hari libur nasional dan juga berhak atas cuti sakit, cuti kepentingan pribadi, cuti hamil, hingga cuti tahunan yang dibayar
  8. Sebagian besar pekerja di Australia memiliki perjanjian kerja tertulis, jadi penting untuk membaca dan memahami apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pekerja dalam perjanjian tersebut
  9. Untuk beberapa visa dan pekerjaan, diperlukan bukti kemampuan bahasa Inggris, seperti skor Tes IELTS atau TOEFL.
Baca juga:  Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Lengkap 2023

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Australia

Mendapatkan pekerjaan di Australia, perlu melakukan berbagai tahapan dan persiapan. Berikut adalah beberapa proses yang harus Anda lakukan:

  1. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Anda dapat mencari kerja secara online, menghadiri pameran kerja, atau menghubungi agen perekrutan.
  2. Tingkatkan kualifikasi internasional yang diakui di Australia dan keterampilan yang dibutuhkan dengan mengikuti pelatihan atau sertifikasi untuk menunjang pekerjaan Anda. Bila perlu, ikut program pelatihan kerja.
  3. Persiapkan diri untuk wawancara kerja sebaik mungkin. Pelajari budaya kerja dan etiket wawancara di Australia. Banyak-banyak latihan wawancara.
  4. Membuat visa kerja yang tepat, seperti Working Holiday Visa atau Skilled Holiday Visa sesegera mungkin.

Proses mencari lowongan kerja Australia gratis membutuhkan ketekunan. Jangan berkecil hati dan teruslah mencari peluang jika Anda tidak segera mendapatkan pekerjaan.

Biaya Hidup dan Gaji di Australia

Australia dikenal memiliki standar hidup yang tinggi, rata-rata penduduk di Australia menghabiskan sekitar AUD 1500 – 2500 per bulan atau setara dengan Rp 14.957.250 – Rp 24.928.750 per bulan untuk biaya hidup mereka.

Berdasarkan informasi dari Fair Work Ombudsman, tarif upah minimum di Australia ditetapkan sebesar AUD 19,84 per jam, yang jika diubah menjadi Rupiah adalah sekitar Rp 212.770 per jam.

Jika bekerja selama 40 jam per minggu, gaji minimum yang dapat diperoleh adalah AUD 753,80, atau kira-kira Rp 8.084.000 setiap minggu. Rata-rata gaji kerja di Australia untuk pelajar berkisar antara AUD 15 sampai AUD 25 per jam.

Penutup

Anda dapat melihat laman resmi Kedutaan Besar Australia Jakarta untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan kerja Australia gratis.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai visa dan persyaratan kerja di Australia, Anda juga dapat mengunjungi situs web resmi Kementerian Dalam Negeri Australia di immi.homeaffairs.gov.au.

Baca juga:  Pengalaman Jadi Editor Freelance di Penerbit Indie, Suka Duka

Sekian, semoga informasi terkait lowongan kerja Australia gratis yang disajikan kali ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk memulai atau mengembangkan karir di Australia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar