Agen Kerja ke Australia Sistem Potong Gaji 2023, ini Ulasannya

Bekerja sebagai TKI sering menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Banyak negara yang menawarkan penghasilan tinggi. Negara yang sering menjadi sasaran TKI antara lain Hongkong, Jepang, Arab Saudi, Korea, hingga Australia, negeri kanguru.  

Australia menjadi salah satu negara yang menawarkan gaji tinggi bagi para pekerja yang berasal dari luar. Lalu, bagaimana cara bekerja di Australia? Apakah bisa melalui bantuan agen kerja ke Australia? Apakah ada agen kerja ke Australia sistem potong gaji? Artikel ini akan sedikit mengulas mengenai hal tersebut.

Cara Mencari Lowongan Kerja Australia Gratis

agen kerja ke australia sistem potong gaji
agen kerja ke australia sistem potong gaji

Sebelum membahas mengenai agen kerja ke Australia sistem potong gaji, Anda perlu tahu bahwa Australia menjadi salah satu negara tujuan untuk TKI bekerja. Alasan utamanya tentu karena gaji yang ditawarkan cenderung tinggi. Untuk Anda yang ingin bekerja disana, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja Australia.

1. Menggunakan Program Kerja

Anda bisa menggunakan program kerja sebagai cara cepat untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri, khususnya Australia. Melalui program ini biasanya tersedia berbagai bidang dan jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Contoh bidang atau jenis pekerjaan dari program kerja ini adalah menjadi tukang jemput di bandara atau menjadi tour guide.

2. Menemui Calon Pemberi Kerja

Langsung menemui calon pemberi kerja bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lowongan pekerjaan di Australia. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari bentuk penipuan yang bisa saja terjadi dari agen kerja luar negeri.

3. Mendaftarkan Diri di Lembaga Rekrutmen

Menggunakan lembaga rekrutmen kerja di luar negeri bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Selain itu, biasanya lembaga rekrutmen memiliki banyak rekomendasi perusahaan terpercaya yang bisa menawarkan pekerjaan.

Baca juga:  10 Prospek Kerja Agribisnis dan Perkiraan Gajinya

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui informasi mengenai lowongan kerja ke Australia. Anda juga bisa mendapatkan informasi melalui lowongan kerja ke Australia BNP2TKI melalui website resminya, seperti lowongan kerja ke Australia yang bisa akses melalui link bp2mi.go.id.

Syarat serta Biaya Kerja di Australia

Salah satu syarat agar Anda dapat bekerja di Australia adalah dengan memiliki Working Holiday Visa. Working Holiday Visa ini diperuntukkan pada pekerja muda yang ingin berlibur sekaligus bekerja di Australia selama 12 bulan. Kenapa tidak menggunakan visa turis yang hanya selama tiga bulan saja? Secara hukum, Anda dilarang bekerja di Australia menggunakan visa tersebut.

Nah, bagaimana cara mendapatkan Working Holiday Visa? Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendapatkannya.

  1. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 30 tahun.
  2. Minimal memiliki ijazah D3 atau sudah pernah menjalani pendidikan di perguruan tinggi minimal selama dua tahun pendidikan.
  3. Anda tidak diharuskan ahli dalam bahasa Inggris. Kemampuan minimal bahasa Inggris Anda cukup dengan hasil IELTS di atas 4,5.
  4. Menunjukkan surat rekomendasi dari Departemen Imigrasi Indonesia.
  5. Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya.
  6. Memiliki dana senilai tiket untuk pergi dan pulang, serta untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia. Dana ini sekitar AUSD 5000 atau sekitar Rp 47.000.000.

Itulah syarat yang harus Anda persiapkan sebelum bekerja di Australia.

Baca juga: Syarat Kerja di Australia buat Tenaga Kerja dengan Keahlian

Agen Kerja ke Australia Sistem Potong Gaji

agen kerja ke australia sistem potong gaji
agen kerja ke australia sistem potong gaji

Syarat paling penting untuk bisa bekerja di Australia adalah memiliki visa. Ada berbagai jenis visa yang bisa Anda gunakan untuk bekerja di Australia. Seperti, Work and Holiday Visa, visa kerja, visa turis, visa, bisnis, partner visa, student visa dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan salah satu dari jenis visa ini, Anda bisa meng apply nya secara resmi melalui Direktorat Jenderal Imigrasi ataupun melalui website resmi pemerintah Australia secara gratis. Akan tetapi, proses yang harus dilalui lumayan panjang dan ketat. Maka, menggunakan agen kerja ke Australia bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk mendapatkan visa.

Baca juga:  Memahami Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi

Akan tetapi, Australia berbeda dengan negara-negara lain seperti Arab Saudi, Jepang, Korea, Hongkong, dan lain sebagainya yang telah memiliki link kerjasama dengan Indonesia untuk tenaga kerja. Australia tidak memiliki link tersebut. Jadi, Anda harus berhati-hati mengenai agen kerja ke Australia, dimanapun Anda berada. Termasuk jika ada agen kerja ke Australia di Bali.

Jenis visa turis menjadi salah satu hal yang sering digunakan oleh agen kerja perkebunan Australia. Biasanya, Anda akan diberi arahan untuk keluar dari Australia selama 3 bulan. Karena untuk visa ini, Anda hanya bisa tinggal di Australia selama 3 bulan. Sementara, visa ini berlaku selama 1 tahun. Jadi, setiap 3 bulan selama setahun Anda diharuskan keluar terlebih dahulu dari Australia kemudian masuk lagi.

Baca juga: Gaji Petik Buah di Australia

Jenis visa turis ini banyak digunakan oleh agen kerja perkebunan untuk memasukkan pekerja ilegal di perkebunan. Jadi, Anda harus teliti dan berhati-hati ketika memilih agen agar tidak terjebak agen kerja ke Australia sistem potong gaji. Dan perlu diperhatikan, menggunakan jasa agen diperlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, mengingat tingginya gaji di Australia, Anda bisa balik modal dalam waktu yang singkat.

Lalu, apakah ada agen kerja ke Australia sistem potong gaji? Sejauh ini, dilansir dari beberapa kanal youtube yang menjelaskan mengenai bekerja di Australia, belum ada agen kerja ke Australia sistem potong gaji. Kebanyakan agen kerja ke Australia hanya menarik fee di awal pendaftaran.

Namun, ada agen-agen atau PT penyalur tenaga kerja ke Australia yang menerapkan praktik ‘phoenixing’, yaitu mendirikan perusahaan baru demi menghindari penangkapan atas praktik calo untuk mengeksploitasi para backpacker yang ingin bekerja di sana. Para agen kerja ke Australia sistem potong gaji ini tidak patuh saat memberikan gaji.

Baca juga:  3 Cara Cek Nomor Referensi BRI dengan Mudah

Misal, yang seharusnya para pekerja petani di sana mendapat lebih dari Rp 250.000/jam, hanya dibayar kurang dari Rp 200.000. Dengan dalih potongannya untuk dana pensiun. Sementara, tidak ada kontribusi dana pensiun yang dilakukan perusahaan atau agen kerja ke Australia sistem potong gaji tersebut ke pengelola dana pensiun.

Baca juga: Tips Memilih Agen Kerja di Australia

Keuntungan Kerja di Australia

Apakah Anda tertarik bekerja di Australia setelah mencari informasi mengenai lowongan kerja ke Australia? Berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bekerja di Australia:

  • Letak Australia secara geografis berdekatan dengan Indonesia. Jadi, Anda bisa tiba di Australia hanya dalam waktu beberapa jam saja.
  • Anda akan mendapatkan gaji yang besar. Karyawan pemetik buah di perkebunan di Australia mendapatkan gaji dengan rata-rata AUD 15 – 20 atau sekitar Rp 161.000 sampai Rp 215.000 per jamnya. Jika Anda memiliki jam kerja selama 8 jam sehari, maka gaji Anda bisa mencapai sekitar Rp 1.200.000 tiap harinya.
  • Australia termasuk negara yang kondusif dan aman.
  • Bisa dipastikan gaji Anda akan diberikan, karena Australia adalah negara yang profesional. Sepanjang Anda mengikuti ketentuan yang telah berlaku.
  • Tenaga kerja asing sangat dibutuhkan oleh pemerintah Australia untuk bekerja di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor perkebunan.

Nah, banyak sekali kan keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bekerja di Australia?

Itulah ulasan tentang apakah ada agen kerja ke Australia sistem potong gaji? Jawabannya tidak ada agen kerja ke Australia sistem potong gaji. Hanya Anda juga harus berhati-hati saat memilih agen penyaluran kerja. Semoga selalu beruntung dimanapun Anda bekerja.

Bagikan:

Tinggalkan komentar