Tips Memilih Agen Kerja di Australia yang Tepat

Agen kerja di Australia adalah salah satu komponen penting yang akan menunjang kehidupan kita di perantauan nantinya. Jika langkah pertama ini tidak ditentukan secara tepat maka bisa dipastikan kita justru akan mengalami kerugian. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita cermati dalam memilih agen kerja di Australia.

Agen Kerja di Australia

Memperhatikan SIUP

Cermati SIUP dari agen kerja yang akan kita pilih. Pastikan bahwa agen tenaga kerja ini memiliki alamat yang jelas.

Teliti tentang siapa yang menjadi penanggung jawab perusahaan

Untuk yang satu ini, kita bisa membuka situs www.bnp2tki.go.id untuk melihatnya.

Tanyakan secara detil jati diri dari agen perusahaan penyalur tenaga kerja yang terkait

Menanyakan dengan detil mengenai data diri agen penyalur tenaga kerja sangat penting karena akan mempermudah kita untuk melakukan komunikasi dan pengecekan di masa yang akan datang. Kita harus menanyakan beberapa hal seperti surat tugas, nomor telpon kantor pusat dan nama petugas yang bersangkutan.

Agen kerja di Australia dan prosedur pengajuan aplikasi

Proses pelamaran dan pengajuan aplikasi ini sendiri akan terbagi menjadi dua yaitu pekerjaan skill dan non skill.

Prosedur pengajuan untuk pekerjaan skill:

  1. Pendaftaran
  2. Proses seleksi oleh pihak pemberi kerja seperti tes, interview dan lainnya oleh perusahaan penyalur tenaga kerja
  3. Proses medikal check up
  4. Proses pengajuan paspor, viskal dan visa bagi yang telah diterima

Prosedur pengajuan untuk pekerjaan non skill:

  1. pendaftaran
  2. tanpa proses seleksi
  3. proses medikal check up
  4. proses pengajuan paspor, viskal dan visa begitu aplikasi diterima

Agen kerja di Australia dan cara menghindari penipuan

Untuk bisa bekerja di Australia maka kita memerlukan kepemilikan visa. Visa ini penting karena dokumen inilah yang akan diperiksa pertama kali begitu kita akan menjalani proses sebelum interview ataupun pada saat interview. Visa akan diperiksa secara detil mulai dari tanggal kadaluwarsa, status visa sampai dengan kemampuan bekerja. Hal ini sangat diperhatikan oleh perusahaan di Australia untuk bisa merekrut calon staf yang legal dan mencegah terjadinya masalah di kelak kemudian hari.

Sebenarnya, bekerja secara mandiri bisa dilakukan meski tanpa bantuan PJTKI. Meski demikian, hal ini tergolong lebih sulit untuk dilakukan namun akan sulit untuk mendapatkan jaminan seperti halnya dengan bantuan PJTKI. Keberadaan PJTKI sendiri bukannya tanpa masalah karena seringkali orientasi bisnis membuat PJTKI nakal justru memeras calon tenaga kerja.Bentuk pemerasan ini misalnya biaya penempatan yang melampaui batas wajar atau pemotongan gaji yang melanggar aturan.

Baca juga:

Untuk menghindari penipuan dan pemerasan, calon tenaga kerja disarankan untuk lebih berani mengambil posisi tawar. Persepsi yang salah selama ini menganggap bahwa PJTKI adalah pahlawan karena memberangkatkan ke luar negeri. Faktanya, baik PJTKI maupun calon tenaga kerja sebenarnya memiliki posisi yang seimbang berdasarkan kondisi yang saling membutuhkan. Calon tenaga kerja harus memposisikan dirinya selayaknya konsumen yang sedang memilih jasa. Jangan sampai calon tenaga kerja justru diperas dan harus menuruti kemauan PJTKI.

Tips memilih PJTKI
  • Calon tenaga kerja sebaiknya membekali diri dengan membaca aturan perundang-undangan tentang penempatan dan perlindungan TKI. Aturan ini tertuang dalam undang-undang no 39 tahun 2004. Selain itu juga ada beberapa peraturan menakertrans dan BNP2TKI. Pengetahuan yang memadai tentang peraturan ini penting agar calon tenaga kerja tahu landasan hukum penempatan ke luar negeri dan juga kekuatan hukumnya.
  • Milikilah daftar PJTKI nasional resmi yang dikeluarkan oleh disnaker pusat. Bawa daftar ini dan tanyakan pada petugas dinas tenaga kerja kabupaten tentang PJTKI yang memiliki surat izin pengerahan.
  • Melihat daftar PJTKI mana yang memiliki job order di negara tujuan yang dipilih lalu cari informasi melalui telpon ke masing-masing PJTKI. Informasi yang harus ditanyakan saat menelepon antara lain berapa biaya untuk bekerja di negara tujuan, bagaimana fasilitas pendidikan yang didapat dan waktu pelatihannya.
  • Begitu informasi sudah didapat maka tanyakan mengenai kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian penempatan.
  • Mintalah agar surat perjanjian penempatan bisa dibuat dengan transparan dengan sepengetahuan disnaker setempat.

Agen kerja di Australia dan alternatif pencarian info pekerjaan

Selain memanfaatkan jasa PJTKI dan agen kerja di Australia, kita juga bisa mencoba untuk mendapatkan sponsor ataupun pekerjaan di Australia baik yang berjenis part time ataupun full time. Informasi mengenai ini  bisa kita temukan di beberapa portal website berikut:

Beberapa portal dan even di atas bisa kita jadikan alternatif untuk bisa menemukan peluang kerja di Australia selain melalui agen kerja di Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *