7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi agar Hidup Teratur

Seorang financial advisor kenamaan Amerika, Suze Orman pernah mengatakan bahwa “uang tidak membuatmu bebas secara finansial, hanya Anda yang bisa membuat diri Anda bebas secara finansial”. Kalimat tersebut menyiratkan bahwa sekalipun kita memiliki banyak harta, bukan berarti kehidupan kita bisa bebas secara finansial. Kunci kebebasan finansial yang sesungguhnya adalah terletak pada manusianya, yaitu bagaimana Anda bisa menemukan cara mengatur keuangan pribadi yang ampuh sekaligus mengendalikan emosi ketika melakukan transaksi.

Sebuah kenyataan yang pahit apabila kita telah susah payah mencari penghasilan namun hanya dalam waktu sekejap penghasilan tersebut habis bahkan terkadang tanpa kita sadari. Jika sudah demikian maka penghasilan sebesar apapun tidak akan membuat kehidupan jadi lebih sejahtera, loh. Tak mau hal itu terjadi pada Anda bukan? Maka dari itu simak artikel berikut ini sampai habis karena akan disajikan beragam kiat-kiat cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda terapkan secara langsung.

Beberapa Manfaat Mengatur Keuangan Pribadi

Sebelum beranjak ke pembahasan cara mengatur keuangan pribadi, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh ketika menerapkan metode pengelolaan keuangan dengan baik. Berikut adalah beberapa manfaat mengelola keuangan yang disadur dari berbagai sumber terpercaya.

1. Melatih Pola Hidup Hemat

hidup hemat

Tatkala uang diatur dengan membuat pos-pos anggaran maka Anda sudah melalui banyak langkah untuk berhemat. Apabila pola hidup hemat dalam bertransaksi bisa terus dilakukan maka Anda akan memiliki lebih banyak tabungan untuk dinikmati di masa mendatang.

2. Menekan Tingkat Stres

Cara mengatur keuangan pribadi yang cerdas dan tepat bisa menyumbangkan ketenangan pikiran juga, loh. Tidak percaya? Bisa Anda bayangkan betapa tertekannya kehidupan sehari-hari apabila segala kebutuhan tidak bisa dipenuhi sebagaimana mestinya. Belum lagi jika dihadapkan dengan kondisi-kondisi darurat yang memerlukan uang lebih. Akan tetapi, jika Anda disiplin mengelola keuangan dengan baik maka pikiran yang tenang pun bisa menekan tingkat stres.

3. Sebagai Langkah Untuk Menghindari Hal-hal yang Tak Terduga

Masa depan adalah sebuah misteri. Terkadang ada saja hal-hal yang tak terduga dan di luar kendali kita terjadi begitu saja. Apabila keuangan personal tidak diatur dengan baik maka bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan menangani hal-hal tak terduga tersebut. Catatan pentingnya, cara mengatur keuangan pribadi saja masih belum disiplin, bagaimana jika nanti Anda harus mengatur keuangan rumah tangga? Maka, untuk menghindari hal di luar kendali tersebut, ada baiknya jika mulai dari sekarang Anda mulai mengatur keuangan personal dengan lebih cerdas.

4. Terhindar Dari Hutang

Manfaat mempraktikkan cara mengatur keuangan pribadi dengan baik selanjutnya adalah bisa terhindar dari hutang. Tak sedikit orang mengandalkan transaksi hutang demi memenuhi kebutuhan maupun keinginan. Jika hutang senantiasa dibiasakan maka bisa dipastikan beban dan tekanan justru meningkat. Nah, agar terhindar dari beban-beban pinjaman alangkah lebih baiknya jika keuangan diatur sedemikian rupa demi bisa memenuhi kebutuhan maupun keinginan Anda.

5. Mempermudah Pencapaian Tujuan Keuangan

Hampir setiap orang berusaha menetapkan tujuan dalam kehidupannya. Dalam mencapai tujuan tersebut, tentu dibutuhkan dukungan secara moril maupun materiil. Menyiapkan dana lebih awal adalah salah satu upaya untuk memudahkan pencapaian tujuan secara materiil. Dengan menyisihkan sebagian penghasilan demi meraih tujuan ataupun cita-cita melalui pengelolaan finansial yang baik maka lihatlah perjalanan Anda akan jauh lebih mudah, loh.

6. Melatih Hidup Lebih Teratur

Di samping menuai manfaat dari segi finansial, mempraktikkan cara mengatur keuangan pribadi secara tepat rupanya juga bisa melatih keteraturan hidup. Dimulai dari hal sederhana seperti membuat alokasi anggaran dari penghasilan untuk keperluan ini dan itu maka akan membiasakan diri Anda untuk membuat perencanaan matang pada hal-hal lainnya. Apabila secara keseluruhan hidup lebih teratur maka gangguan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan bisa mudah diatasi.

7  Cara Mengatur Keuangan Pribadi

“Seiring bertambahnya kecerdasan keuangan seseorang maka akan semakin bertambahlah kekayaannya,” kata Joe Hartanto, seorang entrepreneur sukses sekaligus penulis buku “Property Cash Machine”. Simaklah beberapa cara mengatur keuangan pribadi berikut ini agar kecerdasan finansial Anda meningkat sehingga kekayaanpun kian bertambah!

1. Membuat Rencana Anggaran

financial plan

Sama halnya dalam ilmu manajamen dasar yang menempatkan perencanaan sebagai langkah pertama sebelum menginjak ke langkah manajemen lainnya, keuangan juga perlu dibuat perencanaan agar semuanya bisa teratur dan sesuai tujuan.

Salah satu masalah yang kerap terjadi bila sejak awal tidak membuat rencana anggaran adalah kita akan mengalami kebocoran finansial yang tidak disadari. Contohnya, mengeluarkan uang untuk transportasi, bayar parkir, jajan, maupun pengeluaran-pengeluaran yang dianggap sepele lainnya namun jika dikalkulasi jumlahnya cukup besar.

Membuat rencana anggaran dengan membagi penghasilan dalam beberapa pos agaknya bisa jadi solusi, misalnya menentukan persentase-persentase pengeluaran dalam beberapa golongan. Sekian persen untuk memenuhi kebutuhan dasar, sekian persen untuk dana hiburan, sekian persen untuk dana darurat, dan pos-pos lainnya yang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan serta penghasilan Anda.

2. Tentukan Tujuan Finansial Anda Sendiri

Bila Anda adalah seorang yang visioner dan selalu merencanakan masa depan dengan banyak impian maka tak ada salahnya untuk meluangkan waktu membuat tujuan finansial dalam jangka pendek maupun panjang secara spesifik. Mungkin Anda berkeinginan untuk travelling ke luar negeri dalam 5 tahun mendatang, pergi haji atau umroh, membeli properti, atau bahkan pension dini. Nah, keinginan-keinginan besar tersebut tentu harus diimbangi dengan perencanaan keuangan yang baik. Buatlah semacam timeline untuk memprioritaskannya.

3. Melunasi Hutang atau Cicilan Sesegera Mungkin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan mengikuti cara mengatur keuangan pribadi yang tepat bisa membuat Anda terhindar dari hutang maupun cicilan. Akan tetapi, jika Anda sudah terlanjur memilikinya maka usahakan sesegera mungkin untuk melunasinya. Jadikan transaksi pelunasan hutang maupun cicilan sebagai prioritas dalam rencana anggaran Anda sebelum Anda menggunakan penghasilan untuk memenuhi keinginan semata. Dengan begitu hidup pun akan jauh lebih less stress, loh.

4. Membuat Catatan Pengeluaran Secara Berkala

Walaupun sudah membuat perencanaan, kemungkinan adanya pengeluaran untuk hal-hal di luar rencana bisa dipastikan terjadi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencatat pengeluaran secara berkala, baik secara harian maupun mingguan. Pencatatan bertujuan untuk melacak sekaligus mengevaluasi kembali daftar pengeluaran, apakah sudah sejalan dengan rencana atau belum.

5. Mulai Menabung dan Berinvestasi

Nasihat finansial yang tak lekang oleh waktu adalah menabung. Dengan menjadikan menabung sebagai gaya hidup maka Anda sudah beberapa langkah siap menghadapi masa depan dengan segala ketidakpastiannya. Selain tabungan, nasihat lain yang tak kalah penting adalah mulai berinvestasi. Selanjutnya, sisihkan penghasilan Anda sejak awal diterima untuk mengisi pos tabungan maupun investasi agar uang tidak bocor untuk keperluan lain yang tidak terlalu penting.

6. Gunakan Aplikasi Keuangan Melalui Gadget

Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya yang tak kalah efektif adalah dengan memanfaatkan aplikasi finansial yang sudah banyak tersedia di App Store maupun Google Play Store. Cukup memasangnya secara gratis ke dalam gadget maka segala hal yang berkaitan dengan urusan uang dapat dengan mudah diatur. Mulai dari budgeting, melacak pengeluaran, hingga melihat sisa saldo bisa lebih mudah dilakukan. Cerdas, kan!

7. Berkonsultasilah Dengan Pakar Finansial Bila Perlu

Saat ini, membicarakan masalah finansial dengan orang lain sudah bukan menjadi hal tabu mengingat literasi finansial masyarakat yang lebih melek. Nah, apabila Anda masih merasa kebingungan mengelola penghasilan, berkonsultasilah dengan pakar finansial untuk menemukan solusi terbaiknya. Seorang financial planner tentu memiliki pengetahuan lebih banyak ihwal keuangan, baik dalam skala individu, keluarga, sampai organisasi atau perusahaan. Financial planner akan menunjukkan risiko-risiko dari alternatif pilihan serta probabilitas keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Berita menariknya, selain bisa bertemu secara tatap muka dengan financial planner, kini Anda juga bisa berkonsultasi secara virtual, loh. Silakan cari perusahaan financial planner melalui bantuan internet dan pilihlah pakar yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan sekaligus budget Anda.

Itulah ketujuh cara mengatur keuangan pribadi beserta manfaatnya yang bisa Anda terapkan agar kondisi finansial lebih sehat. Sangat disayangkan bukan jika manfaat-manfaat di atas terlewat begitu saja sementara Anda tahu bahwa mengelola finansial itu amat penting dilakukan? Oleh karena itu, segera kendalikan keuangan Anda agar hidup jadi semakin baik. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar