Pengertian Wirausahawan: Karakteristik, Tokoh, & Tips Sukses

Pembahasan tentang bisnis atau usaha selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Pasalnya, memiliki kemandirian finansial jangka panjang sangat penting untuk diusahakan sedini mungkin.

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan adalah hal yang menantang dan penuh risiko. Dalam perjalanannya terdapat banyak ketidakpastian.

Namun semua itu bisa diantisipasi dan perlu Anda awali dengan perhitungan yang matang. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki keberanian dan keyakinan yang tinggi untuk memulai proses perjalanan bisnis atau usaha Anda.

Berikut beberapa pembahasan seputar wirausahawan, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan, serta tips menjadi wirausahawan yang sukses. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak ulasan dalam artikel ini sampai tuntas ya.

Pengertian Wirausaha dan Wirausahawan menurut Para Ahli

Entrepreneur atau wirausahawan adalah seseorang yang membangun dan memiliki usahanya sendiri. Bukan sekedar berdagang atau menjual produk kepada konsumen.

Namun, seorang wirausahawan harus mampu menciptakan kegiatan usahanya sendiri serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Beberapa ahli menyatakan pengertian tentang wirausahawan adalah sebagai berikut:

  • Raymond “Wirausahawan adalah seseorang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkan kreatifitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan lingkungan.”
  • Kasmir “Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk mengambil risiko dengan membuka usaha di berbagai kesempatan yang ada.”
  • Geoffrey G. Meredith “Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melihat dan menilai sebuah peluang dalam dunia bisnis, dan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapat keuntungan.”
  • Stein dan John F. Burgess “Wirausahawan adalah seseorang yang berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang usaha baru serta mengelola dan mengorganisasikannya.”
  • B Say ” Wirausahawan adalah seseorang yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien, serta mampu meningkatkan produktivitas pekerjaannya yang semula rendah menjadi tinggi.”

Secara umum, entrepreneur atau wirausahawan adalah seseorang yang melakukan aktivitas usaha, mulai dari menciptakan ide atau gagasan baru dalam sebuah produk, menentukan cara produksi, menyusun manajemen operasional, hingga turut dalam memasarkan serta mengatur modal untuk operasional.

Tokoh Wirausahawan Sukses di Indonesia

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim lahir di Jakarta pada 4 Juli 1984. Beliau adalah anak bungsu dari 3 bersaudara dan tidak manja. Ini bisa dibuktikan sejak lulus SD dan SMP di Jakarta.

Nadiem melanjutkan pendidikan SMA di Singapura, S1 di Brown University Amerika Serikat, dan S2 di Harvard Business School.

Pasca lulus dari Harvard, beliau memilih untuk kembali ke Indonesia. Berbekal ijazah yang dimiliki, beliau mulai meniti karir di sebuah perusahaan.

  • Menjadi Management Consultant di McKinsey & Company selama 3 tahun.
  • Bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia.
  • Menjadi Chief Innovation Officer Kartuku.

Karena selama bekerja beliau sering menjumpai kemacetan di Jakarta, naluri entrepreneurshipnya mulai muncul. Walau bukan keturunan pebisnis, beliau mengaku angkat kaki dari perusahaan sebelumnya dan ingin mengontrol dirinya sendiri.

Beliau mulai merintis perusahaan milik sendiri dengan nama Gojek pada 2011. Kecerdasan beliau dalam memanfaatkan teknologi berbuah manis.

Kini, GO-JEK tidak hanya sebagai transportasi online penumpang, tetapi juga menjadi jasa antar makanan (Go-Food), barang (Go-Send), message, alat kesehatan, dan kebersihan (Go-Clean).

Ferry Unardi

Ferry Unardi lahir di Padang, Sumatera Barat pada 16 Januari 1988. Meskipun terlahir dari keluarga sederhana, beliau memiliki mimpi besar dan berhasil mewujudkannya.

Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tepatnya di Purdue University Amerika Serikat.

Baca juga:  4 Contoh Proposal Kegiatan di Lingkungan Masyarakat Word

Lulus kuliah pada 2008 dan mulai meniti karir sebagai Software Engineer di Microsoft,  Seattle, Amerika Serikat dan bekerja selama 3 tahun. Tidak lama kemudian, beliau memilih melanjutkan pendidikan program master di Harvard University.

Karena pernah merasa kesulitan dalam reservasi pesawat dari Amerika ke Padang, muncul lah sebuah ide bisnis di bidang reservasi tiket.

Beliau tidak melanjutkan pendidikan masternya dan  memilih mengembangkan bisnisnya yang bernama Traveloka bersama dua rekannya. 

Sejak 2012 Traveloka berdiri, bisnisnya semakin mengalami peningkatan yang begitu dahsyat. Kini, buah manis perjuangan beliau sudah mencapai start up level Unicorn.

Tidak hanya menyediakan penjualan tiket pesawat, tetapi juga menyediakan reservasi hotel dan tiket kereta api.

William Tanuwijaya

William Tanuwijaya lahir di Pematang Siantar pada 11 November 1981. Beliau menempuh pendidikan SD hingga SMA di kampung halamannya. Sementara, baru meninggalkan kampung halamannya saat kuliah di Jakarta, tepatnya di Universitas Bina Nusantara.

Beliau kuliah sambil bekerja, yaitu menjaga warnet mulai dari jam 9 malam hingga 9 pagi setiap harinya. Meskipun sibuk, beliau akhirnya lulus sebagai Sarjana Teknik Informasi pada 2003 dan berhasil meniti karir terbaik.

  • Game Developer di PT Boleh Net Indonesia pada Juni 2003 hingga September 2003 (4 bulan).
  • Software Developer di PT Signet Pratama pada September 2003 hingga Mei 2004 (9 bulan).
  • Software Developer di PT Sqiva Sistem pada Mei 2004 hingga Maret 2005 (11 bulan).
  • IT and Business Development Manager di PT Indocom Mediatama pada Oktober 2006 hingga Desember 2008 (2 tahun 3 bulan).
  • Co-Founder di CEO PT Tokopedia sejak Januari 2009 hingga sekarang.

Walaupun bukan keturunan dari keluarga pebisnis, tetapi beliau memiliki tekad kuat untuk membangun bisnis dengan konsep mall online bernama Tokopedia.

Berkat tekad kuat dan semangatnya, kini Tokopedia sudah berhasil menjadi salah satu Unicorn di Indonesia.

Reza Nurhilman

Reza Nurhilman lahir di Bandung pada 29 September 1987. Beliau adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Menyandang status broken home dan diasuh oleh orang tua angkat menjadikan beliau sempat terjerumus ke hal-hal negatif saat masih muda.

Lulus dari jenjang SMA N 2 Bandung, beliau memilih untuk merintis usaha dengan modal yang selama ini beliau kumpulkan. Kurang lebih 4 tahun berwirausaha, beliau memilih melanjutkan pendidikan tinggi.

Namun, saat semester-semester awal perkuliahan yakni pada 2010, beliau kembali mencoba berwirausaha dengan menjual keripik singkong pedas yang diberi nama Maicih dengan level pedes yang berbeda.

Ide ini muncul saat beliau mencicipi lada pedas buatan seorang nenek. Beliau tertarik dengan rasa camilan tersebut.

Akhirnya, dengan modal 15 juta rupiah beliau serius menggarap bisnis Maicih. Bisa dibilang, sekarang beliau sudah menjadi pengusaha muda sukses dengan omset puluhan milyar rupiah.  

Shandy Purnamasari

Shandy Purnamasari lahir pada 10 Oktober 1991. Beliau dan suami sering disebut sebagai pasangan crazy rich Malang.

Sebelum merintis bisnis, beliau telah menyelesaikan pendidikan di jurusan ekonomi sebuah perguruan tinggi. Baru pada 2018, beliau mengawali debutnya dengan mendirikan beberapa perusahaan, seperti MS Glow Beauty, PT Kosmetika Global Indonesia, dan MSGlow Aesthetic Clinic.

Beliau merintis usahanya dari nol dan terjun langsung di setiap usahanya. Awal memasarkan usahanya, beliau memanfaatkan media sosial.

Berkat kegigihannya, kini MS Glow telah ada sekitar 40 item produk dengan penjualan bisa mencapai 1 juta pcs per bulan. Sementara, MS Glow Aesthetic Clinic yang ada di Malang merupakan usaha pribadinya dan bukan waralaba.

Anton Kurniawan

Anton Kurniawan, Pemilik Mie Gacoan, adalah Pendiri dan CEO dari PT Pesta Pora Abadi, perusahaan yang mengelola gerai Mie Gacoan.

Baca juga:  7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Boros

Perannya dalam kesuksesan merek ini tak terbantahkan, tidak hanya sebagai pemilik tetapi juga sebagai pemimpin yang membawa inovasi dalam branding dan pemasaran bisnisnya.

Meskipun informasi tentang Anton terbatas, kontribusinya dalam membentuk kesuksesan Mie Gacoan sangat signifikan.

Awalnya, ada sebutan bahwa Harris Kristanto adalah pemiliknya, namun sekarang jelas bahwa Anton Kurniawan adalah tokoh kunci di balik kesuksesan restoran ini.

Sejak didirikan pada 2016, Mie Gacoan telah berkembang menjadi merek terkemuka di Indonesia, terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

Dengan konsep bersantap modern dan harga terjangkau, Mie Gacoan mampu menarik puluhan ribu pelanggan setiap bulan di setiap gerainya.

Dngan inovasi, komitmen terhadap kualitas, dan kepemimpinan kuat dari Anton Kurniawan, Mie Gacoan tetap menjadi pilihan utama bagi pecinta mie pedas di Indonesia.

Karakteristik Wirausahawan

Seseorang yang memiliki bakat atau jiwa entrepreneur dapat dilihat dari berbagai sikap dan perilakunya. Umumnya, ciri-ciri yang terlihat sebagai berikut:

Selalu berpikir positif

Mindset atau pola pikir sangat berpengaruh terhadap setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang. Umumnya, pola pikir positif dapat meningkatkan rasa optimis dalam melangkah dan berkembang maju.

Oleh karena itu, seorang entrepreneur sangat penting membangun pola pikir positif agar tidak selalu dihantui oleh rasa takut akan kegagalan sebelum mencoba menjalankan usahanya.

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Rasa percaya diri bagi seorang wirausahawan adalah salah satu modal yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan.

Pasalnya, dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat meningkatkan keyakinan seseorang terhadap usaha yang dijalankan. Sehingga, Anda mampu menikmati pekerjaan dengan tenang tanpa merasa ada paksaan dari siapapun.

Berani mengambil risiko

Dalam setiap proses perjalanan usaha, pasti terdapat ketidakpastian dan risiko yang menghadang. Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus berani dan mampu menghadapi setiap risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Disamping itu, kehati-hatian dalam mengambil keputusan juga sangat penting untuk diperhatikan, karena semakin tinggi risiko maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan (high risk high return).

Memiliki jiwa pemimpin

Tentu, seorang wirausahawan adalah orang yang bisa menjadi pemimpin untuk usahanya sendiri. Namun, ketika usahanya berkembang maka akan menjadi pemimpin bagi karyawan-karyawannya.

Oleh karena itu, wirausahawan harus memiliki sikap terpuji seperti adil, bertanggung jawab, cerdas, tidak mudah mengeluh, tidak mudah puas, serta terus belajar untuk meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

Memiliki orientasi ke depan dan orientasi pada hasil

      Bisnis adalah pekerjaan yang memiliki orientasi masa depan. Oleh karena itu, perencanaan yang baik dan matang harus selalu diperhatikan.

      Namun, dalam perjalanannya tidaklah mudah dan terkadang membutuhkan waktu panjang untuk meraih kesuksesan.

      Di situlah wirausahawan harus mampu menghadapi setiap tantangan dan tidak mudah menyerah karena selalu berorientasi pada hasil yang diharapkan di masa depan.

      Kelebihan dan Kekurangan Wirausahawan

      Setiap profesi yang dijalani tentu memiliki tantangannya masing-masing, baik positif maupun negatif. Berikut kelebihan dan kekurangan menjadi seorang wirausahawan, yaitu:

      Kelebihan Menjadi Wirausahawan:

      • Mampu menggali dan mengembangkan potensi diri
      • Mampu mengembangkan ide dan kreativitas diri melalui usaha yang dijalani
      • Mampu berkontribusi kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja baru
      • Memiliki peluang penghasilan yang lebih tinggi dari keuntungan usaha
      • Memiliki waktu yang lebih fleksibel

      Kekurangan Menjadi Wirausahawan:

        • Adanya ketidakpastian bahwa usaha akan terus berjalan lancar
        • Memiliki risiko kegagalan yang tinggi
        • Tanggung jawab yang dipikul lebih besar
        • Memiliki tingkat stress yang sangat tinggi
        • Tidak ada jaminan kehidupan yang stabil sebelum mencapai keberhasilan
        Baca juga:  17 Prospek Kerja Agroteknologi dan Perkiraan Gajinya

        Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa

        Tips Menjadi Wirausahawan

        Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Selengkapnya:

        1. Memiliki mindset atau pola pikir sukses

        Dalam hal ini, Anda perlu memiliki role model dan belajar pola pikir sukses dari pengusaha-pengusaha sukses sebelumnya.

        Anda dapat belajar mengenai bagaimana cara menemukan terobosan baru dalam bisnis serta cara menyikapi permasalahan.

        2. Modal bukan sebuah hambatan

        Sering kali orang berpikir bahwa membangun usaha atau bisnis membutuhkan modal besar. Namun, kenyataannya terdapat usaha yang dapat dibangun dengan modal kecil dan sukses.

        Oleh karena itu, Anda perlu menanamkan dalam diri bahwa modal bukanlah penghambat dalam bisnis, kemudian bertekad kuat untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan.

        3. Kerja keras dan disiplin tinggi

        Meskipun memiliki waktu fleksibel, seorang wirausahawan harus selalu memberikan kinerja terbaiknya dalam membangun usaha. Karena untuk menghadapi setiap tantangan yang ada dalam bisnis diperlukan kerja keras dan disiplin tinggi.

        4. Selalu belajar dan tidak pernah puas

        Seorang entrepreneur harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas untuk membesarkan usahanya dan mampu bersaing dengan pengusaha lainnya.

        Oleh karena itu, Anda harus selalu belajar dari buku, orang-orang sukses terdahulu maupun dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

        Anda juga tidak boleh merasa mudah puas terhadap pencapaian yang dimiliki agar mampu menciptakan terobosan baru yang lebih baik dan bermanfaat luas.

        5. Memiliki keterampilan

        Beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan yaitu keterampilan teknik, manajemen, dan kewirausahaan.

        Keterampilan teknik meliputi menulis, mendengarkan, presentasi dan kolaborasi. Sedangkan keterampilan manajemen dan kewirausahaan meliputi mengembangkan dan mengelola usaha, manajemen bisnis, membuat keputusan, mengambil risiko, disiplin, dan berorientasi menuju perubahan.

        6. Memilih kategori bisnis

        Sebelum membangun bisnis, seorang wirausahawan harus menentukan kategori bisnis yang ingin ditekuni.

        Di antaranya yaitu sebagai penemu, innovator, pemasaran, atau oportunis (mengubah kebutuhan dan layanan yang harus dipertahankan).

        7. Mengenali potensi diri

        Seluruh karakter dalam diri manusia berpeluang menjadi potensi untuk membangun usaha. Di antaranya yaitu fokus terhadap tujuan jangka panjang, memiliki manfaat untuk orang lain, kreatif dalam menciptakan produk, mampu mengatasi ego pribadi, membangun tim kerja yang solid, dan berhubungan sosial yang baik kepada masyarakat.

        8. Memiliki perencanaan yang matang

        Menetapkan perencanaan adalah langkah awal untuk dilakukan oleh seorang wirausahawan. Hal tersebut meliputi pengelolaan bahan baku, sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, hingga analisis pasar dan konsumen.

        9. Cepat dan tanggap mengambil peluang

        Untuk menghindari persaingan pasar, seorang entrepreneur harus mampu mengambil peluang bisnis dengan cepat.

        Oleh karena itu, Anda harus memiliki kemampuan analisa pasar yang baik. Kesempatan atau peluang yang ada harus segera dieksekusi baik itu ide, momentum, maupun target pasar yang tepat dengan pertimbangan dan langkah yang tepat pula.

        Nah, itu dia informasi seputar wirausahawan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Bisa dibilang, wirausahawan adalah orang yang mampu menopang perekonomian.

        Saat ini, pemerintah turut serta mendorong pertumbuhan UMKM dan membantu banyak wirausahawan untuk mengembangkan usahanya. Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis atau usaha, lakukan sekarang dan jangan menunda lagi ya. Semoga bermanfaat dan selamat me

        Bagikan:

        Tinggalkan komentar