Cara Bayar Pakai QRIS BRI lewat Aplikasi BRImo

Transaksi pembayaran non tunai semakin mudah dilakukan. Bisa menggunakan dompet digital atau bahkan sistem pembayaran QRIS. Seperti halnya yang dilakukan oleh para nasabah BRI yang menggunakan QRIS BRImo.

Namun, sebagai nasabah baru, tentu Anda penasaran bagaimana cara bayar pakai QRIS BRI? Apakah harus memiliki aplikasi BRImo terlebih dahulu?

Ya benar. Anda harus memiliki aplikasi QRIS dan BRImo. Jika sudah memiliki QRIS, tapi belum memiliki BRImo, Anda bisa datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan registrasi BRImo. Selanjutnya Anda bisa menyimak artikel ini untuk mendapatkan ulasan lengkap terkait cara bayar pakai QRIS BRI.

Cara Bayar Pakai QRIS BRI

Bagi Anda pengguna baru yang belum familiar dengan fitur QRIS BRI, tidak perlu risau. Sebab, cara bayar pakai QRIS BRI cukup mudah untuk Anda ikuti langkah-langkahnya. Berikut detailnya:

Total Waktu: 1 menit

  1. Buka Aplikasi BRImo

    Cara Bayar Pakai QRIS BRImo

    Bukalah aplikasi BRImo yang ada di HP Anda. Akan muncul tampilan “Fast Menu”. Jika sudah muncul menu QRIS silahkan langsung pilih, namun jika belum muncul lanjut ke langkah 2.

  2. Klik Menu QRIS

    Cara Bayar Pakai QRIS BRImo

    Pada bagian menu “QRIS” silahkan Anda klik. Jika sebaliknya dalam tampilan tersebut belum ada menu QRIS, Anda bisa login terlebih dahulu ke akun BRImo Anda dengan cara memasukkan Username dan Password.

  3. Pilih Menu QRIS

    cara bayar pakai QRIS BRI

    Anda akan dibawa ke halaman utama, kemudian pilih menu ikon QRIS di bagian tengah bawah layar.

  4. Scan Code QR

    cara bayar pakai QRIS BRI

    Langsung saja scan code yang ingin Anda bayar menggunakan QRIS BRI. Arahkan HP Anda ke bagian QRIS agar bisa terscan dengan tepat.

  5. Pastikan Nama dan Nominal Sesuai

    Cara Bayar Pakai QRIS BRImo

    Jika QRISnya sudah terbaca, maka akan muncul tampilan yang berisi penerima QRIS hingga nominal yang harus dibayar. Pastikan nama penerima yang tertera sudah sesuai. Jika sudah benar, masukkan nominal pembayarannya. Lanjut, klik “OK”.

  6. Transaksi Berhasil

    transaksi berhasil brimo

    Tunggu beberapa saat. Jika proses pembayaran melalui cara bayar pakai QRIS BRI di atas berhasil, maka akan muncul halaman bahwa “Transaksi Berhasil”. Saldo akan otomatis masuk ke rekening penerima. Silahkan tunjukkan bukti transaksi tersebut kepada merchant atau toko terkait.  

Baca juga: Kode Referral BRI

Baca juga:  Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Keuntungan Menggunakan QRIS BRImo

Sebagai bank terbesar di Indonesia, BRI selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi BRImo yang didalamnya ada sistem pembayaran berbasis QRIS. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan layanan ini.

1. Efektivitas Transaksi

Proses transaksi akan berjalan dengan efektif. Lebih cepat, bahkan higienis, karena Anda tidak harus bersentuhan tangan secara langsung untuk melakukan pembayaran ke merchant. Terlebih jika nominal yang harus dibayarkan memuat pecahan yang jika menggunakan uang tunai akan sulit mendapatkan kembalian.

2. Sistem Pembayaran Universal

QRIS BRImo memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan berbagai macam pembayaran non tunai. Selama memang pihak terkait juga menyediakannya. Misalnya di minimarket, toko kelontong, restoran, dan lainnya. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu repot mencari ATM atau mengeluarkan uang tunai untuk bertransaksi dengan merchant terkait.

3. Cara Penggunaan Mudah

Transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Ada dua pilihan layanan QRIS BRImo yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Pertama Merchant Presented Mode, yaitu penyelesaian pembayaran dengan memindai kode QR milik penjual.

Kedua Customer Presented Mode, yaitu penyelesaian pembayaran dengan memperlihatkan kode QR kepada penjual, kemudian penjual yang akan memindai untuk menyelesaikan transaksi.

4. Mencegah Penipuan

QRIS menggunakan teknologi enkripsi canggih yang bisa melindungi keamanan transaksi. Ada juga fitur validasi yang akan meminta pegguna memasukkan kode verifikasi sebelum melakukan proses transaksi.

Baca juga: Tabel Pinjaman BRI 2023 Non KUR

Kelemahan QRIS BRImo

Di samping kelebihan, QRIS BRImo juga ada kelemahan. QRIS BRImo bukanlah sistem pembayaran yang sempurna. Diantara kelemahannya, pertama, nominal pembayaran yang terbatas. Anda hanya bisa kirim atau bayar menggunakan QRIS BRI maksimal 2 juta. Jika melebihi angka tersebut, transaksi sudah tidak bisa dilakukan.

Baca juga:  6 Bank yang Melayani Kredit Sertifikasi Guru Hingga 100 Juta

Kedua, ada biaya transaksi yang harus dibayar. Biaya tersebut adalah MDR atau merchant discount rate. Setiap transaksi melalui QRIS untuk usaha, pihak merchant dibebankan biaya MDR sebesar 0,7% dari nilai transaksi.

Lalu, QRIS BRI Akan Masuk Kemana?

Masih banyak yang penasaran, setelah transaksi menggunakan QRIS BRI, uang akan masuk kemana? Uang akan masuk ke rekening tujuan. Namun, transaksi QRIS BRI tidak real time seperti kebanyakan penyedia layanan QRIS lain. QRIS BRI membutuhkan waktu paling cepat 1x 24 jam setelah proses settlement dilakukan di hari dan jam kerja.

Sebagai konsumen, bahkan sebagai merchant, inginkah Anda bergabung menjadi 1 diantara 15,7 juta bisnis lainnya yang menggunakan sistem pembayaran QRIS? QRIS BRI bisa menjadi salah satu solusi. Cara bayar pakai QRIS BRI yang praktis bisa memudahkan proses transaksi Anda berjalan dengan lancar. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan pengenaan biaya dan batasan nominal transaksinya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar