2 Cara Mengatasi Brimo Terblokir Tanpa Perlu ke Bank

Apakah Anda nasabah BRI yang menggunakan aplikasi BRImo? Apakah Anda pernah mengalami permasalahan akun BRImo terblokir? BRImo memiliki sistem keamanan yang sangat ketat sehingga bisa menjadikan akun BRImo mudah terblokir.

Jika Anda mengalami BRImo terblokir, Anda tidak perlu panik. Sebab, ada cara membuka blokir BRImo yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Bagaimana cara mengembalikan akun BRImo yang terblokir? Jika BRImo terblokir apakah harus ke bank? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara membuka akun BRImo yang terblokir. Selamat menyimak!

Penyebab Akun BRImo Terblokir

BRImo Terblokir

Sebelum membahas mengenai cara membuka BRImo yang terblokir, Anda perlu mengetahui penyebab BRImo terblokir terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab akun BRImo terblokir.

1. Informasi Data Pribadi yang Salah

Awal pendaftaran akun BRImo mengharuskan Anda mengisi informasi pribadi. Jika Anda memasukkan informasi pribadi yang salah, tidak akurat, atau bahkan palsu, seperti nomor KTP, nomor ponsel, atau alamat email, bisa menjadi salah satu penyebab akun BRImo terblokir.

Namun hal ini jarang terjadi. Jika di awal Anda sudah memasukkan nomor HP atau alamat email yang tidak valid, besar kemungkinan akun BRImo tidak pernah berhasil aktif.

Kenapa? Sebab, seperti proses pendaftaran aplikasi lain, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi alamat email atau nomor ponsel dengan memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim oleh BRImo.   

2. Percobaan Login Gagal

Apakah Anda pernah lupa username atau password akun BRImo? Pernahkah mencoba login BRImo menggunakan username dan/atau password yang salah berkali-kali? Nah, hal ini bisa menjadi penyebab akun BRImo terblokir.

Baca juga:  Pengertian Wirausahawan: Karakteristik, Tokoh, & Tips Sukses

Dengan sistem keamanan yang tinggi, BRImo akan menonaktifkan atau memblokir akun Anda dengan tujuan menghindari percobaan pembobolan.

Biasanya Anda memiliki kesempatan sebanyak tiga kali berturut-turut saat salah memasukkan username dan/atau password. Lebih dari itu, akun BRImo akan terblokir.

3. Terindikasi Aktivitas Mencurigakan

Berulang kali memasukkan username dan/atau password yang salah dianggap sebagai aktivitas yang mencurigakan. Tidak hanya itu, memasukkan kode OTP atau kode aktivasi yang salah juga dianggap sebagai bentuk aktivitas yang mencurigakan.

BRI akan langsung memblokir akun Anda sebagai bentuk pencegahan akses yang tidak sah atau penyalahgunaan akun oleh pihak lain.

4. Melanggar Ketentuan Penggunaan

Salah satu penyebab BRImo terblokir adalah karena Anda melanggar ketentuan penggunaan. Contohnya, melakukan transaksi yang melanggar hukum atau menggunakan aplikasi dengan cara ilegal.

Pemblokiran akun BRImo merupakan salah satu bentuk tindakan keamanan dan bentuk BRI untuk menjaga integritas sistem yang disalahgunakan oleh pengguna.

5. Adanya Laporan dari Pengguna Lain

Nasabah BRI yang menggunakan aplikasi BRImo bisa melaporkan atau mengadukan keluhan pada akun BRImo orang lain. Semisal, akun Anda dilaporkan sebagai akun dengan indikasi penipuan. Hal ini bisa menjadi penyebab akun BRImo terblokir.

Sebelum memblokir akun BRImo, biasanya BRI akan melakukan investigasi terkait laporan tersebut. BRI akan mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu sebelum memblokir akun Anda.

Itulah beberapa penyebab akun BRImo terblokir. Penyebab yang sering terjadi adalah lupa username dan password, lalu memaksa memasukkannya meski sudah salah berkali-kali.

Baca juga: Cara Login BRImo Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif

Cara Mengatasi Akun BRImo Terblokir

Apa yang harus dilakukan jika BRImo terblokir? Bagaimana cara mengatasi BRImo yang terblokir? Lupa username dan password menjadi penyebab BRImo terblokir yang sering terjadi. BRImo menyediakan dua solusi mudah untuk mengatasi hal itu.

Baca juga:  MyBCA Paylater Tidak Muncul? ini Penyebab & Cara Mengatasi
brimo terblokir

Yang pertama, ada cara mengatasi Username BRImo terblokir bagi Anda yang lupa username. Yang kedua adalah cara reset password BRImo yang terblokir. Kedua hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke bank.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum membahas cara mengatasi akun BRImo terblokir, berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar proses perbaikan BRImo terblokir berjalan dengan lancar.

  • Jika password lupa atau terblokir: username dan tanggal lahir
  • Jika username lupa atau terblokir: nomor KTP, nomor rekening, dan nama ibu kandung
  • Berlaku untuk keduanya: nomor HP yang memiliki pulsa dan alamat email yang Anda gunakan saat mendaftar BRImo (pastikan kedua hal ini masih dalam keadaan aktif)

Setelah semua telah disiapkan, Anda bisa langsung mengikuti berikut ini cara membuka blokir BRImo tanpa ke bank berikut ini.

Cara Mengatasi Username BRImo Terblokir

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Klik tombol Login
  3. Pilih fitur “Lupa Username/Password” yang ada di bagian paling bawah aplikasi
  4. Pilih fitur “Lupa Username”, lalu klik “Lanjutkan”
  5. Masukkan Data Akun yang terdiri dari nomor KTP, nama ibu kandung, dan nomor rekening (pastikan data ini sama dengan data yang telah terdaftar di BRImo)
  6. Tekan tombol “Lanjutkan”
  7. Konfirmasi detail informasi data akun (nomor KTP, nama ibu kandung, nomor rekening, email, dan nomor HP) yang tertera merupakan data yang terdaftar di BRImo dan sesuai, lalu tekan “Lanjutkan”
  8. Kemudian verifikasi nomor HP dengan memasukkan 4 digit terakhir nomor HP. BRImo akan mengirim SMS pada nomor Anda. Jangan lupa pastikan nomor HP Anda memiliki pulsa
  9. Masuk ke link yang dikirim oleh BRI-OTP melalui SMS ke nomor HP Anda
  10. Setelah berhasil masuk ke link tersebut, klik tombol “Lihat Username”
  11. Kemudian silahkan klik tombol “Login BRImo” pada pop up “Selamat! Verifikasi Data Lupa Username Berhasil”
  12. Anda akan dibawa masuk ke email yang dikirim oleh BRI. Email tersebut berisi informasi mengenai username Anda
Baca juga:  Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon Hingga 500 Juta

Cara Mengatasi Password BRImo Terblokir

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Klik tombol Login
  3. Pilih fitur “Lupa Username/Password” yang ada di bagian paling bawah aplikasi
  4. Pilih fitur “Lupa Password”, lalu klik “Lanjutkan”
  5. Masukkan data akun berupa username dan tanggal lahir Anda yang telah terdaftar di BRImo
  6. Konfirmasi detail informasi data akun (username, email, nomor HP, dan tanggal lahir) yang tertera merupakan data yang telah terdaftar di BRImo dan sesuai, lalu tekan “Lanjutkan”
  7. Kemudian verifikasi nomor HP dengan memasukkan 4 digit terakhir nomor HP. BRImo akan mengirim SMS pada nomor Anda. Jangan lupa pastikan nomor HP Anda memiliki pulsa
  8. Masuk ke link buat password baru yang dikirim oleh BRI-OTP melalui SMS ke nomor HP And
  9. Setelah berhasil masuk ke link tersebut, klik tombol “Buat Password Baru”
  10. Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim ke alamat email Anda
  11. Selanjutnya buat password baru. Pastikan Anda membuat password sesuai dengan aturan yang telah tersedia
  12. Kemudian klik “Lanjutkan” dan tidak berselang lama, password baru berhasil dibuat

Itulah cara mengatasi akun BRImo terblokir tanpa harus ke bank. Cukup mudah, bukan? Jika ada data yang tidak sesuai, Anda bisa langsung melakukan pengkinian data di kantor BRI terdekat. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar