3 Cara Cek Nomor Referensi BRI dengan Mudah

BRI merupakan bank yang banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ketika nasabah BRI diminta untuk melakukan transfer, ternyata ada nomor referensi yang bisa dicek. Sayangnya, banyak nasabah yang tidak tahu bagaimana cara cek nomor referensi BRI.

Nomor referensi sendiri padahal hal yang cukup penting untuk diketahui oleh nasabah BRI ketika melakukan transaksi keuangan, termasuk juga saat hendak melakukan transfer. Bagi yang tidak tahu cara untuk mengecek nomor referensi BRI, tenang saja! Panduan ini akan membantu para nasabah.

Apa Itu Nomor Referensi Nasabah di BRI?

Sebelum mengetahui bagaimana caranya untuk mengecek nomor referensi BRI, mungkin nasabah perlu tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan nomor referensi itu sendiri.

Jadi, nomor referensi BRI merupakan kode unik yang terdiri dari berbagai macam angka-angka dan dijadikan sebagai tanda bukti bahwasannya nasabah BRI sudah berhasil melakukan transaksi.

Pada umumnya, nasabah BRI bisa mengetahui nomor referensi ketika hendak melakukan transfer menggunakan aplikasi mobile banking BRImo, mesin ATM, atau bisa juga Internet Banking.

Nah, karena nomor referensi BRI sifatnya masih opsional, maka kebanyakan nasabah tidak membutuhkannya ketika hendak melakukan transaksi apapun. Namun sebenarnya nomor referensi BRi sendiri fungsinya lumayan penting.

Apa Fungsi Nomor Referensi BRI?

Setelah mengetahui apa arti dari nomor referensi BRI, maka nasabah bisa mengetahui apa fungsi dari nomor tersebut agar tidak mengabaikannya. Memang, faktanya masih banyak nasabah yang mengabaikan nomor referensi.

Baca juga:  Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon Hingga 500 Juta

 Jadi, berikut adalah fungsi dari adanya nomor referensi BRI yang mungkin setiap bukti transaksi nantinya bisa disimpan dengan baik nomornya :

1. Bukti Melakukan Transaksi

Nomor referensi penting sebagai bukti bahwa nasabah sudah selesaikan transaksi, baik transfer ke sesame BRI maupun rekening lain

2. Berfungsi untuk Menjadi Proteksi Tambahan

Fungsi selanjutnya adalah untuk proteksi tambahan. Misalnya ketika nasabah sudah melakukan transaksi, tapi ternyata tidak sengaja menghilangkan resi yang diberikan ATM atau mobile banking, maka nasabah bisa minta kepada pihak bank untuk lacak transaksi.

3. Mengecek Detail Transaksi

Dengan adanya nomor referensi BRI, ternyata nasabah bisa untuk meminta mengecek tentang detail transaksi yang sudah nasabah lakukan sebelum-sebelumnya.

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Sudah tahu apa itu nomor referensi BRI dan apa saja fungsinya bukan? Lalu bagaimanakah cara untuk mengecek nomor referensi BRI itu sendiri?

Pada dasarnya, untuk mengecek nomor referensi BRI sendiri hanya bisa nasabah lakukan jika sudah menyelesaikan transaksi. Cara cek no referensi BRI sendiri terbilang mudah sekali, berikut panduannya:

1. Cek bukti transfer kertas atau mutasi

Carilah bukti transfer yang dimiliki, baik itu berupa resi yang dikeluarkan ATM ataupun mutasi di BRImo dan I-Banking.

2. Periksa bagian atas bukti transfer

Lihatlah di bagian atas bukti resi, biasanya ada tulisan ‘Nomor Referensi’.

3. Letak nomor refrensi BRI

Nomor referensi BRI sendiri hanya terdiri dari 3 angka unik saja. Misalnya 220 dan diikuti dengan digit lainnya/.

Setiap bank pada dasarnya punya kode referensi yang berbeda-beda. Misalkan bukti transfer yang nasabah miliki ternyata hilang, maka bisa datang ke  kantor cabang BRI yang dirasa paling dekat.

Nantinya petugas BRI akan mengecek nomor referensi dari transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Kalau mau datang ke kantor cabang BRI, maka pastikan untuk membawa buku tabungan, ya!

Baca juga:  Kode Referral BRImo 8 Digit dan Cara Mendapatkannya

Hal ini penting sebab pihak customer service BRI sendiri akan mengecek mutasi berdasarkan pada buku tabungan yang nasabah bawa.

Baca juga: Syarat Pinjam Uang di Bank BRI

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BRI

Nomor refrensi hanya terdapat pada bukti transaksi yang dilakukan di aplikasi BRIMO. Transaksi menggunakan ATM tidak memiliki nomor refrensi.

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Nomor Referensi BRI ke BRI

Setelah tahu bagaimana cara cek nomor referensi BRI, mungkin nasabah bingung, apakah nomor tersebut sama dengan kode transfer? Ternyata, nomor referensi dan kode transfer BRI adalah dua hal yang berbeda.

Kode transfer sendiri digunakan untuk nasabah yang ingin melakukan transfer antar bank ataupun lain bank. Kode ini tidak hanya dibutuhkan ketika hendak mentransfer dengan menggunakan mesin ATM saja, namun juga ketika menggunakan BriMo atau i-banking.

Ketika ingin transfer, maka nasabah harus tahu kode transfernya supaya transaksi bisa dilakukan. Barulah nantinya setelah selesai melakukan transaksi transfer, nasabah akan mendapatkan bukti transaksi lengkap dengan nomor referensi.

Untuk kode transfer BRI sendiri hampir sama dengan nomor referensi yakni terdiri dari 3 digit dan 002. Kode numerik ini bisa nasabah gunakan sebagai tanda identifikasi jika proses transaksi pengiriman uang sudah selesai. Bingung bagaimana cara untuk transfer uang ke sesama BRI?

Jika sudah selesai melakukan transfer, maka ATM akan mengeluarkan bukti transaksi. Nasabah bisa mengecek di bagian atas resi karena biasanya akan muncul pula nomor referensi BRI. Simpan baik-baik bukti transaksi dengan nomor referensi BRI tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Tabel KUR BRI

Cara Cek No Rekening BRI Atas Nama Siapa?

Nomor referensi ternyata bisa didapatkan seorang nasabah ketika selesai melakukan transfer. Jika nasabah tidak melakukan transfer, maka otomatis nomor referensi juga tidak akan muncul. Namun sebaiknya sebelum melakukan transfer, nasabah peril mengetahui kredibiliats dari si pemilik rekening.

Baca juga:  Cara Penyelesaian Kredit Macet KUR BRI

Nasabah bisa untuk mengecek nomor rekening BRI itu atas nama siapa agar tidak tertipu. Saat ini sudah banyak  website resmi yang bisa digunakan untuk melacak kredibilitas nomor rekening.

Bagi yang penasaran cara untuk mengecek rekening BRI atas nama siapa sebelum melakukan transaksi agar terhindar dari penipuan, berikut panduannya:

  • Kunjungilah halaman kredibel.co.id
  • Selanjutnya nasabah bisa tuliskan detail nomor rekening yang hendak dilacak di kolom dengan nama ‘Pencarian’.
  • Jika sudah ditulis, maka bisa klik saja tombol ‘Pencarian’.
  • Halaman kemudian akan menampilkan informasi mengenai detail dari pemilik rekeninn tersebut.

Mengecek nomor rekening yang bersangkutan sangat penting supaya tidak salah melakukan transaksi atau ditipu. Jika nasabah mengalami nasib tersebut, maka simpan baik-baik bukti transaksi lengkap dengan nomor referensi.

Kamu juga bisa menghubungi call center BRI jika terjadi aktivitas yang mencurigakan pada rekening BRI kamu.

Nomor referensi BRI menjadi bukti penting yang bisa membantu pihak bank melacak transaksi yang nasabah lakukan. Cara cek nomor referensi BRI sendiri sangat mudah selama nasabah tidak membuang bukti transaksi berupa resi yang dikeluarkan dari mesin ATM atau yang ada di cek mutasi BRImo.

Bagikan: