6 Cara Mengatur Gaji 2 Juta per Bulan agar Tidak Berhutang

Cara mengatur gaji 2 juta, mudah atau sulit? Mudah atau sulitnya mengatur gaji 2 juta-an per bulan sebenarnya tergantung dari pos-pos pengeluaran apa saja yang Anda miliki selama ini.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Bank DBS pada 2019 silam, total belanja masyarakat di Indonesia bisa mencapai US$ 600 miliar atau setara dengan Rp 8.400 triliun di periode 2018. Jumlah ini mengungguli negara tetangga yang ada di kawasan ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Yang jelas, masih sedikit masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya mengatur gaji yang didapat sesuai kebutuhan. Apalagi jika gaji yang didapat masih gaji UMR, yang di beberapa daerah di Indonesia bahkan belum tembus 2 juta.

Di artikel ini, tipkerja.com akan membahas cara mengatur gaji 2 juta. Meskipun gaji ini relatif kecil, tetapi dengan niat dan menerapkan cara ini semoga gaji ini cukup untuk Anda. Bahkan, Anda masih tetap bisa menabung untuk persiapan masa depan dan mengurangi stres finansial.

1. Menerapkan Aturan 50/30/20

Cara Mengatur Gaji 2 Juta per Bulan

Ingat ya, cara mengatur gaji 2 juta ini harus Anda mulai saat gaji masih utuh. Harapannya, sebelum gaji digunakan untuk keperluan apapun, maka Anda akan semakin mudah dalam mengaturnya.

Maksud aturan 50/30/10 adalah sebagai berikut:

  • 50% gaji untuk memenuhi kebutuhan (stok makanan, transportasi, keperluan dapur, cicilan rumah, cicilan kendaraan, dan lain-lain yang sifatnya primer, tidak bisa diganggu gugat).
  • 30% gaji untuk memenuhi keinginan (belanja online, travelling, reward, dan lain-lain yang sifatnya sekunder).
  • 20% gaji untuk tabungan (apapun itu jenis tabungan untuk masa depan atau lebih baik tabungan yang bisa menghasilkan uang tambahan).
Baca juga:  5 Cara Melamar Kerja Lewat WA dan Etika Melamar + Contoh Chat

Dengan pembagian seperti ini, maka gaji 2 juta Anda akan teralokasi menjadi sebagai berikut:

  • 50% x 2 juta = 1 juta untuk kebutuhan
  • 30% x 2 juta = 600 ribu untuk keinginan
  • 20% x 2 juta = 400 ribu untuk tabungan

Bagaimana? Apakah Anda sudah ada gambaran cara mengatur gaji 2 juta? Apa saja yang termasuk pos kebutuhan, keinginan, dan tabungan?

NB: Pos kebutuhan dan keinginan tiap orang berbeda. Anda bisa menyesuaikan sendiri, asalkan bisa teralokasi dengan baik (pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan). Akan lebih baik memang apapun yang Anda keluarkan bisa memberikan dampak positif bahkan nilai lebih untuk Anda, walau itu pengeluaran untuk keinginan.

2. Membuat Laporan Keuangan

cara mengatur gaji 2 juta
Foto: Screenshot Google Play

Tidak seperti laporan keuangan perusahaan dagang, laporan keuangan cara mengatur gaji 2 juta ini lebih sederhana.  Anda cukup mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan secara detail dan rapi. Sekecil apapun itu nominalnya, harus dicatat.

Umumnya, dalam membuat laporan keuangan ini Anda akan mengkategorikan mana yang termasuk biaya tetap, mana yang termasuk biaya variabel. Tujuannya, agar Anda tidak lalai dan minus di kemudian hari.

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi money management untuk mengatur dan mencatat pengeluaran harian kalian. Diharapkan dengan adanya laporan keuangan ini kalian jadi bisa mengatur keuangan dengan baik.

3. Menghindari Pengeluaran yang Nominalnya Kecil

Sering tidak sadar, banyak hal kecil yang masuk ke dalam anggaran pengeluaran. Padahal hal tersebut kurang memberikan manfaat. Misalnya saja, berlangganan YouTube premium. Padahal jarang nonton YouTube. Alih-alih sebagai hiburan, hal seperti ini justru akan sia-sia.

Anda bisa mengalokasikan pengeluaran yang nominalnya kecil untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Jika ingin hiburan, berlangganan YouTube premium bisa Anda alihkan ke YouTube biasa. Telah banyak channel hiburan yang bisa Anda nikmati secara gratis.

Baca juga:  Ini 8 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

4. Membayar Tagihan Tepat Waktu

cara mengatur gaji 2 juta
foto:Haven Life

Sebelum mengetahui cara mengatur gaji 2 juta, pasti diantara Anda ada yang pernah memiliki tagihan, benar? Tidak masalah, karena memang mengatur gaji 2 juta lumayan sulit jika pengeluaran Anda banyak. Harapannya, setelah mempraktikkan cara ini, kedepannya Anda bisa bebas tagihan.

Jika masih ada tagihan, usahakan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu. Ini karena, jika tidak, resiko terkena denda akan semakin besar dan itu bisa menyebabkan stres finansial. Uang untuk membayar denda, bisa Anda alokasikan ke pos yang lebih penting.

5. Berhemat

Gaji 2 juta relatif kecil, maka cara mengatur gaji 2 juta dengan berhemat menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan. Jangan mudah tergiur dengan standar penilaian orang lain dan gaya hidup orang lain. Penuhi kebutuhan, bukan keinginan semata. Anda harus berhemat dan cerdik dalam mengalokasikan pengeluaran. Jika Anda konsisten, maka gaji 2 juta akan cukup untuk satu bulan.

6. Menambah Sumber Pendapatan

cara mengatur gaji 2 juta

Jika tidak bisa berhemat, maka satu-satunya cara mengatur gaji 2 juta yang tidak akan membuat Anda rugi adalah dengan menambah sumber pendapatan. Di zaman yang serba canggih ini, besar kemungkinan untuk Anda memiliki sumber pendapatan lebih dari satu. Tidak hanya mengandalkan gaji pokok 2 jutaan yang serba pas-pasan, Anda bisa mencari sumber pendapatan lain.

Namun pastikan Anda mencari pekerjaan sampingan yang fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Misalnya, jika Anda memiliki ketertarikan di dunia bisnis, Anda bisa bergabung di komunitas bisnis. Menjadi reseller online yang modalnya kecil atau tanpa modal dan keuntungannya maksimal.

Sementara, jika Anda memiliki ketertarikan di bidang desain, Anda bisa menjual jasa design. Masuk ke dalam agency sebagai freelance designer. Semakin bagus hasil karya Anda, semakin besar peluang Anda menaikkan harga.

Baca juga:  12 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Perkiraan Gajinya

Jangan pernah takut untuk menambah sumber pendapatan, karena banyak orang yang sukses setelahnya. Ini kesempatan Anda untuk meningkatkan penghasilan 2 juta/ bulan menjadi 2x lipat bahkan lebih per bulannya.

Itulah 6 cara mengatur gaji 2 juta per bulan. Jika Anda merasa sulit mengatur gaji 2 juta per bulan, ingat masih lebih sulit mengatur gaji jika uangnya tidak ada. Bersyukur lah, jangan kalap dengan keinginan, dan usahakan untuk menambah sumber pendapatan. Saat sudah ada sumber pendapatan lebih dari satu, jangan lantas menaikkan pengeluaran juga ya, apalagi pengeluaran di luar kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar