Harga Borong Pasang Granit per Meter 2024

Banyak yang penasaran, sebenarnya berapa sih harga borong pasang granit saat ini? Sebab akhir-akhir ini, granit menjadi salah satu jenis material lantai yang banyak digunakan untuk membangun atau merenovasi rumah.

Ukuran granit yang digunakan biasanya lebih besar dan harganya lebih mahal daripada keramik. Namun, ketahanan, motif, dan mudahnya perawatan lantai granit membuat granit masih menjadi pilihan populer untuk area lantai ataupun dinding sebuah ruangan.  

Nah, untuk mengetahui proses memasang granit, berapa harga borong pasang granit, hingga bagaimana memilih tukang pasang granit yang baik, silahkan simak sampai habis tulisan saya kali ini.

Proses Memasang Granit

pasang granit

Sebagai konsumen yang membutuhkan jasa pasang lantai granit, tidak ada ruginya mengetahui apa saja yang termasuk dalam pekerjaan memasang granit agar Anda tahu apa saja yang akan Anda dapatkan saat bekerja sama dengan pemborong.

Berikut adalah tahapan pemasangan granit yang perlu Anda ketahui:

  • Penyedia jasa pasang granit biasanya dengan senang hati akan membantu memilihkan granit yang tepat untuk kebutuhan ruangan Anda
  • Mengukur luas area yang akan di pasang granit
  • Membersihkan permukaan area yang akan di pasang granit
  • Mengoleskan perekat dan pasang lantai granit dengan rapat
  • Granit akan dipotong agar sesuai dengan ukuran dan bentuk area yang dipasang
  • Apabila perekat granit sudah kering, pasang nat granit menggunakan semen nat yang sesuai dengan warna granit yang dipasang
  • Terakhir, granit dan nat yang sudah terpasang rapih harus dibersihkan.

Dalam tahap pemasangan granit sampai selesai, jasa pemasangan granit sudah mencakup pemasangan plint granit, potong plint granit, pemasangan lis granit, juga pembuatan tali air. Anda tak perlu menyediakan alat-alat khusus, karena biasanya mereka yang menyediakan.

Baca juga:  Cara Menghitung Cicilan KPR dengan Excel (Bonus File .xls)

Baca juga: Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan

Menghitung Harga Borong Pasang Granit

Harga Borong Pasang Granit

Biasanya, harga borongan pasang granit dihitung dari luas lantai yang akan dipasang granit dengan satuan meter persegi. Selain lebih mudah menghitungnya, biaya pasang granit per m2 dinilai lebih murah.

Di bawah ini merupakan perkiraan hitungan harga borong pasang granit yang telah saya rangkum dari berbagai sumber, sehingga bisa Anda jadikan acuan awal untuk memasang granit di rumah Anda.

Harga borong pasang granit per meter

Adapun harga pasang granit per m2 berkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 110 ribu per meter untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, sedangkan untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya tidak jauh berbeda dengan biaya pasang granit yang ada di Jakarta. 

Cara menghitung biaya jasa pemasangan granit pun cukup mudah, yakni dengan mengkalikan luas lantai atau dinding yang ingin dipasang granit dengan harga borong pasang granit per meternya.

Harga borong pasang granit 60×60

Ukuran granit yang biasa dijual dipasaran biasanya berukuran 30x30cm, 40x40cm, 60x60cm, 80x80cm, 60x120cm dan ada juga ukuran yang lebih besar lagi. Namun, yang biasanya dipakai adalah granit yang berukuran 60x60cm.

Perkiraan biaya pasang granit 60×60 dapat Anda hitung sendiri dengan cara luas area yang akan dipasang granit dikali harga borongan per meter persegi. Misal, luas lantai yang ingin dipasangi granit adalah 9m.

Jika harga borong pasang granit per meter adalah Rp 110 ribu, jadi harga borong pasang granitnya adalah 9m x Rp 110 ribu = Rp 2,7 juta.

Perlu diketahui, harga borong tenaga pasang granit yang telah saya tulis diatas tidak termasuk harga granit yang dijual terpisah, jadi hanya untuk membayar jasa pasang granit dan juga berbeda dengan harga bongkar pasang granit.

Baca juga:  Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan

Jika lantai yang dipasang granit ada 2 atau lebih, maka biasanya harga borongan pasang granit di lantai atas akan lebih mahal. Harga jasa pasang granit juga berbeda-beda, tergantung area pemasangan, tukang dan jenis pekerjaannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Granit

Cara menghitung kebututuhan granit yang ingin dipasang, bisa dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Ukur luas, yaitu panjang dikali lebar. Contoh: panjang 3m x lebar 3m = 9m
  • Hitung kebutuhan granit dalam satuan meter, yaitu luas lantai yang akan dipasang granit dibagi dengan luas granit per kepingnya. Contoh: luas 9m x luas granit (60x60cm) per keping = 9m x 3600cm = 9m x 0,36m = 25 keping granit.

Jadi, kurang lebihnya Anda membutuhkan sekitar 25 keping granit untuk luas lantai 9m persegi. Tapi sebaiknya Anda menambah beberapa keping sebagai cadangan pemasangan granit .

Tips Memilih Tukang Pasang Granit

Memang, memilih tukang yang bisa memasang granit dengan hasil yang memuaskan agak susah-susah gampang. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih tukang yang baik.

  • Tanya keluarga atau orang-orang terdekat Anda yang pernah menggunakan jasa tukang pasang granit, minta rekomendasinya
  • Bandingkan biaya jasa pasang granit dari berbagai sumber online, seperti website hingga marketplace kesayangan Anda
  • Tanyakan berapa lama tukang tersebut bekerja di bidang pemasangan granit, untuk memastikan mereka memiliki pengalaman yang baik
  • Lihat proyek yang telah diselesaikan sebelumnya, agar memiliki gambaran tentang kualitas pekerjaan, termasuk ketepatan waktu pengerjaan mereka
  • Pilih tukang yang mudah diajak berkomunikasi, untuk mengurangi kemungkinan adanya salah paham
  • Jangan memilih tukang hanya berdasarkan harga saja, bandingkan juga penawaran dari beberapa tukang lainnya
  • Jangan sungkan minta garansi pekerjaan yang dilakukan, dan gunakan kontrak tertulis yang jelas agar terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.
Baca juga:  9 Langkah Membuat Laporan Keuangan Akuntansi

Demikian informasi terkait harga borong pasang granit. Semoga informasi dalan artikel yang saya tulis kali ini berguna untuk Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar