Bisnis Daring dan Pemasaran : Profil, Prospek Kerja, & Gaji

Saat ini Anda memiliki anak yang sudah menginjak bangku putih abu-abu di SMK? Pasti sering sekali bukan Anda mendapat curhatan terkait jurusan yang ingin anak Anda pilih? Apakah  jurusan bisnis daring dan pemasaran cocok dipilih ataukah harus memilih jurusan lain? 

Artikel ini akan memberikan ulasan khusus tentang jurusan tersebut. Sebab, di era sekarang, pemasaran dan bisnis daring menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk dikembangkan. Alasannya, tentu karena banyak hadir pelaku bisnis yang menjual produk serupa. Jika tidak ada strategi dari SDM yang jago di bidang ini, kecil kemungkinan bisnis tersebut bisa bertahan dan berkembang. 

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

bisnis daring dan pemasaran

Pada umumnya, tujuan kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran sama, yaitu mengacu pada isi UU Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Nasional dan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah untuk mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. 

Namun secara khusus, biasanya tujuan program kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran masing-masing sekolah berbeda. Kurang lebih bisa Anda lihat pada beberapa poin berikut ini: 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan etika bisnis secara profesional. 
  2. Memiliki keahlian yang spesifik di bidang manajemen ritel dan pelayanan prima untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. 
  3. Membekali kompetensi untuk membangun hubungan pelanggan dari mulai prospek pelanggan sampai mempertahankan pelanggan setia hingga mitra bisnis. 
  4. Membekali keterampilan praktis penataan produk. 
  5. Mengoperasikan peralatan bisnis sesuai dengan standar kebutuhan dunia kerja. 
  6. Membekali teknik komunikasi dan negosiasi menggunakan teknologi komunikasi. 
  7. Memiliki keterampilan administratif bisnis sesuai kebutuhan. 
  8. Membekali peserta didik agar sanggup membuka usaha sendiri. 
  9. Menjadi orang yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif. 
  10. Mempersiapkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Meteri Yang Diajarkan Bisnis Daring dan Pemasaran

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana mengelola bisnis daring serta mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa melalui internet.

Baca juga:  Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Ongkos Kirim

Beberapa materi yang diajarkan dalam jurusan ini meliputi:

  • Manajemen bisnis digital
  • Analisis pasar
  • Strategi pemasaran digital
  • Pemasaran produk dan jasa
  • Pemasaran media sosial
  • Analisis data pemasaran
  • Pemasaran internasional
  • Manajemen reputasi online
  • Pembuatan website dan aplikasi e-commerce
  • Keamanan dan privasi data online

Lulusan jurusan ini dapat bekerja dalam berbagai posisi seperti e-commerce manager, digital marketing specialist, atau social media manager dalam berbagai jenis perusahaan, termasuk perusahaan e-commerce, agensi pemasaran digital, atau perusahaan ritel yang menjual produk melalui internet.

Peluang Kuliah Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Jika ingin melanjutkan kuliah, siswa lulusan SMK jurusan ini bisa menekuni bidang yang lebih spesifik lagi. Diantara bidang yang terkait dengan pemasaran dan bisnis daring adalah sebagai berikut: 

  1. Digital Marketing
  2. Database Marketing
  3. Marketing Research and Analytics
  4. Public Relations
  5. Marketing Management
  6. Social Media Marketing
  7. Search Engine Marketing (SEM)
  8. Guerilla Marketing
  9. Integrated Marketing Communications

Baca juga: Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita

Alasan Memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

bisnis daring dan pemasaran

Telah banyak SMK di Indonesia yang menawarkan program kemampuan bisnis daring dan pemasaran untuk para siswa. Lalu,  sebenarnya, apa yang membuat para siswa memilih jurusan ini dibanding dengan jurusan lain? Apa manfaat jurusan BDP di era sekarang atau masa mendatang?

1. Siswa Bisa Mendalami Ilmu Marketing dan Bisnis

Tentu saja, dengan mengambil jurusan ini, para siswa bisa mendalami ilmu marketing dan bisnis, baik dari segi teori maupun segi praktikal. Para siswa bisa mulai membuka bisnis sendiri dan menerapkan strategi promosi dan pemasaran pada bisnis  tersebut. Semakin awal memulai, semakin awal juga kesuksesan bisa diraih. 

2. Melatih Kepercayaan Diri

Secara tidak langsung, ketika siswa mempelajari jurusan ini, siswa bisa melatih rasa percaya diri. Sebab, orang yang bekerja atau menekuni dunia ini harus bisa menawarkan produk dengan baik. Semakin tinggi tingkat rasa percaya diri, semakin efektif untuk mereka menawarkan produk.

Baca juga:  Pengalaman Kerja di Bagian Marketing, Lingkungan Berantakan

3. Peluang Kerja Cukup Banyak

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja di bidang pemasaran. Bisa dibilang, tenaga kerja di bidang pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnis yang sedang berjalan, baik itu bisnis berskala besar maupun kecil sekalipun. 

Tanpa adanya pemasaran, konsumen tidak akan mengetahui tentang produk yang ditawarkan dan bisa membuat penjualan menjadi rendah. Sebaliknya, jika pemasarannya gencar, maka konsumen akan tertarik dan penjualan bisa tinggi. 

4. Tempat Kerja yang Fleksibel

Sebagai tenaga kerja yang bergerak di bidang pemasaran, Anda akan melakukan berbagai macam perjalanan untuk bertemu dengan para client untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan. Mobilitas yang fleksibel seperti ini tentu cukup menarik dan tidak akan membuat Anda bosan, karena  tidak harus berada di dalam ruangan terus. 

5. Relasi Luas

Kegiatan sehari-hari tenaga pemasaran adalah bertemu dengan orang baru dari berbagai macam latar belakang. Jadi tidak heran jika relasi seorang tenaga pemasaran pun akan semakin meluas seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan. 

Gaji Bisnis Daring dan Pemasaran

Terkait gaji, sebenarnya juga beragam. Terlebih spesialisasi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sendiri ada banyak jenisnya. Namun kurang lebih mulai dari UMR hingga dua digit pasti akan didapat. 

Ragam gaji juga didukung dengan kemampuan dan pengalaman kerja di bidang tersebut. Semakin bagus kemampuan dan semakin lama pengalaman kerjanya, maka peluang mendapatkan gaji besar akan semakin terbuka lebar. 

Prospek Kerja Bidang Bisnis dan Pemasaran 

Tidak ingin menjadi karyawan, tapi ingin mulai mengembangkan bisnis sendiri? Bisa anak Anda coba lakukan. Inilah contoh bisnis yang mudah dilakukan: 

1. Reseller

Para reseller akan membeli produk dari agen atau supplier dengan jumlah banyak untuk dijual kembali. Itu berarti, para reseller harus rajin mempromosikan jualannya, bisa secara offline atau online. Sebab, jika produk tidak laku, akan berpengaruh terhadap laba yang didapat. 

2. Dropship

Dropship menjadi salah satu solusi untuk menambah sumber cuan, tanpa harus mengeluarkan modal. Seorang dropshipper cukup mempromosikan produk milik supplier dan jika ada yang ingin membeli, maka akan mendapat komisi dari supplier terkait. 

Baca juga:  10 Prospek Kerja Agribisnis dan Perkiraan Gajinya

3. Toko Online

Di era digital sekarang ini, mayoritas jual beli sudah dipastikan menerapkan sistem online. Jadi, untuk anak Anda yang ingin jualan juga bisa memasarkannya dengan cara membuka toko online.

Ciptakan penampilan toko yang menarik, seperti dari pengambilan katalog produk, desain produk, copywriting, dan hal lainnya agar calon konsumen bisa langsung terpikat pada produk ditawarkan.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

4. Influencer

Hampir mirip dengan dropshipper yang bisa memasarkan produk tanpa modal. Bedanya, seorang influencer dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, karena sering kali seorang influencer harus mampu memproduksi konten pemasaran sendiri. 

Pekerjaan ini bisa menjadi rekomendasi untuk anak Anda yang memiliki kolam followers banyak. Mulai dari Nano influencer (< 5000 followers), Micro influencer (5000 – 30000 followers), Macro influencer (30000 – 100000 followers), hingga Mega influencer (>100000 followers). Bangun kerjasama dengan suatu brand dan pasarkan produk mereka. 

5. Pekerjaan Lainnya

Jika ada yang bertanya  bisnis daring dan pemasaran bisa kerja apa? Inilah beberapa peluang kerja jurusan bisnis daring dan pemasaran yang perlu diketahui:

  1. Kasir di Bisnis Ritel
  2. Wirausaha dalam Bisnis Ritel dan Online
  3. Marketing Analysis
  4. Kerjasama Dunia Industri dan Dunia Usaha
  5. Digital Marketing Staff
  6. Sales Executive
  7. Dan lainnya

Baca juga: Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa

Itulah ulasan tentang jurusan bisnis daring dan pemasaran yang layak dijadikan pilihan. Selain ilmunya sangat menarik, juga dibutuhkan di masa sekarang hingga yang akan datang. Baik untuk bekerja di suatu perusahaan atau running bisnis sendiri secara online. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar