6 Usaha Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa, Dijamin Untung Banyak! [Update 2020]

By | Mei 22, 2020

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa punya penghasilan yang menjanjikan? Ada banyak sekali ide bisnis atau usaha yang cocok untuk mahasiswa dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Hasil dari keuntungan bisnis tersebut bisa digunakan untuk membayar uang kuliah keperluan tugas, bahkan untuk menabung.

mahasiswa

Saat ini, memulai bisnis atau start up saat sedang menjalani kuliah memang sedang tren dan sudah banyak yang berhasil melakukannya. Meski Anda sibuk dengan tugas dan kegiatan kuliah yang cukup padat, tak ada salahnya untuk memutar otak dan memulai usaha yang cocok untuk mahasiswa. Daripada waktu kosong digunakan untuk nongkrong dan hangout yang gak jelas, lebih baik digunakan untuk merencanakan ide bisnis baik sendirian maupun dengan teman Anda.

Ide Bisnis dan Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa Tahun 2020

Untuk memulai dan menjalankan bisnis atau usaha saat kuliah, bukan berarti Anda harus menyiapkan modal yang besar. Anda tetap bisa mulai membangun bisnis dengan modal yang kecil dan terus mengembangkannya hingga menjadi usaha yang besar. Nah, berikut ini ada beberapa ide bisnis dan usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan potensi keuntungannya yang cukup tinggi, antara lain:

1 – Merintis Bisnis Online Shop

mahasiswa

Bisnis online shop adalah salah satu jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa dan sudah banyak dilakukan oleh kalangan muda. Hal ini karena membangun sebuah toko online memang tak terlalu sulit dan bisa dilakukan dalam sekali waktu. Selain itu, usaha ini juga bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu menyiapkan gadget dan koneksi internet agar bisa menawarkan produk melalui media online baik dari media sosial, marketplace dan lain sebagainya. Jika punya sedikit modal, Anda bisa menggunakan sistem reseller atau dropship.

Namun, sebelum memulai bisnis tersebut Anda juga harus melakukan riset pasar untuk menentukan target pasar dan produk yang akan dijual. Pastikan kedua hal tersebut Anda tentukan dengan tepat untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dan berkelanjutan. Cobalah untuk mencari produk yang banyak dicari oleh mahasiswa dengan harga yang sesuai dengan budget mereka. Dengan begitu, toko online Anda akan memiliki banyak pelanggan dari kalangan mahasiswa.

2 – Menjadi Translator atau Penerjemah

mahasiswa

Nah, profesi yang satu ini juga kerap kali menjadi salah satu usaha yang cocok untuk mahasiswa dan cukup menjanjikan. Profesi yang satu ini biasanya banyak dipilih bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Kemampuan ini bukan hanya membantu dalam mengerjakan tugas perkuliahan, tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar dengan menjadi penerjemah lepas.

Di luaran sana, banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa asing. Jadi, tidak terlalu sulit untuk menjalankan salah satu bisnis atau usaha yang cocok untuk mahasiswa ini. Selain menghasilkan pundi-pundi rupiah, menawarkan jasa penerjemah juga bisa sekaligus mengasah kemampuan Anda dalam menguasai bahasa asing. Anda juga bisa belajar lebih banyak bahasa untuk bisa menjadi penerjemah bahasa asing lainnya dan mengembangkan usaha Anda.

3 – Membuka Les Privat atau Menjadi Tutor

mahasiswa

Selain profesi di atas, ada lagi usaha yang cocok untuk mahasiswa dan banyak dilakukan yaitu menjadi tutor atau membuka jasa les privat. Biasanya, les privat ditujukan kepada pelajar SMP atau SMA yang akan menghadapi Ujian Nasional atau ujian lainnya. Namun, banyak juga tenaga tutor atau les privat yang mendapatkan pelanggan reguler dan diminta untuk menemani pelajar SMP/SMA untuk belajar lebih optimal di rumah masing-masing.

Kalangan pelajar biasanya juga lebih suka degan tutor anak kualiahan karena lebih santai dan usianya tidak jauh dengan mereka. Jadi, seperti belajar dengan teman atau kakak sendiri dan bisa juga sekaligus berbagi pengalaman tentang dunia perkuliahan. Untuk menjadi tutor tidak perlu modal yang besar, Anda hanya perlu menawarkan jasa secara offline maupun online dan menjalin komunikasi dengan pelanggan. Untuk tempat les, biasanya dilakukan di rumah pelanggan masing-masing sehingga Anda tidak perlu menyewa gedung untuk membuka kelas.

4 – Menawarkan Jasa Fotografer dan Videographer

mahasiswa

Anak kuliahan banyak sekali yang memiliki hobi fotografi dan videography serta menggunakan hal itu sebagai skill bagi mereka. Kemampuan ini akan sangat diperlukan saat mereka ikut dalam kepanitiaan. Tak hanya itu, menjadi fotografer atau videographer juga bisa lho jadi usaha yang cocok untuk mahasiswa. Menjual produk atau jasa fotografer bisa jadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi Anda dan kalangan mahasiswa lainnya.

Anda juga bisa bergabung atau magang bahkan menjadi freelancer di sebuah event organizer. Untuk memulai bisnis ini, pastikan Anda sudah paham tentang teknik-teknik dasar fotografi dan videography. Setelah itu, mulailah mengumpulkan portfolio dan memajang karya Anda di media sosial agar lebih banyak orang yang tahu dengan skill fotografi Anda. Jika sudah demikian, maka akan lebih mudah mendapatkan konsumen atau pelanggan yang membutuhkan jasa fotografi ataupun videography.

5 – Menjual Karya Desain Grafis

mahasiswa

Di kalangan mahasiswa biasanya ada yang jago desain grafis dan lihai dalam membuat poster, banner dan gambar visual lainnya. Nah, skill ini juga dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha yang cocok untuk mahasiswa, yaitu menjual karya desain grafis. Karya yang dimaksud bisa bermacam-macam mulai dari pembuatan karikatur, poster, banner, logo, persona branding dan lain sebagainya. Karya desain grafis juga tak hanya diciptakan untuk dicetak saja, kini sudah banyak media online yang membutuhkan gambar visual grafis untuk berbagai kebutuhan.

Beberapa aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat karya visual grafis antara lain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, Inkscape dan lain-lain. Desainer grafis yang profesional bisa meraup keuntungan yang besar dengan menghasilkan karya-karya visual yang menarik. Tak perlu khawatir, mahasiswa selain jurusan desain pun bisa belajar secara otodidak melalui media online baik dalam bentuk artikel maupun video tutorial.

6 – Membuka Bisnis Kuliner

mahasiswa

Salah satu gaya hidup mahasiswa adalah nongkrong, ngopi dan berkumpul dengan teman sambil mengerjakan tugas atau menyalurkan hobi masing-masing. Banyak juga dari mereka yang suka berburu makanan unik dan kuliner khas di setiap sudut kota tempat mereka kuliah. Nah, tren kuliner ini bisa dijadikan usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan membuka bisnis kuliner kecil-kecilan di kalangan kampus. Anda bisa mulai mengembangkan ide-ide kreatif untuk menciptakan makanan dan minuman yang akan disukai oleh teman-teman Anda.

Jika bisnis ini sukses di kalangan kampus, Anda bisa mulai mengembangkannya menjadi lebih besar dan lebih luas. Saat ini, ada banyak sekali bisnis kuliner yang awalnya di gagas oleh kalangan muda, bahkan banyak pula dari mereka yang sudah memulai bisnis sejak masa kuliah. Sedangkan media promosi yang paling tepat untuk membantu penjualan Anda bisa memanfaatkan media sosial dan media online lainnya, dibarengi dengan promosi offline dan lainnya.

Dari beberapa rekomendasi usaha yang cocok untuk mahasiswa di atas, banyak jenis usaha/profesi yang bisa dikerjakan secara online. Hal ini karena adanya dukungan dari teknologi dan media komunikasi online yang kian lama kian berkembang. Kemudahan ini menjadi sebuah peluang dan kesempatan bagi kuala muda untuk berkreasi membangun bisnis mereka masing-masing, bahkan di saat masih duduk di bangku kuliah. Namun, jangan lupa untuk tetap bertanggung jawab dengan tugas kuliah dan pastikan Anda bisa membagi waktu untuk berbisnis dan kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *