Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja

Foto kerap menjadi salah satu syarat bagi pencari kerja. Tidak jarang perusahaan mengharuskan pelamar melengkapi dokumen dengan foto diri, termasuk foto full body. Harus formal dan rapi, contoh foto full body berikut bisa menjadi referensi untuk Anda. 

Tidak sedikit pelamar kebingungan saat diminta memberikan foto sebagai syarat pendaftaran kerja. Terlebih jika perusahaan tidak menyebutkan secara detail kriteria foto. Agar tidak keliru, ketahui lebih jauh tentang ketentuan foto full body untuk melamar pekerjaan.

Kriteria Umum Foto Formal Full Body untuk Melamar Kerja

Bukan sekadar dokumen pelengkap, foto sebagai syarat melamar pekerjaan mempengaruhi proses rekrutmen seseorang. Pihak rekruter acap menilai pelamar melalui gestur dan mimik wajah. Dengan demikian, pastikan memberikan foto terbaik.

Lalu, bagaimana ketentuan dari contoh foto full body yang sesuai dengan standar?

Baju Formal untuk Foto Full Body

Sebagaimana fungsinya untuk melamar pekerjaan, maka kenakan baju formal. Jika pria, dapat menggunakan jas atau kemeja. Untuk wanita, sebaiknya menggunakan blazer. Pilih warna netral yang tidak mencolok seperti hitam, abu-abu, krem. Pun hindari menggunakan rok terlalu pendek. 

Rambut dan Hijab

Perhatikan hijab atau rambut agar selalu rapi. Apabila mengenakan hijab bercorak, pilih motif yang tidak terlalu ‘ramai’. Jika tidak berhijab, sebaiknya menata rambut yang memperlihatkan telinga. Perhatikan pula ketentuan diizinkan atau tidaknya penggunaan semir rambut di perusahaan yang Anda tuju.

Make Up dan Aksesoris

Anda tentu tidak ingin memberikan kesan berlebihan pada rekruter, bukan? Maka dari itu, aplikasikan make up secara sederhana. Sebaiknya menggunakan warna dan shades netral. Ada baiknya melepas kaca mata saat pengambilan gambar. Pun hindari menggunakan aksesoris berlebih yang terlalu mencolok.

Baca juga:  Kumpulan Materi Training Indomaret 2023 yang Wajib Dipelajari

Latar Foto Formal Full Body

Sebelum mengambil gambar, perhatikan apabila terdapat persyaratan khusus dari perusahaan terkait latar belakang (background) foto. Jika tidak ada, maka Anda dapat memilih latar foto full body berwarna netral. Umumnya seperti merah, putih, atau biru.

Ukuran Foto Full Body untuk Melamar Kerja

Sama dengan kriteria sebelumnya, perhatikan persyaratan khusus tentang ukuran foto dari perusahaan. Berbeda dengan ukuran pas foto untuk melamar kerja, foto full body biasanya memiliki dimensi lebih besar.

Apabila tidak tercantum, Anda dapat mengikuti arahan dari profesional di tempat mencetak foto. Biasanya, foto full body memiliki panjang 15,2 cm dan lebar 10,2 cm atau ukuran foto 4R.  

Jumlah Foto untuk Melamar Kerja

Adapun lampiran foto full body untuk melamar kerja dapat berbeda pada setiap lowongan. Jika mengumpulkan via email, maka Anda cukup mengirimkan satu salinan file. Namun apabila diserahkan dalam bentuk fisik, umumnya perusahaan meminta 2-3 lembar foto.

Demi hasil maksimal, pilihlah ruangan dengan pencahayaan yang baik. Pun hindari mengambil gambar di luar ruangan agar terhindar dari silau. Foto full body akan semakin terlihat profesional apabila Anda menggunakan jasa fotografer. 

Contoh foto full body untuk wanita

contoh foto full body

Contoh foto full body untuk pria

contoh foto full body

Tips foto full body

  • Pastikan badan tegak dengan wajah tidak terlalu menunduk. Anda bisa menghadap lurus ke kamera atau mengambil alternatif dengan sedikit menyerongkan badan
  • Senyum serileks mungkin agar terhindar dari rasa kikuk. Anda bebas memilih menampakkan gigi atau menyembunyikannya
  • Posisikan tangan dengan nyaman. Lipat kedua tangan di depan untuk menampilkan kesan kuat sebagaimana contoh foto full body di atas. Apabila ingin terlihat lebih formal, Anda bisa memilih menangkupkan kedua telapak tangan. Masukkan tangan ke saku untuk kesan foto lebih santai 
  • Tidak harus lurus, Anda dapat menekuk salah satu kaki untuk mendapatkan kesan santai. Atur jarak keduanya agar tidak terkesan kaku dan hindari menyilangkan kaki secara berlebihan.
Baca juga:  Pengalaman Berwirausaha Skincare, Jualan Barang Trend!

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Hal yang harus dihindari saat foto full body

Melampirkan foto saat melamar kerja memang perlu perhatian khusus. Hal ini perlu Anda lakukan agar rekruter tertarik melirik profil Anda. Selain langkah yang harus dilakukan, perhatikan pula beberapa hal yang harus dihindari saat mengambil foto formal. 

  • Mengambil gambar dengan kamera resolusi rendah dan pencahayaan kurang 

Kualitas pengambilan gambar akan mempengaruhi hasil foto. Selain buram, kurangnya pencahayaan juga dapat menjadikan foto gelap. Akibatnya, rekruter tidak dapat melihat mimik wajah Anda dengan jelas. 

  • Mengirim gambar swafoto

Sebaiknya hindari mengirim gambar hasil swafoto alias selfie. Bersifat kurang formal, hasil gambar swafoto juga dapat mempengaruhi impresi rekrutert terhadap keseriusan pelamar. Jadi, perhatikan ketentuan gambar diri penuh sebagaimana contoh foto full body di atas.

  • Mengubah ukuran foto secara berlebihan

Anda harus memperhatikan ukuran foto, terlebih jika mengirimkan file dalam bentuk digital. Mengubah ukuran file atau mengedit foto dapat berpengaruh pada kualitas foto. Maka dari itu, hindari mengompres gambar secara berlebihan. 

Mempengaruhi kesan rekruter terhadap pelamar, maka sebaiknya memperhatikan foto full body secara mendetail. Selain mengikuti contoh foto full body di atas, pelamar dapat menyesuaikan pose sesuai style masing-masing. Pastinya tetap memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku.  

Bagikan:

Tinggalkan komentar