9 Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Mungkin belum banyak orang tahu cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR. Apakah itu termasuk Anda? Padahal ada beberapa cara yang harus diperhatikan bagi semua pencari kerja saat melamar kerja melalui portal pencari kerja online seperti JobStreet ini.

Apalagi, JobStreet adalah salah satu portal pencari lowongan kerja di internet yang cukup populer dibanding portal lainnya. Otomatis, saingan pencari kerja juga akan semakin banyak. Jika Anda hanya mengirim lamaran kerja begitu saja, besar kemungkinan HR di perusahaan yang Anda tuju kurang tertarik dengan lamaran Anda.

Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Agar lamaran kerja Anda mudah dilirik oleh HR di perusahaan yang Anda tuju, tentu ada beberapa hal yang harus Anda penuhi. Sebab, cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil via online ini sama saja dengan Anda mempromosikan diri secara online. Anda harus bisa mempromosikan diri Anda sebaik mungkin agar HR tertarik.

1. Membuat dan melengkapi profil akun JobStreet

Cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR yang pertama adalah membuat profil akun JobStreet. Buatlah profil yang terlihat profesional dan resmi.  Setelah itu, lengkapi profil akun Anda. Berikut ada dua cara untuk melengkapi profil akun Anda di JobStreet:

  • Melengkapi resume di profil akun
Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Membuat resume profil kelihatannya memang mudah, tetapi Anda harus cermat dalam mengisinya. Input seluruh kriteria yang Anda kehendaki agar bisa mendapatkan pekerjaan impian sesuai dengan bidang Anda. Buatlah semenarik mungkin agar HR tertarik untuk lebih mengenal Anda.

  • Mengupload CV surat lamaran kerja
upload cv di jobstreet

Perlu Anda ketahui, pihak rekruter selalu menilai dan menyaring banyak resume masuk setiap harinya. Sehingga, harapannya Anda bisa membuat CV yang memang ringkas, simple, mudah dipahami, bahkan tetap detail.

Jabarkan kompetensi spesifik yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan. Termasuk juga dalam menyantumkan “pengalaman”. Namun perlu diingat, tulis lah pengalaman yang memang relevan dengan posisi yang Anda tuju agar Anda bisa mendapat penilaian baik dari pihak rekruter.

Lebih baik jika Anda bisa membedakan isi antara resume dan CV. Resume ini adalah gambaran secara ringkas dan penting, yang memang belum ada di CV. Jadi, tulislah seperti demikian. Sebab, isi dari resume ini tidak boleh lebih dari 3000 karakter.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat CV di HP Menarik

2. Mengunggah foto yang profesional

contoh foto yang profesional

Sering ditemui recruiter yang mensyaratkan bagi pelamar untuk menyertakan pas foto 3×4 atau 4×6. Nah, recruiter di Jobstreet tidak jauh beda dengan recruiter yang lain. Untuk menaikkan minat perusahaan atau recruiter memanggil Anda wawancara, Anda bisa memasang foto profil atau foto di CV dengan foto berkualitas baik. Usahakan juga foto yang Anda unggah adalah foto resmi bukan foto selfie.  

Baca juga:  Pengalaman Kerja Jadi Call Center Indosat, Harus Ekstra Sabar

3. Perbarui CV setiap tiga bulan sekali

Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil selanjutnya adalah rutin memperbarui CV ataupun profil. Seiring waktu pengalaman kerja bisa saja bertambah. Oleh karena itu, perlu untuk memperbarui CV atau profil. Minimal pembuatan CV atau profil 3 bulan sekali. Hal ini ditujukan agar HRD selalu melihat CV terbaru Anda.

Tujuan memperbarui CV setiap tiga bulan sekali adalah agar Anda bisa memberikan informasi yang mendekati sempurna. CV menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan diri kepada perusahaan yang dilamar. Jadi harapannya, selama waktu tersebut Anda benar-benar bisa memperbarui CV dengan menambah pengalaman baru.

Buatlah CV di HP dengan desain simpel namun berisi informasi yang lengkap. Biasanya, CV yang dilirik oleh recruiter adalah CV ATS. Usahakan untuk membuatnya hanya 1 lembar, dengan nama file sesuai dengan nama Anda, dan menggunakan format PDF agar lebih mudah dibaca oleh recruiter.

4. Memperhatikan pendidikan, batas usia, dan gaji perusahaan

Cara melamar kerja di Jobstreet agar dipanggil HR selanjutnya adalah dengan memperhatikan pendidikan, batas usia, dan gaji perusahaan.

Pertama, lebih baik memang Anda melamar sesuai dengan background pendidikan. Namun, jika memang tidak, Anda bisa menjelaskan pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya yang tentunya relevan dengan posisi yang saat ini Anda lamar.

Kedua, batas usia. Perusahaan kerap kali memberikan syarat batasan umur maksimal bagi para pelamar. Bukan tanpa alasan, sebab umur memang bisa mempengaruhi tingkat produktifitas seseorang. Perusahaan ingin agar karyawannya memiliki tingkat produktifitas yang tinggi.

Ketiga, gaji perusahaan. Pada tahap seleksi, biasanya ada perusahaan yang mengharuskan para pelamar menuliskan gaji yang diinginkan. Sehingga, Anda harus survei gaji terlebih dahulu agar tidak asal dalam menuliskan besaran gaji yang diinginkan. Realistis, sesuaikan juga dengan kemampuan Anda ya?

5. Berikan informasi secara jelas

Salah satu kriteria pelamar kerja yang profesional adalah mampu memberikan informasi secara jelas. Jangan sampai cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil yang satu ini Anda abaikan, ya? Berikan informasi terkait diri Anda secara jelas agar bisa memperbesar potensi lolos ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Tips Interview Kerja Pertama Kali

6. Mencari pekerjaan yang sesuai dan apply now

Tidak ada orang yang ingin bekerja di luar bidang kemampuannya, kecuali terpaksa. Sebab, melamar kerja yang sesuai bidang kemampuan dan merasa lolos kualifikasi saja masih sulit untuk bersaing dengan para pencari kerja lainnya, bagaimana jika justru sebaliknya?

Anda bisa mencari pekerjaan yang memang sesuai, baik dari posisi maupun kualifikasi. Sehingga, Anda juga bisa mempersiapkan skill dan mengasahnya sebaik mungkin sebelum melamar. Setelah menemukan posisi, kualifikasi, dan perusahaan yang dirasa cocok, segera lakukan dua hal ini:

  • Langsung crosscheck ke website resmi perusahaan
Baca juga:  Bakal Naik? Inilah Struktur dan Skema Gaji PNS 2020 Terbaru!

Crosscheck disini untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut memang sedang membuka lowongan kerja. Cek di kolom karir. Anda bisa melamar vie JobStreet, via website perusahaan, bahkan keduanya dalam waktu yang bersamaan. Tentunya, posisi yang dilamar juga harus sama.

  • Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan

Cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR dengan hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan ini ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal, ini cukup efektif untuk membuat HR yakin dan tidak bingung atas doublenya lamaran yang Anda kirimkan.

Jangan khawatir sulit mendapat lowongan kerja yang relevan. Bedasar profil LiNA Anda, LiNA akan secara otomatis merekomendasikan lowongan kerja yang relevan dan bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menemukan lowongan-lowongan tersebut di “Beranda” akun JobStreet.

7. Perhatikan masa berlaku lowongan pekerjaan

Anda harus lebih cermat kapan deadline pengiriman lamaran kerja tersebut. Apply di waktu yang tepat, namun juga tidak boleh mendaftar diujung deadline. Sebab, semakin cepat Anda mendaftar, peluang untuk diterima juga semakin besar.

Itulah tujuh cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR. Sudah banyak pelamar yang memberikan bukti hampir berhasil mendapat respon dari HR.

Setelah Anda mengajukan lamaran di JobStreet, Anda bisa memanfaatkan fitur pelacakan lamaran online dan melakukan pendekatan kepada bagian personalia untuk mendapatkan informasi apakah lamaran Anda diterima atau tidak.

8. Mengisi Kolom Promosikan Diri Anda

Jobstreet menyediakan fitur agar Anda bisa mempromosikan atau memperkenalkan diri Anda secara singkat. Jika Anda mengisi fitur ini, recruiter bisa lebih mengenal siapa Anda dan mengapa pantas untuk dipanggil wawancara. Anda bisa mempelajari beberapa contoh berikut untuk mengisi kolom promosi diri dengan baik.

  • Saya adalah fresh graduate Ilmu Komunikasi. Memiliki kemampuan menulis artikel soft maupun hard news yang baik. Paham akan editing dan fotografi. Mampu berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Memiliki pengalaman di JobNews selama 6 bulan. 
  • Saya adalah profesional yang memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun sebagai sales dan marketing di perusahaan X. Memiliki kemampuan public speaking yang baik dan bisa mempromosikan produk perusahaan dengan baik. Mampu bekerja sama secara tim maupun individu. 
  • Saya adalah pekerja kreatif di bidang copywriting dan desain grafis selama 2 tahun. Terbiasa dengan MS Office, keyword planner, adobe ilustrator, corel draw, hingga photoshop. Memiliki ide-ide kreatif dan bisa menuangkannya dalam karya tulis dan grafis yang sesuai harapan. 

9. Mengikuti Tes Bahasa Inggris yang Disediakan Jobstreet

Jobstreet memiliki fitur tes Bahasa Inggris yang bernama JELA (Jobstreet English Language Assessment). Anda bisa mengikuti tes ini dan menampilkan hasilnya di profil Jobstreet. Hal ini bisa memberi nilai tambahan pada profil Anda sehingga menarik minat recruiter.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Stres Kerja Menurut Mangkunegara, Wajib Dicoba!

Termasuk juga Anda akan mendapat jadwal wawancara kerja dengan perusahaan dari JobStreet Interview Scheduler, jika memang cara melamar kerja di JobStreet yang Anda terapkan berhasil. Catat tanggal wawancara, lokasi, waktu, dan informasi kontak untuk referensi kedepannya. Selamat berjuang!

Cara Mengetahui Status Lamaran di Jobstreet

Bagaimana cara mengetahui lamaran ditolak di Jobstreet maupun diterima? Berikut ini tahapan untuk mengetahui status lamaran di Jobstreet diterima atau ditolak.

  1. Masuk ke akun Jobstreet
  2. Klik menu “Profil”
  3. Pilih menu “Lamaran Saya”
  4. Lalu pilih “Aplikasi Lamaran Online”

Jobstreet akan menampilkan perkembangan lamaran Anda. Bagaimana jika lamaran di Jobstreet diterima? Berikut ini beberapa status lamaran yang akan ditampilkan oleh Jobstreet.

StatusKeterangan
Telah Diterimaperusahaan atau recruiter telah menerima lamaran Anda
Profil telah dilihat X kali oleh perusahaanperusahaan atau recruiter telah melihat profil Jobstreet Anda
Dijadwalkan untuk wawancaraperusahaan telah menjadwalkan wawancara Anda. Anda bisa melihat jadwal wawancara melalui menu “MyJobStreet” lalu pilih menu “Permintaan Wawancara”
Tidak sesuailamaran yang Anda kirimkan tidak sesuai dengan posisi yang dipasang

Anda juga bisa melihat status lowongan apakah masih aktif atau tidak. Anda bisa melihatnya di halaman “Lamaran Online”. Akan ada dua pilihan yang bisa Anda lihat yaitu “Lamaran Aktif” (Active Application) atau “Semua Lamaran” (All Application).

Di pilihan “Lamaran Aktif” akan berisi informasi mengenai semua lowongan pekerjaan yang telah dilamar dengan status masih terbuka atau aktif. Yang artinya lamaran Anda masih dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut. Sedangkan di pilihan “Semua

Contoh Surat Lamaran Kerja di Jobstreet

Jika Anda bingung bagaimana format lamaran yang cocok untuk diunggah di Jobstreet, berikut ini contoh lamaran di Jobstreet yang bisa Anda ikuti.

Surabaya, 10 Juli 2023

Perihal     : Permohonan Pekerjaan
Lampiran : 6 lembar

Yth. HRD
PT. Amazon Surabaya
Jl. Teuku Umar, Kota Surabaya

Dengan hormat, Berdasarkan informasi yang dimuat dalam Suara Surabaya tertanggal 8 Juli 2023 tentang adanya lowongan pekerjaan sebagai tenaga administrasi di PT. Amazon Surabaya, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                             : Azam Rizky
Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 10 Oktober 2000
Alamat                           : Jl. Pati Unus No 80, Surabaya
Pendidikan Terakhir     : D3 Administrasi Perkantoran

Bermaksud mengajukan permohonan kerja pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen berikut untuk Bapak/Ibu:

  1. Daftar Riwayat Hidup/ CV
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi Ijazah D3 Administrasi Perkantoran
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotokopi Sertifikasi Komputer
  6. Pas foto ukuran 4×6 3 lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih. 

Hormat Saya,

Azam Rizky

Demikianlah beberapa cara melamar di Jobstreet agar dipanggil oleh recruiter. Semoga lamaran Anda segera mendapat panggilan! 

Bagikan:

Tinggalkan komentar