Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Mungkin belum banyak orang tahu cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR. Apakah itu termasuk Anda? Padahal ada beberapa cara yang harus diperhatikan bagi semua pencari kerja saat melamar kerja melalui portal pencari kerja online seperti JobStreet ini.

Apalagi, JobStreet adalah salah satu portal pencari lowongan kerja di internet yang cukup populer dibanding portal lainnya. Otomatis, saingan pencari kerja juga akan semakin banyak. Jika Anda hanya mengirim lamaran kerja begitu saja, besar kemungkinan HR di perusahaan yang Anda tuju kurang tertarik dengan lamaran Anda.

Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Agar lamaran kerja Anda mudah dilirik oleh HR di perusahaan yang Anda tuju, tentu ada beberapa hal yang harus Anda penuhi. Sebab, cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil via online ini sama saja dengan Anda mempromosikan diri secara online. Anda harus bisa mempromosikan diri Anda sebaik mungkin agar HR tertarik.

1. Membuat dan melengkapi profil akun JobStreet

Cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR yang pertama adalah membuat profil akun JobStreet. Buatlah profil yang terlihat profesional dan resmi.  Setelah itu, lengkapi profil akun Anda. Berikut ada dua cara untuk melengkapi profil akun Anda di JobStreet:

  • Melengkapi resume profil akun
Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Membuat resume profil kelihatannya memang mudah, tetapi Anda harus cermat dalam mengisinya. Input seluruh kriteria yang Anda kehendaki agar bisa mendapatkan pekerjaan impian sesuai dengan bidang Anda. Buatlah semenarik mungkin agar HR tertarik untuk lebih mengenal Anda.

upload cv di jobstreet

Perlu Anda ketahui, pihak rekruter selalu menilai dan menyaring banyak resume masuk setiap harinya. Sehingga, harapannya Anda bisa membuat CV yang memang ringkas, simple, mudah dipahami, bahkan tetap detail.

Jabarkan kompetensi spesifik yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan. Termasuk juga dalam menyantumkan “pengalaman”. Namun perlu diingat, tulis lah pengalaman yang memang relevan dengan posisi yang Anda tuju agar Anda bisa mendapat penilaian baik dari pihak rekruter.

Lebih baik jika Anda bisa membedakan isi antara resume dan CV. Resume ini adalah gambaran secara ringkas dan penting, yang memang belum ada di CV. Jadi, tulislah seperti demikian. Sebab, isi dari resume ini tidak boleh lebih dari 3000 karakter.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat CV di HP Menarik

2. Mengunggah foto yang profesional

cara melamar kerja di jobstreet agar dipanggil

Bedakan antara foto profil yang Anda unggah di portal lowongan kerja dengan sosial media. Pada akun JobStreet, Anda harus mengunggah foto resmi, profesional, tidak selfie, rapi, tersenyum, dan dengan kualitas foto HD, agar Anda terlihat profesional dalam pandangan rekruter.

3. Perbarui CV setiap tiga bulan sekali

cv

Tujuan memperbarui CV setiap tiga bulan sekali adalah agar Anda bisa memberikan informasi yang mendekati sempurna. CV menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan diri kepada perusahaan yang dilamar. Jadi harapannya, selama waktu tersebut Anda benar-benar bisa memperbarui CV dengan menambah pengalaman baru.

4. Memperhatikan pendidikan, batas usia, dan gaji perusahaan

Cara melamar kerja di Jobstreet agar dipanggil HR selanjutnya adalah dengan memperhatikan pendidikan, batas usia, dan gaji perusahaan.

Pertama, lebih baik memang Anda melamar sesuai dengan background pendidikan. Namun, jika memang tidak, Anda bisa menjelaskan pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya yang tentunya relevan dengan posisi yang saat ini Anda lamar.

Kedua, batas usia. Perusahaan kerap kali memberikan syarat batasan umur maksimal bagi para pelamar. Bukan tanpa alasan, sebab umur memang bisa mempengaruhi tingkat produktifitas seseorang. Perusahaan ingin agar karyawannya memiliki tingkat produktifitas yang tinggi.

Ketiga, gaji perusahaan. Pada tahap seleksi, biasanya ada perusahaan yang mengharuskan para pelamar menuliskan gaji yang diinginkan. Sehingga, Anda harus survei gaji terlebih dahulu agar tidak asal dalam menuliskan besaran gaji yang diinginkan. Realistis, sesuaikan juga dengan kemampuan Anda ya?

5. Berikan informasi secara jelas

Salah satu kriteria pelamar kerja yang profesional adalah mampu memberikan informasi secara jelas. Jangan sampai cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil yang satu ini Anda abaikan, ya? Berikan informasi terkait diri Anda secara jelas agar bisa memperbesar potensi lolos ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Tips Interview Kerja Pertama Kali

6. Mencari pekerjaan yang sesuai dan apply now

Tidak ada orang yang ingin bekerja di luar bidang kemampuannya, kecuali terpaksa. Sebab, melamar kerja yang sesuai bidang kemampuan dan merasa lolos kualifikasi saja masih sulit untuk bersaing dengan para pencari kerja lainnya, bagaimana jika justru sebaliknya?

Anda bisa mencari pekerjaan yang memang sesuai, baik dari posisi maupun kualifikasi. Sehingga, Anda juga bisa mempersiapkan skill dan mengasahnya sebaik mungkin sebelum melamar. Setelah menemukan posisi, kualifikasi, dan perusahaan yang dirasa cocok, segera lakukan dua hal ini:

  • Langsung crosscheck ke website resmi perusahaan

Crosscheck disini untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut memang sedang membuka lowongan kerja. Cek di kolom karir. Anda bisa melamar vie JobStreet, via website perusahaan, bahkan keduanya dalam waktu yang bersamaan. Tentunya, posisi yang dilamar juga harus sama.

  • Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan

Cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR dengan hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan ini ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal, ini cukup efektif untuk membuat HR yakin dan tidak bingung atas doublenya lamaran yang Anda kirimkan.

Jangan khawatir sulit mendapat lowongan kerja yang relevan. Bedasar profil LiNA Anda, LiNA akan secara otomatis merekomendasikan lowongan kerja yang relevan dan bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menemukan lowongan-lowongan tersebut di “Beranda” akun JobStreet.

7. Memperhatikan masa berlaku lowongan pekerjaan

Anda harus lebih cermat kapan deadline pengiriman lamaran kerja tersebut. Apply di waktu yang tepat, namun juga tidak boleh mendaftar diujung deadline. Sebab, semakin cepat Anda mendaftar, peluang untuk diterima juga semakin besar.

Itulah tujuh cara melamar kerja di JobStreet agar dipanggil HR. Sudah banyak pelamar yang memberikan bukti hampir berhasil mendapat respon dari HR.

Setelah Anda mengajukan lamaran di JobStreet, Anda bisa memanfaatkan fitur pelacakan lamaran online dan melakukan pendekatan kepada bagian personalia untuk mendapatkan informasi apakah lamaran Anda diterima atau tidak.

Termasuk juga Anda akan mendapat jadwal wawancara kerja dengan perusahaan dari JobStreet Interview Scheduler, jika memang cara melamar kerja di JobStreet yang Anda terapkan berhasil. Catat tanggal wawancara, lokasi, waktu, dan informasi kontak untuk referensi kedepannya. Selamat berjuang!

Tinggalkan komentar