Apa Itu Program SAP? Bagaimana Rasanya Jadi Konsultan SAP?

By | Maret 12, 2020

SAP bagi orang awam di Indonesia mungkin masih sangat asing di telinga. Akan tetapi, bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis atau memiliki bisnis sendiri, SAP merupakan program yang sangat penting bagi kehidupan perusahaan mereka.

Apalagi perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki omset dan produk besar, biasanya mereka akan memiliki staf khusus yang mengurusi SAP. Bahkan, mereka tidak segan-segan untuk membayar staf khusus dengan gaji yang tinggi karena SAP sangat penting.

Apa Itu Program SAP

Ingin tahu apa itu SAP dan bagaimana berkarir di dunia SAP? Artikel ini akan sedikit mengulasnya untuk kamu.

Program SAP, Apa Itu?

SAP atau System Application and Product in Data Processing adalah sebuah software berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) yang digunakan untuk membantu proses manajemen operasional sebuah perusahaa sehingga perusahaan bisa lebih efektif dan efisien.

Hampir 80 persen perusahaan di dunia sudah menggunakan SAP, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan SAP mampu mempercepat proses manajemen operasional dalam sebuah perusahaan menjadi lebih otomatis dan cepat.

SAP terdiri dari banyak modul aplikasi yang terhubung satu sama lain. SAP berjalan sesuai dengan fungsi modul aplikasi yang ada di dalamnya secara otomatis dan terintegrasi. Dengan demikian, SAP bisa mempermudah pekerjaan perusahaan.

Modul-modul aplikasi SAP terdiri atas sales and distribution, material management, production planning, financial accounting, dan controlling.

Berkarir sebagai Konsultan SAP

Konsultan SAP adalah orang yang bekerja dalam bidang SAP. Dia bertugas untuk memastikan program SAP di sebuah perusahaan berjalan dengan lancar. Selain itu, konsultan SAP juga harus memberikan masukan dan saran kepada perusahaan terkait pengaplikasian SAP.

Konsultan SAP harus memastikan seluruh modul aplikasi SAP bisa terhubung dan berjalan dengan baik. Jika terjadi kesalahan atau disintegrasi antar modul aplikasi SAP, maka konsultan SAP-lah yang bertanggung jawab atas itu semua.

Jenjang Karir Seorang Konsultan SAP

konsultan SAP

Untuk menjadi seorang konsultan SAP, kamu tidak bisa langsung menjadi seorang konsultan SAP d sebuah perusahaan. Ada beberapa jenjang karir yang harus dilalui terlebih dahulu. Apa saja itu? Berikur ulasannya.

1. Basis

Basis atau sering disebut system administrator bertanggung jawab dalam konfigurasi, pemeliharaan, dan fungsi pendukung lainnya dalam SAP.

Beberapa pekerjaannya, antara lain pembuatan user hingga profl pendukung, mengatur parameter keamanan, scheduling, set up sistem, dan pekerjaan sebagai admin.

2. ABAPer

ABAPer bisa dikataka sebagai programmer SAP. Dia harus paham dengan bahasa pemrograman dan memiliki latar belakang IT dan programming. Tugas utamanya adalah membuat laporan terkait sistem SAP.

3. Functional

Bagian ini lebih spesifik bekerja pada modul-modul tertentu. Jika kamu suka dengan dunia keuangan, kamu bisa masuk ke modul financial accounting. Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan pemasaran, kamu bisa masuk ke modul sales and distributing.

Intinya sesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan kamu ya.

4. Konsultan SAP

Jenjang karir ini bisa kamu capai kalau kamu sudahbenar-benar expert di bidang SAP. Kamu bisa terjun sebagai konsultan bisnis, fungsional, pengembang, SAP basis consultant, ataupun konsultan keamanan SAP.

Cara Menjadi Konsultan SAP

Untuk menjadi seorang konsultan SAP tidaklah mudah, banyak hal yang harus kamu lakukan jika mau menjadi seorang konsultan SAP. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang konsultan SAP.

  1. Kamu harus ikuti pelatihan dan sertifikasi SAP. Kamu bisa memilih modul SAP yang sesuai dengan kemampuanmu dan ikuti sertifikasi dari mitra pelatihan SAP yang berwenang. Biaya yang dikeluarkan memang mahal, namun hasil yang didapat sebanding.
  2. Bergabunglah dengan perusahaan konsultan TI yang bagus, seperti IBM, Deloitte, Infosys, Metro Data, dan Accenture sebagai konsultan junior.
  3. Kamu bisa bergabung menjadi trainee atau support SAP di perusahaan yang menerapkan SAP. Yakinkan perusahaan tersebut untuk mengontrak Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan link untuk mengikuti sertifikasi dan pelatihan SAP.
  4. Kamu juga bisa bergabung dengan SAP Project sebagai orang non-SAP. Banyak sekali proyek SAP yang memerlukan keahlian di luar bidang SAP. Dengan bergabung bersama proyek SAP, kamu bisa mengamati proses kerja SAP dan bisa belajar dari situ.

Gaji Seorang Konsultan SAP

Dengan pekerjaan yang cukup rumit dan memerlukan keterampilan tinggi, konsultan SAP memiliki gaji yang cukup tinggi untuk sekelas fresh graduate.

Di Indonesia sendiri, gaji seorang konsultan junior yang masih fresh graduate berkisar antara 5 – 7 juta rupiah. Sementara untuk konsultan senior bisa mencapai 20 – 70 juta rupiah.

Akan tetapi gaji tersebut bisa lebih rendah ataupun tinggi tergantung pada perusahaan tempat kamu bekerja sebagai konsultan SAP.

Itulah sedikit penjelasan tentang program SAP dan pekerjaan konsultan program SAP. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *