Besaran Gaji Tax Consultant Berdasarkan Tempat Kerja dan Domisili

Apakah Anda sedang ingin atau sedang menempuh pendidikan di bidang ekonomi atau akuntansi? Jika iya, pasti tidak asing dengan pekerjaan konsultan pajak. Ternyata gaji tax consultant juga cukup menggiurkan dan tak kalah dengan pegawai pajak.

Apalagi pekerjaan ini tak mengharuskan Anda bekerja di lembaga pajak atau perusahaan tertentu secara permanen, jadi waktu bekerja Anda akan sangat fleksibel. Nah, supaya lebih mengenal pekerjaan ini. Di bawah ini penjelasan tentang seluk beluk konsultan pajak.  

Sekilas tentang Tax Consultant

gaji tax consultant
Ilustrasi pekerjaan konsultan pajak. (GP Tax Consultant)

Tax consultant merupakan pekerjaan yang memberikan layanan dan konsultasi di bidang perpajakan bagi wajib pajak baik bagi perorangan, perusahaan, maupun lembaga. Konsultasi ini berlangsung agar wajib pajak dapat memenuhi kewajiban perpajakannya.

Oleh karena itu, konsultan pajak harus lulus kualifikasi dan memiliki izin praktik. Hal ini agar proses penyampaian peraturan perpajakan dan konsultasi berjalan dengan baik. Jika Anda ingin berkarir di pekerjaan ini, Anda bisa mulai mengambil jurusan perpajakan, akuntansi, atau ilmu administrasi.

Pekerjaan ini memiliki jenjang karir yang baik dimulai dari Junior Tax Consultant, Senior Tax Consultant, Tax Supervisor, hingga Tax Director. Kenaikan jenjang karir ini juga tergantung pada kinerja dan kebijakan perusahaan.

Tugas Konsultan Pajak

Selain memberikan konsultasi mengenai perpajakan, ada beberapa tugas lainnya yang dikerjakan oleh konsultan pajak diantaranya adalah :

  1. Mengurusi kliennya dalam hal menghitung, membayar, dan melaporkan pajak klien.
  2. Memberikan jasa perencanaan pajak agar klien dapat menerima keuntungan yang optimal.
  3. Melakukan pemeriksaan laporan pajak dengan cara mengevaluasi data yang berhubungan dengan beban pajak yang dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan.
  4. Memberikan pendampingan atau perwakilan klien saat pemeriksaan pajak.
  5. Jika klien membutuhkan restiusi, maka konsultan pajak harus membantu menyiapkan data, menyampaikan restitusi, turut andil dalam pemeriksaan, hingga pengembalian pajak.
  6. Memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak.
  7. Menyusun pedoman perpajakan untuk klien.
Baca juga:  63 Jabatan dan Gaji PT AHM Astra Honda Motor Terlengkap

Itulah beberapa tugas yang dilakukan oleh konsultan pajak saat melayani perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasanya.

Gaji Tax Consultant

gaji tax consultant
Tax consultant sedang memberikan sesi konsultasi. (UNY Community)

Nominal gaji tax consultant yang diterima tiap pekerja akan berbeda-beda tergantung kantor tempatnya bekerja. Berikut ini rincian lengkapnya, yaitu :

1. Konsultan pajak di KKP

Seorang tax consultant di Kantor Konsultan Pajak (KKP) akan menerima gaji sekitar Rp. 2.000.000 – 15.000.000 per bulan. Nominal pastinya ditentukan berdasarkan besarnya KKP dan posisi jabatannya. Semakin tinggi jabatannya maka gaji yang diterima semakin besar.

2. Konsultan pajak di perusahaan swasta

Sedangkan apabila Anda bekerja di perusahaan swasta, gaji tax consultant berkisar antara Rp. 2.000.000 – 6.000.000. Selain itu, Anda harus memiliki latar belakang minimal D3 atau S1 jurusan perpajakan, akuntansi, atau manajemen. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu melengkapi sertifikasi Brevet Pajak A dan B.

3. Konsultan pajak mandiri

Anda juga bisa memilih karir sebagai konsultan pajak mandiri. Untuk menjalankannya, Anda bisa membuka kantor sendiri dan bekerja dengan giat untuk mendapatkan banyak klien. Gaji tax consultant tipe ini bisa mencapai Rp. 10.000.000 – 30.000.000 per bulan tergantung dengan jumlah klien yang dilayani.

Namun Anda harus mendapatkan izin praktik yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pajak dalam pasal 1 dan pasal 3 PMK-111/PMK.03/2014. Selain itu, Anda juga harus lulus ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) dan tergabung dalam anggota Konsultan Pajak Indonesia (AKPI).

Gaji Tax Consultant Berdasarkan Daerah

Seorang tax consultant sedang bekerja (Accounting)
Seorang tax consultant sedang bekerja. (Accounting)

Setiap daerah memiliki standar biaya hidup yang berbeda-beda. Oleh karena itu, gaji yang diterima oleh pekerja pun berbeda-beda termasuk konsultan pajak. Misalnya gaji konsultan pajak di Surabaya rata-rata mencapai angka Rp. 4.500.000 per bulan.

Baca juga:  Gaji UMR Malang dan UMK Malang 2022

Sedangkan nominal gaji tax consultant di Jakarta umumnya berkisar antara Rp. 4.500.000 – 6.000.000 per bulan. Berbeda lagi dengan konsultan pajak di Tangerang yang dapat menerima gaji hingga Rp. 6.000.000 – 8.000.000 setiap bulannya.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Tax Consultant

Ada beberapa keterampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan pajak, yaitu :

  1. Memiliki pengetahuan prosedur perpajakan dan upadate dengan kebijakan di bidang perpajakan.
  2. Kemampuan menghitung dan penalaran matematika tingkat lanjut.
  3. Memahami keuangan dan dasar hukum terkait perpajakan.
  4. Pengetahuan tentang administrasi dan manajemen seperti alokasi sumber daya, perencanaan strategis, pemodelan sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
  5. Pemahaman tentang prinsip-prinsip ekonomi dan akuntansi yang berguna untuk membuat laporan perpajakan dan saat membuat perencanaan.
  6. Kemampuan berkomunikasi supaya sesi konsultasi dapat berjalan lancar.
  7. Memiliki kemampuan berpikir strategis, sebab saat melakukan sesi konsultasi konsultan pajak juga harus memikirkan strategi yang tepat untuk perusahaan.

Demikian pembahasan mengenai gaji tax consultant dan seluk beluknya secara mendalam. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, Anda bisa menyiapkan beberapa keterampilan dan pengetahuan di atas terlebih dahulu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar