12 Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Gajinya

Jurusan administrasi bisnis banyak dilirik oleh anak IPA, IPS, bahkan Bahasa. Bukan tanpa alasan, jurusan ini memang cukup fleksibel dan prospek kerja administrasi bisnis dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang ada di Indonesia. Mulai dari staf, hingga CEO membutuhkan ilmu ini.

Bagi Anda yang mengambil jurusan ini, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Asah selalu ilmu administrasi bisnis dan berjuanglah agar prospek-prospek di bawah ini bisa mengantarkan Anda ke kesuksesan dengan lebih cepat.

Sekilas tentang Jurusan Administrasi Bisnis

prospek kerja administrasi bisnis
Jurusan administrasi bisnis foto:pelajaran.co.id

Administrasi bisnis atau administrasi niaga merupakan salah satu jurusan yang akan mengajak Anda untuk mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Ada kegiatan pemasaran, pengelolaan personalia, pengelolaan keuangan, hingga kegiatan produksi. Disamping itu, Anda juga akan diajak untuk belajar menjalankan bisnis. Bukan sekadar menjual kembali produk yang sudah ada, melainkan menciptakan produk baru dengan value berbeda yang siap bersaing dengan kompetitor di luar sana.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis

prospek kerja administrasi bisnis

Karena Indonesia memiliki banyak perusahaan, baik perusahaan yang skalanya sudah besar maupun masih rintisan, tentu seorang mahasiswa administrasi bisnis akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan itu. Berikut beberapa mata kuliah jurusan administrasi bisnis yang dipelajari selama menempuh pendidikan tinggi:

  • Sumber Daya Manusia
  • Operasi Bisnis
  • Keuangan Bisnis
  • Kewirausahaan
  • Manajemen Kepemimpinan
  • Teori dan Perilaku Organisasi
  • Perencanaan Bisnis
  • Ilmu Pemasaran
  • Teori Pengambilan Keputusan
  • Manajemen Risiko dan Asuransi
  • Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial
  • Psikologi Umum
  • Akuntansi
  • Perpajakan
  • Perilaku Konsumen
  • Hak Perlindungan Konsumen, dan lain-lain

Selain itu, jika ingin memiliki karir yang cemerlang, pendapatan tinggi, maka lulusan administrasi bisnis diharapkan memiliki kemampuan di bidang:

  • Analisis
  • Manajerial
  • Berpikir strategis
  • Memecahkan masalah
  • Komunikasi
  • Mengelola organisasi
  • Negosiasi
  • Berpikir kreatif
  • Matematika

Baca Juga: Prospek Kerja Perbankan Syariah dan Perkiraan Gajinya 

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan layaknya jurusan lain.

Berikut kelebihan jurusan administrasi bisnis:

  • Luasnya ilmu yang dipelajari bisa mengantarkan Anda terjun ke persaingan yang semakin ketat.
  • Prospek kerja administrasi bisnis menarik dan mencakup berbagai bidang.
  • Biaya perkuliahan yang cukup ringan.
  • Jika kompeten dan pandai memilih profesi dengan karir bagus, maka penghasilan besar siap menunggu Anda.
  • Ilmu yang dipelajari bisa diterapkan di dunia perkantoran, LSM, bahkan membuka usaha sendiri.

Berikut kekurangan jurusan administrasi bisnis:

  • Adanya persaingan yang ketat harus Anda imbangi dengan peningkatan kemampuan dan kompetensi.
  • Banyaknya teori terkadang bisa membuat hidup Anda jenuh dan monoton.
  • Meskipun ilmu yang diajarkan cukup luas, namun terkesan dangkal. Jadi, Anda harus mengupgrade ilmu dari sumber lain di luar perkuliahan.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Mahasiswa lulusan administrasi bisnis dengan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.B.A) ini umumnya bisa bekerja di berbagai posisi penting di sebuah perusahan dengan gaji berkisar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000-an. Di antara prospek kerja dan perkiraan gajinya secara lebih detail adalah sebagai berikut:

1. Staf HRD

Prospek kerja administrasi bisnis yang pertama adalah menjadi staf HRD. Berbekal ilmu psikologi umum, Anda bisa melamar posisi ini di perusahaan tujuan. Nantinya, Anda akan bertugas merekrut SDM dan mengatur segala hal yang berkaitan dengannya untuk kepentingan perusahaan. Gaji yang Anda peroleh mulai dari Rp 3.000.000-an.

2. Staf Legal

Perusahaan tidak akan pernah lepas dari yang namanya dokumen hukum. Berbekal ilmu hukum yang juga Anda dapat, prospek kerja administrasi bisnis sebagai staf legal cocok Anda perjuangkan. Tugas Anda menyiapkan dokumen, berkas, surat menyurat hukum, dan menangani penelitian hukum atau panggilan pengadilan. Gajinya berkisar Rp 2.000.000 hingga Rp 3.500.000.

3. Staf Pemasaran

Bagi lulusan administrasi bisnis, tentu ilmu pemasaran sudah cukup kental di benak Anda. Prospek kerja administrasi bisnis sebagai staf pemasaran sangat relevan dengan jurusan ini. Nantinya, Anda bertugas untuk melakukan promosi produk perusahaan dan meningkatkan brand awareness di mata konsumen.

Karena umumnya seorang staf pemasaran juga kejar target, maka jika melampaui target Anda bisa mendapat bonus di luar gaji tetap. Sebagai staf junior dengan pengalaman kurang dari 5 tahun, Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 3.000.000. Sementara, jika sudah senior, Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000.

4. Konsultan Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis sebagai konsultan bisnis cukup besar. Anda bisa bekerja di perusahaan, yang berarti Anda masuk ke dalam kategori konsultan internal. Anda juga bisa bekerja di suatu firma konsultan tersendiri, yang berarti Anda masuk ke dalam kategori konsultan eksternal.

Bertugas memberi saran, masukan, serta solusi kepada para pebisnis dan pemimpin perusahaan dalam membuat keputusan bisnis, nantinya Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000. Ini juga tergantung dari banyaknya klien yang Anda tangani.

5. Manajemen Perusahaan

Seorang manajer harus mampu mengambil keputusan, memberi motivasi, pandai berkomunikasi, memberikan saran, melakukan delegasi, dan mengadakan pelatihan. Maka dari itu, Anda harus memiliki kompetensi yang mumpuni, seperti memiliki fokus terhadap kepemimpinan, pengarahan, hingga pengadministrasian perusahaan.

Prospek kerja administrasi bisnis sebagai manajer perusahaan ini umumnya akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000. Namun, alangkah lebih baik jika Anda bisa melamar program Management Trainee untuk bisa menjadi manajer.

Baca Juga: Prospek Kerja Ekonomi Syariah dan Perkiraan Gajinya

6. Staf Administrasi

Disamping menjadi staf pemasaran, prospek kerja administrasi bisnis dengan peluang besar lainnya adalah menjadi staf administrasi. Dalam perusahaan, posisi ini juga cukup beragam, seperti administrasi umum, gudang, perpajakan, dan lainnya.

Memiliki tanggung jawab untuk membuat surat-surat resmi perusahaan dan melakukan rekapitulasi data, seperti surat bukti transaksi, surat domisili, dan surat berharga aset perusahaan, Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

7. Dosen

Jika Anda tertarik untuk memperdalam ilmu administrasi bisnis dan mengajarkannya kepada mahasiswa, Anda bisa melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang S2 hingga S3. Kemudian, ANda bisa menekuni prospek kerja administrasi bisnis sebagai dosen.

Dengan gaji mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan (tergantung kampus), Anda memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Selain mengajar, Anda juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan tersebut dan mempublikasikannya dalam bentuk jurnal.

8. Pebisnis

Banyak sekali ilmu bisnis yang Anda dapat selama kuliah. Yang mana, jika Anda kembangkan untuk membangun bisnis, tentu akan sangat berguna. Selain mengaplikasikan ilmu yang didapat, Anda juga dituntut untuk kreatif dalam membuat bisnis yang mampu bersaing dengan kompetitor. Anda tidak akan mendapat gaji, tetapi akan mendapat omzet dan memberi gaji kepada karyawan.

9. PNS

Cukup banyak formasi yang tersedia untuk prospek kerja administrasi bisnis sebagai PNS. Sebagai PNS, nantinya Anda akan mendapat gaji stabil dengan tunjangan yang bervariasi, tergantung golongan jabatan Anda. Semakin tinggi pendidikan Anda, peluang mendapatkan golongan tinggi dengan gaji besar semakin terbuka lebar.

10. Guru

Menyukai dunia pendidikan dan ingin berkarir di dunia pendidikan tidak harus menjadi dosen. Anda bisa menjadi guru di sekolah yang memang membuka kelas untuk jurusan administrasi maupun akuntansi. Biasanya, seorang guru akan mendapat gaji sekitar Rp 3.000.000 dan ditambah dengan tunjangan lainnya.

11. Pegawai Bank

Prospek kerja administrasi bisnis memang tersedia di dunia perbankan. Perbankan memerlukan cukup banyak lulusan di bidang ini untuk mengatasi berbagai persoalan bank, khususnya yang berkaitan dengan administrasi. Tidak main-main, gaji yang Anda dapat bisa mulai Rp 5.000.000 hingga belasan juta rupiah.

12. Broker Real Estate

Seorang broker memiliki tugas untuk menjadi perantara antara penjual dan pembeli properti (real estate). Bekerja di bawah naungan perusahaan real estate, umumnya Anda bisa mendapat gaji Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000. Gaji ini bisa bertambah jika Anda bisa menjual properti yang ada.

Itulah 12 prospek kerja administrasi bisnis dan perkiraan gajinya untuk Anda. Mayoritas jurusan ini memang memilih untuk meniti karir di perusahaan. Namun, berbekal ilmu bisnis selama kuliah, menjadi pebisnis pun cukup bagus Anda rintis.