11 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan dan Gajinya

Berbicara mengenai dunia pemerintahan dan serba-serbinya, apakah di era sekarang prospek kerja ilmu pemerintahan cukup menarik untuk generasi milenial?

Posisi generasi milenial di era sekarang sangat diperhitungkan dalam pilkada. Generasi ini menjadi salah satu penentu dari kemajuan dan keberhasilan demokrasi di Indonesia.

Kaum milenial memiliki kewajiban untuk memegang kendali dunia politik. Mengkritisi setiap kebijakan pemerintah.

Maka tidak heran jika jurusan ini juga ramai peminatnya, layaknya jurusan hukum dan akuntansi. Lalu, bagaimana prospek kerja ilmu pemerintahan? Apakah luas juga seperti halnya prospek kerja hukum dan prospek kerja akuntansi?

Sekilas tentang Ilmu Pemerintahan

prospek kerja ilmu pemerintahan

Ilmu pemerintahan adalah program studi yang mempelajari berbagai pengelolaan organisasi, manajemen, administrasi, dan kepemimpinan publik untuk melaksanakan kekuasaan negara sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Misalnya saja, lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan lembaga lainnya..

Ruang lingkup ilmu pemerintahan erat kaitannya dengan pelayanan publik dan lembaga negara, yakni berupa asas-asas pemerintahan, fungsi pemerintahan, sistem pemerintahan, bentuk pemerintahan, pembagian kekuasaan, dan lain-lain.

Mata Kuliah Ilmu Pemerintahan

Bagi Anda yang tertarik di dunia pemerintahan, lebih khusus pada pelayanan publik, maka jurusan ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selama menempuh pendidikan tinggi, Anda akan mempelajari berbagai mata kuliah tentang seluk beluk pemerintahan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Sistem Pemerintahan Indonesia
  • Ekologi Pemerintahan
  • Sistem Administrasi Publik
  • Teori Kebijakan Publik
  • Sistem Sosial Budaya Indonesia
  • Statistik Sosial
  • Sistem Pemerintahan Daerah
  • Manajemen dan Komunikasi Pemerintahan
  • Kajian Pelayanan Publik
  • Hingga Proses Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif

Anda juga akan dibekali dengan beberapa keterampilan, seperti kemampuan untuk melakukan negosiasi, komunikasi (publik speaking), analisis, berpikir logis, menyelesaikan masalah, berpikir kritis, serta pengetahuan politik.

Keuntungan Memilih Ilmu Pemerintahan

Di luar gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP), ada banyak keuntungan yang Anda peroleh saat menempuh pendidikan ilmu pemerintahan. Berikut diantaranya:

  • Lulusan ilmu pemerintahan dibentuk agar memiliki wawasan yang luas, peka terhadap isu-isu pemerintahan dan politik. Ini semua bisa Anda jadikan bekal ketika Anda ingin terjun ke dunia media (jurnalistik), politik, dan pemerintahan itu sendiri.
  • Prospek kerja ilmu pemerintahan cukup bagus, sebab Indonesia memerlukan banyak sumber daya yang memahami ilmu pemerintahan agar bisa mewarnai dinamika pemerintahan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.
  • Anda bahkan bisa menjadi aktivis organisasi masyarakat untuk menjadikan masyarakat yang ideal dengan kebijakan yang efektif.

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Seperti yang pernah kami singgung, prospek kerja ilmu pemerintahan cukup bagus. Tidak hanya di sektor pemerintahan, Anda bisa juga bekerja di dunia media, pendidikan, maupun sektor lain yang membutuhkan disiplin ilmu pemerintahan dengan gaji yang sangat kompetitif. Berikut prospek kerja ilmu pemerintahan yang bisa Anda jadikan pilihan karir kedepannya:

1. Aparatur Pemerintah

prospek kerja ilmu pemerintahan
ASN foto: pikiran-rakyat.com

Prospek kerja ilmu pemerintahan yang pertama adalah menjadi aparatur pemerintah. Anda bisa mengajukan diri menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang nantinya mengisi jabatan fungsional negara. Baik itu di tingkat daerah maupun kementerian.

Sebagai lulusan S1, nantinya Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000.  Tidak hanya itu, masa tua Anda juga akan terjamin karena adanya uang pensiun.

2. Politisi

prospek kerja ilmu pemerintahan
Ilustrasi politisi foto: gramedia.com

Prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai politisi cukup banyak dilirik oleh lulusan ilmu pemerintahan. Apa yang melatarbelakanginya?

Pertama, berkarir sebagai politisi menjadi modal awal yang bisa Anda manfaatkan dengan baik agar nantinya Anda bisa memiliki puncak karir dengan menjadi pemimpin pemerintahan atau anggota parlemen.

Kedua, gaji yang akan Anda terima cukup tinggi. Berkisar Rp 15.000.000 hingga Rp 45.000.000.

Namun, tanggung jawab yang diemban tidaklah main-main. Anda harus bisa menyambung informasi dari pemerintah kepada rakyat dan sebaliknya, merumuskan peraturan, menjalankan kebijakan publik untuk kesejahteraan rakyat, dan lain-lain.

3. Diplomat

diplomat
diplomat foto: okezone.com

Dengan gaji Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000-an, seorang diplomat harus bisa menjalin dan meningkatkan hubungan sekaligus kerjasama politik, ekonomi, hukum, keamanan, HAM, serta promosi sosial dan budaya dengan aktor-aktor di negara penerima.

Prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai diplomat akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Sebab, selain menjalankan tugas, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengenal budaya internasional dengan menetap di negara tersebut selama beberapa tahun.

4. Public Relations (Humas)

prospek kerja ilmu pemerintahan
PR

Sebagai lulusan ilmu pemerintahan, humas menjadi profesi yang cukup menjanjikan untuk Anda, loh. Banyak orang mengincar prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai humas ini karena memang penghasilannya yang cukup menjanjikan. Anda bisa mendapat gaji Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Disamping itu, Anda dituntut untuk memiliki kreativitas dalam menciptakan ide, solusi, bahkan menjalin komunikasi dengan klien dan media secara baik. Sebab, peranan humas cukup penting, yakni sebagai cerminan atau jati diri dimana Anda bekerja.

5. Jurnalis (Reporter)

najwa shihab
Najwa Shihab Reporter foto:grid.id

Bukan hanya lulusan komunikasi yang bisa meniti karir menjadi jurnalis. Sebagai lulusan ilmu pemerintahan, Anda pun berpeluang memanfaatkan prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai jurnalis.

Ini karena telah banyak media yang menyajikan tayangan berita tanpa konten lain. Dengan begitu, peluang karir Anda kedepannya masih sangat bagus. Apalagi gajinya cukup besar, Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

Sebagai jurnalis, Anda dituntut untuk memiliki sopan santun, keberanian, dan pengetahuan yang memadai mengenai objek yang sedang Anda teliti. Khususnya jika itu berkaitan langsung dengan para pegawai pemerintahan.

6. Dosen/ Tenaga Pendidik

Profesi yang satu ini tidak pernah lekang oleh waktu.Ya, prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai dosen/ tenaga pendidik selalu dibutuhkan dan memiliki peran penting dalam mencerdaskan masyarakat.

Jika Anda memiliki ketertarikan untuk menguasai teori bahkan tetap update dengan implementasi ilmu pemerintahan, Anda bisa menjadikan profesi dosen sebagai pilihan karir. Anda bisa menempuh pendidikan tinggi setelah sarjana atau mengambil profesi tenaga pengajar.

Di Indonesia, gaji dosen ilmu pemerintahan juga beragam tergantung dimana Anda bekerja dan seberapa tinggi golongan atau jabatan Anda. Namun rata-rata gaji yang didapat berkisar Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan.

7. Konsultan Pemerintahan

Prospek kerja ilmu pemerintahan selanjutnya adalah menjadi konsultan pemerintahan. Profesi ini cocok bagi Anda yang memang berminat untuk mengatasi segala kasus pemerintahan.

Sama seperti tugas konsultan pada umumnya. Sebagai seorang konsultan pemerintahan, tugas Anda adalah untuk merumuskan strategi sekaligus memberikan solusi atas segala kasus pemerintahan yang terjadi.

Nantinya, Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan.

8. Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah

Sudah bisa ditebak, bahwasanya menekuni profesi ini berarti Anda memiliki tugas untuk memeriksa properti pemerintah dan melakukan penyidikan tentang itu. Hal ini penting dilakukan guna memastikan kepatuhan instansi terhadap kebijakan atau aturan yang berlaku.

Sebagai pengawas dan penyelidik properti pemerintah, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000 per bulannya.

9. Pengamat Kebijakan Publik

Anda suka mengkritisi kebijakan-kebijakan politik? Khususnya jika kebijakan tersebut kurang memihak kepada masyarakat?

Profesi pengamat kebijakan publik ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain mengkritisi kebijakan-kebijakan politik, Anda juga akan mempelajari asal usul, perkembangan, sekaligus operasi sistem politik.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 dan mengambil prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai pengamat kebijakan politik, Anda berpeluang untuk mendapat gaji sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp 10.000.000.

10. Peneliti dan Asisten Peneliti

Sebuah pemerintahan memiliki banyak hal untuk digali secara mendalam. Maka, perlu adanya profesi peneliti dan asisten peneliti.

Sebagai lulusan ilmu pemerintahan yang memilih profesi ini, Anda memiliki tugas untuk melihat dan menilai sebuah fenomena yang terjadi di masyarakat, kinerja apa yang harus ditingkatkan oleh pemerintah, apa saja permasalahan yang terjadi di birokrasi dan lainnya.

Untuk gaji, prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai peneliti maupun asisten peneliti bisa mendapat gaji mulai dari Rp 4.000.000 per bulan.

11. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat

Bagi Anda yang memiliki jiwa sosial tinggi, senang membantu dan mengabdikan diri kepada masyarakat, maka melalui bekal pendidikan yang Anda dapat, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi aktivis LSM.

Lembaga non-profit ini akan sangat berguna sebagai sarana untuk menampung, mengelola, sekaligus melaksanakan aspirasi masyarakat, khususnya dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan lain.

Daftar Universitas dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan terbaik di Indonesia

5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan Akreditasi A

  1. Universitas Riau (UNRI)

UNRI merupakan kampus negeri yang ada di kota Pekanbaru. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Untirta merupakan kampus negeri yang ada di Provinsi Banten. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD merupakan kampus negeri yang ada di Bandung. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Brawijaya (UB)

UB merupakan kampus negeri yang ada di kota Malang. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip merupakan kampus negeri yang ada di kota Semarang. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

4 Perguruan Tinggi Swasta dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan Akreditasi A

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY merupakan kampus swasta yang ada di Yogyakarta. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditas unggul.

  1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM merupakan kampus swasta yang ada di kota Malang. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Muhammadiyah Jember (UNMUH Jember)

UNMUH Jember merupakan kampus swasta yang ada di Jember. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

  1. Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar)

Unismuh Makassar merupakan kampus swasta yang ada di Makassar. Universitas ini memiliki jurusan S1 ilmu pemerintahan dengan akreditasi A.

Itulah prospek kerja ilmu pemerintahan yang perlu Anda tahu. Berkat adanya penerapan sentralisasi dan desentralisasi, jurusan ini mengundang Anda untuk tidak hanya bisa memberikan andil besar dalam mengisis pemerintahan publik, tetapi juga bisa memberikan andil besar dalam mengisi pemerintahan daerah. Ini juga ditunjang oleh gesitnya milenial dalam menghadapi setiap perubahan yang ada.