4 Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Sebagai penggemar belanja online, jasa pengiriman sudah tentu menjadi langganan. Namun, karena proses pengiriman membutuhkan waktu, terkadang Anda merasa penasaran terhadap status pesanan Anda. Berbeda dengan belanja offline, dimana barang yang Anda pesan langsung di tangan. Begini cara cek barang JNE sudah sampai atau belum.

Dalam beberapa hal, keterlambatan dalam proses pengiriman mungkin saja terjadi. Hal itu disebabkan karena terdapat beberapa kendala seperti kondisi lalu lintas, masalah internal, dan lain sebagainya. Selain itu, lama pengantaran paket juga tergantung pada jenis paket yang Anda pilih. Pada akhirnya, layanan cek barang pesanan online sangat penting bagi pelanggan.

Dengan mengetahui tracking pesanan Anda, kekhawatiran akan barang tidak sampai tujuan bisa berkurang. Untuk Anda yang sering berlangganan dengan ekspedisi JNE dan penasaran untuk cek barang pesanan Anda, yuk simak artikel cara cek barang JNE sudah sampai atau belum di bawah ini ya.

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Syarat utama yang diperlukan dalam tracking paket JNE yaitu nomor resi. Resi merupakan kode unik berupa huruf dan angka sebagai bukti kwitansi pengiriman yang sah agar dapat digunakan oleh penerima dalam melacak keberadaan paketnya. Nomor resi JNE biasanya akan diperoleh setelah 1×24 jam.

Untuk melacak paket atau barang pesanan Anda bisa dilakukan melalui berbagai cara baik online maupun offline. Diantaranya yaitu dengan menggunakan situs resmi JNE, aplikasi JNE dari Handphone Anda, situs online lainnya (situs pihak ketiga), dan melalui kantor atau outlet JNE terdekat. Berikut selengkapnya:

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Melalui Situs atau Website Resmi JNE:

  1. Buka laman resmi JNE atau langsung saja klik alamat https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  2. Masukkan nomor resi Anda di kolom resi yang tersedia.
  3. Setelah itu, masukkan kode Capcha jika ada.
  4. Kemudian, klik tombol “Search” atau “Tracking”.
  5. Selanjutnya, Anda akan mendapati informasi dalam bentuk tabel yang berisi informasi terkait dengan paket pesanan Anda dan status pengiriman paket Anda.

Penjelasan mengenai beberapa status tersebut, yaitu:

  • Manifested: Paket atau barang pesanan Anda sudah siap untuk dikirim ke alamat tujuan.
  • On Process: Paket atau barang pesanan Anda sedang dalam proses pengiriman atau masih dalam perjalanan menuju daerah tujuan.
  • Shipment Received: Barang sudah diterima dan ditransit.
  • Received at Origin Gateway: Paket atau barang pesanan Anda sudah diterima di Gateway (lajur) untuk dilanjutkan pengiriman ke daerah tujuan.
  • Received at Warehouse: Paket atau barang pesanan Anda sudah diterima di gudang daerah tujuan.
  • Received On Destination: Paket atau barang pesanan Anda sudah diterima di kota tujuan, tetapi belum di antar ke alamat penerima.
  • With Delivery Courir: Paket atau barang pesanan Anda sedang dalam proses pengiriman oleh kurir menuju daerah tujuan (dikirimkan kepada Anda).
  • Delivered: Paket atau barang pesanan Anda sudah sampai tujuan atau sudah diterima.
  • CODA (Closed Once Delivery Attempt): Kurir sudah sampai ke alamat tujuan untuk mengantar paket, tetapi tidak ada yang menerima paket tersebut.
  • NTH (Not At Home): Penerima paket yang tertulis sebagai orang yang memesan paket tidak berada di alamat tujuan.
  • CC (Criss-Cross): Kesalahan yang terjadi akibat paket tertukar.
  • MR (Miss Route): Kesalahan yang terjadi akibat ketidaksesuaian paket yang dikirim (salah antar paket).
  • Re-Delivery: Paket atau barang yang diantar ulang, karena ketika paket sudah sampai sebelumnya, tidak ada penerima.
  • BA (Bad Address): Alamat tujuan yang tidak jelas atau kurang lengkap, sehingga kurir masih menyimpan paket atau barang tersebut di outlet terdekat).

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Melalui Aplikasi MyJNE

myjne

Saat ini, JNE telah memiliki aplikasi MyJNE untuk melacak keberadaan paket Anda. Aplikasi ini memiliki keunggulan lebih yaitu dapat menghitung ongkos kirim sekaligus mengecek resi pengiriman dengan lebih cepat. Cara cek barang JNE sudah sampai atau belum melalui aplikasi MyJNE yaitu:

  1. Unduh dan Install aplikasi MyJNE melalui Google Play Store Anda.
  2. Buka aplikasi MyJNE.
  3. Masukkan nomor resi pesanan Anda pada kolom yang tersedia.
  4. Selanjutnya klik “Cek Resi” dan akan muncul tampilan informasi paket Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan scan barcode yang terdapat di resi paket melalui fitur scan yang ada di Home. Cukup mudah bukan?

Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi MyJNE, yaitu:

  • My Tariff: Salah satu fitur yang disediakan untuk mengecek harga ongkos kirim dari daerah asal menuju daerah tujuan yang disertai dengan berat paket (kg).
  • My COD (Cash On Delivered): Fitur yang menyediakan layanan pengiriman paket ke kota tujuan dengan membayar di tempat atau dibayar saat paket sudah sampai tujuan.
  • My Shipment: Salah satu fitur yang disediakan untuk melacak paket atau barang kiriman JNE (terkait dengan sudah sampai mana paket Anda, bagaimana statusnya dan kira-kira kapan paket tersebut sampai tujuan).
  • My Location: Fitur ini khusus digunakan untuk mengetahui lokasi agen JNE yang tersedia di sekitar daerah Anda.

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Melalui Situs Online Lainnya (Situs Pihak Ketiga)

cara cek barang JNE sudah sampai atau belum

Selain menggunakan situs resmi JNE dan aplikasi JNE, Anda juga dapat mengecek keberadaan paket Anda melalui situs online lainnya seperti cekresi.com, resi.co.id, dan lain-lain melalui browser Anda. Situs online ini melayani jasa pelacakan paket atau barang dari berbagai ekspedisi. Oleh karena itu, Anda dapat memilih pelacakan sesuai ekspedisi yang Anda gunakan. Selengkapnya untuk pelacakan menggunakan ekspedisi JNE, yaitu:

  1. Buka alamat website cekresi.com atau alamat lainnya yang sesuai.
  2. Pilih ekspedisi yang Anda gunakan, yaitu JNE.
  3. Kemudian, klik “Cek Resi” dan sistem akan menampilkan lokasi paket atau barang pesanan Anda saat ini.

Selain menggunakan website, cekresi.com juga telah memiliki aplikasi, cara penggunaannya yaitu Install Cekresi > Buka Aplikasi > Tentukan Ekspedisi (JNE) > Masukkan nomor resi > Klik “Cek Resi” > Selesai.

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Melalui Offline

cara cek barang JNE sudah sampai atau belum

Selain menggunakan cara online, Anda juga dapat melalukan tracking paket secara offline yaitu:

  1. Datanglah ke kantor atau outlet JNE terdekat di sekitar Anda dengan membawa resi pengiriman. Anda bisa menggunakan aplikasi MyJNE atau Google Maps untuk mengetahui keberadaan outlet JNE terdekat.
  2. Temui petugas atau CS dan sampaikan maksud Anda untuk melacak keberadaan paket Anda.
  3. Berikan nomor resi pengiriman kepada petugas dan biarkan petugas membantu Anda dalam melacak keberadaan paket Anda.

Itulah beberapa cara cek barang JNE sudah sampai atau belum ke alamat tujuan yang bisa Anda lakukan. Baik cara cek barang JNE sudah sampai atau belum yang Anda lakukan secara online maupun offline, tentu memiliki preferensi masing-masing. Apabila tracking paket sudah Anda lakukan, bagaimana jika terjadi keterlambatan pengiriman barang JNE?

Solusi Keterlambatan Pengiriman Barang JNE

Sebelum Anda melakukan pemesanan atau pengiriman paket, sebaiknya pahami dulu berapa lama estimasi waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing layanan JNE. Diantaranya yaitu:

  • JNE REG (Reguler): Pengiriman 1-7 hari kerja (tergantung zona daerah tujuan).
  • JNE YES (Yakin Esok Sampai): Pengiriman 1 hari kerja.
  • JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis): Pengiriman lebih lama dari Service Reguler (tergantung zona daerah tujuan).

Jika ternyata pengiriman paket masih terjadi keterlambatan dari estimasi waktu yang diperlukan, Anda bisa mengajukan komplain dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Anda perlu memastikan bahwa alamat yang dicantumkan sudah benar dan lengkap.
  2. Gunakan asuransi sebelum mengirim barang, agar Anda bisa mengajukan klaim ganti rugi kepada pihak JNE jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.
  3. Pastikan nomor resi yang Anda input sudah benar saat tracking paket.
  4. Jika masih mengalami kendala tracking, disarankan untuk Anda menghubungi Customer Service (CS) JNE melalui Telepon: (021) 2927-8888 atau Email: customercare@jne.co.id.

Demikianlah informasi mengenai cara cek barang JNE sudah sampai atau belum berikut dengan solusi keterlambatan barang JNE yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Bagaimana, cukup mudah bukan cara cek barang JNE sudah sampai atau belum melalui situs resmi, aplikasi, situs pihak ketiga, bahkan offline sekalipun? Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar