3 Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir JNE Paling Mudah

Apakah Anda sering merasa khawatir dengan barang yang dikirim melalui jasa ekspedisi JNE? Misalnya salah alamat, pengiriman terlambat, atau bahkan barang tertukar. Tak perlu khawatir, saat ini Anda bisa memeriksa barang tersebut melalui nomor resi dan menghubungi kurir secara langsung loh.

Meskipun memeriksa nomor resi adalah cara termudah, namun sayangnya barang tidak bisa dilacak saat sudah diterima kurir. Sedangkan tidak semua orang paham bagaimana cara menghubungi kurir terlebih dahulu. Oleh karena itu, berikut ini berbagai cara mengetahui nomor telepon kurir JNE.

Sekilas tentang JNE

Cara mengetahui nomor telepon kurir jne
Logo JNE. (CNN Indonesia)

JNE atau PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan ekspedisi yang sudah melayani masyarakat sejak tahun 1990. Bukan hanya barang dan dokumen saja yang bisa dilayani, JNE juga menangani transportasi, distribusi, dan logistik.

Layanan JNE sudah memiliki 6.000 lokasi dengan karyawan sekitar 40.000 orang. Jumlah yang cukup besar tersebut berada di seluruh kota Indonesia. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir saat sedang mengirimkan barang atau membeli barang secara online.

Selain itu, JNE juga telah bekerja sama dengan beberapa e-commerce di Indonesia misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, JNE menerima banyak kepercayaan dari pelanggannya.

Keuntungan Mengetahui Nomor Telepon Kurir JNE

Cara mengetahui nomor telepon kurir jne
Kurir JNE sedang mengirim paket. (Republika)

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh apabila Anda paham cara mengetahui nomor telepon kurir JNE, diantaranya adalah :

1. Dapat mengetahui keberadaan barang

Apabila mengetahui nomor telepon kurir, Anda bisa bertanya sudah sampai mana barang Anda. Selain itu, Anda bisa memastikan barang sudah sesuai dengan pesanan atau belum.

2. Dapat mengetahui waktu barang tiba

Tak hanya bisa menanyakan dimana keberadaan barang, Anda juga bisa menanyakan kapan barang akan dikirimkan ke rumah. Jadi Anda bisa meninggalkan pesan apabila sedang tidak ada di rumah.

3. Bisa memastikan apakah alamat sesuai

Anda bisa mengonfirmasi kembali apakah alamat sudah dituliskan dengan benar atau belum. Hal ini penting sekali karena ada kemungkinan jika kurir salah membaca alamat atau Anda salah dalam menuliskannya.

4. Dapat mengatur janji pengiriman barang

Meskipun kurir akan mengirimkan sesuai dengan jadwal pengirimannya, tapi Anda bisa meminta penundaan waktu jika sedang tidak di rumah. Bahkan Anda bisa memberi tahu tetangga atau orang terdekat untuk menerimanya.

5. Terhindar dari Penipuan

Setelah maraknya pemberitaan mengenai bocornya data e-commerce banyak penipuan yang terjadi dengan cara mengirimkan barang yang tidak sesuai. Dengan mengetahui nomor telepon kurir JNE, Anda bisa mengonfirmasi apakah ada barang yang tidak sesuai pesanan atau tidak.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh apabila Anda mengetahui nomor telepon kurir JNE. Nah, selanjutnya bagaimana cara mengetahui nomor telepon kurir JNE tersebut? Di bawah ini ulasan lengkapnya.

Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir JNE

Kantor counter JNE (Daftar Harga Tarif)
Kantor counter JNE. (Daftar Harga Tarif)

Ada tiga cara mengetahui nomor telepon kurir JNE yang bisa Anda lakukan dengan mudah, baik untuk konfirmasi paket atau alamat rumah.

1. Gunakan nomor resi

Ini adalah cara yang paling mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi pada website resmi JNE, lalu klik lacak. Tunggu beberapa saat dan detail pengiriman paket akan terlihat di laman baru. Anda bisa menggunakan cara ini hanya saat barang atau paketan sudah diterima oleh kurir.

2. Hubungi Call Center Counter JNE

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menghubungi Call Center Counter JNE. Selanjutnya Anda dapat meminta langsung nomor kurir JNE yang hendak mengirim paket.

Anda bisa menghubungi customer service JNE di nomor 021 5086 8880. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi center JNE melalui email di customercare@jne.co.id, media sosial di twitter @JNECare dan di layanan pelanggan askjoni.

Kelebihan dari call center JNE ini adalah, Anda dapat bertanya kapanpun. Karena pelayanan dari customer service ini bisa diakses selama 24 jam penuh.

3. Menyimpan nomor telepon sebelumnya

Meskipun tidak semua pengiriman paket akan dikirim oleh satu orang yang sama, namun tidak ada salahnya menyimpan nomor salah satu kurir. Lalu Anda bisa menanyakan kepada kurir tersebut ketika sedang ingin menerima barang paketan.

Layanan JNE

JNE sedang mengirimkan paket sesuai layanan (99co)
JNE sedang mengirimkan paket sesuai layanan. (99co)

JNE memiliki berbagai jenis layanan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah :

1. COD JNE

Layanan ini dapat Anda gunakan jika ingin melakukan pembayaran saat barang telah sampai. Hebatnya, Anda tidak hanya bisa menggunakan pembayaran non tunai tapi juga metode pembayaran lainnya. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan Anda dan kurir.

2. Super Speed (SS)

Super Speed merupakan layanan yang memiliki kelebihan pada kecepatan pengiriman sesuai dengan waktu yang sudah disepakati.

3. Pesona

Pesona merupakan akronim dari Pesanan Oleh-oleh Nusantara yang dapat mendukung pengiriman makanan khas nusantara yang dapat dipesan langsung dari asal daerahnya.

4. YES

Layanan ini merupakan layanan yang memiliki waktu antar ke tujuan keesokan harinya setelah pemesanan. Pengiriman dapat dilakukan bahkan di hari minggu dan hari libur.

5. REG

REG atau Reguler merupakan pengiriman yang membutuhkan waktu antara 1-7 hari kerja. Waktu pengiriman disesuaikan berdasarkan tujuan pengiriman dan zona daerah.

6. OKE

OKE yang merupakan akronim dari Ongkos Kirim Ekonomis ini memiliki tarif yang ramah dengan kantong Anda. Tentu saja, karena tarif lebih murah dari pelayanan lainnya maka waktu penyampaian kiriman juga lebih lama.

7. JNE Trucking

Apabila Anda ingin melakukan pengiriman dalam jumlah besar, Anda bisa menggunakan layanan JNE Trucking. Sebab layanan ini jauh lebih murah jika paket barang dalam jumlah besar.

Itulah beberapa layanan JNE yang paling sering digunakan masyarakat. Ada beberapa layanan lainnya seperti JNE loyalti card, Jesika (Pengiriman ASI), Money remittance, JNE Pick Up Point, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui nomor telepon kurir JNE, Anda bisa menghubungi kurir untuk mengetahui keadaan paket barang. Jika dengan cara di atas masih tidak bisa menghubunginya, biasanya kurir akan menghubungi Anda terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar