6 Cara Komplain JNE Melalui WA, Telpon, Ask Joni dan CS

JNE menjadi salah satu ekspedisi pengiriman yang sering digunakan oleh pelaku dan konsumen bisnis online. Bagi seller kepuasan pelanggan menjadi faktor terpenting untuk menjaga reputasi tokonya. Biasanya, proses pengiriman yang cepat, aman, dan jauh dari kendala bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Akan tetapi, tidak semua bisa berjalan dengan lancar. Dengan banyaknya barang yang dikirim oleh suatu ekspedisi, JNE misalnya, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi miss pada proses pengiriman barang.

Ntah itu terkait durasi yang terlambat, hilang, ataupun terjadi kerusakan pada barang. Lalu, jika Anda berada di posisi ini, bagaimana cara komplain JNE terkait hal tersebut?

Hal – Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum membahas cara komplain JNE terkait permasalahan pada paket Anda, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini agar komplain Anda berjalan lancar dan cepat diproses oleh pihak JNE. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan:

1. Melakukan Pelacakan Resi

cara komplain jne

Sebelum melakukan komplain, Anda harus melakukan pelacakan resi terlebih dahulu. Anda bisa cek resi pengiriman untuk mengetahui lokasi terbaru dari barang yang Anda kirimkan.

Kunjungi lama https://www.jne.co.id/id/tracking/trace dan masukan nomor resi maka akan terlihat status pengiriman paket kamu.

Jika di status pengiriman menyatakan barang Anda hilang, rusak, atau belum bergerak dari gudang transit, maka Anda bisa mengajukan komplain kepada pihak JNE Express agar segera mendapat penanganan lebih lanjut.

2. Mencatat Keluhan yang Dialami

cara komplain jne

Catat keluhan yang Anda alami untuk disampaikan pada CS JNE. Bagaimana cara menghubungi CS JNE? Anda bisa bertanya di nomor (021) 5086 8880 atau Office (021) 566 5262. Sampaikan kendala yang terjadi pada barang Anda.

Anda harus berterus terang dan tidak bertele tele agar keluhan Anda bisa segera ditangani oleh pihak JNE. Selain itu, Anda juga harus mencatat nomor resi JNE, nama pengirim, nama penerima, alamat asal, alamat tujuan, dan lain sebagainya.

Cara Komplain JNE

Cara Komplain JNE

Ada beberapa cara komplain JNE yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan komplain pada JNE. Berikut ini adalah cara komplain pada JNE yang perlu Anda ketahui:

Baca juga:  5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Sicepat yang Membawa Paket Kita

1. Melalui Halaman Ask Joni

JNE telah menyediakan layanan yang dikhusukan untuk para pelangannya menyampaikan pesan atau keluhan. Layanan ini diberi nama Ask Joni. Layanan Ask Joni JNE ini berupa form online yang bisa Anda isi dengan keluhan dan pihak JNE akan segera menanggapinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan layanan Ask Joni.

  • Buka website resmi JNE melalu www.jne.co.id. Kemudian pilih menu “Hubungi Kami”.
  • Setelah sampai di halaman “Hubungi Kami”, silakan pilih “Ask Joni”.
  • Lalu isi form yang tersedia dengan lengkap, seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Untuk kolm “Subject” silakan pilih “Customer Service”. Kemudian isi keluhan Anda secara singkat dan jelas.
  • Jika lembar form sudah terisi, klik “Send Massage”.

Jika cara komplain JNE di atas sudah Anda terapkan. Silakan tunggu tanggapan dari pihak JNE. Biasanya pihak JNE akan menghubungi Anda melalui nomor telepon yang ada tuliskan di form pengajuan. Jadi, pastikan nomor Anda selalu aktif ya! Jika Ask Joni JNE error, Anda bisa menunggu beberapa saat, lalu mencobanya kembali atau beralih menggunakan cara komplain JNE yang lainnya.

2. Telepon Customer Care

Cara komplain JNE yang bisa Anda gunakan jika tidak bersabar menunggu adalah dengan langsung menghubungi bagian penanganan dari JNE. Anda bisa menghubungi nomor telepon Customer Care (Call Center JNE) di (021) 2927 8888. Anda akan diaraahkan dan dibungkan ke bagian yang menangani masalah paket.

Setelah terhubung, Anda dapat langsung menyampaikan semua masalah yang terjadi pada pengiriman barang Anda. Akan tetapi, Anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum mengajukan cara komplain JNE lewat telepon Customer Care. Berikut beberapa diantara yang harus Anda siapkan:

  • No resi pengiriman.
  • Jenis layanan yang digunakan.
  • Nama, alamat, dan no telepon pengirim.
  • Nama, alamat, dan no telepon penerima.
  • Ciri-ciri paket. Misalnya barang pecah belah, volume paket, dan lain sebagainya.
  • Masalah yang terjadi. Misalnya paket terlambat datang atau tidak bergerak.
Baca juga:  4 Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir J&T Express

Hal-hal tersebut yang biasanya akan ditanyakan oleh pihak JNE saat Anda menghubungi untuk mengajukan komplain. Jadi, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu menyiapkannya agar proses komplain bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

3. Melalui Email

Selain melalui telepon, Anda juga bisa mengajukan cara komplain JNE lewat email Customer Care JNE. Alamat emailnya adalah customercare@jne.co.id. Tuliskan “Subjek” yang menunjukkan keluhan Anda. Di bagian “Body Email” bisa Anda isi dengan keluhan-keluhan Anda.

Ada beberapa hal yang harus Anda cantumkan di “Body Email” seperti no resi pengiriman, jenis layanan yang digunakan, identitas pengirim dan penerima (nama, alamat, dan no telepon), serta jenis barang (pecah belah atau elektronik, dan sebagainya).

Silakan tunggu balasan dari pihak Customer Care JNE. Durasi tanggapannya tergantung seberapa banyak komplain yang sedang terjadi.

4. Melalui Sosial Media JNE

Saat ini pengguna sosial media sudah sangat menjamur. Proses bertukar pesan melalui sosial media lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan besar juga sudah menjadikan sosial media sebagai salah satu media untuk meningkatkan bisnis dan komunikasi dengan pelanggan. Tak terkecuali dengan JNE.

Sosial media menjadi salah satu cara komplain JNE yang bisa Anda gunakan. Sosial media JNE yang bisa Anda hubungi adalah:

  • Facebook : JNEPusat
  • Instagram : jne_id
  • Twitter: jne_id

Silakan mengirim pesan mengenai keluhan Anda melalui sosial media tersebut. Kurang lebih isi pesannya sama seperti yang telah dijelaskan pada bagian cara komplain ke JNE melalui email di atas.

5. Datangi Kantor Cabang Utama JNE Terdekat

Langsung mendatangi kantor JNE terdekat adalah salah satu cara komplain JNE yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mendatangi kantor pusat ataupun kantor cabang terdekat untuk menanyakan ataupun mengajukan komplain mengenai permasalahan pada paket Anda kepada karyawan JNE.

Untuk alamat lokasi kantor cabang JNE di setiap daerahnya bisa Anda ketahui melalui website resmi JNE di bagian menu “Hubungi Kami” lalu pilih “Our Information” atau Anda bisa mengakses link lokasi kantor cabang utama JNE.

Atau kamu bisa mencari dengan format keyword “JNE Kantor Cabang Utama nama_kota”. Hanya cabang utama JNE yang melayani komplain dari customer, jika kamu pergi ke agen JNE maka kamu akan diarahkan ke cabang utama.

Baca juga:  4 Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

6. Cara Komplain JNE lewat WA

JNE tidak memiliki nomor WA untuk melayani komplain dari customer, sebagai gantinya customer bisa komplain melalui 5 cara di atas. Namun, kamu masih bisa mengetahui nomor kurir JNE dengan cara datang ke kantor cabang terdekat dan beri alasan kenapa kamu membutuhkan nomor WA kurir.

Jika alasan komplain kamu dapat diterima maka, petugas JNE akan memberikan nomor WA kurir yang membawa paket kamu. Selanjutnya kamu dapat menghubungi dan memberikan komplain kepada kurir yang bertugas.

Nah, itulah cara komplain JNE yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ataupun bertanya mengenai permasalahan yang ada pada paket Anda.

Baca juga: Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Apa yang harus dilakukan jika paket JNE tidak sampai?

Kamu bisa mengajukan komplain atas kendala terkait pengiriman paket JNE melalui nomor telepon (021) 2927 8888. Atau, bisa juga komplain melalui email customercare@jne.co.id, medsos JNE, Ask Joni atau datang langsung ke kantor Cabang Utama JNE terdekat.

Kenapa paket JNE masih on process terus?

Jika saat kamu cek resi dan muncul status paket Anda tertulis on process, bisa jadi resi kamu belum diupdate oleh pihak agen JNE yang mengirim. Kamu bisa langsung menanyakan kepada agen JNE tempat kamu menyerahkan paket tersebut.

Apakah JNE ada no WA?

Ada, tetapi kamu harus meminta nomor WA tersebut secara langsung kepada karyawan di Kantor Cabang Utama JNE.

Termasuk bagaimana jika Anda ingin tahu cara komplain JNE salah alamat dan cara komplain JNE barang rusak. Anda bisa langsung ikuti cara di atas dan menjelaskan secara lebih spesifik terkait kesalahan alamat. Semoga bermanfaat!

Bagikan: