Simak 4 Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir J&T Berikut!

Cara mengetahui nomor telepon kurir J&T – Menunggu kiriman paket atau barang pesanan saat berbelanja online sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi sebagian Anda mungkin itu menjadi hal yang menjemukan hingga tidak sabar lagi untuk menunggu. Pada akhirnya, membuat Anda penasaran sudah sampai manakah paket tersebut.

Sebenarnya, Anda dapat melacak keberadaan paket menggunakan resi pengiriman yang Anda terima setelah melakukan pemesanan online. Namun, Anda juga dapat melakukan tracking paket dengan menghubungi langsung kurir yang mengantar paket Anda. Hal ini berlaku ketika paket Anda sudah berada di kota atau kabupaten tujuan.

Untuk menghubungi kurir, tentu saja Anda harus tahu nomor teleponnya. Dalam hal ini, mudah sekali untuk mengetahui nomor telepon kurir J&T. Namun, ternyata sebagian besar masih belum tahu cara mendapat nomor telepon tersebut, mungkin juga termasuk Anda. Lalu, bagaimana cara mengetahui nomor telepon kurir J&T? Yuk, simak artikel cara mengetahui nomor telepon kurir J&T di bawah ini ya.

Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir J&T

cara mengetahui nomor telepon kurir J&T

Salah satu transparansi yang sangat penting dalam melakukan transaksi online dan menggunakan jasa pengiriman paket adalah dengan mengetahui keberadaan paket tersebut selama proses pengiriman. Oleh karena itu, berbagai ekspedisi telah mencoba memberikan layanan kepada pelanggan untuk dapat melacak keberadaan paket mereka.

Salah satunya yaitu ekspedisi J&T Express. Selama bertahun-tahun, J&T telah memberikan pelayanan tracking paket pada pelanggan dengan cukup mudah, baik melalui resi maupun nomor telepon atau whatsapp langsung dari kurir J&T yang mengantar paket Anda. Namun, masih banyak pelanggan J&T yang belum mengetahui hal tersebut.

Dengan mengetahui keberadaan paket melalui kurirnya, Anda akan terbebas dari rasa khawatir terhadap kemungkinan paket tidak sampai tujuan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui secara langsung apabila terdapat masalah keterlambatan dalam proses pengiriman. Berikut selengkapnya mengenai cara mengetahui nomor telepon kurir J&T.

  1. Menyiapkan Resi Pengiriman Paket

Langkah pertama cara mengetahui nomor telepon kurir J&T yaitu dengan menggunakan nomor resi. Sama halnya untuk melacak keberadaan paket atau tracking paket menggunakan nomor resi. Jadi, pastikan Anda telah memiliki nomor resi pengiriman paket Anda.

  1. Menginstall Aplikasi J&T Express Indonesia

Langkah kedua cara mengetahui nomor telepon kurir J&T yaitu, Anda perlu mendownload atau menginstall aplikasi J&T Express Indonesia. Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis dan mudah melalui Goole Playstore atau Appstore yang terdapat di Handphone atau Android yang Anda miliki. Anda juga perlu memperhatikan pemilik aplikasi yaitu PT. Global Jet Express.

  1. Melacak Resi Pengiriman atau Scan Barcode

Langkah selanjutnya cara mengetahui nomor telepon kurir J&T yaitu, bukalah aplikasi J&T yang telah terinstall di Handphone atau Android Anda. Kemudian, masukkan nomor resi pengiriman paket melalui kolom “Lacak Resi” secara manual atau dengan menyalin dari marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan scan barcode pada halaman yang tersedia. Jika sudah, maka Anda tinggal klik “Cari” dan tunggulah beberapa detik.

  1. Klik Status yang Sedang Dikirimkan Kurir

Di halaman baru, akan muncul tampilan informasi berupa status pengiriman paket Anda mulai dari awal hingga proses terakhir pengiriman. Dari sini, cara mengetahui nomor telepon kurir J&T yaitu dengan mengklik status yang “Sedang dikirim oleh nama kurir”, bukan status “Drop Point Kota”. Jika sudah benar, akan muncul nomor telepon atau whatsapp kurir yang mengantar paket Anda, jika salah yang akan muncul yaitu alamat drop point dan nomor telepon.

Nah, bagaimana cara mengetahui nomor telepon kurir J&T, cukup mudah bukan? Dalam hal ini, cara mengetahui nomor telepon kurir J&T hanya dapat dilakukan via aplikasi J&T Express Indonesia. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menemukan nomor telepon kurir J&T melalui website resmi J&T maupun situs online lainnya (situs pihak ketiga).

Cara Menghubungi Kurir J&T

cara mengetahui nomor telepon kurir J&T

Setelah Anda mendapatkan nama dan nomor telepon kurir yang bertugas mengantarkan paket Anda, Anda dapat langsung menghubunginya untuk mengetahui keberadaan paket Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan menghubungi kurir tersebut, yaitu:

  1. Melakukan Panggilan melalui Whatsapp

Sebaiknya, Anda tidak melakukan panggilan via telepon secara langsung. Biasanya, nomor kurir tersebut terdaftar dalam Whatsapp. Sehingga, Anda dapat menyimpan terlebih dahulu nomor kurirnya dan setelah muncul Whatsapp Anda bisa melakukan chat atau telepon via Whatsapp untuk menghemat pulsa.

  1. Menghubungi Kurir Pada Jam Kerja

Sebaiknya Anda menghubungi kurir J&T tersebut pada jam kerja mulai dari 08.00 – 17.00 WIB. Karena kurir juga manusia yang membutuhkan istirahat, tidak disarankan bagi Anda menghubungi di waktu istirahat atau selain jam waktu kerja.

  1. Menggunakan Bahasa yang Santun dan Jelas

Untuk meminta informasi keberadaan paket Anda pada kurir, sebaiknya gunakanlah bahasa yang santun dan jelas, serta langsung pada intinya (tidak bertele-tele).

  1. Sabar dan Tidak Terburu-buru

Jika panggilan telepon tidak dijawab atau pesan whatsapp belum dibalas, sebaiknya Anda bersabar. Mungkin saja kurir tersebut sedang dalam perjalanan mengendarai motor untuk mengantar paket ke alamat calon penerima. Sehingga, kurir tidak bisa selalu stand by seperti Customer Service (CS).

  1. Menghubungi Drop Point Terakhir Penerima Barang

Terakhir, jika nomor telepon kurir yang tertera di aplikasi tidak aktif, sebaiknya Anda menghubungi drop point terakhir yang menerima barang. Namun, apabila Anda khawatir terhadap paket Anda, akan lebih baik jika Anda langsung menjemput paket tersebut di kantor cabang J&T terdekat dengan membawa resi pengiriman.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda sebagai pelanggan dan kurir yang mengantar paket dapat saling menghargai, sehingga pelayanan yang diberikan maupun yang diterima dapat dirasakan secara maksimal. Karena dalam setiap proses pengiriman paket atau barang selalu membutuhkan waktu yang tidak instan, walaupun one day service.

Alur Pengiriman Paket atau Barang di J&T

Agar tidak menduga hal yang negatif pada kurir, berikut alur pengiriman paket atau barang di J&T Express Indonesia yang perlu Anda ketahui:

  • Pertama, penyerahan paket atau barang dari pelanggan (pengirim) ke drop point J&T.
  • Paket atau barang dari drop point J&T tersebut kemudian dikirim menuju warehouse (gudang) kota penerima.
  • Setelah itu, paket atau barang dari warehouse penerima dikirim menuju drop point J&T terdekat dari alamat penerima.
  • Terakhir, paket atau barang tersebut di antar oleh kurir menuju ke alamat penerima.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen J&T: Syarat, Biaya, dan Keuntungan

Call Center J&T Express

Jika Anda menemui kendala yang cukup rumit dalam proses pengiriman paket atau barang tersebut, Anda juga dapat menghubungi call center J&T Express di bawah ini:

  • Nomor Call Center J&T Express: (021) 8066 1888

Dengan menghubungi via telepon, Anda akan lebih mudah menyampaikan keluhan dan meminta solusi secara cepat karena dapat berbicara dua arah secara langsung dengan Customer Service.

Menghubungi via email menjadi salah satu media yang tepat bagi Anda yang ingin menyampaikan keluhan dengan tulisan.

  • Media Sosial J&T Express

Bagi Anda yang suka menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi, Anda juga dapat menyampaikan keluhan dan saran melalui media sosial resmi J&T berikut:

  • Line: @jtexpressid
  • WeChat: @JTExpressID
  • Facebook: J&T Express Indonesia
  • Instagram: @jntexpressid
  • Twitter: @jntexpressid
  • YouTube: J&T Express Indonesia

Demikianlah beberapa informasi seputar cara mengetahui nomor telepon kurir J&T. Cara mengetahui nomor telepon kurir J&T ini terbilang cukup mudah dan tidak ribet, bukan? Asalkan Anda memiliki aplikasi J&T Express Indonesia, tracking paket menjadi hal yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda ya.

Tinggalkan komentar