Cara Daftar Kurir Shopee Express 2024, ini Syarat & Linknya

Bagaimana cara daftar kurir Shopee Express? Jika melihat informasi yang ada, biasanya pendaftaran kurir Shopee Express bisa dilakukan secara online. Anda tidak perlu datang secara langsung ke kantor terdekat untuk mengirim berkas lamaran.

Dalam tulisan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah atau cara daftar kurir Shopee Express secara detail. Lengkap dengan beberapa persyaratan, baik dari kualifikasi diri maupun dokumen yang harus Anda siapkan sebelum mengajukan lamaran.

Mengenal Kurir Shopee Express

cara daftar kurir shopee express

Shopee Express adalah salah satu jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia yang disediakan oleh Shopee. Meskipun kantor pusat Shopee ada di Singapura, namun jangkauan bisnisnya sampai ke Indonesia.

Maka tidak heran, melalui layanan ini para pengguna bisa melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia hingga ke mancanegara.

Berbicara mengenai tugas, sebenarnya tugas kurir Shopee Express tidak jauh berbeda dengan Driver Shopee Food, yaitu mengirim atau mengantar paket atau barang dari para pembeli di Shopee ke tempat tujuan yang menjadikan Shopee Express sebagai pilihan jasa pengirimannya.

Syarat Menjadi Kurir Shopee Express

Jika Anda ingin menjadi kurir Shopee Express, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan perusahaan. Mulai dari kualifikasi hingga berkas lamarannya. Simak penjelasan detailnya berikut ini:

Kualifikasi yang dibutuhkan:

  1. Laki-laki
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Usia minimal adalah 18 tahun dan usia maksimal adalah 35 tahun
  4. Memiliki kendaraan roda dua/ moto (kurir motor) maupun kendaraan roda empat/ mobil (kurir mobil) dalam kondisi normal jalan
  5. Tingkat pendidikan terakhir adalah SMA/ SMK/ Sederajat
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik
  7. Memiliki ponsel
  8. Memahami rute perjalanan
  9. Sehat secara jasmani dan rohani.

Dokumen penting yang harus dipenuhi:

  1. KTP aktif (masih berlaku)
  2. SIM C aktif (kurir motor) dan SIM A aktif (kurir mobil)
  3. Memiliki surat domisili RT/ RW
  4. STNK Surat-surat motor dengan pajak jalan
  5. Buku Rekening
  6. NPWP.

Semua persyaratan tersebut bisa Anda lengkapi terlebih dahulu sebelum menginput atau mengirim lamaran secara online. Tentunya, disesuaikan juga dengan jenis kendaraan yang akan Anda pakai untuk menjadi kurir, baik motor atau mobil.

Baca juga:  Profesi Kurir: Tugas dan Tanggung Jawab, serta Gaji Kurir

Cara Daftar Kurir Shopee Express Online

Setelah mengetahui syarat menjadi kurir Shopee Express, saatnya kini Anda harus mengetahui cara daftar kurir Shopee Express.

Seorang kurir Shopee Express biasanya akan bekerja di beberapa layanan, seperti Shopee Express Instan, Reguler, Same Day, dan lainnya. Berikut cara daftar mitra kurir Shopee Express:

Daftar Kurir Shopee

Buka browser HP kemudian kunjungi link pendaftaran Shopee Express di halaman berikut:

Catatan : Link akan aktif jika pihak Shopee sedang membuka rekrutmen kurir Shopee Express. Jadi jika link tersebut tidak dapat diakses maka Shopee belum membuka lowongan untuk posisi kurir.

Pendaftaran sesuai dengan domisili bisa membuat perusahaan mempercepat proses interview Anda.

2. Isi dan Lengkapi Formulir Pendaftaran

Anda akan dibawa ke halaman formulir. Isilah semua kolom formulir yang diminta dengan jujur dan jangan sampai ada kolom yang terlewatkan.

  1. Pilih jenis kurir sesuai kendaraan (mitra kurir motor atau mitra kurir mobil)
  2. Masukkan data diri (Nama lengkap sesuai KTP, Nomor KTP (16 digit), Tanggal lahir, Jenis kelamin, dan Umur/ usia)
  3. Masukkan kontak pribadi (Alamat email, Nomor HP 1 (WA), Nomor HP 2)
  4. Masukkan nomor NPWP (opsional)
  5. Input data bank (Nomor rekening, Kantor cabang pembuatan rekening)
  6. Pilih lokasi HUB sesuai dengan tempat tinggal Anda
  7. Masukkan alamat rumah (Nama jalan atau gang, Nomor rumah, RT/ RW, Kelurahan, Kecamatan)
  8. Isi data SIM (Nomor SIM, Tanggal berlaku SIM)
  9. Masukkan data kendaraan (Data merek motor/ mobil, Tahun pembuatan motor/ mobil, Nomor polisi kendaraan)
  10. Masukkan data STNK (Nomor STNK, Tanggal berlaku STNK, Tanggal berlaku pajak kendaraan)
  11. Lengkapi kolom lainnya.

Pastikan nomor dan email yang didaftarkan aktif dan bisa digunakan. Setelah itu, scroll kembali dari atas ke bawah dan cek satu per satu setiap kolom yang telah Anda isi tadi. Jika ada dokumen yang kurang lengkap, maka permohonan bisa saja tidak diterima.

3. Klik Kirim Formulir

Daftar Kurir Shopee

Jika sudah benar dan terisi semua, selanjutnya scroll halaman ke paling bawah dan klik tombol kirim tersebut.

Baca juga:  Cara Komplain JNE Lewat WA, Telepon, dan Live Chat

4. Ikuti Proses Interview

Setelah menyelesaikan pengisian form daftar kurir Shopee yang Anda harus lakukan adalah menunggu. Tunggu beberapa hari sampai Anda mendapat panggilan interview.

Pastikan nomor HP yang digunakan untuk mendaftar tadi masih dalam kondisi aktif agar tidak ketinggalan pengumuman.

5. Tunggu pemberitahuan Hasil Seleksi

Terakhir, jika Anda lolos interview, maka Anda akan mendapat pemberitahuan dari Shopee. Itulah cara daftar kurir Shopee Express.

Penting : Pendaftaran mitra pengemudi Shopee Express tidak dipungut biaya (gratis). Sehingga, jika ada pihak yang meminta imbalan uang, bisa dipastikan bahwa informasi lowongan pekerjaan tersebut hoax. Jangan mudah tergiur juga untuk mengisi link diluar website resmi Shopee ya.

Baca juga: Cara Daftar Kurir Paxel

Lowongan Kurir Shopee Express Terdekat

Ada cara lain mencari lowongan kurir Shopee tanpa melalui formulir diatas. Biasanya agen Shopee Express di tiap daerah akan membuka lowongan sendiri.

Ada 2 cara untuk mendaftar kerja di agen Shopee Express terdekat di kota Anda secara online dan offline:

loker kurir shopee
  1. Pertama, datang langsung ke agen Shopee Express / SPX terdekat dan menanyakan apakah mereka sedang membuka lowongan atau tidak. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen lamaran yang dibutuhkan.
  2. Kedua, melalui portal media online, sosial media, dan pencarian Google. Anda bisa mencari loker kurir Shopee dengan mengetikan keyword “loker kurir Shopee Express terdekat” nantinya akan muncul beberapa pilihan situs yang menyediakan lowongan dan pilih lokasi loker terdekat.

Disetiap situs akan menyediakan formulir atau nomor kontak yang bisa dihubungi untuk mendaftar menjadi kurir Shopee.

Sistem Kerja Kurir Shopee Express

Secara lebih detail, sistem kerja seorang kurir Shopee Express menerapkan sistem shifting yakni dengan masa kerja 6 hari dan libur 1 hari dalam sepekan. Jam kerja tersebut akan diperbarui setiap 2 bulan sekali.

Terkait cara kerja, berikut ini adalah cara kerja kurir Shopee Express ketika mengantarkan barang kepada pembeli di Shopee:

  1. Kurir Shopee Express datang ke kantor sesuai jadwal shift
  2. Selanjutnya, kurir melakukan absensi
  3. Kurir mengambil dokumen pengiriman paket
  4. Selanjutnya, kurir menyusun paket ke kendaraan sesuai dengan data yang ada
  5. Apabila paket sudah disusun dengan rapi, paket akan segera diantar ke tujuan penerima
  6. Tidak hanya mengirim paket ke alamat tujuan, kurir biasanya juga mengambil paket dari pada pelanggan
  7. Apabila paket yang telah diambil oleh kurir masuk ke kantor sebelum jam 13.00, maka paket tersebut akan dikirim pada hari yang sama
  8. Namun, apabila paket yang telah diambil oleh kurir masuk kantor melebihi jam 13.00, maka paket tersebut akan dikirim pada hari berikutnya.
Baca juga:  Same Day Artinya? Ini Perbedaannya dengan Pengiriman Biasa

Shift Kerja Kurir Shopee Express

Hari kerja kurir Shopee Express adalah 6 hari dalam seminggu dengan sistem shift pagi dan malam. Setiap shift kurir bekerja selama 7 – 8 jam per hari. Sementara, jam operasional Shopee Express mulai dari pukul 08.00-20.00.

Jam operasional berlaku untuk semua layanan pengiriman Shopee termasuk Shopee Express Instant. Sebagai tambahan informasi, berat maksimal paket pengiriman Shopee Express adalah 50 kg,

Keuntungan Menjadi Kurir Shopee Express

Kurir Shopee Express memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilirik oleh pencari kerja di bidang logistik. Tentu hal ini karena dengan menjadi kurir Shopee Express, Anda akan mendapat banyak keuntungan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Gaji kurir Shopee Express cukup tinggi jika dibanding dengan jasa layanan pengiriman lainnya. Semakin banyak paket yang berhasil dikirim, semakin besar gaji yang didapat oleh mitra pengemudi
  2. Sistem kerjanya sangat transparan
  3. Ada bonus insentif yang bisa menambah penghasilan
  4. Area kerja tersebar luas di seluruh Indonesia
  5. Potensi tersedianya pekerjaan akan selalu ada. Ini karena semakin sekarang, semakin banyak orang yang membutuhkan jasa layanan pengiriman barang dan semakin banyak pengguna Shopee.

Secara keseluruhan, cara daftar kurir Shopee Express ini cukup mudah dan praktis. Anda bisa menghemat tenaga, waktu, sekaligus biaya selama proses seleksi berlangsung. Tanpa harus datang ke kantor terdekat untuk mengirimkan berkas lamaran.

Jika nantinya Anda terpilih untuk mengikuti proses interview, lakukanlah dengan maksimal dan semoga hasil akhirnya memuaskan, Anda bisa menjadi kurir Shopee Express.

Mengingat, mendapatkan pekerjaan di masa sekarang juga tidak mudah dan selama ada peluang yang persyaratannya sesuai dengan Anda, coba saja. Ditambah lagi gaji yang didapat juga cukup tinggi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar