Gaji Kurir Shopee Express 2023 : Insentif, Jam Kerja & Tugas

Shopee menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung website terbanyak yaitu mencapai 93,44 juta pengunjung website dibanding marketplace lainnya di Indonesia.

Begitupun dengan jasa kurirnya yang semakin banyak, baik jasa kurir sebagai rekanan Shopee atau jasa kurir internal Shopee (kurir Shopee Express).

Banyak orang tertarik untuk menjadi kurir shopee express dan penasaran tentang gaji kurir shopee express. Lalu, berapa gaji kurir Shopee Express yang perlu Anda tahu? Dan bagaimana caranya agar bisa menjadi kurir Shopee? Berikut penjelasan lengkapnya.

Layanan Shopee Express

Terdapat beberapa layanan ekspedisi rekanan Shopee, yaitu Go-Send (Sameday dan Instant), JNE (REG, OKE, YES), J&T Express, Standar Ekspres (dari luar negeri), POS Kilat Khusus, Grab Express (Sameday dan Instant), dan SiCepat Ekspress (REG dan HALU). Serta, layanan ekspedisi internal Shopee yaitu Shopee Express (Standar dan Sameday).

Jenis LayananDurasi Pengiriman
StandartDiterima setelah 2-7 hari setelah paket diserahkan ke kurir
HematDiterima setelah 2-14 hari setelah paket diserahkan ke kurir
SamedayDiterima setelah 6 jam setelah paket diserahkan ke kurir
InstanDiterima setelah 3 jam setelah paket diserahkan ke kurir

Untuk ekspedisi rekanan Shopee dan Shopee Express Standar, layanannya bisa menjangkau sekitar 27 provinsi di seluruh Indonesia. Pun bisa menjangkau di berbagai kabupaten dan kota yang ada di setiap provinsi.

Berbeda dengan ekspedisi Shopee Standar, untuk Ekspedisi Shopee Express Sameday hanya bisa menjangkau 3 provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Pun dengan kota-kota jangkauannya hanya menjangkau Tangerang Selatan, Tangerang, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Bekasi, Kab. Bekasi, dan Depok.

Baca juga:  10 Prospek Kerja Lulusan SMK dengan Gaji Besar

Sistem Gaji Kurir Shopee Express

Baik menjadi kurir Shopee atau kurir Shopee Express, biasanya tidak mengalami perbedaan yang signifikan dari segi gaji. Rata-rata perolehan gaji kurir Shopee sebesar 2 hingga 4,5 juta per bulan, sangat bergantung pada kinerja dan lokasi operasional kurir.

Namun bisa dikatakan, gaji kurir Shopee Express terbilang besar dan cukup tinggi karena kisarannya di atas rata-rata UMR. Besaran gaji yang diterima oleh kurir Shopee Express didasarkan dari upah minimun di daerah masing – masing dan juga banyaknya paket yang dikirim oleh kurir.

Pada awalnya, Shopee menetapkan tarif untuk kurir Shopee Express sebesar Rp 5.000 per paket. Kemudian, ada sedikit penurunan menjadi Rp 3.500 sebelum akhirnya berubah menjadi Rp 2.200 untuk fee setiap paket yang berhasil dikirimkan.

Sistem Insentif Kurir Shopee

Berikut adalah contoh perhitungan bonus kurir, misalnya, kurir berhasil mengirim 50 paket per hari. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Gaji = jumlah paket x Insentif per paket
  • Gaji kurir Shopee : 50 x Rp2.200 = Rp110.000 per hari.

Jika dalam sebulan kurir tersebut konsisten mengirim 50 paket per hari maka, Total gaji yang diterima oleh kurir Shopee Express sebesar Rp110.000 x 30 = Rp3.300.000 per bulan. Namun, perlu diingat perhitungan diatas hanya simulasi dan nominal angka bergantung pada wilayah tempat kurir bekerja.

Dengan gaji pokok yang akan diterima kurir, kurir pun akan mendapat uang tunjangan atau insentif kendaraan, tunjangan uang makan, dan beberapa tunjangan untuk keperluan lain-lain.

Gaji kurir Shopee Express akan diakumulasikan dari banyaknya jumlah paket yang dikirim ditambah dengan tunjangan – tunjangan yang menjadi hak kurir shopee express kemudian akan dibayarkan di awal bulan. Sistem gaji kurir Shopee Express tidaklah rumit dan mudah dipahami, bukan.

Baca juga: Gaji Shopee Food

Tugas Kurir Shopee Express

gaji kurir Shopee

Dengan besaran gaji kurir Shopee Express yang bisa dikatakan diatas rata-rata UMR maka tugas dan kewajiban dibebankan pun setimpal dengan gaji kurir Shopee Express yang ditawarkan yakni sebagai berikut :

  1. Memeriksa dokumen paket yang hendak dikirimkan
  2. Menyusun paket paket yang akan dikirimkan sesuai urutan rute pengiriman
  3. Mengirimkan paket dengan aman dan sesuai tujuan
  4. Memastikan keadaan paket serta kerahasiaannya diterima secara aman hingga sampai di tempat penerima
  5. Menjemput serta memastikan kelengkapan data paket yang akan dikirim dari seller Shopee
  6. Setelah pake dikirim kurir harus membuat laporan pengiriman dan diserahkan kepada petugas Shopee Express agar diinput ke database shopee
  7. Kurir harus menyertakan seluruh proses pengiriman dalam laporan yang dibuatnya.
Baca juga:  Gaji Karyawan Tokopedia 2023 dan Tunjangannya

Baca juga: Gaji Kurir J&T Express

Jam Kerja Kurir Shopee Express

Dengan gaji kurir Shopee Express yang disebutkan di atas, kurir Shopee Express dibebankan jam kerja selama 6 hari dalam seminggu dengan sistem kerja shift atau bergantian dengan kurir lainnya. Satu shift berlangsung selama 7 hingga 8 jam sehari.

Kurir harus masuk kerja sesuai dengan jadwal shift yang telah ditentukan yang biasanya akan berubah setiap dua bulan sekali.

Jam operasional shopee express adalah mulai pukul 08.00-20.00 maka jam tersebut juga menjadi jam operasional kurir shopee express. Kurir diwajibkan masuk sesuai jadwal shift meskipun pada hari minggu maupun hari libur.

Jam operasional di atas berlaku untuk semua jenis pengiriman Shopee Express baik itu Shopee Express standard, sameday, hemat, maupun instant dan berlaku di seluruh Indonesia.

Walau demikian, berat maksimal pengiriman barang menggunakan Shopee Express ada batasnya, loh. Yaitu, kurang dari 50 kg. Apabila barang Anda lebih dari 50 kg, maka bisa menggunakan jasa ekspedisi lainnya yang termasuk dalam rekanan Shopee.

Begitupun dengan durasi pengiriman, tergantung pilihan layanan yang Anda gunakan. Untuk layanan Standar di Pulau Jawa, biasanya memakan waktu sekitar 1-3 hari.

Sedangkan, apabila menggunakan layanan ekspedisi Sameday, barang yang telah diambil kurir sebelum jam 13.00 WIB, oleh kurir akan dikirim di hari yang sama. Apabila diambil kurir setelah jam 13.00 WIB, maka akan dikirim di hari berikutnya.

Artikel terkait:

Syarat dan Cara Daftar Kurir Shopee

Berikut ini adalah Syarat dan cara mendaftar menjadi kurir Shopee Express.

Syarat Menjadi Kurir Shopee Express

Secara umum, syarat untuk menjadi kurir di layanan ekspedisi manapun hampir sama. Secara khusus, untuk menjadi kurir di Shopee, Anda harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

  • Laki-laki
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun
  • Pendidikan terakhir yaitu SMA/SMK atau sederajat
  • Mempunyai kendaraan berupa motor
  • Memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Memiliki HP
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Paham dengan rute perjalanan
  • Sehat jasmani dan rohani.
Baca juga:  Profesi Kurir: Tugas dan Tanggung Jawab, serta Gaji Kurir

Baca juga: Gaji Kurir Deliveree

Cara Daftar Kurir Shopee Express

Setelah memenuhi persyaratan di atas kamu bisa langsung mengirikan lamaran menjadi kurir Shopee. Ikuti cara daftar dibawah ini:

  1. Carilah informasi terkait rekrutmen jasa kurir di Shopee
  2. Apabila sudah menemukan, segera ajukan surat lamaran dan persyaratan di atas untuk dikirim kepada pihak rekruter
  3. Tunggu beberapa hari untuk mendapat panggilan sekaligus interview. Pastikan no HP yang Anda gunakan untuk mendaftar tetap aktif, ya!
  4. Tunggulah informasi selanjutnya dari pihak rekruter, apakah Anda lolos interview atau tidak
  5. Apabila lolos, Anda akan segera mendapat panggilan bekerja untuk menjadi kurir Shopee.

Gimana, apakah kekepoan Anda tentang gaji kurir Shopee Express dan cara menjadi kurir Shopee sudah terjawab ? Dengan nominal segitu, layanan jasa kurirnya tidak terbatas pada mengirimkan barang untuk pembeli, tetapi juga menjemput barang dari penjual, loh. Yaitu sistem Drop Off dan sistem Pick Up. Selamat berjuang !

Bagikan:

Tinggalkan komentar