7 Cara Melihat Barang Yang Sudah Dibeli di Shopee

Cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee – Setelah melakukan pemesanan online melalui E-Commerce maupun toko online, langkah selanjutnya yaitu melakukan pembayaran paket. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan barang yang dibeli sebelum benar-benar melakukan check out. Agar Anda merasa yakin terhadap barang yang akan dibeli.

Menjadi pelanggan Shopee, yang merupakan E-Commerce terbesar di Indonesia, memiliki banyak keuntungan. Mulai dari pilihan barang yang beragam, harga terjangkau, diskon ongkir, dan promo-promo lainnya yang tentu disukai oleh pengguna Shopee. Selain itu, Shopee juga bekerja sama dengan berbagai ekspedisi ternama di Indonesia untuk mempermudah pengiriman barang konsumen.

Tidak hanya itu, Shopee juga memiliki fitur layanan untuk melihat barang yang sudah dibeli konsumen. Sehingga, konsumen pun dapat ikut memantau keberadaan paketnya selama proses pengiriman berlangsung. Kira-kira bagaimana cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee? Jika Anda penasaran, yuk cek artikel cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee di bawah ini ya.

Sekilas Tentang Shopee

shopee

Sebagai platform E-Commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee memberikan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat kepada pelanggan melalui pembayaran dan dukungan logistik yang kuat. Shopee memulai usahanya sebagai pasar konsumen ke konsumen (C2C) dan beralih ke hibrida C2C dan bisnis ke konsumen (B2C).

Sebagai platform yang menjual berbagai macam barang, Shopee tidak hanya menyediakan produk lokal saja tetapi juga menyediakan beberapa produk dari luar negeri. Oleh karena itu, Anda yang memesan barang dari luar negeri tidak perlu khawatir dalam melacak paket yang dipesan. Karena Shopee juga bekerja sama dengan beberapa ekspedisi yang melayani jasa pengiriman luar negeri. Selengkapnya:

  • Produk dari Cina yang dibeli melalui Shopee

Untuk memantau keberadaan paket yang Anda beli dari Cina dapat dilakukan melalui dua ekspedisi yaitu Standard Express dan LWE (Logistics Worldwide Express). Dengan LWE, Anda dapat melacak keberadaan barang Anda saat masih berada di Cina.

  • Produk dari Malaysia yang dibeli melalui Shopee

Shopee Malaysia paling sering menggunakan ekspedisi NinjaVan, POS Malaysia, J&T Express, Skynet, Poslaju, Gdex, dan ABX Express. Namun, sejak Agustus 2018, penjual Shopee Malaysia dapat mengirimkan barangnya ke pembeli melalui DHL pada hari berikutnya di sebagian besar wilayah Malaysia.

Cara Melihat Barang Yang Sudah Dibeli Di Shopee

Sebagai salah satu E-Commerce terbesar yang melayani jual beli barang di Indonesia, Shopee menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja online. Dalam proses pengiriman barang, Shopee ikut bertanggung jawab memantau proses pengiriman barang dari penjual yang menggunakan jasa pengiriman dari Shopee.

Untuk memantau atau melacak pesanan barang di Shopee sangatlah mudah dan praktis dibandingkan dengan menggunakan resi pengiriman. Cukup dengan menggunakan aplikasi Shopee, Anda dapat memantau barang pesanan dengan nyaman tanpa ribet. Berikut selengkapnya cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee.

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi Shopee, pastikan Anda mendownload atau menginstall aplikasi Shopee terlebih dahulu yang bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Playstore atau Appstore Android Anda.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi Shopee dan masuk ke halaman akun Anda.
  3. Kemudian, Anda dapat melihat riwayat pesanan Anda pada kolom Pesanan Saya. Disini, Anda perlu mengecek ulang pesanan sebelum melakukan pembayaran.
  • Status belum dibayar, mengartikan bahwa pesanan Anda sudah masuk daftar beli di penjual (check out), untuk selanjutnya menunggu pembayaran dari Anda. Pesanan di Shopee dapat dibayar melalui berbagai macam cara mulai dari transfer virtual account, shopeepay, maupun melalui Indomaret atau Alfamart.
  • Status dikemas, mengartikan bahwa pesanan Anda sudah dibayar dan sedang dikemas oleh penjual untuk selanjutnya dikirim menuju alamat penerima. Proses pengemasan oleh penjual biasanya dilakukan dalam waktu 1-3 hari kerja. Dalam hal ini, pesanan Anda otomatis akan batal jika penjual tidak melakukan pengiriman lebih dari 3 hari dan uang yang telah ditransfer pembeli akan dikembalikan dalam bentuk ShopeePay.
  • Status dikirim, mengartikan bahwa pesanan Anda sudah masuk dalam proses pengiriman menuju alamat Anda. Jadi, tunggulah sesuai dengan estimasi pengiriman dari ekspedisi yang Anda pilih. Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukan pembatalan pesanan setelah paket dikirim oleh penjual.
  • Status selesai, mengartikan bahwa pesanan Anda sudah diterima dan waktunya untuk memberi penilaian atas barang yang dipesan kepada penjual.
  • Status dibatalkan, mengartikan bahwa Anda membatalkan pesanan barang sebelumnya atau pesanan batal secara otomatis karena keterlambatan pengiriman dari penjual.
  1. Cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee selanjutnya yaitu melacak keberadaan paket. Pastikan barang pesanan sudah dalam proses pengiriman lalu klik ikon dikirim.
  2. Pada ikon dikirim akan muncul beberapa pesanan yang telah Anda lakukan, kemudian pilih pesanan yang ingin dilacak untuk melihat rincian pesanan.
  3. Setelah masuk pada rincian pesanan, klik lacak pada status pengiriman untuk memantau keberadaan barang pesanan Anda.
  4. Disitu akan muncul tampilan rincian proses pengiriman pesanan Anda mulai dari awal hingga proses pengiriman terakhir yang tersedia.

Nah, itu dia cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee yang dapat Anda coba. Cara tersebut hanya dapat di  lakukan dengan menggunakan aplikasi Shopee tentunya.

Baca Juga: 4 Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Alternatif Lain: Cara Melihat Barang yang Sudah Dibeli di Shopee

Selain menggunakan aplikasi Shopee seperti di atas, cara untuk melihat barang yang sudah dibeli di Shopee pun secara sederhana dapat dilakukan dengan mencoba dua langkah berikut ini:

  1. Anda dapat menggunakan daftar notifikasi untuk melihat update barang pesanan Anda melalui https://shopee.co.id/user/notifications/orders/, atau
  2. Anda dapat melacak paket melalui status pembelian (belanjaanku), yaitu https://shopee.co.id/user/purchase/.

Semakin simple bukan alternatif lain cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee? Jadi, Anda pun sebagai pembeli juga tidak akan was-was jika bisa melacak barang yang dibeli secara berkala.

Ketentuan Penjual Shopee Agar Pelanggan Bisa Melacak Pesanan

Penjual di Shopee tidak serta merta lepas tangan dalam “pelacakan pesanan oleh pembeli”. Ada ketentuan yang harus penjual di Shopee penuhi agar pembeli bisa melacak pesannya melalui aplikasi. Berikut beberapa ketentuannya:

  • Penjual di Shopee mengirimkan paket yang dipesan oleh pembeli menggunakan ekspedisi atau jasa kirim yang didukung Shopee.
  • Penjual harus sudah memasukkan nomor resi pengiriman ke aplikasi Shopee dan nomor resi tersebut juga terlacak pada sistem jasa kirim yang dipilih oleh pembeli.
  • Anda perlu menghubungi penjual melalui fitur chat di aplikasi Shopee, jika nomor resi pengiriman tidak terdapat di aplikasi.
  • Pesanan Anda akan dibatalkan apabila nomor resi belum terlacak hingga masa pengemasan berakhir dan dana yang telah ditransfer akan dikembalikan.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee

Setelah mengetahui cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee dan ketentuan yang harus penjual penuhi agar pembeli bisa melacak pesanan. Anda pun bisa juga membatalkan pesanan Shopee.

Untuk Anda yang ingin melakukan pembatalan pesanan pada Shopee hanya dapat dilakukan ketika status masih belum dibayar dan belum dikirim. Meskipun begitu, Anda tetap harus mendapatkan persetujuan dari penjual terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan pembatalan pesanan. Apabila barang sudah terlanjur dikirim, Anda masih bisa melakukan pembatalan hanya jika menggunakan metode pembayaran COD dengan ketentuan dan syarat berlaku.

Demikianlah informasi tentang cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee berikut langkah-langkah dan ketentuannya. Dengan aplikasi Shopee, Anda dapat melihat, memantau, dan melacak pesanan secara mudah dan praktis. Tertarik mencoba? Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar