Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi – Ketika melakukan belanja online di Shopee, setelah Anda melakukan proses checkout maka langkah selanjutnya adalah membayar pesanan tersebut dengan menggunakan beberapa metode pembayaran yang sudah Anda pilih sebelumnya. Seperti dengan menggunakan ShopeePay, transfer virtual account, ataupun melalui Indomaret.

Berbagai metode pembayaran tersebut dapat Anda pilih sebelum melakukan checkout. Namun, apabila Anda sudah melakukan checkout maka Anda hanya perlu melakukan pembayaran. Setelah pesanan Anda bayar, maka Anda tinggal menunggu proses pengemasan dan pengiriman. Anda juga bisa melacak pesanan menggunakan nomor resi yang muncul. Untuk cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi dapat Anda simak dalam penjelasan berikut.

Bagaimana Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi?

Ketika Anda melakukan transaksi pembelian melalui marketplace Shopee, tentunya Anda dapat memantau secara langsung proses pengiriman produk yang Anda beli di Shopee. Supaya pesanan Anda dapat sampai di tempat tujuan tentu membutuhkan bantuan kurir yang sesuai dengan pilihan ekspedisi yang telah disetujui Shopee.

Saat barang pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman, Anda dapat melakukan cek resi untuk dapat mengetahui lokasi pesanan Anda secara berkala. Untuk melakukannya ada dua cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi Shopee dan melalui website shopee. Untuk cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi dapat Anda lakukan melalui website dengan cara sebagai berikut.

  1. Pertama Anda dapat masuk melalui website shopee di shopee.co.id.
  2. Apabila Anda belum login, silahkan terlebih dahulu Anda login pada akun Shopee milik Anda.
  3. Setelah Anda berhasil login, arahkan kursor pada nama akun Shopee Anda yang berada di pojok kanan atas pada tampilan halaman website Shopee, kemudian klik dan pilih menu akun saya.
  4. Pada halaman selajutnya Anda dapat melihat terdapat beberapa tab yang memiliki label belum bayar, dikemas, dikirim, selesai, serta dibatalkan.
  5. Apabila pesanan yang Anda pilih sudah dikirim oleh pihak seller, maka Anda dapat memilih tab dikirim. Anda sudah dapat melacak keberadaan paket Anda karena nomor resi sudah keluar. Berbeda apabila pesanan paket Anda belum dikirim tentu akan berada pada tab dikemas.
  6. Pada tab dengan label dikirm, Anda dapat memilih pesanan yang hendak Anda lacak untuk mengetahui progres pengirimannya.
  7. Pada bagian rincian pesanan Anda dapat menekan tombol “Lacak” untuk melakukan pelacakan pada nomor resi paket yang Anda beli di sophee. Selanjutnya status pesanan yang Anda beli akan ditampilkan lengkap dengan detail tracking nomor resinya.

Catatan penting yang perlu Anda ketahui adalah apabila Anda melihat status pesanan Anda masi pada tahap dikemas, itu berarti penjual sedang memproses packing paket Anda. Penjual mempunyai waktu selama  3 hari untuk segera mengemas serta mengirimkan pada alamat tujuan.

Jika penjual tidak melakukan pengiriman lebih dari 3 hari, biasanya pesanan secara otomastis akan dibatalkan dan uang Anda akan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay.

Baca Juga: 7 Cara Melihat Barang Yang Sudah Dibeli di Shopee

Dan jika Anda telah melihat status pesanan Anda sudah dikirim, maka Anda dapat menunggu paket Anda tiba dirumah sesuai dengan estimasi pengiriman. Dengan mengetahui cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi, Anda dapat melakukan pelacakan pengiriman paket melalui nomor resi yang ada. Perlu Anda ketahui bahwa pesanan yang telah dikirim oleh penjual tidak dapat dibatalkan, untuk itu Anda bisa menunggu hingga pesanan Anda sampai di rumah.

Apabila terdapat masalah pada pesanan Anda atau terdapat komplain yang hendak Anda sampaikan, maka jangan ragu untuk menanyakannya pada layanan call center Shopee yang selalu aktif 24 jam dalam sehari.

Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi dari Luar Negeri

Sama seperti melihat pesanan melalui cek resi pada beberapa langkah cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi di atas. Dengan menggunakan nomor resi yang muncul, Anda dapat melihat kemajuan pengiriman pada menu pesanan dikirim. Selanjutnya pilih barang yang hendak Anda tracking. Setelah di klik maka akan ditampilkan proges pengiriman sudah sampai di mana. Anda juga dapat melihat estimasi waktu yang dibutuhkan hingga paket sampai di tujuan.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Shopee?

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi, Anda juga dapat membatalkan pesanan yang sudah terlanjur Anda checkout ketika status masih belum dibayar dan barang masih belum di kirim. Akan tetapi tetap harus mendapatkan persetujuan dari pihak penjual, untuk itu Anda perlu menghubungi penjual terlebih dahulu sebelum mengajukan pembatalan.

Barang yang telah dikirim tidak dapat dibatalkan begitu saja, termasuk apabila Anda memilih metode pembayaran COD. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pembeli untuk membatalkan pesanan COD di Shopee yaitu:

  1. Apabila Pesanan Belum Dikirim

Apabila pesanan Anda belum dikirim, Anda dapat menghubungi penjual bahwa Anda hendak membatalkan pesanan tersebut dengan menyertakan alasan. Selanjutnya Anda dapat melakukan proses pembatalan dengan cara sebagai berikut:

  • Pada aplikasi Shopee masuk ke menu “Saya”.
  • Selanjutnya masuk pada pesanan yang sedang “Dikemas”.
  • Pilih produk yang hendak Anda batalkan pesanannya.
  • Selanjutnya klik tombol “Batalkan”.
  1. Apabila Pesanan Telah Sampai

Apabila pesanan Anda telah sampai di rumah, Anda hanya perlu menyampaikan ke kurir kalau barang tersebut telah Anda cancel sebelumnya. Namun Anda harus memastikan sebelumnya kalau Anda telah melakukan konfirmasi kepada pihak penjual. Sehingga kurir akan mengembalikan barang tersebut ke penjual.

Lalu bagaimana apabila penjual menolak pembatalan Shopee COD? Tentu sebagai penjual memiliki berbagai macam alasan seperti:

  • Barang yang Anda pesan telah dikirim namun pada sistem Shopee belum update, atau
  • Supaya barang jadi terjual, sehingga penjual mengatakan bahwa barang telah dikirim sebelum Anda mengajukan proses pembatalan.

Sebagai penjual, poin kedua tentu sangat tidak pantas untuk ditiru. Sebagai penjual Anda harus dapat profesional dan sportif dalam melayani pelanggan supaya tidak kecewa.

Baca Juga: Simak 4 Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir J&T Berikut!

Mengapa Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi itu Penting?

Cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi tentu menjadi salah satu hal yang penting. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki aplikasi Shopee, karena berabagai alasan. Selain itu dengan melihat status pesanan Anda di Shopee, Anda dapat melihat progres pengiriman paket pesanan Anda.

Melacak pesanan dengan menggunakan nomor resi memang penting dilakukan. Selain untuk mengetahui barang Anda sudah sampai mana, hal ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya salah alamat yang dituju oleh kurir. Selain itu, Anda dapat mengontrol seberapa lama waktu yang diperlukan hingga barang pesanan Anda sampai di alamat tujuan.

Dengan didukung oleh beberapa perusahaan ekspedisi, pengiriman barang yang dibeli melalui Shopee tentu dapat Anda cek resinya dengan akurat. Platform Shopee dilengkapi fitur yang mewajibkan penjual mengunggah resi pada tiap transaksi. Maka kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli dapat sama-sama memantau proses pengiriman barang sampai pada tangan pembeli.

Demikian beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pemantauan pesanan yang Anda beli di Shopee dikirim. Dengan mengetahui cara melihat pesanan di Shopee tanpa aplikasi tentu memudahkan Anda sebagai pembeli maupun penjual dalam mengontrol pengiriman produk. Selain itu melakukan pembatalan pesanan di Shopee juga penting untuk Anda ketahui.

Tinggalkan komentar