10 Gaji Kurir semua Ekspedisi di Indonesia

Semakin berkembangnya e-commerce, pekerjaan sebagai kurir pun kian banyak dibutuhkan. Apalagi minat masyarakat dalam berbelanja secara online terus meningkat bahkan di wilayah pedesaan. Nah, kira-kira berapa gaji kurir dari berbagai ekspedisi?

Kurir bertugas untuk mengantarkan paket ke rumah konsumen. Paket tersebut pun harus diantarkan meskipun cuaca sedang buruk. Selain mengantar paket, kurir juga wajib menjaga paket tersebut dengan selamat. Jika Anda tertarik untuk menjadi kurir, mari simak informasi tentang gaji kurir di bawah ini.

Indonesia memiliki banyak perusahaan ekspedisi sebut saja JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, JET Express, Sicepat, ID Express, Ninja Express, Wahana, dll.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

Tugas kurir adalah membongkar paket yang tiba di gudang dan mengirimkan ke alamat penerima. Beberapa ekspedisi juga memiliki layanan penjemputan jadi kurir juga memiliki tugas penjemputan paket.

Disamping itu, seorang kurir juga harus memastikan pengiriman paket yang tepat waktu, serta melakukan pengecekan dan pencocokan data pengiriman. Berikut beberapa rincian job desk kurir :

  1. Membongkar dan mengsortir paket di gudang.
  2. Mengirim paket sesuai dengan alamat yang tertera.
  3. Mengupdate data pengiriman di aplikasi.
  4. Memastikan paket sampai ke tangan penerima dengan tepat waktu dan dalam kondisi baik.
  5. Menjalankan, mentaati SOP perusahaan ekspedisi yang ditempati.
  6. Menjaga keamanan data perusahaan dan customer.
  7. Menerima pembayaran dan transaksi COD
  8. Menyetorkan data dan laporan hasil pengiriman kepada perusahaan

1. Gaji Kurir JNE

JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1990 dan masih beroperasi hingga saat ini. Sebagai salah satu pelopor dalam pelayanan ekspedisi, kiprah JNE dalam melayani masyarakat pun tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga:  Gaji Kurir JNE 2022 : Syarat dan Cara Mendaftar

Perusahaan ini tidak hanya memberikan pelayanan pengantaran yang baik saja. Namun juga tetap memperhatikan para kurir. Hal ini dapat terlihat dari jumlah gaji yang diterima oleh kurir JNE.

Per bulannya, kurir JNE dapat menerima gaji pokok sekitar Rp2.000.000 – Rp3.000.000. Gaji ini belum termasuk tunjangan yakni tunjangan uang kehadiran, servis kendaraan, sewa motor, bensin, THR, dan bonus tambahan.

Baca selengkapnya gaji kurir JNE.

2. Gaji Kurir J&T Express

J&T mulai beroperasi sebagai perusahaan ekspedisi dari tahun 2015 dan bermarkas di Jakarta. Meskipun usianya belum mencapai 10 tahun, perusahaan ini telah bekerja sama dengan berbagai e-commerce.

Untuk melayani para customer, J&T Express telah membuka gerai sebanyak 4000 titik di seluruh Indonesia. Banyaknya gerai ini tentu juga membutuhkan kurir untuk mengantar paket para pengguna.

Kurir J&t Express mendapatkan gaji sekitar Rp4.200.000 per bulannya. Nominal ini masih belum ditambah dengan bonus target.

Baca selengkapnya gaji kurir j&t.

3. Gaji Kurir Lazada

Selain bekerja sama dengan jasa ekspedisi lainnya, Lazada juga menyediakan jasa ekspedisi untuk customernya. Meskipun dalam beberapa hal seperti ongkos dan gaji, Lazada menetapkan kebijakannya sendiri dan berbeda dari jasa ekspedisi lainnya.

Lazada memiliki kebijakan yang berbeda jika berkenaan dengan gaji kurir. Jika jasa ekspedisi lainnya membayar gaji kurir dalam hitungan bulan. Lazada membayarnya secara harian.

Bagi kurir motor di Jakarta, per harinya dapat menerima pendapatan sekitar Rp175.000, sementara kurir mobil sebesar Rp367.000. Selain itu, beberapa tunjangan yang diterima meliputi bonus tambahan, bonus tahunan, dan asuransi.

Baca selengkapnya gaji kurir Lazada.

4. Gaji Kurir Shopee Express

Sebagai marketplace yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, Shopee juga mengeluarkan layanan ekspedisi. Kurir Shopee Express memiliki sistem shifting dengan 6 hari kerja.

Baca juga:  Daftar Gaji Karyawan Hotel semua Jabatan, Cukup Menjanjikan

Shopee Express memiliki ketentuan gaji per paket. 1 paket yang berhasil dikirimkan ke alamat penerima akan dikenai upah sebesar Rp2.213. Sehingga apabila kurir Shopee Express berhasil mengirimkan 50 paket dalam sehari maka gaji kurir selama sebulan adalah Rp3.319.500.

Selain gaji pokok, kurir juga akan menerima tunjangan seperti insentif kendaraan, tunjangan kinerja, uang makan, dan uang bensin.

Baca selengkapnya gaji kurir Shopee.

5. Gaji Kurir Anteraja

Meskipun Anteraja masih berumur jagung yakni berdiri sejak tahun 2019, perusahaan ini telah mengirimkan banyak paket kepada pelanggan. Kurir Anteraja terdiri dari dua jenis yaitu kurir Ekspedisi dan kurir Sprinter. Keduanya memiliki jam kerja yang berbeda.

Kurir Ekspedisi bekerja selama seminggu penuh selama 24 jam, sedangkan kurir Sprinter seminggu penuh dari pukul 08.00 – 20.00 WIB. Meskipun begitu, Anteraja juga masih menetapkan sistem kerja shifting.

Gaji kurir Anteraja sekitar Rp2.500.000 – 3.500.000 per bulan. Tentunya, gaji tersebut belum termasuk tunjangan seperti insentif, uang makan harian, uang transport, dan biaya perawatan kendaraan.

Baca selengkapnya gaji kurir Anteraja.

6. Gaji Kurir Sicepat

Sicepat Ekspres didirikan sejak tahun 2014. Perusahaan ini menetapkan waktu pengantaran untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung selama 15 jam. Sementara untuk ke kota besar seluruh Indonesia membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari.

Kecepatan pengantaran memang menjadi salah satu fokus utama Sicepat. Fokus utama ini tentu melibatkan seluruh kurir yang bekerja. Sehingga gaji yang diberikan kepada kurir juga cukup besar.

Gaji kurir Sicepat berkisar antara Rp2.500.000 – Rp3.000.000. Tunjangan yang diberikan cukup beragam mulai dari tunjangan perawatan kendaraan, uang bensin, bonus presensi, tunjangan sewa kendaraan, dan bonus kinerSja. Gaji beserta tunjangan tersebut dapat diterima oleh kurir tanggal 1 setiap awalnya.

Baca selengkapnya gaji kurir Sicepat.

7. Gaji Kurir TIKI

Tiki menjadi jasa ekspedisi yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Kiprahnya selama puluhan tahun tersebut dapat dibuktikan dari jaringan operasionalnya yang sudah ada di 65 kota besar di Indonesia.

Baca juga:  Pekerjaan Game Developer: Tugas, Skill, Pendidikan, dan Jenjang Karir

Perkembangan TIKI tidak terlepas dari dukungan karyawannya. TIKI memiliki lebih dari 500 kantor perwakilan dengan 3700 gerai dan karyawannya mencapai 6000 karyawan di Indonesia.

Gaji kurir TIKI per bulannya adalah sekitar Rp2.800.000. Sementara ada pula tunjangan yang diterima seperti :

  • Uang parkir Rp100.000/bulan
  • Uang bensin Rp157.200/minggu
  • Presensi Rp440.000/bulan
  • Servis kendaraan Rp300.000/bulan
  • Komisi melebihi presentase 90% Rp200.000/bulan

8. Gaji Kurir ID Express

Kurir ID Express menerima gaji sekitar Rp2.000.000 – Rp3.000.000 per bulan. Sementara tunjangan yang diberikan meliputi uang transport, perawatan kendaraan, dan insentif (Rp1000/paket).

Akan tetapi, gaji kurir tersebut dapat berkurang jika kurir mendapatkan komplain dari customer terkait paket yang bermasalah.

Baca selengkapnya gaji kurir ID Express.

9. Gaji Kurir Ninja Express

Ninja Express menetapkan perhitungan gaji dengan cara yang berbeda. Gaji pokoknya sebesar Rp100.000/ hari ditambah Rp300/paket. Apabila kurir berhasil mengantar paket lebih dari target akan menerima insentif sebesar Rp50.000.

Baca selengkapnya gaji kurir Ninja Express.

10. Gaji Kurir Wahana

Berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya, kurir Wahana bukan termasuk karyawan tetap atau kontrak tapi mitra freelance. Gaji kurir Wahana sebesar Rp51.000/hari ditambah Rp1.500/paket.

Karena status kurir adalah freelance maka pekerjaan ini dapat dikerjakan bagi Anda yang memiliki pekerjaan lainnya.

Penutup

Itulah informasi mengenai gaji kurir dari 10 jasa ekspedisi. Sebagai catatan, informasi nominal gaji di atas dapat berbeda setiap wilayahnya berdasarkan jumlah UMR dan UMK masing-masing wilayah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar