12 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Perkiraan Gajinya

Pernahkah Anda berpikir akan menjadi apa dan bekerja dimana berdasarkan jurusan kuliah yang Anda ambil? Atau bahkan bagaimana prospek kerja dari jurusan Anda ke depannya? Jika saat ini Anda sedang menempuh pendidikan dengan jurusan sistem informasi (SI), maka artikel mengenai prospek kerja Sistem Informasi ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Prospek kerja sistem informasi sangat luas. Ini karena mahasiswa SI tidak hanya belajar tentang pemrograman saja, tetapi juga dibekali proses bisnis yang menjanjikan di suatu perusahaan. Dengan mengidentifikasi data-data yang dimiliki perusahaan, Anda dapat merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, jika Anda sudah penasaran dengan bagaimana prospek kerja sistem informasi, yuk simak artikel di bawah ini hingga tuntas ya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui pekerjaan apa yang mungkin Anda sukai dan sesuai dengan kepribadian Anda.

Sekilas tentang Sistem Informasi

prospek sistem informasi
Sistem Informasi foto: machung.ac.id

Sistem informasi (SI) adalah studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lain seperti ekonomi, manajemen dan bisnis. Sehingga, Anda yang menempuh pendidikan ini akan mempelajari tentang cara melakukan identifikasi dan proses sebuah bisnis yang berlangsung di perusahaan, mulai dari mengumpulkan data-data hingga merancang sistem yang sesuai dengan bisnis.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bekal mengenai cara mengelola software, hardware, dan perancangan sistem dalam dunia bisnis sesuai dengan tujuan organisasi atau kebutuhan perusahaan. Tak hanya itu, Anda akan memperoleh keahlian baru tentang cara melakukan proyeksi atau rekayasa sistem jaringan melalui komputer. Dengan demikian, Anda dibekali tentang problem solving dan berpikir sistematis.

Sebelum berlanjut pada prospek kerja sistem informasi, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda kuasai di dalam studi SI, yaitu:

  • Kemampuan berpikir sistematis
  • Kemampuan untuk melakukan analisis
  • Kemampuan untuk meneliti
  • Kemampuan manajerial data
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan dalam melakukan rekayasa komputer

Mata Kuliah yang Dipelajari dalam Jurusan Sistem Informasi

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus dikuasai dalam studi SI, kira-kira mata kuliah apa saja yang harus dipelajari? Sesuai dengan prospek kerja sistem informasi yang luas, Anda pun harus mempelajari banyak hal dalam jurusan ini. Diantaranya yaitu:

  • Matematika dan Statistika
  • Ekonomi
  • Kepemimpinan
  • Dasar-dasar Pemrograman
  • Analisis
  • Sistem dan Data
  • Kalkulus
  • Komunikasi bisnis dan teknis
  • Prinsip sistem informasi
  • Dasar arsitektur komputer
  • Pemrograman berbasis platform
  • Struktur data dan algoritma
  • Metodologi penelitian dan penulisan ilmiah
  • Sistem operasi untuk sistem informasi
  • Sistem interaksi
  • Basis data
  • Sistem informasi perusahaan dan akuntansi
  • Manajemen proyek teknologi informasi
  • Kecerdasan artifisial dan sains data dasar
  • Jaringan komunikasi data
  • Komputer dan masyarakat

Kelebihan dan Kekurangan Belajar di Jurusan Sistem Informasi

Sebelum menentukan jurusan yang akan diambil saat kuliah, tentu terdapat banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan SI sebaiknya Anda memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Kelebihan Mempelajari Jurusan Sistem Informasi

  1. Terbuka untuk lulusan IPA dan IPS

Jika Anda ingin mempelajari jurusan SI, maka Anda tak perlu khawatir dengan jurusan SMA Anda saat ini. Karena, jurusan ini terbuka untuk lulusan IPA maupun IPS. Dalam hal ini, tidak hanya mempelajari sains aja, tetapi juga ilmu ekonomi dan sosial seperti manajemen, akuntansi, dan lain-lain.

  1. Berfokus pada pemahaman dan pengembangan sistem informasi

Ilmu sistem informasi berfokus pada kemampuan mengartikan hingga menganalisis kebutuhan sistem informasi suatu perusahaan. Oleh karena itu, merencanakan proyek pengembangan SI di sebuah perusahaan penting dilakukan agar mampu mengelola dan memelihara sistem tersebut, hingga mengelola teknologi manajemen sistem informasi seperti support, maintenance, layanan, dan service.

  1. Tidak terlibat dengan hardware

Meskipun dalam jurusan ini Anda tidak harus terlibat langsung dengan hardware (perangkat keras), namun setidaknya Anda tetap harus memahami ilmu dasar tentang hardware yang mungkin akan digunakan untuk membuat sistem di kemudian hari.

  1. Mengetahui tentang bisnis

Dalam hal ini, SI memang difokuskan untuk menerapkan sistem berbasis komputer di dunia manajemen dan bisnis. Manfaat yang diperoleh, mahasiswa dapat menjadi penengah dan penghubung antara masalah teknis dan juga memahami bisnis ekonomi dan manajemen serta mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi.

  1. Prospek kerja sistem informasi yang baik

Karena perkembangan teknologi yang semakin maju, maka akan banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memahami hal-hal yang bersifat efektif dan efisien. Dengan begitu, peluang pekerjaan di bidang ini sangat terbuka luas bagi lulusan jurusan sistem informasi. Ada banyak prospek kerja sistem informasi yang bisa Anda perjuangkan.

Baca Juga:

Kekurangan Mempelajari Jurusan Sistem Informasi

  1. Tidak mempelajari ilmu teknik pemrograman dan perangkat lunak secara mendalam

Karena berfokus pada pengembangan dan berbagai hal terkait sistem informasi, maka jurusan ini tidak mempelajari teknik mengenai pemrograman dan perangkat lunak secara mendalam.

  1. Kurang recommended untuk menjadi Programmer

Dalam hal ini, jurusan teknik informatika lebih cocok untuk dipelajari bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer.

Prospek Kerja Sistem Informasi

Berikut adalah beberapa prospek kerja sistem informasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Selengkapnya:

  1. Application Developer (Android/Ios)

Menjadi Application Developer adalah prospek kerja sistem informasi pertama yang dapat Anda coba. Yaitu membuat aplikasi pada Android/Ios yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Dalam hal ini, Anda harus menguasai dasar-dasar Android maupun Ios. Sedangkan untuk gaji yang diperoleh adalah Rp 5.400.000 – Rp 9.410.000.

  1. Data Analyst

Bertugas untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan mengolah data menjadi informasi penting yang bermanfaat bagi perusahaan. Seorang Data Analyst biasanya memperoleh gaji Rp 4.900.000 – Rp 7.360.000.

  1. Database Administrator

Memiliki tugas utama merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Selain itu, database administrator biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan masa depan. Penghasilan yang diterima Database Administrator berkisar Rp 3.855.000 – Rp 6.650.000.

  1. UI/UX Developer

UI (User Interface) developer bertugas untuk mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web ataupun mobile. Sedangkan UX (User Experience) bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna saat mengakses suatu sistem. Untuk pendapatan yang diterima yaitu sebesar Rp 6.500.000 – Rp 11.650.000.

  1. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah software yang dapat membantu memenuhi kebutuhan perusahaan dengan mengintegrasikan semua aktivitas baik itu proses bisnis maupun organisasi. Rata-rata gaji dari ERP yaitu Rp 6.750.000 – Rp 11.900.000.

  1. Game Developer

Memiliki tugas untuk mengembangkan, mendesain, dan merancang alur game. Penghasilan yang diperoleh adalah Rp 3.900.000 – Rp 6.950.000.

  1. Software Engineer

Seorang software engineer bertugas untuk mengembangkan, memaintenance, dan menjaga kualitas software serta manajemen organisasi. Jika Anda menjadi Software Engineer, maka penghasilan yang akan Anda peroleh sekitar Rp 4.125.000 – Rp 7.110.000.

  1. IT Planner

Seorang IT Planner memiliki tugas utama untuk selalu update dalam merencanakan kebutuhan teknologi informasi yang akan digunakan pada sebuah perusahaan. Gaji yang akan diperoleh seorang IT Planner adalah Rp 4.350.000 – Rp 9.055.000.

  1. Graphic Designer

Graphic Designer biasanya memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi kepada klien tentang sesuatu melalui sebuah desain, baik gambar, teks, dan lainnya. Penghasilan untuk seorang Graphic Designer sebesar Rp 4.150.000 – Rp 9.250.000.

  1. Web Developer

Berprofesi menjadi Web Developer, Anda memiliki tugas utama untuk mengembangkan/merancang website. Pekerjaan Web Developer dibagi menjadi tiga, yaitu Front End Developer, Back End Developer, dan Fullstack Developer. Rata-rata seorang Web Developer akan memperoleh penghasilan sebesar Rp 4.657.000 – Rp 7.850.000.

  1. Project Management

Tim Project Management biasanya dibentuk untuk membuat sebuah aplikasi atau software pada sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap tim kerja, biaya, dan laporan dari semua pembuatan, rilis, serta maintenance aplikasi atau software tersebut. Pendapatan yang diterima sebagai Project Management yaitu Rp 6.700.000 – Rp 11.550.000.

  1. Network Security

Terakhir, Network Security dapat menjadi prospek kerja sistem informasi bagi Anda di masa depan. Yaitu profesi yang menunjang proses bisnis pada sebuah perusahaan dengan mengimplementasikan teknologi komputer dan jaringan, mulai dari skala kecil hingga besar. Gaji seorang Network Security juga terbilang tinggi yaitu Rp 4.200.000 – Rp 8.250.000.

Nah, itu dia prospek kerja sistem informasi yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Bagimana, sudahkah Anda terbayang akan bekerja sebagai apa suatu saat nanti? Apapun pilihan pekerjaan Anda, maka kerja keras dan kesungguhan adalah hal yang utama untuk dilakukan. Semoga bermanfaat ya!