16 Prospek Kerja Jurusan Manajemen dan Perkiraan Gajinya

Jurusan manajemen dikenal memiliki banyak peminat. Ini karena prospek kerja jurusan manajemen karirnya yang sangat menjanjikan. Sehingga tak sedikit yang memperebutkan jurusan ini bahkan dengan mengeluarkan uang yang banyak.

Nah, pasti Anda penasaran bagaimana seluk beluk manajemen dan prospek kerja jurusan manajemen. Oleh karena itu, di bawah ini telah dipaparkan dengan jelas dan detail agar Anda bisa mempertimbangkan dan mempelajari pengetahuan ini dengan lebih baik.

Mengenal Jurusan Manajemen?

Projek kerja manajemen
Seseorang sedang melakukan pengendalian organisasi. (Brilionet)

Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses perencanaan, pengarahan, pengendalian, dan pengorganisasian pada organisasi atau perusahaan. Selain itu, pada jurusan ini juga mempelajari bagaimana mengelola usaha dan memasarkannya.

Umumnya jurusan ini memiliki beberapa peminatan diantaranya Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Perbankan.

Kelebihan Memilih Jurusan Manajemen

Prospek kerja manajemen
Contoh kepemimpinan. (LinovHR)

Beberapa jurusan memang memiliki kelebihan tersendiri. Begitu pula dengan jurusan ini yang ramai peminat. Di bawah ini pembahasan tentang kelebihan jurusan manajemen, yaitu :

1. Memiliki prospek kerja yang baik

Salah satu kelebihan dari jurusan ini adalah prospek kerja jurusan ini yang banyak. Banyak perusahaan baik BUMN, pemerintahan, maupun swasta yang membutuhkan karyawan dari jurusan ini.

2. Berpotensi membangun usaha sendiri

Tak hanya dilirik oleh perusahaan-perusahaan, ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahaan dapat menjadi bekal ketika ingin membangun usaha sendiri. Sebab pada jurusan manajemen akan mempeajari pengelolaan SDM perusahaan, dan lain sebagainya.

3. Dapat mengelola keuangan dengan baik

Apabila memutuskan masuk manajemen, Anda akan mempelajari mata kuliah manajemen keuangan.

4. Meningkatkan sikap kepemimpinan

Sikap kepimpinan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam lingkup terkecil sekalipun. Maka di jurusan ini, Anda akan mempelajari bagaimana meningkatkan kepemimpinan dan mengelola sebuah organisasi atau perusahaan.

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Sejalan dengan meningkatnya sikap kepemimpinan, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi. Beberapa diantaranya adalah negosiasi, menawar sesuatu, dan memasarkan produk.

Itulah kelebihan yang bisa Anda peroleh apabila masuk di jurusan Manajemen. Beberapa kemampuan lainnya seperti analisis, ketelitian, dan membuat strategi juga bisa meningkat. Maka dari itu, prospek kerja jurusan ini juga banyak.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Prospek kerja sebagai dosen (Dunia dosen)
Prospek kerja sebagai dosen. (Dunia dosen)

Telah disinggung sebelumnya, jika jurusan manajemen memiliki banyak prospek kerja setelah lulus dari kuliah. Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Berikut ini pembahasannya secara tuntas, yaitu :

1. HRD

HRD merupakan singkatan dari Human Resources Department yang memiliki tugas untuk mengurus karyawan perusahaan. Pekerjaan ini sangat tepat apabila Anda mengambil peminatan Manajemen SDM. Gaji HRD berkisar antara Rp.5-8 juta bagi pemula.

2. Business Development

Pekerjaan ini bertugas untuk mengembangkan usaha perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Meskipun Business Development dapat berasal dari program studi lainnya, tapi ada keuntungan apabila Anda adalah lulusan jurusan manajemen. Kisaran gaji untuk pemula pada pekerjaan ini adalah Rp. 8 juta per bulan.

3. Pemasaran (Sales)

Karena salah satu mata kuliah jurusan Manajemen terdapat manajemen pemasaran. Anda bisa dengan mudah mempelajari pekerjaan ini. Selain itu, apabila Anda berhasil melakukan pekerjaan dengan baik akan ada peningkatan jabatan. Gajinya sekitar Rp. 5-9 juta per bulan.

4. Marketing

Marketing memiliki lingkup pekerjaan yang jauh lebih luas dari pada sales. Sebab marketer ini yang bertugas membuat strategi untuk meningkatkan brand awareness suatu produk. Gajinya pun tak main-main, seorang karyawan marketing bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 20-50 juta per bulan di level senior.

5. Dosen

Tak hanya bekerja di korporasi, Anda juga bisa menjadi seorang akademis apabila mengambil jurusan ini. Namun Anda harus menempuh studi tingkat lanjut (S2) agar dapat melamar menjadi dosen. Gaji seorang dosen sekitar Rp. 8-20 juta per bulan. Nominal ini tergantung dari pengalaman dan tempat mengajar.

6. Management Trainee (MT)

Management Trainee atau lebih dikenal dengan manajemen pendidikan bertugas untuk menyusun pelatihan bagi para karyawan. Tentunya hampir semua perusahaan akan menawarkan perusahaan ini. Gajinya pun cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 6-12 juta.

7. Pengusaha

Memang semua orang bisa bebas membangun usahanya. Akan tetapi, ketika Anda mengambil jurusan ini, ada pengetahuan yang dapat mendirikan usaha yang lebih besar. Penghasilannya pun dapat berubah sewaktu-waktu.

8. Rekruter karyawan (headhunter)

Berbeda dengan HRD yang bertugas mengurus karyawan yang sudah diterima. Maka rekruter karyawan bertugas untuk mengurus calon karyawan seperti mencari atau mengontrak kandidat. Seorang headhunter memperoleh gaji sekitar Rp. 10-25 juta per bulan.

9. Bekerja di divisi manajemen operasional

Pekerjaan seseorang yang bekerja di divisi manajemen operasional adalah mengurus operasional logistik, pabrik, dan kantor. Seorang staf dari divisi ini mendapatkan gaji sebesar Rp. 6-8 juta untuk pemula.

10. Staf finansial

Bukan hanya lulusan akuntansi, tapi juga lulusan manajemen yang dapat bekerja di bidang finansial. Tentunya Anda harus menguasai materi yang berkaitan dengan finansial seperti manajemen keuangan. Kisaran gaji untuk seorang staf finansial adalah Rp. 5-9 juta.

11. Project Manager

Pekerjaan ini bertugas untuk memastikan proyek perusahaan berjalan dengan baik, menganalisis risiko proyek, dan mengawai proyek. Rata-rata gaji dari pekerjaan ini adalah Rp. 4-6 juta.

12. Manajer risiko

Manajer risiko bertugas mengidentifikasi risiko kerugian, menyusun rencana pencegahan, membuat rencana untuk meminimalkan biaya, dan melakukan akomodasi. Gaji pada manajer risiko mencapai sekitar Rp. 13-15 juta.

13. Supply Chain Manager

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk mengelola peralatan, perangkat, dan logistik di sebuah perusahaan. Karyawan Supply Chain Manager pun harus memahami manajemen proses. Gajinya sekitar Rp. 6-9 juta bagi pemula.

14. Konsultan bisnis

Seorang lulusan jurusan manajemen memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dengan baik. Bagi Anda yang tidak berminat menjalankan bisnis pribadi, Anda bisa menjadi konsultan bisnis bagi perusahaan lain. Gaji konsultan bisnis sekitar Rp. 5-7 juta per bulan.

15. Bekerja di sektor perbankan

Anda juga bisa bekerja di bidang perbankan, seperti teller bank dan menjadi supervisor. Keduanya sama-sama bertugas melayani nasabah, meskipun supervisor memiliki jabatan yang lebih tinggi. Teller dapat menerima gaji sekitar Rp. 5-8 juta dan supervisor sekitar Rp. 8-15 juta.

16. Staf learning and development

Staf pada divisi ini bertanggung jawab untuk mengurus pengembangan mutu karyawan. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membentuk team building. Gajinya sekitar Rp. 6-8 juta.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang apa itu jurusan manajemen, kelebihan jurusan manajemen, dan prospek kerja jurusan manajemen. Anda dapat memilih profesi di atas dan memilih mana yang ingin Anda tekuni.

Tinggalkan komentar