Gaji Teller Bank di Indonesia : BNI, BRI, BTN, Mandiri, BI

Gaji Teller Bank – Teller adalah karyawan bank yang memiliki tugas harian untuk melayani nasabah dan masyarakat umum. Setiap bank harus menyeleksi calon teller dengan baik, karena reputasi dan cerminan bank dapat dinilai dari sikap, tindak tanduk, cara kerja, serta cara pelayanan teller kepada nasabah dan masyarakat.

Menempati posisi jabatan krusial terhadap reputasi perbankan, berapa perkiraan gaji teller bank? Khususnya untuk teller bank Persero (BUMN) yaitu bank milik pemerintah sebagai intermediasi yang tidak terpisahkan dalam mendorong perekonomian nasional.

Daftar Gaji Teller Bank BUMN

Gaji teller bank di semua bank BUMN berbeda satu sama lain, tergantung dari dimana posisi banknya dan apa jenis banknya. Serta, besar kecilnya gaji dapat dipengaruhi oleh banyaknya nasabah dan latar belakang pendidikan. Jelas, lulusan fresh graduate bisa mendapat gaji lebih tinggi daripada lulusan SMA.

Dalam artikel ini, ada 4 bank BUMN yang akan kami bahas, yaitu BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Masing-masing hanya berisi informasi umum, walau informasinya bersumber dari pegawainya sendiri, tetapi tidak bisa dijadikan acuan saklek bahwa gaji teller Bank Persero harus sejumlah nominal tersebut. Nantinya, akan Anda sesuaikan dengan pihak recruiter jika Anda bisa menempati posisi ini.

Gaji Teller Bank BNI

gaji teller bank bni

BNI sebagai bank pertama yang lahir setelah Indonesia merdeka, tercatat pernah menjadi bank sentral hingga kemudian beralih menjadi pembangunan, bank devisa, dan bank umum pada 1955. Salah satu profesi yang cukup populer di dunia perbankan adalah teller, yang bertugas melayani nasabah dan non nasabah khususnya dalam hal transaksi keuangan perbankan.

Baca Juga : Gaji Bina BNI 2021

Dari sumber yang kami temukan, gaji teller Bank Negara Indonesia di Indeed.com sebesar Rp 5.000.000 per bulan, di Qerja.com sebesar Rp 3.600.000 per bulan, dan di Job-like.com sebesar Rp 3.000.000 per bulan. Jika diambil secara umum, maka gaji teller bank BNI antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulannya.

Gaji Teller Bank BRI

gaji teller bank bri

BRI memiliki aset tertinggi di Indonesia. Pada 2020 kemarin, jumlah kantor BRI ada 467 kantor cabang, 952 kantor kas, 611 Kantor Cabang Pembantu, dan 5.382 BRI Unit.

Baca juga: Gaji Pegawai Bank BRI

Dari banyaknya jumlah kantor ini, tentunya posisi teller sangat dibutuhkan. Namun, Anda harus tahu, berapa besaran gaji yang diterimanya terlebih dahulu. Dilansir dari Indeed.com, rata-rata gaji yang diperoleh teller BRI sebesar Rp 7.338.691 per bulan. Sedangkan dari Situs Qerja, hanya Rp 3.100.000 per bulan. Perbedaan yang sangat timpang.

Gaji Teller Bank BTN

gaji teller bank btn

BTN juga menempati posisi terbesar di Indonesia. Perlu Anda tahu, ada 6 keunggulan kompetitif yang dimiliki BTN, seperti pemimpin pasar KPR, kredit dijamin dengan agunan properti bernilai tinggi, fokus pada segmen konsumen menengah bawah, potensi KPR yang tinggi, jaringan distribusi yang unik dan luas, dan manajemen yang berpengalaman.

Guna mempertahankan keunggulan kompetitif ini, untuk menempati posisi teller Anda harus berhasil melewati seleksi ketat. Setelah Anda berhasil menjadi pegawai tetap, Anda bisa mendapat gaji pokok bulanan sebesar Rp 3.600.000 (Qerja.com).

Gaji Teller Bank Mandiri

gaji teller bank mandiri

Terakhir, gaji teller Bank Mandiri. Selama ini, setiap kali ada job fair untuk pencari kerja, booth Mandiri Karir selalu ramai akan pengunjung.  Selain posisi tersebut, posisi CS dan ODP juga banyak peminatnya. Hal ini sering menjadi selidik bahwa gaji yang diterima pegawai Mandiri lumayan tinggi, meskipun untuk teller yang diidentikkan dengan level terbawah jenjang karir perbankan.

Situs Qerja.com memberikan informasi bahwa gaji tellernya mendapat Rp 3.400.000 setiap bulan. Sedangkan situs Indeed.com memberikan informasi bahwa gaji tellernya mendapat Rp 4.603.965 setiap bulan.

Bagaimana Dengan Teller BI?

BI adalah bank sentral Republik Indonesia yang mempunyai tujuan tunggal untuk mencapai sekaligus memelihara kestabilan nilai rupiah. Sebagai lembaga keuangan bank yang juga memiliki tugas untuk mengatur dan mengawasi bank, tentunya BI tidak langsung melayani nasabah dan masyarakat secara layaknya bank umum atau komersil dalam pemberian kredit dan lain sebagainya.

Melainkan, pilar pertama BI menjadi Lender Of Last Resort, memberikan bantuan pendanaan jangka pendek kepada bank yang kesulitan likuiditas.  Bagi bank pelaksana, dana tersebut nantinya untuk keperluan restrukturisasai kredit.

Kendati demikian, kami turut menemukan besaran gaji teller Bank Indonesia. Menurut situs Joblike.com, gaji tellernya antara Rp 2.500.000 hingga Rp 10.000.000 setiap bulannya.

Tunjangan yang Diterima Teller Bank

Gaji yang tertulis di atas hanyalah perkiraan gaji pokok. Dan meskipun jam kerja teller padat, tetapi seorang teller mendapat tunjangan sekaligus benefit lain dari kantor.

Secara umum, tunjangan serta benefit yang diterima teller, seperti asuransi, bonus uang cuti setiap tahun, Tunjangan Hari Raya, dan tunjangan fasilitas kesehatan. Lumayan banyak bukan? Tak heran, posisi ini juga menjadi incaran banyak pencari kerja.

5 Tanggung Jawab Teller Bank

Job description setiap bank pasti berbeda. Untuk posisi teller, ada beberapa tanggung jawab yang harus diemban. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Penyetoran, pemeriksaan cashing, dan transfer.
  2. Melayani pembukaan rekening tabungan dan penarikan.
  3. Mengumpulkan pembayaran.
  4. Membangun sekaligus mempertahankan hubungan interpersonal.
  5. Membantu nasabah dalam jual beli valuta asing.

5 Tugas Teller Bank

Di samping mengemban tanggung jawab, teller juga harus mengemban tugas dengan baik. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Melayani nasabah yang akan menabung, mentransfer, dan menarik dana.
  2. Menerima cek dan deposit, serta memvalidasi dan mencarikannya.
  3. Memeriksa arus kas transaksi harian.
  4. Menginput data transaksi dari nasabah.
  5. Menerima hipotek, pembayaaran tagihan utilitas publik atau pinjaman, dan verifikasi tanggal pembayaran dan hutang.

Itulah gaji teller bank BUMN beserta tunjangan, tanggung jawab, dan tugasnya yang bisa Anda jadikan referensi. Persaingan di dunia perbankan memang ketat, terlebih untuk posisi teller, tetapi jangan patah arang terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar