Besaran Gaji Pegawai BCA 2024 Beserta Fasilitasnya

Cukup banyak orang yang tertarik untuk bekerja sebagai karyawan bank di BCA karena nominal gaji pegawai BCA. Terlebih jika sudah ada di level manajerial, sudah pasti gaji pokok, tunjangan, dan benefit lain yang didapatkan akan semakin menggiurkan.

Profesi sebagai pegawai bank memang masih banyak menjadi incaran, tak terkecuali di BCA. Selain nominal gaji bank BCA yang tergolong tinggi di kalangan bank swasta, kesan prestisius membuat lowongan kerja di BCA tidak pernah sepi peminat.

Jika Anda ingin mengetahui berapa gaji bank BCA, penjelasan dalam artikel berikut akan menjadi referensi sekaligus pembanding besaran gaji pegawai BCA dari berbagai jabatan.

Mengenal Sekilas BCA

Bisa dibilang, PT Bank Central Asia Tbk atau lebih dikenal dengan sebutan bank BCA merupakan perusahaan perbankan swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1957 di bawah kepemimpinan Salim Group.

Namun, pasca krisis moneter dan sempat limbung, sebagian besar saham BCA akhirnya diambil oleh Duo Hartono dan Michael Bambang Hartono melalui PT Dwimuria Investama Andalan atau PT Djarum.

BCA pun tumbuh menjadi bank swasta profesional dengan aset triliunan dan ribuan cabang di seluruh Indonesia. Tidak heran jika kemudian status kepegawaiannya banyak diminati karena dianggap mampu memberikan kesejahteraan ekonomi.

Gaji Karyawan BCA Semua Jabatan

Terkait kebijakan pengupahan, ada ketentuan gaji pokok berdasarkan jabatan yang dimiliki. Namun, seringkali orang sudah tergiur dengan nominal gaji karyawan BCA yang telah mencapai jenjang karir tinggi.

Padahal, untuk sampai di titik tersebut ada tahapan karir yang dilalui dengan kenaikan jabatan sesuai kinerja masing-masing. Bahkan sekelas Vice President BCA sekalipun memulai karirnya dari dari bawah sebagai Personal Banker.

Baca juga:  Gaji Pegawai Bank Indonesia, Mandiri, BNI, BCA, dan BRI 2023

Tentunya gaji di bank BCA untuk karyawan bagian front office, back office, hingga level managerial akan memiliki perbedaan yang signifikan.

Mengingat tanggung jawab dan beban kerjanya juga tidak sama hingga berpengaruh pada gaji pokok yang didapatkan. Selain jabatan, status pangkat juga berpengaruh pada besaran gaji pegawai bank BCA.

Misalnya, gaji Personal Banker BCA yang bertugas menangani nasabah secara langsung hingga mengelola portofolio nasabah akan berbeda dengan gaji Wealth Management BCA, bahkan gaji seorang Vice President.

Umumnya, gaji Personal Banker BCA dengan jabatan paling bawah seperti gaji Magang Bakti BCA atau Junior Teller hanya berada di kisaran Rp 4.000.000 sampai Rp 8.000.000 per bulan sesuai UMK masing-masing daerah.

Sedangkan Supervisor Teller bisa mencapai Rp 9.000.000 sampai Rp 15.000.000 per bulan.

Jika bicara nominal gaji dari pegawai BCA yang sering membuat banyak orang tertarik, biasanya berada di level manajerial ke atas. Besaran gajinya pun bisa menyentuh dua digit atau bahkan sampai tiga digit per bulannya.

gaji pegawai bca

Untuk detail gaji berdasar jabatan yang dimiliki, tabel daftar gaji karyawan BCA di level manajerial berikut ini bisa menjadi gambaran umum sekaligus motivasi bagi Anda yang ingin berkarir di PT Bank Central Asia Tbk.

JabatanGaji per Bulan
IT Analyst Rp12.800.000
Assistant Manager Rp12.800.000
SecretaryRp14.000.000
Teller SupervisorRp15.000.000
Deputi ManagerRp15.500.000
Compliance ManagerRp19.500.000
Branch ManagerRp23.200.000
Relationship ManagerRp25.000.000
Managing DirectorRp32.200.000
Vice PresidentRp112.500.000

Namun, penting juga untuk diingat bahwa nominal gaji yang diterima sangat bergantung juga pada kebijakan masing-masing cabang bank BCA.

Selain itu, faktor lokasi kerja juga ikut mempengaruhi mengingat UMK tiap daerah juga berbeda-beda.

Baca juga:  Segini Gaji Host Live TikTok Shop 2024, Mencapai 3 kali UMR

Baca juga: Soal Tes Magang Bakti BCA

Fasilitas Kerja di Bank BCA

Selain besaran gaji, pegawai bank BCA juga ditunjang dengan berbagai fasilitas di luar gaji pokok yang sudah diterima setiap bulan. Mulai dari fasilitas yang berkaitan dengan aspek finansial hingga pelatihan dan fasilitas penunjang lainnya.

Jika menjadi bagian dari sistem kepegawaian dan bentuk benefit karyawan BCA, Anda akan mendapatkan fasilitas kerja di Bank BCA yang sudah disediakan berikut ini.

Tunjangan, Asuransi, dan Bonus

Fasilitas kerja di BCA yang pertama yaitu tunjangan karyawan BCA yang meliputi Tunjangan Jabatan, Tunjangan Hari Raya (THR), Tunjangan Kinerja, hingga Tunjangan Keluarga bagi karyawan yang sudah berkeluarga. 

Untuk nominalnya sendiri disesuaikan dengan pangkat jabatan yang dimiliki masing-masing pegawai.

Selain tunjangan, seluruh pegawai BCA juga mendapatkan fasilitas kesehatan berupa asuransi yang meliputi rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, dan kesehatan mata. 

Sedangkan bonus akan didapatkan jika ada pekerjaan lembur dan peningkatan kinerja, seperti pencapaian target kerja yang nantinya akan masuk dalam rincian gaji bulanan.

Jenjang Karir

Dalam manajemen kepegawaian di BCA, penerapan sistem jenjang karir bagi pegawainya akan diberikan tanpa kecuali.

Setiap pegawai yang memiliki kinerja baik dan kompeten di bidangnya akan berkesempatan untuk naik pangkat ke tingkat yang lebih tinggi.

Kenaikan jenjang karier ini menjadi privilege sebagai pegawai BCA yang nantinya akan mempengaruhi jumlah pendapatan setiap bulan, baik dari gaji pokok, tunjangan, hingga besaran bonus maupun pemberian fasilitas penunjang lainnya.

Pelatihan dan Pengembangan

PT Bank Central Asia Tbk juga akan menawarkan fasilitas kerja dalam bentuk pelatihan dan pengembangan diri bagi pegawai yang berkeinginan untuk mengembangkan potensi diri demi meraih jenjang karir tertentu. 

Baca juga:  Perbedaan myBCA dan BCA Mobile, Aplikasi Banking BCA

Fasilitas ini bahkan diberikan bank BCA secara gratis namun umumnya ada timbal balik berupa loyalitas kerja di masa depan.

Pinjaman Karyawan

BCA juga menawarkan fasilitas berupa pinjaman BCA untuk karyawan pegawai tetap tanpa syarat yang berbelit-belit.

Fasilitas ini tentunya akan menguntungkan karyawan, terlebih jika memang membutuhkan bantuan finansial dengan sistem yang mudah.

Rumah Dinas

Rumah dinas menjadi fasilitas bagi pegawai BCA yang biasanya disediakan untuk jabatan tinggi, seperti level manager ke atas.

Bahkan beberapa manager juga difasilitasi dengan kendaraan pribadi lengkap dengan sopirnya sebagai penunjang mobilitas kerja.

Apakah seragam Teller bank BCA berkaitan dengan perbedaan jabatan?

Ya, seragam teller bank BCA juga bisa menjadi pembeda status yang berkorelasi dengan besaran gajinya. Meskipun tidak terlalu signifikan jika dibanding dengan karyawan dengan seragam serupa di tingkat jabatan yang sama. Sebab, umumnya seragam teller dirancang untuk menciptakan identitas perusahaan yang profesional. 

Apa saja syarat melamar sebagai pegawai BCA?

Umumnya, syarat melamar berkaitan dengan kualifikasi jabatan. Diantaranya, pendidikan minimal S1 dari semua jurusan, usia maksimal 24-27 tahun, kemampuan komunikasi, sampai pengalaman kerja di bidang perbankan untuk level manajerial.

Bagaimana cara mencari info lowongan kerja di BCA?

Info lowongan kerja di BCA bisa ditemukan di situs lowongan kerja, seperti JobStreet dan sejenisnya atau melalui website resmi BCA di karir.bca.co.id, hingga offical account sosial media seperti instagram @lifeatbca.

Itulah besaran gaji pegawai BCA beserta fasilitas yang didapatkannya. Tidak heran jika BCA menjadi incaran banyak orang untuk meniti karir.

Bagikan:

Tinggalkan komentar