Gaji Magang Bakti BCA 2022: Tunjangan, Syarat, & Cara Daftar

Tak sedikit masyarakat yang penasaran mengenai gaji magang Bakti BCA dan benefit apa saja yang diperoleh dari program Magang Bakti ini.

Walaupun statusnya magang, gaji yang ditawarkan BCA untuk peserta magang bisa dibilang cukup tinggi, loh, bahkan bisa melebihi gaji dari program-program magang lainnya. Tak cukup sampai pada gajinya, rupanya para pesertanya juga berhak memperoleh tunjangan, loh. Menarik sekali, kan!

Nah, untuk mengobati rasa penasaran Anda sekalian, berikut kami sajikan informasi gaji magang bakti BCA, beragam keuntungan peserta magang, profil Bakti BCA, dan lain sebagainya. Mari simak artikel ini sampai habis, ya!

Profil Bank Central Asia

gaji magang bakti bca

Bank Central Asia merupakan bank swasta yang beroperasi di bawah PT Bank Central Asia Tbk. Bank yang telah berdiri sejak tanggal 21 Februari 1957, kini mampu menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia dengan dibuktikan banyaknya jumlah cabang, ATM, serta EDC.

Dilansir dari situs resmi milik BCA, pada akhir tahun 2019, BCA telah memiliki 1.256 cabang, 17.928 ATM, dan ratusan ribu EDC.

Didirikan langsung oleh Liem Sioe Liong, BCA kini sudah memiliki banyak entitas anak perusahaan, antara lain adalah PT BCA Finance, PT Bank BCA Syariah, PT Asuransi Umum BCA, PT Bank Royal Indonesia, PT Central Capital Ventura, dan lain sebagainya.

Tidak hanya memiliki banyak anak perusahaan, rupanya bank yang berkantor pusat di Jl. M.H. Thamrin ini juga telah meraih banyak penghargaan maupun prestasi. Maka dari itu tak heran bila saat ini banyak nasabah yang setia menggunakan produk maupun layanannya.

Program Magang Bakti BCA

Gaji Magang Bakti BCA

Sesuai namanya, program ini dikhususkan untuk lulusan SMA/SMK atau Diploma yang ingin berkarir di bidang perbankan. Magang Bakti BCA merupakah program magang yang paling diminati dan menjadi opsi populer bagi lulusan baru.

Karena program Magang Bakti BCA memiliki banyak sekali benefit yang bisa diperoleh, seperti gaji magang bakti BCA tergolong tinggi dan pengalaman kerja di Bank terbesar di Indonesia. Hanya tersedia dua posisi untuk program magang bakti BCA yaitu teller dan customer service.

Sejarah Magang Bakti BCA

Dengan berkembanganya industri perbankan yang sangat pesat, dibutuhkan banyak sekali SDM baru yang handal. Oleh karena itu Bank BCA membuka program Magang Bakti untuk memjawab kebutuhan industri ini.

Program Magang BCA pertama kali dilaksanakan tahun 2002 dan masih berlangsung hingga tahun ini. Setiap tahunnya lebih dari ribuan lulusan baru mendaftar program magang bakti BCA.

Tujuan Magang Bakti BCA

Seperti kebanyakan program magang lainnya, BCA ingin mencetak SDM baru dan berkualitas di dunia perbankan khusunya generasi muda.

Baca juga:  Besaran Gaji Tax Consultant Berdasarkan Tempat Kerja dan Domisili

Diharapkan dengan adanya program magang ini para lulusannya akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru terkait dunia kerja, khususnya perbankan.

Tahapan Seleksi Magang Bakti BCA

Tahapan Magang Bakti BCA

Ada beberapa tahapan tes dan wawancara sebelum peserta dinyatakan diterima dan menandatangani kontrak magang. Mulai dari Seleksi Administrasi, tes magang bakti bca, Psikotes, Wawancara User, hingga Tes Kesehatan dan Penandatanganan Kontrak Kerja.

Lokasi Tes

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Cianjur, Garut, Gresik, Jabodetabek, Jayapura, Jember, Jombang, Kediri, Ketapang, Madiun, Malang, Manado, Manokwari, Mojokerto, Palembang, Pasuruan, Pontianak, Probolinggo, Sanggau, Sidoarjo, Situbondo, Subang, Surabaya, Tasikmalaya, Timika, Tuban, Tulungagung

Lokasi Penempatan

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Cianjur, Garut, Gresik, Jabodetabek, Jayapura, Jember, Jombang, Kediri, Ketapang, Madiun, Malang, Manado, Manokwari, Mojokerto, Palembang, Pasuruan, Pontianak, Probolinggo, Sanggau, Sidoarjo, Situbondo, Subang, Surabaya, Tasikmalaya, Timika, Tuban, Tulungagung

Update data: Oktober 2022

Gaji Magang Bakti BCA

gaji

Bicara soal gaji magang Bakti BCA atau biasa disebut sebagai uang saku pada program magang Bakti BCA, sudah barang tentu besarannya berbeda antar posisi pekerjaan serta jenjang pendidikan pesertanya.

Meskipun demikian, nominal selisihnya tidak jauh berbeda lantaran status pesertanya masih magang. Berikut adalah penjelasan mengenai besaran gaji magang Bakti BCA!

Gaji Pokok Magang Bakti BCA

Secara umum, gaji magang Bakti BCA yang diterima peserta di seluruh Indonesia berada di atas Upah Minimum Provinsi (UMP), baik yang status pendidikannya lulusan SMA sederajat maupun perguruan tinggi.

Gaji magang Bakti BCA untuk para peserta magang yang menjalani posisi teller dengan masa bakti selama 1 tahun memperoleh gaji pokok sebesar Rp4.650.000 per bulan. Nominal tersebut belum ditambah dengan uang lemburan, tunjangan risiko selisih, dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Tunjangan Magang Bakti BCA

Selain gaji, peserta magang juga memiliki hak memperoleh tunjangan kinerja yang bisa mencapai 14 juta pertahunnya. Jadi, jika dijumlahkan gaji, tunjangan, dan uang lemburnya seorang yang magang bakti di BCA dengan posisi teller bisa memperoleh gaji rata – rata sebesar Rp5.500.000 per bulan. 

Perlu diketahui juga bahwa gaji magang Bakti BCA yang diterima para peserta magang tersebut sudah bersih dari pajak maupun asuransi, sebab kedua pos pengeluaran tersebut sudah menjadi tanggungan perusahaan. Wah, menarik sekali bukan gaji magang Bakti BCA atau uang sakunya!

Daftar informasi gaji bank lain:

Syarat Daftar Magang Bakti BCA

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri di program Magang Bakti, tersedia dua posisi, yaitu Customer Service dan Teller. Berikut syarat yang perlu dipenuhi sebelum mendaftar ke BCA:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria / Wanita berpenampilan menarik 
  • Lulusan SMA / SMK (nilai rata-rata rapor semester 5,6 min. 70) 
  • Lulusan D1 – D3 dan S1 (IPK min. 2,50) 
  • Usia 17 s/d 24 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Ramah dan mampu berkomunikasi dengan baik
  • Tidak pernah terlibat Narkoba dan pelanggaran hukum lainnya 
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang BCA di wilayah kota seleksi
  • Lulus seleksi
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Program Permagangan Bakti
  • Belum pernah mengikuti program Magang Bakti BCA sebelumnya
Baca juga:  Besaran Gaji Perawat Home Care di Indonesia, Diatas UMR

Sumber: https://karir.bca.co.id/magang-bakti

Cara Daftar Magang Bakti BCA

Bagi kamu lulusan SMA/SMK ataupun diploma, Program Magang Bakti BCA adalah pilihan yang tepat. Melalui program ini, kamu akan memperoleh pengalaman di bidang perbankan dan ilmu lainnya yang akan menunjang karir profesional kamu. 

  1. Buka browser dari HP atau Laptop, kunjungi laman daftar Magang Bakti.
  2. Pilih posisi yang diinginkan, kemudian klik Daftar.
  3. Pilih lokasi tes sesuai dengan domisili atau lokasi terdekat.
  4. Pada bagian Informasi Personal diisi nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat domisili, nomor telepon, status perkawinan, dan informasi mengenai pendidikan terakhir.
  5. Masukkan nama, nomor HP kontak saudara yang bisa dihubungi.
  6. Masukkan riwayat pendidikan terakhir, opsinya mulai dari SMA/SMK, Diploma, atau S1. Dan isi jurusan, tahun lulus, serta nilai IPK.
  7. Masukan nama organisasi yang pernah diikuti.
  8. Lengkapi informasi pengalaman kerja, mulai dari nama perusahaan, posisi, tanggal mulai kerja, dan tanggal berakhirnya.
  9. Unggah pas foto terbaru dengan ukuran maksimal 300 KB. Kemudian pilih bersedia dan centang kotak kecil.
  10. Yang terakhir klik daftar.

Beberapa Benefit yang Diperoleh Peserta Magang Bakti Bank Central Asia

Tak hanya menerima gaji magang Bakti BCA, para pelamar yang lolos dalam program tersebut nantinya juga akan menerima beragam keuntungan lain yang tentu sulit diperoleh dari program magang lainnya.

Secara umum, keuntungan tersebut antara lain adalah mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai dunia perbankan, mendapatkan pengalaman kerja, dan memperoleh bimbingan dari atasan maupun rekan kerja. Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah beberapa benefit yang akan diperoleh peserta magang Bakti Bank Central Asia.

1. Pengalaman Kerja di Dunia Perbankan

Seorang filsuf asal Romawi bernama Cicero pernah berkata bahwa “Pengalaman adalah guru terbaik”. Agaknya pernyataan tersebut sangat relatable bila dikaitkan dengan dunia karir seseorang.

Sama halnya dengan mengikuti program magang di Bank Central Asia, Anda akan memperoleh pengalaman kerja yang berkualitas di salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia tersebut.

Pengalaman tersebut bisa saja Anda dapatkan saat menjalani tanggung jawab pekerjaan, mengikuti pelatihan yang bersifat internal, sampai ketika berhubungan dengan nasabah maupun rekan kerja.

Melalui pengalaman magang Bakti BCA, Anda bisa memperoleh keuntungan berupa peningkatan soft skill maupun hard skill dimana keberadaan kedua hal tersebut amatlah penting bagi setiap pekerja.

Apabila Anda mampu belajar banyak dari ‘guru terbaik’ tersebut maka bukan tidak mungkin karir Anda bisa melesat lebih cepat, khususnya di dunia perbankan. Tak bisa diragukan lagi, kan, benefit yang satu ini!

Baca juga:  Berapa Gaji TKI di Jepang? Pahami Hal Ini Sebelum Bekerja di Jepang!

2. Tunjangan Kerja

Selama bekerja dalam program magang di Bank Central Asia, Anda akan mendapatkan tunjangan kerja dimana secara langsung dapat menambah jumlah penghasilan. Tunjangan tersebut antara lain adalah tunjangan risiko selisih, tunjangan hari raya, dan tunjangan akhir tahun.

Tak hanya tunjangan saja, peserta magang juga bisa berkesempatan menerima bonus lainnya, loh. Bonus tersebut adalah beasiswa berbentuk uang tunai yang angkanya bisa mencapai belasan juta rupiah. Apabila peserta bisa menyelesaikan karya tulis, maka tiap tahunnya kesempatan memperoleh beasiswa tersebut bisa diraih.

3. Pelatihan Kerja dan Sertifikat

Keuntungan selanjutnya adalah peserta magang bakti di BCA akan memperoleh program pelatihan kerja yang biasa diadakan tiap tahunnya. Pelatihan tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu pelatihan dasar, pelatihan terampil, dan pelatihan mahir dimana ketiganya dilakukan berdasarkan masa bakti peserta magangnya.

Melalui pelatihan tersebut, Anda akan mendapatkan benefit banyak lagi. Ilmu? Tentu sudah pasti! Anda juga akan menerima fasilitas pelatihan yang terbilang berkualitas serta diberikan pihak BCA kepada pesertanya secara gratis, mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, dan biaya konsumsi.

Di samping program pelatihan, Anda juga akan mendapat sertifikat magang sebagai bukti dedikasi pekerjaan. Dengan modal pelatihan dan sertifikat, Anda sudah punya bekal untuk melanjutkan karir ke arah yang lebih bagus, loh.

4. Networking

Keuntungan terakhir namun bukanlah yang akhir adalah networking peserta magang akan semakin luas. Seiring menjalani masa bakti, peserta tentu akan berhadapan dengan orang-orang baru dimana melalui interaksi pekerjaan yang dilakukan maka peluang untuk memperluas jaringan pun terbuka lebar.

Networking memiliki peranan yang cukup penting bagi setiap orang yang ingin membuka sayap karir maupun bisnisnya. Maka dari itu, bila Anda berkesempatan menjadi peserta magang bakti jangan sia-siakan peluang membangun jaringan, ya!

Apakah magang Bakti BCA digaji tiap bulan?

Setiap peserta magang bakti BCA akan memperoleh pembayaran gaji setiap awal bulan.

Apakah Bakti BCA dapat THR?

Selain mendapat pengalaman dan pengetahuan lainnya, peserta Program Magang Bakti BCA akan menerima keuntungan materi seperti uang saku, tunjangan beasiswa, THR, BPJS, dan bonus lainnya. 

Berapa lama durasi kontrak Magang Bakti BCA?

Setiap peserta magang yang diterima wajib melaksanakan kontrak kerja selama 1 tahun

Itulah penjelasan seputar gaji magang Bakti BCA berikut dengan keuntungan dan informasi penting lainnya. Bagi Anda yang saat ini berstatus fresh graduate dan sedang sibuk mencari pengalaman baru untuk berkarir atau justru mencari informasi lowongan pekerjaan utama, tak ada salahnya mempertimbangkan mengikuti program magang nan menguntungkan ini!

Bagikan:

Tinggalkan komentar