Gaji Wealth Management Program BCA dan Sekuritas 2024

Apakah saat ini Anda memiliki impian meniti karir di bidang Wealth Management? Pastikan Anda membaca artikel ini terlebih dahulu, agar tahu informasi tentang profesi Wealth Management, gaji Wealth Management, hingga rekomendasi perusahaan yang menawarkan profesi Wealth Management di Indonesia. 

Karena bagaimanapun, Anda harus bisa memilih perusahaan dengan reputasi yang baik, memiliki jenjang karir yang jelas, dan terbukti mampu mengembangkan SDMnya. Silakan simak untuk mendapatkan wawasan potensi karir yang menguntungkan!

Tentang Wealth Management

Wealth Management atau pengelolaan kekayaan merupakan suatu sistem atau layanan yang menyeluruh untuk melindungi sekaligus memelihara kekayaan individu, keluarga, atau perusahaan agar lebih efisien, optimal, sekaligus sesuai dengan tujuan keuangan jangka panjang.

Bisa juga diartikan sebagai kemampuan menghubungkan seluruh aspek dari situasi keuangan klien. 

Jika awalnya layanan Wealth Management hanya berfokus pada golongan  atas (Segment High Net Worth Individuals/ HNWI).

Di era privat banking modern ini, ekspansi layanan Wealth Management juga melayani golongan menengah (Segment Affluent), dan golongan umum (Segment Mass). 

Sebab, meskipun individu atau keluarga dengan kekayaan affluent tidak memiliki portofolio sebesar HNWI, tetapi mereka tetap memiliki kebutuhan untuk merencanakan dan mengelola keuangan secara efisien.

Mulai dari perencanaan pensiun, manajemen risiko, hingga investasi perencanaan pajak. 

Daftar Posisi yang Tersedia untuk Wealth Management Program

Wealth Management

Layanan Wealth Management ini bersifat khusus, sehingga penyedia layanan ini harus menyediakan staf dan tenaga yang terdidik dan bersertifikasi khusus dalam penyelenggaraan layanan Wealth Management.

Berikut, 4 fungsi pokok dan posisi tenaga sumber daya manusia yang harus dimiliki.

Investment Specialist (IS)

IS adalah SDM yang memiliki keahlian khusus di bidang pengelolaan portfolio investasi client/nasabah.

Tugasnya adalah mendampingi RM dalam hal nasabah membutuhkan jasa pengelolaan portfolio investasinya (Investment Advisory). Posisi IS ini juga cukup dominan dalam organisasi layanan wealth management. 

Baca juga:  Daftar Gaji PNS Golongan 2A Tahun 2022

Relationship Manager (RM)

RM adalah posisi yang sangat utama dan dominan dalam organisasi ini. Sebab, RM memiliki tugas dan tanggung jawab penuh terhadap aktivitas pelayanan dan penjualan kepada klien.

Bisa dibilang RM adalah ujung tombak dari organisasi wealth management, karena kesehariannya selalu mengelola dan berhadapan dengan klien secara langsung. 

Product Specialist (PS)

Sama dengan IS, PS juga cukup dominan dalam organisasi wealth management, PS memiliki keahlian khusus di bidang produk-produk wealth management.

Dimana tugasnya untuk menyediakan produk-produk yang dibutuhkan oleh klien dan mendampingi RM dalam menjelaskan produk kepada klien.

Tenaga Operasional (OS)

Posisi OS sangat dominan untuk menunjang aktivitas dan operasional organisasi penyedia jasa layanan wealth management.

Diantara posisi OS adalah Risk Management, Administration & Settlement, Legal & Compliance, Marketing & IT Support, dan lainnya. 

Segmentasi Nasabah Wealth Management

Dengan memahami segmentasi nasabah ini, para wealth management bisa merancang pendekatan yang sesuai untuk memberikan solusi keuangan yang terpersonalisasi. Berikut segmentasi nasabah wealth management.

  • Mass. Bisnis wealth management yang melayani nasabah kalangan umum (Mass) dikenal sebagai Layanan Personal/ Retail Banking. Perbankan di Indonesia biasanya menyediakan produk Bancassurance dan investasi Reksadana pada nasabah yang memiliki kekayaan (Asset Under Management) kurang dari 500 Juta atau dibawah USD 50.000.
  • Affluent. Bisnis wealth management yang melayani nasabah kalangan menengah (Affluent) dikenal sebagai Layanan Priority Banking. Biasanya disediakan untuk nasabah yang memiliki kekayaan (Asset Under Management) minimal 500 Juta atau diatas USD 50.000.
  • HNWI. Bisnis wealth management yang melayani nasabah kalangan atas (HNWI) dikenal sebagai Layanan Private Banking. Biasanya disediakan untuk nasabah yang memiliki kekayaan (Asset Under Management) minimal 2,5 Milyar atau 5 Milyar. 

Gaji Wealth Management Program

Dilansir dari wealthmanagementinterview.com, gaji wealth management mengalami transisi, dari gaji ke komisi. Ya, meskipun tidak semua perusahaan menerapkan seperti ini. Maksudnya bagaimana? Pada awal mula Anda berkarir sebagai wealth management, Anda akan mendapatkan gaji.

Namun, jika sudah tiga hingga lima tahun, gaji Anda akan berkurang, diganti dengan penambahan kompensasi yang murni berasal dari komisi atas aset yang dikelola (AUM). 

Baca juga:  Fantastis! Gaji Nimo TV Mencapai USD 20.000 Per Bulan

Transisi gaji ke komisi ini akan dilakukan secara bertahap. Meskipun gaji wealth management Anda semakin kecil, tapi komisi Anda bisa semakin besar. Jadi secara tradisional, gaji yang Anda dapat di beberapa tahun pertama bisa saja kecil.

Tapi, setelah itu harapannya akan meningkat berdasar penghasilan komisi, yang ditunjang dari banyak faktor, seperti pengalaman, skill, dan banyak hal lainnya. 

Informasi mengenai gaji wealth management di Indonesia memang sulit ditemukan, karena pekerjaan Wealth Management sangat bergantung pada total aset yang dikelola.

Semakin besar aset yang dikelola maka semakin besar juga bonus yang diperoleh yakni, berkisar antara 0,5% hingga 1,5%. Dilansir dari glassdoor.com, perkiraan gaji wealth management, khususnya di BCA berkisar Rp 13.000.000 – Rp18.000.000 per bulan.

Estimasi gaji pokok Rp8.000.000 per bulan dengan tambahan bonus, saham, komisi, bagi hasil, atau tip yang bisa mencapai Rp4.000.000 – Rp10.000.000 per bulan. 

Selain itu, tabel di bawah ini juga bisa menjadi gambaran, terkait gaji analis wealth management dan rekanan yang berlokasi di NYC pada 2022 dan 2023, tepatnya di bank investasi besar.

Angka-angka ini mencerminkan kompensasi all in (seperti bonus penandatanganan untuk tahun pertama, gaji, dan bonus akhir tahun). 

Posisi Wealth ManagementGaji Rata-rata
Analis (Tahun Pertama)$95.000
Analis (Tahun Kedua)$100.000
Asosiasi (Tahun Pertama)$110.000
Asosiasi (Tahun Kedua)$120.000

Baca juga: Gaji Magang Bakti BCA

Detail Alur Kerja Kompensasi

Sebagai seorang wealth manager, Anda memiliki daftar nasabah/ klien yang kekayaannya harus Anda kelola. Jumlah total uang yang klien berikan kepada Anda disebut dengan Assets Under Management (AUM).

Untuk layanan wealth management, Anda akan membebankan biaya pengelolaan per tahun, yang dikenal dengan management fee, umumnya berkisar antara 50 hingga 100 basis poin. *100 basis poin setara dengan 1%

Total AUM yang Anda kelola, dikalikan dengan management fee disebut sebagai gross revenue. Gross revenue sebagian besar menjadi milik perusahaan yang akan digunakan untuk menutup biaya operasional, biaya administrasi, biaya perdagangan, dan lainnya.

Baca juga:  5 Pekerjaan dengan Gaji Kerja Part Time Tertinggi

Dari gross revenue, Anda akan mendapat persentase sebagiannya saja, yang disebut dengan grid payout. Besaran grid payout sekitar 20-30%. Bahkan, seiring pertumbuhan gross revenue, grid payout Anda bisa meningkat sampai 40% atau lebih.

Ilustrasi: 

gaji wealth management

Sumber: wealthmanagementinterview.com

Rincian:

AUMManagement
Fee
Gross
Revenue
Grid
Payout %
Annual
Compensation
$100 juta1%$1,0 juta40%$400.000
$200 juta0,75%$1,5 juta45%$675.000
$400 juta0,6%$2,4 juta50%$1.200.000
$600 juta0,5%$3,0 juta50%$1.500.000
$800 juta0,5%$4,0 juta55%$2.200.000
$1.000 juta0,5%$5,0 juta55%$2.750.000

Persyaratan Umum Wealth Management

Setelah mengetahui gaji wealth management dan Anda tertarik untuk berkarir di bidang ini, berikut beberapa persyaratan umum yang bisa Anda persiapkan.

  1. Gelar sarjana, fresh graduate atau memiliki pengalaman kerja yang relevan
  2. Idealnya telah bersertifikasi CFP, CFA, atau CPA
  3. Lisensi tambahan jika diperlukan
  4. Memiliki pengetahuan tentang industri keuangan, perpajakan, atau perencanaan keuangan
  5. Kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan (Indonesia dan Inggris)
  6. Perhatian terhadap detail
  7. Kemampuan analytical thinking dan problem solving yang baik
  8. Keterampilan presentasi dalam kelompok besar
  9. Bisa kerja tim dan individu
  10. Menguasai Excel dan PowerPoint tingkat lanjut
  11. Etos kerja kuat.

Nah, setelah itu Anda harus melewati tahapan tes, mulai dari Seleksi Administrasi, Tes Online, Wawancara Rekrutmen, Psikotes, EPT (English Proficiency test), hingga Tes Kesehatan. 

Rekomendasi Perusahaan yang Menawarkan Posisi Wealth Management

Beberapa rekomendasi perusahaan di Indonesia ini menawarkan layanan wealth management. Berikut diantaranya.

  • Perusahaan pialang, seperti PT Samuel Aset Manajemen, PT Sinarmas Sekuritas, PT Trimegah Sekuritas Indonesia, PT BNI Sekuritas
  • Perusahaan asuransi, seperti Prudential Indonesia, Manulife Indonesia, AXA Mandiri, AIA Financial
  • Konsultan investasi, seperti BNP Paribas Wealth Management, Danareksa Investasi Management, Ciptadana Asset Management
  • Bank-bank besar, seperti BCA, Bank Mandiri, Bank Danamon, BNI, PT DBS Bank Indonesia
  • Perusahaan manajemen investasi, seperti PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, PT Schroder Investment Management Indonesia.

Itulah informasi terkait profesi Wealth Management, gaji Wealth Management, hingga rekomendasi perusahaan yang menawarkan profesi Wealth Management. Pengalaman bertambah, gaji wealth management Anda semakin menarik. Tertarik untuk berkarir di bidang ini?

Bagikan:

Tinggalkan komentar