Mengenal Bancassurance Financial Advisor BRI Life

Apakah Anda pernah mendengar istilah Bancassurance Financial Advisor? Apakah Anda mengetahui profesi tersebut?

Secara garis besar, Bancassurance Financial Advisor adalah profesi di bidang penjualan polis asuransi pada nasabah perbankan yang telah bekerjasama. Informasi lebih jelasnya bisa Anda simak di artikel ini. Selamat menyimak!

Apa itu Bancassurance Financial Advisor?

Bancassurance

Bancassurance sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan bentuk kerjasama antara bank dan perusahaan asuransi.

Kerjasama ini adalah bentuk penawaran dan penjualan produk asuransi pada nasabah bank. Dengan begitu, kedua belah pihak antara bank dan perusahaan asuransi bisa mendapatkan keuntungan.

Konsep bancassurance ini pertama kali diterapkan di Belgia yang kemudian mulai digunakan di Perancis pada tahun 1980.

Awal penggunaan bancassurance di Eropa ini menunjukkan bahwa penawaran produk asuransi melalui bank terbukti efektif dan efisien bagi nasabah.

Penggunaan bancassurance di Amerika Serikat berbeda dengan di Eropa. Pada awalnya, Amerika Serikat tidak memperbolehkan pengaplikasian bancassurance.

Karena saat itu terdapat regulasi yang melarang bentuk kerjasama antara bank dengan penyedia jasa keuangan lainnya, termasuk asuransi. Namun setelah regulasi itu dihapus, bancassurance banyak diterapkan.

Saat ini, perbankan di Indonesia juga sudah menerapkan bancassurance. Salah satu bank yang menerapkan bancassurance adalah BRI melalui anak perusahaannya, BRI Life.

BRI Life merupakan perusahaan asuransi jiwa nasional. Pada tahun 2013, BRI Life menyediakan layanan bancassurance di kantor cabang BRI.

Lalu, apa itu Bancassurance Financial Advisor? Bancassurance Financial Advisor adalah bagian dari financial advisor sebagai profesional keuangan yang bekerja di industri perbankan dan asuransi.

Baca juga:  3 Cara Cek Nomor Referensi BRI dengan Mudah

Posisi Bancassurance Financial Advisor bisa ditemukan di perusahaan-perusahaan besar seperti bank dan perusahaan asuransi.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu bank yang menerapkan bancassurance adalah BRI Life. Jadi, jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai Bancassurance Financial Advisor, Anda bisa mencari lowongan di BRI Life.

Tugas Bancassurance Financial Advisor BRI Life

Tugas Bancassurance Financial Advisor

Apa tugas BFA BRI Life? Secara umum tugas Bancassurance Financial Advisor BRI Life adalah memberikan nasihat keuangan dan menjual produk BRI Life kepada nasabah BRI.

Jika menjadi BFA BRI Life, Anda akan bertugas sebagai tenaga Penjualan In-Branch Sales Bancassurance yang ditempatkan di unit kerja BRI. Anda akan mendapat tugas utama menjual produk-produk IBS Bancassurance kepada nasabah.

Tugas Bancassurance Financial Advisor BRI Life adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan aktivitas penjualan produk BRI Life pada nasabah Bank BRI
  2. Melaporkan seluruh kegiatan penjualan produk BRI Life kepada BRM (Bancassurance Regional Manager) dan BAM (Bancassurance Area Manager)
  3. Melaksanakan kegiatan administrasi yang bisa menunjang penjualan produk BRI Life
  4. Membina hubungan dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pengembangan bisnis.

Lowongan Kerja Bancassurance Financial Advisor BRI Life

Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai Bancassurance Financial Advisor BRI Life? Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja BFA BRI Life melalui portal-portal lowongan kerja yang telah terjamin integritasnya, seperti Jobstreet, KitaLulus, LinkedIn, dan lain sebagainya.

Dilansir dari kerja.kitalulus.com, terdapat beberapa lowongan Bancassurance Financial Advisor BRI Life di beberapa daerah. Jika Anda tertarik untuk melamar BFA BRI Life, berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

  • Pria/Wanita
  • Maksimal usia 35 tahun
  • Minimal D3 semua jurusan
  • Berpenampilan menarik, percaya diri, dan komunikatif
  • Memiliki passion di bidang sales
  • Fresh Graduate / memiliki pengalaman kerja sales asuransi / industri keuangan / industri perbankan / atau sebagai sales di bidang lainnya
  • Bagi yang memiliki pengalaman di bidang asuransi, maka status lisensi keagenan AAJI harus nonaktif
  • Berperilaku baik dan memiliki integritas
  • Tidak ada catatan negatif
  • Bersedia ditempatkan di kantor BRI wilayah.
Baca juga:  Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret Tahun 2024, Besar Mana?

Gaji Bancassurance Financial Advisor BRI Life berbeda untuk setiap daerah penempatan. Gaji yang bisa Anda dapatkan berada di kisaran angka Rp 8,5 juta – Rp 14 juta per bulan.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti tunjangan, fasilitas kesehatan, kesempatan luas untuk mengembangkan karir, dan lain sebagainya.

Manfaat Bancassurance Financial Advisor

Apa manfaat pengaplikasian bancassurance sehingga digunakan oleh banyak perusahaan perbankan? Berikut ini manfaat bancassurance bagi bank, pihak asuransi, maupun nasabah.

Bagi Nasabah

Penawaran produk asuransi dari bank yang digunakan jelas bisa memberi keuntungan bagi nasabah. Dengan adanya sistem ini, nasabah bisa mengakses produk asuransi dengan mudah.

Nasabah juga bisa mendapatkan rekomendasi dan konsultasi menyeluruh, karena biasanya pihak bank akan menyediakan kedua hal tersebut untuk memberikan pelayanan yang optimal.

Dengan begitu, nasabah tidak perlu lagi repot-repot mencari tahu tentang perusahaan dan produk asuransi secara terpisah atau melalui sumber lain. Ibaratnya, sekali dayung dua pulau terlampaui.

Bagi Bank

Keuntungan yang bisa diperoleh oleh bank adalah mendapat sumber pendapatan tambahan. Dengan bertambahnya penjualan produk bisa memberi keuntungan tambahan pada pihak bank.

Selain itu, aktivitas ini bisa membantu pihak bank untuk memperkuat hubungan dengan nasabah, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan loyalitas.

Kerjasama dengan pihak asuransi juga bisa membantu pihak bank dalam menyediakan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Bagi Perusahaan Asuransi

Penjualan polis asuransi melalui bank bisa dikatakan sebagai salah satu media penambahan saluran pemasaran.

Akses yang disediakan pihak bank ke nasabah potensial melalui jaringan cabang bisa membantu pihak asuransi menarik banyak nasabah baru yang memiliki profil risiko yang baik.

Jadi, sistem bancassurance ini bisa mendatangkan keuntungan bagi setiap pihak. Oleh karena itu, sistem ini digunakan oleh banyak perusahaan perbankan seperti BRI Life.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS 2024

Itulah beberapa informasi mengenai Bancassurance Financial Advisor. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar