Ini Prosedur Cara Jadi Agen BRI Link, Lengkap Dengan Syaratnya [Update 2020]

By | April 5, 2020

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank milik negara yang mempunyai banyak nasabah di seluruh Indonesia. BRI tercatat telah memiliki lebih dari 70 juta nasabah per September 2018. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat pada bank yang berdiri sejak tahun 1895 ini cukup tinggi.

Guna meningkatkan pelayanannya terhadap para nasabah, BRI memiliki satu program yang disebut BRI Link atau agen BRI. BRI Link memungkinkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang langsung ke unit kerja bank tersebut. Nasabah tinggal datang ke agen BRI Link terdekat dari rumahnya dan melakukan transaksi yang diinginkan dengan praktis.

cara jadi agen BRI Link

agen BRI Link menjadi pilihan alternatif nasabah untuk transaksi yang lebih praktis

BRI Link hadir untuk memudahkan nasabah yang kesulitan menjangkau kantor cabang BRI. Entah karena faktor transportasi ataupun yang lainnya. Oleh sebab itu, kebanyakan BRI Link ditempatkan di desa-desa dan pelosok-pelosok yang jauh dari kantor atau mesin ATM BRI.

Secara umum agen BRI Link bisa memberikan layanan perbankan kepada nasabah hanya dengan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang diberikan oleh BRI. Layanan tersebut antara lain: pembuatan rekening baru, setor tunai, tarik tunai, transfer uang, pembayaran berbagai merchant, pembayaran tagihan, isi pulsa, dan lain sebagainya.

Syarat Menjadi Agen BRI Link Terbaru 2020

Hingga akhir Desember 2019 BRI telah melaporkan jumlah agen BRI Link di seluruh Indonesia mencapai 422.160 agen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding Desember 2018 yang kala itu baru berjumlah 401.550 agen. Artinya dalam kurun waktu satu tahun telah terjadi peningkatan lebih dari 20 ribu agen.

Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan BRI Link mendapat sambutan hangat dari para nasabah setia BRI. Oleh sebab itu, BRI akan terus menambah jumlah agen BRI Link di Indonesia untuk semakin mempermudah nasabah dalam melakukan berbagai transaksi tanpa harus repot-repot ke bank atau mencari mesin ATM.

Lantas siapa saja yang boleh bergabung menjadi agen BRI Link? Semua orang berkesempatan menjadi agen BRI Link, tak terkecuali Kamu! Iya, kamu!

Namun tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan diri sebagai agen BRI Link. Berikut beberapa syarat menjadi agen BRI Link:

  1. Mempunyai usaha dengan lokasi tetap.
  2. Usaha yang dijalankan sudah berjalan minimal 2 tahun.
  3. Memiliki rekening tabungan atau giro BRI disertai kartu ATM. Apabila kamu belum memilikinya maka kamu wajib membuat rekening BRI terlebih dahulu.
  4. Memiliki saldo di rekening BRI untuk keperluan transaksi agen.

Setelah semua persyaratan menjadi agen BRI Link di atas sudah terpenuhi kamu juga harus mempersiapkan berkas persyaratan pengajuan berupa:

  1. Fotocopy identitas calon agen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau nomor NPWP
  2. Fotocopy surat keterangan usaha, minimal dikeluarkan oleh pejabat setingkat desa/kelurahan.
  3. Fotocopy rekening tabungan atau rekening koran
  4. Formulir pengajuan dan kerjasama BRI dengan calon agen BRI Link (didapatkan dan diisi langsung di kantor BRI)

Ingin Jadi Agen BRI Link, Berapa Modal Yang Harus Disiapkan?

Semua jenis usaha tentu membutuhkan modal, tak terkecuali menjadi agen BRI Link. Namun jangan khawatir karena modal yang dibutuhkan untuk menjadi agen BRI Link sama sekali tidak rumit. Ada dua modal yang harus kamu siapkan, yaitu:

  1. Tempat usaha yang mudah diakses oleh nasabah.
  2. Dana awal yang nantinya akan dijadikan dana jaminan untuk keperluan transaksi agen sebesar 3 juta rupiah.

    cara menjadi agen BRI Link

    menjadi agen BRI Link menjanjikan keuntungan yang cukup potensial. Jumlah nasabah yang banyak adalah jaminannya

Berapa modal minimal yang harus kamu siapkan? Lebih banyak lebih bagus tapi kalau memang danamu terbatas siapkanlah minimal 3 juta rupiah. Sehingga total dana awal yang kamu miliki adalah 6 juta rupiah (termasuk 3 juta yang dijadikan dana jaminan).

Namun ingat! Tidak semua modal yang ada harus kamu masukkan ke dalam rekening! Sisakan juga dalam bentuk tunai untuk berjaga-jaga jikalau nasabahmu banyak yang ingin melakukan transaksi tarik tunai.

2 Cara Praktis Menghubungi Call Center BRI 24 Jam Bila Ada Masalah [Update 2020]

Prosedur Cara Menjadi Agen BRI Link Terbaru 2020

Sudah semakin tertarik ingin menjadi agen BRI Link? Tak sabar mau tahu bagaimana prosedur yang harus kamu tempuh agar bisa segera jadi agen BRI Link? Yuk disimak baik-baik prosedur di bawah ini!

  1. Penuhi persyaratan yang ditetapkan seperti lokasi usaha, rekening BRI, dan dana awal
  2. Siapkan berkas pengajuan sebagaimana yang telah dipaparkan di atas.
  3. Bawa berkas persyaratan ke kantor BRI terdekat
  4. Isi formulir pengajuan dan perjanjian kerjasama di kantor BRI
  5. Petugas BRI akan melakukan verifikasi dan survei kelayakan
  6. Apabila dinyatakan layak maka petugas BRI akan membawakan mesin EDC beserta banner BRI Link ke tempat usaha yang sudah kamu daftarkan.

    MESIN EDC AGEN BRI LINK

    Mesin EDC Agen BRI Link

Keuntungan Menjadi Agen BRI Link

Bagian ini tentu sangat membuatmu penasaran, bukan? Apa sih keuntungan menjadi agen BRI Link sampai-sampai jumlahnya sudah lebih dari 22 ribu agen di seluruh Indonesia?

Setidaknya ada dua keuntungan menjadi agen BRI Link yang bisa kamu dapatkan:

  • Pertama, keuntungan sosial
  • Kedua, keuntungan finansial.

Secara sosial dengan menjadi agen BRI Link kamu akan mempermudah orang-orang di sekitarmu yang menjadi nasabah BRI ketika mereka hendak melakukan transaksi. Dengan keberadaanmu sebagai agen BRI Link maka mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BRI atau mengantri di mesin ATM BRI untuk melakukan transaksi. Kamu akan membuat waktu mereka jadi lebih efisien.

Sedangkan keuntungan finansial bisa kamu dapatkan melalui biaya transaksi yang dibayarkan oleh nasabah setiap kali mereka melakukan aktivitas transaksi. Biaya transaksi yang biasa ditetapkan oleh agen BRI Link sebesar Rp 5.000,- per transaksi sesama BRI dan Rp 10.000,- per transaksi ke bank lain.

Yuk simak ilustrasi berikut!

Aliya hendak melakukan transfer uang melalui agen BRI Link sebesar Rp 500.000,-. Maka, Aliya harus membayar sebesar Rp 505.000,- kepada agen BRI Link tersebut. Nah, 5 ribu rupiah tersebut merupakan keuntungan finansial yang didapatkan oleh si agen BRI Link.

Apabila dalam sehari terdapat 20 transaksi maka potensi keuntungan yang bisa didapatkan adalah Rp 5.000×20 = Rp 100.000,-/hari. Jika ada 30 transaksi maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah Rp 5.000×30 = Rp 150.000,-. Semakin banyak frekuensi transaksi yang dilakukan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Kiat Sukses Menjadi Agen BRI Link

Setelah mengetahui bahwa keuntungan menjadi agen BRI Link bergantung pada frekuensi transaksi maka yang harus kamu lakukan adalah mencari kiat-kiat agar banyak orang melakukan transaksi melalui mesin EDC BRI yang ada padamu selaku agen BRI Link.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Minta tips dan bimbingan dari petugas BRI yang mengurusi BRI Link. Biasanya mereka akan memberikan kiat-kiat bagaimana meningkatkan transaksi.
  • Gencarkan promosi bahwa di tempat usahamu bisa melakukan transaksi perbankan seperti setor tunai, tarik tunai, transfer uang, pembukaan rekening baru, dan lain sebagainya.
  • Sosialisasikan keuntungan bertransaksi melalui agen BRI Link kepada masyarakat. Beberapa keunggulan yang bisa kamu tonjolkan antara lain: tidak perlu antri, tidak perlu pergi ke bank atau mesin ATM, hingga ATM tidak mungkin tertelan karena agen BRI Link menggunakan mesin EDC yang hanya tinggal gesek kartu. Otomatis transaksi akan jauh lebih aman.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *